alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5278c80f1bcb17f91b000005/tank-bmp-3f-dan-baret-kehormatan-korps-marinir-tni-al
Tank BMP-3F dan baret kehormatan Korps Marinir TNI AL
Quote:Tank BMP-3F dan baret kehormatan Korps Marinir TNI ALJakarta (ANTARA News) - Korps Marinir TNI AL memiliki seorang lagi warga kehormatan, yaitu Panglima TNI, Jenderal TNI Moeldoko, yang diangkat dalam satu upacara kebesaran di Karang Pilang, Jawa Timur, beberapa hari lalu.

Lazimnya penganugerahan gelar kehormatan itu, baret Korps Marinir TNI AL bertatah empat bintang, pisau komando, dan brevet Detasemen Jala Mangkara dibawa ke dalam arena upacara dari udara: seiring dengan atraksi terjun payung militer.

Moeldoko, setelah dikenakan baret dan segenap atribut itu oleh Komandan Korps Marinir TNI AL, Mayor Jenderal TNI (Marinir) Faridz Washington, resmi menjadi warga kehormatan mereka, mengikuti Jenderal Besar TNI AH Nasution, Sultan Hassanal Bolkiah II, dan Jenderal Charles C Krulak (mantan komandan Korps Marinir Amerika Serikat), dan lain-lain.

Bukan cuma upacara penganugerahan baret yang juga disaksikan Kepala Staf TNI AL, Laksamana TNI Marsetio, itu yang menarik; juga atraksi dan gelar kemampuan berbagai persenjataan yang dimiliki Korps Marinir TNI AL. Mesin perang yang dikerahkan --paling menonjol-- adalah tank veteran PT-76 bersi maritim dan yang terkini, tank amfibi BMP-3F.

Sampai saat ini, Indonesia memiliki 17 tank BMP-3F hasil kontrak pembelian dengan JSC Rosoboronexport, Rusia, yang kebanyakan ditaruh di Pasukan Marinir 1, Surabaya. 37 tambahan akan datang hingga akhir 2013 ini, sejalan kelanjutan kontrak pembelian pada Mei lalu.

Bicara tank, publik sangat paham soal tank utama 2A4/2A5 Leopard buatan Krauss‐Maffei Wegmann Maschinenbau, Kiel, Jerman, yang dibeli langsung TNI AD, namun sorotan pada BMP-3F cenderung sedikit. Membandingkan kedua tank ini hal yang kurang pas, karena fungsi dan asasinya sangat berbeda; apalagi sistem kesenjataan dan doktrin penggelarannya.

BMP-3F buatan Kurganmashzavod, Rusia, masuk dalam kelas amphibious infantry fighting vehicle, yang proyek pengembangannya dimulai sejak 1987 setelah kedua kakaknya, BMP-1 dan BMP-2 dianggap kurang mumpuni lagi. Dari situlah, Obyekt 688M diluncurkan Rusia.

Sesuai "judul"-nya, BMP-3F dengan bobot kosong 18,5 ton dan dimensi 7,14 meter (panjang), 3,2 meter (lebar), dan 2,4 meter (tinggi) dan awak tiga orang (termasuk seorang komandan), mampu membawa tujuh personel bersenjata lengkap plus dua kursi tambahan.

Jadi, BMP-3F ibarat "kapal perang" yang memproyeksikan kekuatan militer dari lingkungan laut ke lingkungan darat; lengkap dengan kondisi di atas optimal untuk menggempur kekuatan lawan di darat.

Mesin dengan rasio 27 tenaga kuda/ton bobot mampu mendorong BMP-3F menuju kesepatan 72 kilometer perjam (jalan pedesaan/aspal biasa), 45 kilometer perjam (luar jalan), dan 10 kilometer perjam (perairan hingga gelombang skala Beauford II).


Persenjataan

Berbagai silabus mesin perang dunia memasukkan BMP-3F dalam kelas kendaraan perang infantri berat; ditandai sistem perlindungan persenjataan aktif walau bodi dan kubah meriamnya dari alumunium diperkeras (agar tahan karat). Tidak akan ada pengaruh besar jika dia disembur tembakan kaliber 30 milimeter dari jarak dekat, seumpama dari senapan mesin berat 2A42.

