alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Petani Indonesia dinilai masih termarginalkan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/527913dc148b46d279000008/petani-indonesia-dinilai-masih-termarginalkan

Petani Indonesia dinilai masih termarginalkan

Jakarta (ANTARA News) - Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Anis Matta menilai kondisi petani Indonesia masih termarginalkan meskipun tiap tahun pemerintah mencatatkan kemajuan dalam sektor tersebut.

"Bagi PKS, sektor pertanian merupakan salah satu pilar penting ekonomi bangsa. Selain itu, kaum petani bagian terbesar penduduk," kata Anis Matta dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Anis menegaskan bahwa menyelesaikan persoalan pertanian sama dengan merampungkan separuh masalah bangsa.

Dia juga menekankan persoalan kaum tani mendapat prioritas dari pemerintah untuk diselesaikan.

Pernyataan tersebut diungkapkan Anis saat mengunjungi Gabungan Kelompok Petani (Gapoktan) Kelompok Taklim Petani (KTP) di Desa Datahu, Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo pada hari Jumat (1/11).

Anis bersama beberapa pengurus DPP PKS menemui para petani yang sedang bergotong-royong menanam jagung. Anis memasuki desa tersebut menggunakan "roda" (semacam delman) menyusuri jalan desa.

"Kegiatan seperti ini bukan hal baru. Saya lahir dan besar di lingkungan seperti ini. Saya merasa berada di rumah sendiri," ujar Anis Matta.

Anggota Gapoktan KTP Lahmuddin mengatakan bahwa masalah utama yang dirasakan petani jagung Gorontalo seputar kesulitan memperoleh pupuk.

Para petani, kata dia, berharap distribusi pupuk lancar dan merata hingga pelosok desa.

"Pupuk sering terlambat masuk ke desa ini. Pupuk datang justru saat petani sudah panen dan akibatnya hasil panen kami tidak maksimal," ungkapnya.

Quote:


emoticon-I Love Indonesia Ketahanan bangsa = ketahanan pangannya emoticon-Toast

Siapapun kelak presiden yg akan datang, akan sangat banyak hal yg harus dikerjakan termasuk masalah yg dihadapi para petani indonesia

Sumber: http://www.antaranews.com/berita/403...termarginalkan

Secuil komentar dari Yamin (PAN) di http://www.jpnn.com/index.php?mib=be...tail&id=198037

"Yamin lantas mencontohkan IPB yang memiliki alumni terbilang sukses dalam berbagai sektor termasuk di dunia perbankan. "Tapi pada sektor produksi pangan, secara kelembagaan IPB nyaris tidak berperan bahkan ikut membiarkan negara ini menjadi pengimpor pangan terbesar di dunia," tegas caleg PAN dari Maluku Utara itu."

Ya, para petani sangat membutuhkan juga inovasi-inovasi pertanian dari para lulusan perguruan tinggi
Diubah oleh: turtlejunior
Urutan Terlama
ijin menyimak gan
kita punya perguruan tinggi yg memberikan materi/penelitian pertanian sperti Institut Pertanian Bogor IPB, ITB, UGM, UNIBRAW dll stidaknya bisa membantu kementrian pertanian

kita jg punya BUMN yg bregerak di bidang pupuk seperti Petrokimia Gresik Pupuk Kujang, Pupuk Kaltim dll
berarti mungkin masalahnya hanya distribusi aja ya gan emoticon-I Love Indonesia (S)
Diubah oleh arbei.net
udah saat nya Pemerintah mulai memperhatikan para petani...
sebenarnya udah telat juga sih....
Gimana negara bisa maju kalau semua2 serba impor
beras impor lah, garam impor lah

Tanah pertanian di Indonesia sangat banyak, laut juga luas
tinggal manusianya yang mau mengembangkan nya itu yang entah kurang apa emang tidak mau mengembangkan......

jgn dipentingin produksi mobil dalam negeri, pentingkan dulu itu kebutuhan pokok kayak makanan (petani dan nelayan) kalau kebutuhan pokok udah selesai, baru yang lain menyusul.....
o ya, pendidikan juga
2 dulu itu lah

kalau beli terus dari luar, kapan majunya Indonesia? uangnya habis buat impor barang2 yang seharusnya bisa diproduksi sendiri
dari Indonesia untuk Indonesia....
Diubah oleh ka1tok1d
Quote:


saya sangat setuju jika masih banyak permasalahan yang menimpa petani
saya yakin jika kader PKS menjadi mentri pertanian maka masalah yang menimpa pertanian akan segera diselesaikan
emoticon-Malu (S)

Quote:


Seharusnya sih demikian, tapi sayangnya kebanyakan lulusan institut pertanian lebih memilih bekerja di bidang yg lainnya, perbankan misalnya. padahal petani indonesia juga membutuhkan bantuan inovasi dari mereka.

Quote:


Benar gan, dan akan sangat banyak pekerjaan rumah untuk pemimpin indonesia kedepannya

Quote:


Siapapun yg menjadi pemimpin dan juga para menteri kelak harus bisa terus menyelesaikan masalah-masalah yg dihadapi bangsa, masalah para petani, misalnya.

Quote:


bukan cuman banyak lagi
Negara ini istilahnya harus diinstall antivirus, lalu virus2nya dibasmi, agar tidak seperti tahun2 kemarin, gonta ganti presiden pun tidak terasa perbedaannya

yang jadi perbedaan dengan tahun2 sebelumnya, dengan ada nya media (yang saya harapkan bisa netral) seperti Kaskus, diharapkan bisa membantu orang2 seperti gw yang tahun depan akhirnya bisa menggunakan hak pilih gw untuk memilih yang terbaik bagi Indonesia

sejauh ini Calon yang kupertimbangkan itu si Prabowo, soalnya dari bbrapa trid yang gw baca, dia satu2nya yang memiliki visi tuk memajukan petani Indonesia......
Bukan mau campaign utk dia, tapi emang sejauh ini yang keliatan sih seperti itu


2014 udah dekat, jadi yang punya hak pilih, pergunakan lah hak itu utk menentukan masa depan Negara kita juga.
Diubah oleh ka1tok1d
masalah di tempat ane, pemilik sawah kesulitan cari buruh tani karena jumlahnya semakin sedikit. Buruh tani sekarang rata-rata hanya orang yang usianya sudah agak tua-50 tahun keatas. Anak-anak muda sudah jarang yang mau kerja di sawah, kebanyakan milih kerja bangunan,jadi buruh pabrik atau jadi PKL
kalo lapar jangan update status, tapi makan.
mangan opo cok, mangan taek
panasbung=panastak=panascing=mangan taek numpak moge
Quote:


Jangankan buruh tani gan, perlengkapannya dan alat2nya pun susah didapat, dan mahal pula....
Diubah oleh ka1tok1d
ane sekarang liat petani jarang d urus sama pemerintah, pemerintah sekarang kayak lebih fokus k industri tapi pertanian menurut ane penting, jgn sampe pertanian d abaikan
Quote:


memang, indonesia perlu pemimpin yg juga harus peduli thd petani dan pertanian,

seharusnya sih indonesia fokus ke teknologi utk pertanian, jgn dulu mobil
Quote:


mungkin tidak menguntungkan utk jangka pendek, berbeda dgn industri yg menguntungkan jangka pendek dan lebih cepat menyerap pekerja

padahal scr jangka panjang pertanian sangat menguntungkan
Diubah oleh turtlejunior


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di