alexa-tracking

Bedanya Upah Buruh di Myanmar, Kamboja dan Indonesia

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5278de17fcca17cc61000000/bedanya-upah-buruh-di-myanmar-kamboja-dan-indonesia
Bedanya Upah Buruh di Myanmar, Kamboja dan Indonesia
JAKARTA - Buruh di Indonesia terhitung mendapatkan UMP lebih tinggi dibanding negara lain di Asia Tenggara seperti Kamboja dan Myanmar. Tapi di sisi lain, produktifitas buruh di RI masih lebih rendah.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia Apindo Sofjan Wanandi mengatakan, buruh di Kamboja yang terhitung baru masuk kerja diberi upah tak lebih dari US$ 50 per bulan. Besaran yang sama didapat buruh di Myanmar.

"Buruh di Kamboja itu 1 bulan US$ 40, Myanmar US$ 40," kata Sofjan kepadadetikFinance, Selasa (5/11/2013).

Tak berbeda jauh dengan Indonesia, di Vietnam, lanjut Sofjan, buruh dibayar dengan UMP yang hampir sama dengan buruh di tanah air. Bedanya, buruh di Vietnam memiliki produktifitas yang lebih tinggi. Ditunjukkan dengan jam kerja buruh yang mencapai 56 jam/minggu. Sedangkan buruh Indonesia hanya bekerja selama 40 jam/minggu.

"Kalau kita pakai 2 buruh, dia pakai 1 buruh. Kita masih pakai unskilled labour. Dia misalnya bikin 1 lusin kemeja setiap hari, kita hanya buat 6 potong. Disiplinnya mereka tinggi juga," papar Sofjan.

Ironis menurut Sofjan, ditambah dengan kondisi seperti ini investor enggan menanamkan modalnya di perusahaan padat karya. Mereka lebih memilih untuk menanamkan modal di perusahaan padat modal.

"Nggak mau investasi dalam labour intensif (padat karya) ini, karena buruh ribut terus, produktifitasnya kecil. Daripada masuk ke modal, buruh akhirnya jadi TKI," tutupnya. Sumber: http://acehonline.info/detail.php?no_berita=5444

Buruh udah ada kerja gitu nggak ada bersyukurnya,,, yang nganggur pada betaburan di seluruh Indonesia aja kagak ribut,,, emoticon-Najis
buruh suruh cari kerja di malaysia apa taiwan biar dapet gaji gede

pengusaha suruh buka di myanmar atau kamboja biar bisa bayar murah

biar jalanan nggak macet
ane di indonesia aja jualan nasi uduk
Payah nih si sofyan ... Buruh indonesia mah jangan dibandingkan dengan buruh myanmar cambodia china ato vietnam ... Bukan levelnya cuy ... Buruh indonesia itu level gajinya sekelas buruh usa japan australy ato uk ... emoticon-Embarrassment
Bisa jadi para investor lari ke luar indo nih ( moga ndak terjadi )
pendapatan sesuai keuangan negara masing2 emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By pitik.waliq
Bisa jadi para investor lari ke luar indo nih ( moga ndak terjadi )


beberapa bulan yg lalu sudah tutup 6 perusahaan asing,, ordernya jadi pada pindah ke perusahaan lokal punya ...
Andaikan BBM di sini sama kayak BBM di Vietnam Thailand , ,

tentu upah buruh Indo 2 kali lipat upah buruh Vietnam Thailand , ,
ga bisa di bandingin apel to apel...
Baru tau kalau um di vietnam sama kamboja upah cuman 40-50 usd.
Tapi kan di sana makanan murah
Beras nanem ndiri
Babi miara ndiri
Masih mau jalan kaki masih mau nyepeda kalau kerja
Rumah reyot asal bersih
Nggak ada yang jadi korban iklan smartphone

Kayaknya beneran endonesa negara paling blangsak sedunia emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By Estragon
Baru tau kalau um di vietnam sama kamboja upah cuman 40-50 usd.
Tapi kan di sana makanan murah
Beras nanem ndiri
Babi miara ndiri
Masih mau jalan kaki masih mau nyepeda kalau kerja
Rumah reyot asal bersih
Nggak ada yang jadi korban iklan smartphone

Kayaknya beneran endonesa negara paling blangsak sedunia emoticon-Ngakak


dan tidak ada mafia properti emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By multivitamins
buruh suruh cari kerja di malaysia apa taiwan biar dapet gaji gede

pengusaha suruh buka di myanmar atau kamboja biar bisa bayar murah

biar jalanan nggak macet
ane di indonesia aja jualan nasi uduk


Yang beli nasi uduknya sapa om?
Quote:Original Posted By Estragon
Baru tau kalau um di vietnam sama kamboja upah cuman 40-50 usd.
Tapi kan di sana makanan murah
Beras nanem ndiri
Babi miara ndiri
Masih mau jalan kaki masih mau nyepeda kalau kerja
Rumah reyot asal bersih
Nggak ada yang jadi korban iklan smartphone

Kayaknya beneran endonesa negara paling blangsak sedunia emoticon-Ngakak


benersih perkataan agan ,
di sana mah ga mentingin gengsi di banding di sini asal menang gengsi ga makan ga ap2 emoticon-Malu (S)
Ati2 aja kalo buruh terus nuntut gila2an kaya gini. Faktor pertama tentu investor pindah ke negara yang lebih kompetitif.
Faktor kedua investor dan pengusaha lokal bakalan bikin pabrik2 model di eropa atau amerika, buruh hampir semuanya skilled, yang dipekerjakan dikit, lebih mengandalkan mesin dan teknologi, serba otomatisasi.