Perlindungan pasif juga menyentuh sistem perlindungan sirkulasi udara dan serangan biologis atau nuklir jika itu terjadi. Caranya dengan menerapkan sistem sensor dan penangkal agen kimia/biologis/nuklir dan filter ultraviolet, dan pemadam kebakaran, serta peredam benturan. Harap dipahami, BMP-3 dirancang saat Perang Dingin masih terjadi.

Tangki bahan bakarnya juga ditempatkan di atas lapisan baja lantainya, didukung sistem suspensi independen aktif dari roda-roda rantainya.

Untuk menambah perlindungan, kit penangkal serangan amunisi berat ERA juga diterapkan walau ini pilihan bagi pembeli atau pengguna. Pengacak sinyal komunikasi lawan berbasis elektronika-optikal, Shrota, yang bisa diakses komandan tank untuk berkomunikasi dengan sistem peluncuran peluru kendali anti tank SACLOS (semiautomatic command to line of sight).

Akhirnya, kemampuan renangnya hingga tujuh jam nonstop dan menundukkan (bahkan) rawa-paya yang tidak bisa diinjak manusia, tidak akan bermakna banyak jika musuh tidak bisa dibinasakan. Untuk itulah meriam 100 milimeter berkecepatan rendah 2A70 bicara, meluncurkan proyektil 9M117 ATGMs (AT-10 Stabber), yang bisa disimpan dalam rak-raknya sebanyak 40 unit.

Di luar turet, bertengger sepasang senapan mesin berat 30 milimeter 2A72 yang bisa meluncurkan 400 peluru permenit. Jika dia berhadapan dengan personel, senapan mesin 7,62 milimeter-nya yang bertugas secara koaksial hingga 2.000 peluru permenit. Bicara teknologi putaran koaksial ini, Rusia sangat ahli; lihatlah baling-baling pesawat bom berat Tupolev Tu-95 Bear.

Meriam 100 milimeter ini bisa digerakkan 360 derajad kiri-kanan dan minus lima hingga 60 derajad ke bawah dan ke atas. Meriam ini dirancang untuk tidak menimbulkan guncangan besar, yang semakin efektif dengan sistem penjejak dan optik khusus, sehingga peluru high explosive HE-Frag shell 3OF32 bisa "terbang" hingga 4.000 meter.

Jika sistem pertahanan lawan lebih tangguh, army technolgy mengulas, giliran peluru 3BM25 APFSDS yang dipergunakan. Semua operasionalisasi kesenjataan dan penginderaan berasal dari komputer 1V539, berkolaborasi dengan sensor angin, sistem stabilitas 2E52-2, sistem laser 1D16-3, dan lain-lain. Semua sistem inilah yang juga dikabarkan dimiliki Korps Marinir TNI AL.

Doktrin pertempuran tank mengajarkan, tank selalu bergerak dalam formasi tempur tertentu sesuai taktik dan strategi, informasi posisi dan kekuatan lawan, serta keadaan geografis saat itu. Dipadukan dengan konsep pendudukan marinir, maka pergerakan tank bisa dibilang menjadi "perintis" dan "pelindung" para personel marinir ini.

Seorang perwira menengah TNI AL yang ikut dalam upacara pengangkatan Moeldoko menjadi warga kehormatan Korps Marinir TNI AL, itu menggambarkan manuverabilitas BMP-3F sebagai luar biasa. BMP-3F yang digelar dan ditunjukkan kemampuannya cuma dua saja, namun ada yang unik: dia di-"terbang"-kan melalui parit lebar, mirip motocross jumping di atas sungai dan mendarat sempurna.

