alexa-tracking

Pakar TI ITB : Jangan salahkan penyadap

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5279028e41cb170c5b000000/pakar-ti-itb--jangan-salahkan-penyadap
Thumbs down 
Pakar TI ITB : Jangan salahkan penyadap
Isu penyadapan yang dilakukan Amerika Serikat dan Australia sangat ramai dibahas di berbagai forum online dan social media. Pakar TI Institut Teknologi Bandung (ITB) Budi Rahardjo pun tergelitik untuk ikut mengomentarinya.

"Sebetulnya saya tidak terlalu ingin untuk membahas ini di ruang publik. Topik yang terkait dengan intel sebaiknya dibahas dalam ruang tertutup. Namun karena semakin banyak yang ribut dan tidak menggunakan referensi atau data yang benar, asal mangap, maka saya ingin berkomentar," ungkap Budi kepada merdeka.com, Selasa (05/11).

Pertama, katanya, ada tugas dari agen rahasia (spy, intel) untuk mengumpulkan data dengan cara apapun. "Saya ulangi, dengan cara apapun. Syaratnya hanya satu, yaitu tidak boleh ketahuan. Namanya juga agen rahasia, ya harus rahasia," ujarnya.

Yang diributkan saat ini adalah karena ketahuan. Kalau tidak ketahuan, atau hanya diketahui di lingkungan terbatas, maka tidak akan terjadi keributan seperti sekarang.

Majalah IEEE Spectrum sudah dua kali membahas ini secara terbuka, tentang Echelon dan tentang penyadapan yang dilakukan terhadap pejabat di Yunani.

Penyadapan dan perlindungan data sudah berlaku sejak zaman dahulu kala. Bahkan dikatakan perang dunia kedua berakhir dengan lebih cepat karena pihak sekutu berhasil memecahkan sistem persandian dari Jerman, yang menggunakan perangkat Enigma.

"Kita juga bisa mundur lagi ke zaman Julius Caesar, dengan Caesar Chiper-nya," tambah Budi.

Jadi intinya, penyadapan sudah berlangsung dari dahulu dan akan tetap berlangsung sampai kapan pun. Jika sudah disadari bahwa nature dari kegiatan ini adalah saling sadap, maka kita harus menguasai teknologi dan teknik untuk melakukannya dan melindungi diri.

Menurut Budi, adalah bodoh kalau hanya mengatakan bahwa pihak lain tidak boleh menyadap tetapi diri sendiri tidak terkesan mempersilakan pihak lain menyadap atau dengan kata lain tidak melindungi diri sendiri.

Sebagai contoh, tentunya harus diterapkannya perlindungan terhadap data yang sensitif yang biasanya terkait dengan pemerintahan atau militer.

Perlindungan ini tidak hanya dilakukan secara teknologi atau teknis saja, tetapi terkait juga dengan manusianya dan prosedurnya. Sebagai contoh, komunikasi antar pejabat tidak boleh menggunakan perangkat komunikasi komersial biasa, harus menggunakan perangkat yang dikembangkan oleh instansi yang khusus untuk menangani hal ini.

Kalau di Indonesia, ini adalah Lembaga Sandi Negara. Mereka sudah mengembangkan teknologinya. Sekarang tinggal maukah para pejabat itu menggunakannya?




http://www.merdeka.com/teknologi/pak...-penyadap.html




emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak Sory bro kalau berantakan!! masbro
salahkan jokowi emoticon-Malu (S)

yg simpel aja
di wifit/hotspot publik macem kafe, kita bisa dapetin banyak username/password (email, facebook dll) user lain dgn metode Man-in-The-Middle.. dan gk perlu seorang hacker jago, anak SMA pun bisa melakukan hal tsb krn tutorialnya mudah dipahami di internet. Kita sbg pengguna awam hanya bisa berhati2x.

Apalagi CIA / NSA yg memiliki peralatan sadap yg canggih sdh pasti hal yg mudah bagi mereka melakukan penyadapan atau aksi spionase ke negara kita, seharusnya pemerintah mulai sadar untuk melindungi diri dr aksi sadap pihak asing. Skrg jamannya teknologi internet yg canggih, mungkin hasil sadapan bukan sbg bahan pertempuran militer lagi tapi lebih kearah pertempuran ekonomi. emoticon-I Love Indonesia (S)
Sadap-sadapan udah ada dari jaman middle age, mulai dari nyolong surat, bayar informan dan lain-lain.