Kalo kaya gini upah buruh naek, tapi dari 1000 buruh yang kerja, cuman 100 yang dipake.
Duit buat bayar kredit ninja ya cuman buruh Indonesia doang
Ya bnr gan upah mereka murah dan mereka gak berani demo, pengusaha dan pemerintah bisa mengontrol buruh dengan mudah karna sistem kerajaan yg dianut, makanya mereka kbnyakan kerja di casino2 yg gajinya lbh tinggi, sekitar 2 x lipat dari gaji seorang s1 jurusan accounting

Nah kalau buat buruh2nya mereka kebutuhannya pas pas an gan, karna biaya makan mereka gak bgtu mahal kalau makan yg biasa2 aja, tp ane liat uda bnyak pengusaha2 yg melirik vietnam terutama pengusaha garmen karna biaya bahan baku dan pegawainya murah, dan gk perlu pusing2 menghadapi demo buruh. Hanya memang kualitas buruh indonesia lbh bagus menurut ane.

Pesen ane gan : semoga ada solusi antara buruh dan pengusaha di indonesia, jgn egois, mau menang sendiri, ingat pengusaha butuh buruh, tapi buruh gk cm di Indonesia, permintaan yg rasional pasti di tanggapi gan
Harapan saya kepada pak Jokowi untuk lebih mengutamakan orang Solo dan sekitarnya (Sragen, Boyolali, Klaten, Salatiga, Jogja dll) lebih diutamakan nasib nya yang merantau ke Jakarta. Semoga jabatan2 vital dapat diduduki wong Solo dan sekitarnya. Sukes ya Pak Jokowi, jadi presiden

Yang gak sependapat ama ane Panasbung nya foke
emoticon-Cool
Quote:Original Posted By nnt

Nah kalau buat buruh2nya mereka kebutuhannya pas pas an gan, karna biaya makan mereka gak bgtu mahal kalau makan yg biasa2 aja, tp ane liat uda bnyak pengusaha2 yg melirik vietnam terutama pengusaha garmen karna biaya bahan baku dan pegawainya murah, dan gk perlu pusing2 menghadapi demo buruh. Hanya memang kualitas buruh indonesia lbh bagus menurut ane.


Atas dasar apa ente bilang buruh Indonesia lebih berkualitas? Ane punya temen 1 perusahaan (beda kantor tapi pernah kerja di project yang sama) dari Myanmar. Terus terang, ane angkat topi ama dia.. Skill nya emang cukup handal. Gajinya juga lebih besar dari ane.

Selain itu ane juga kenal salah satu pelaut dari Myamar juga. Dia malah ngajari ane masalah elektrikal. Belum lagi service engineer lain yang ane tau dari Myanmar. Mereka tipikal orang pekerja keras yang mau bersusah2.

Temen2 dari Indonesia di sini juga ga kalah hebat sebenarnya. Tapi kalau baca yang ada di Tanah Air kok rasanya naif kalau bilang buruh Indonesia lebih berkualitas dari buruh Myanmar. Kalau perbandingannya dari Bangladesh mungkin ane setuju.
Yooi brur,
Dari cara main bola aja udah keliatan kalau orang kamboja sama vietnam itu pekerja keras
Apalagi thailand
Dua negara pertama sudah terlalu hancur berantakan untuk demonstrasi menuntut upah sedangkan mereka sendiri kenyanh dengan perang saudara. Mereka cukup bersyukur dan mahfum sama kondisi mereka


emoticon-Big Grin

Dan mereka juga jujur emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By Hanskapal99


Atas dasar apa ente bilang buruh Indonesia lebih berkualitas? Ane punya temen 1 perusahaan (beda kantor tapi pernah kerja di project yang sama) dari Myanmar. Terus terang, ane angkat topi ama dia.. Skill nya emang cukup handal. Gajinya juga lebih besar dari ane.

Selain itu ane juga kenal salah satu pelaut dari Myamar juga. Dia malah ngajari ane masalah elektrikal. Belum lagi service engineer lain yang ane tau dari Myanmar. Mereka tipikal orang pekerja keras yang mau bersusah2.

Temen2 dari Indonesia di sini juga ga kalah hebat sebenarnya. Tapi kalau baca yang ada di Tanah Air kok rasanya naif kalau bilang buruh Indonesia lebih berkualitas dari buruh Myanmar. Kalau perbandingannya dari Bangladesh mungkin ane setuju.


dasarnya penilaian kemakmuran suatu negara dilihat dari GDPemoticon-Malu (S)
indonesia GDPnya 5 kali vietnam emoticon-Malu (S)

Quote:Original Posted By multivitamins
dan tidak ada mafia properti emoticon-Matabelo


Sapa bilang ??? Sok toy lo ah ... emoticon-Big Grin