Sesaat setelah tank itu bisa mendarat, masih dalam keadaan cukup terguncang dan kecepatan masih mengembang, meriam meletus dan peluru 100 milimeter-nya meluncur dalam kecepatans sedang, relatif masih bisa diikuti mata. "Buuuummmm….!!!!," sasaran hancur, dari jarak sekitar 500 meter; masih sangat dekat untuk BMP-3F.
Editor: Unggul Tri Ratomo


idealnya minimum TNI punya berapa BMP3-F?
Sekitar 150 an unit, untuk dibagi dalam tiga batalyon/resimen yang disebar ke ketiga PasMar (PasMar ketiga sedang dikembangkan, jadi kemungkinan kebutuhan BMP3F masih untuk memenuhi resimen yang ada di PasMar satu dan dua dulu)

BTW, ilustrasinya sudah ada duluan tuch, di postingannya om Kenyot 10
Kok bisa 1 BMP cuma angkut 3 crew dan 7 personil? Aslinya kan lebih banyak ....

Jumlah ideal? Maunya sih semua kompi dapet, sementara ini kan hitungannya brigif
Quote:Original Posted By suromenggolo
Kok bisa 1 BMP cuma angkut 3 crew dan 7 personil? Aslinya kan lebih banyak ....

Jumlah ideal? Maunya sih semua kompi dapet, sementara ini kan hitungannya brigif


cuma 7 mbah itu juga yang 2 mesti didepan dan jalan nyungsep nyungsep kalo mau dismount (mesinnya ditengah emoticon-Hammer)..... kecuali mau duduk2 sasis diatas a la perang dunia 2
yang banyak itu biasanya APC macemnya BTR....
Penting untuk di pertimbangkan agar CommRad antar tank, tank komando dg helikopter atau dg Mako dan Infantery v v dpt segera terwujud.!!!!
Huah..huah...huah....yes.!!!!
Marinir hantu laut.
Quote:Original Posted By kimi mabok


cuma 7 mbah itu juga yang 2 mesti didepan dan jalan nyungsep nyungsep kalo mau dismount (mesinnya ditengah emoticon-Hammer)..... kecuali mau duduk2 sasis diatas a la perang dunia 2
yang banyak itu biasanya APC macemnya BTR....


Yakin ama mbah
Lebih enak di luar atas chasis duduknya
Soalnya di dalem ga ada ac... Panas.....
Quote:Original Posted By suromenggolo
Kok bisa 1 BMP cuma angkut 3 crew dan 7 personil? Aslinya kan lebih banyak ....

Jumlah ideal? Maunya sih semua kompi dapet, sementara ini kan hitungannya brigif


Quote:Original Posted By kimi mabok


cuma 7 mbah itu juga yang 2 mesti didepan dan jalan nyungsep nyungsep kalo mau dismount (mesinnya ditengah emoticon-Hammer)..... kecuali mau duduk2 sasis diatas a la perang dunia 2
yang banyak itu biasanya APC macemnya BTR....


kalo versi indonesia nya bukan sistem reclining seat kali gan ( 1 seat buat 1 person)... ada kemungkinan kursi BMP-3 indonesia sudah diantisipasi dengan mengganti bangku lurus kayak angkot, jadi jumlah personel yang bisa masuk tergantung ukuran tubuhnya. Kalo kayak momod mungkin cukup 4-5 orang saja............................. emoticon-Ngacir


Tank BMP-3F dan baret kehormatan Korps Marinir TNI AL
Modernisasi Alutsista, TNI AL akan Datangkan 54 Tank Amphibi dari Rusia

TNI terus melakukan modernisasi peralatan utama sistem persenjataan (alutsista). Bulan depan, sebanyak 54 tank jenis amphibi dari Rusia akan didatangkan TNI Angkatan Laut.

"Marinir pada akhir tahun ini di bulan Desember akan kedatangan 54 tank amphibi marinir dari Rusia," ujar Kepala Staf Angkatan Laut Marsekal TNI Marsetio usai menjadi inspektur upacara pada HUT Marinir ke-68 di Markas Komando Marinir Cilandak, Jakarta Selatan, Jumat (15/11/2013).

Tank lainnya yang akan datang adalah jenis BTR sebanyak 4 buah. Marsetio menambahkan pihaknya juga saat ini sedang menjalankan pengadaan 3 buah kapal selam yang dibeli dari pemerintah Korea Selatan.

"Kemudian 2 kapal Frigate yang dibangun di PT PAL. Kita tahun depan secara bertahap mulai April membeli 3 Frigate dari Inggris," sebutnya.