Ini era modern, semua serba IT dan Indonesia ga ngembangin diri dalam menjaga surat diplomatik. Kesadap eh ngamuk. BIN kerjaannya emang ngapain? Bikin sekolah Lemsanas buat apaan?
kita tunggu aja apa yg akan d laakukan oleh presiden kita SBY..
Quote:



download bokep sama ngegame gan emoticon-Big Grin
Quote:



yang dilakukan pertama kali adalah ngomong prihatin gan! emoticon-Ngakak
emoticon-Ngakak
tumben panasbung gk comment:
ini salah jokowi..klo masih disadap jgn harap nyapres tahun depan..

sepertinya udah habis nasi bungkus nya..emoticon-Ngakak
salahkan yang ngirim kenapa enkripsinya bisa dijebol emoticon-Big Grin
Pinter juga nih yg bikin berita. Padahal cuma ngopas pol dari blognya budi rahardjo, tp diedit seolah2 si wartawan ngewawancarain langsung BR nya emoticon-Ngakak

Tulisan asli:http://rahard.wordpress.com/2013/11/05/tentang-penyadapan-itu/
silahkeu salahkan yg nge.enskripsi emoticon-Embarrassment

resiko dunia maya kudu taw lah

jadi jangan bermindset buat nyimpen hal/data di dunia maya
ibarat rumah kemalingan, yg lalai itu kan yg punya rumah, masa si malingnya yg disalahkan.
betul kata budi, ngapain nyalahkan si penyadap, punya intelejen dan keluar duit besar buat IT tapi hasilnya gak maksimal.

Hacker indonesia jg tolol, yg salah pemerintah australia tp yg di hack malah web kelas menengah kebawah. cari sensasi tp salah target emoticon-Hammer

harusnya otak atik tuh yg berkaitan dengan fasilitas pemerintahnya, jangan web orang untuk cari makan yg di hancurin. pada tolol nih, tp fansnya rame di sini.
Quote:


mirip banget, yg satu ada quote nya emoticon-Ngakak

mungkin lupa menambahkan: this article first appeared on... emoticon-Big Grin


coba tanya sama Joko emoticon-Big Grin

...

Quote:


bro lo banned 3 ID gw jg termasuk penyadapan loh.. jadi karena lo ganteng.. bs gak lo lepasin atu aja bro..
emoticon-Ngakak
jangan salah menyalahkan lah.. apalgi salahin jokowi emoticon-Ngakak


perbaiki diri aja emoticon-Big Grin
Quote:


emoticon-Ngakak (S)
ane gak tau ente serius atau bercanda, tp udah banyak yg kira ane momod gegep beneran

momod kok dibata emoticon-Hammer
betul, jangan salahkan penyadap, karena deplu kita tidak hanya bertugas melayani administrasi buat masyarakat yang ke LN, tapi juga mengumpulkan info mengenai negara tersebut. teman gw yang di deplu ada yang tugas nya seperti itu.
Pakar TI ITB : Jangan salahkan penyadap
itu artinya masih lemah sistem.pertahanan kitekite emoticon-Cape deeehh
Pemerintah seharusnya sadar bahwa riset dan investasi dalam bidang security itu penting dan mutlak. Yg kedua, suara, bunyi, gelombang radio, apa yg kita ketik, teriakkan, bahkan kentut kita pun bukan menjadi milik kita (sumber) secara hukum. Artinya, suara, ketikan, celoteh, emisi elektromagnetis dr hp kita, emisi layar monitor dari PC ente2 & ane bisa dan boleh didengar/diketahui oleh org lain. Jadi jangan mewek jika ada pihak/orang lain yg bisa mengetahui apa yg kita bicarakan dan lakukan. Maka jadilah bangsa yg cerdas dan menguasai teknologi bukan bangsa pemewek. Tp apa daya negeri ini dipimpin oleh pemewek dan pencurhat emoticon-Big Grin. Kalo saja Papua nanti memanas, ya jelas si Kebo biang-keroknya
Quote:


Wah..muke gile ni wartawan bodrex
×