"Akan ada 16 kapal cepat roket, termasuk alutsista helikopter AKS sebanyak 14 buah," imbuhnya.

Sementara itu, terkait maraknya kapal asing masuk ke wilayah Indonesia, Marsetio menegaskan tidak akan melakukan kompromi untuk menindak.

"Kita tidak pandang bulu. Kita selesaikan semua," tegasnya.

[url]http://news.detik..com/read/2013/11/15/133350/2414133/10/modernisasi-alutsista-tni-al-akan-datangkan-54-tank-amphibi-dari-rusia?9922032[/url]

Beneran ni 54? Adakah deal tambahan?

Seorang perwira menengah TNI AL yang ikut dalam upacara pengangkatan Moeldoko menjadi warga kehormatan Korps Marinir TNI AL, itu menggambarkan manuverabilitas BMP-3F sebagai luar biasa. BMP-3F yang digelar dan ditunjukkan kemampuannya cuma dua saja, namun ada yang unik: dia di-"terbang"-kan melalui parit lebar, mirip motocross jumping di atas sungai dan mendarat sempurna.

Sesaat setelah tank itu bisa mendarat, masih dalam keadaan cukup terguncang dan kecepatan masih mengembang, meriam meletus dan peluru 100 milimeter-nya meluncur dalam kecepatans sedang, relatif masih bisa diikuti mata. "Buuuummmm….!!!!," sasaran hancur, dari jarak sekitar 500 meter; masih sangat dekat untuk BMP-3F.


=======================================
dahsyaaat! moga moga taon depan ai bisa nonton demo serupa itu emoticon-Matabelo
suspensi rusky emang tokcer... stabilsatornya juga top notch tuh kalo abis lompat langsung bisa tembak tepat emoticon-Matabelo
^^
17 batch 1 + 37 batch 2.
lha itu BTR 4 biji, entah buat apa 4 biji tok..
Quote:Original Posted By suromenggolo


Yakin ama mbah
Lebih enak di luar atas chasis duduknya
Soalnya di dalem ga ada ac... Panas.....


bmp3 baru masa lum ada AC mbah ? mbah udah pernah ngojek kah ? emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By dr.retro26
^^
17 batch 1 + 37 batch 2.
lha itu BTR 4 biji, entah buat apa 4 biji tok..


idem dok, bca di trit sebelah, pesen BTR 4 ekor tok, kyak hibah aja... emoticon-Bingung (S)
Quote:Original Posted By oedipus.pus


idem dok, bca di trit sebelah, pesen BTR 4 ekor tok, kyak hibah aja... emoticon-Bingung (S)


pengin nyoba BTR yang pake rudal kaleee emoticon-Big Grin

salah initip

Quote:Original Posted By dr.retro26
^^
17 batch 1 + 37 batch 2.
lha itu BTR 4 biji, entah buat apa 4 biji tok..


Quote:Original Posted By oedipus.pus


idem dok, bca di trit sebelah, pesen BTR 4 ekor tok, kyak hibah aja... emoticon-Bingung (S)


He he
salahin tukang ketik anggaran...
pengen 11 unit
tapi harga yang diintip harga anoa batch 1..

Pas mau beli kaget klo bisa bisa cuma dapat 1 biji yang diharapkan...
akhirnya ukraina nyalip di tikungan akhir... emoticon-No Hope

dapatlah 4 biji... dr pada emoticon-Sorry rencana 11 dateng cuma 1
dan 4 biji itu dapat predikat RWCS pertama yang dimiliki TNI..
makin naik daun dah...


# Edit dapatnya 5 biji.. buat BTR 4
Quote:Original Posted By tigaway




He he
salahin tukang ketik anggaran...
pengen 11 unit
tapi harga yang diintip harga anoa batch 1..

Pas mau beli kaget klo bisa bisa cuma dapat 1 biji yang diharapkan...
akhirnya ukraina nyalip di tikungan akhir... emoticon-No Hope

dapatlah 4 biji... dr pada emoticon-Sorry rencana 11 dateng cuma 1
dan 4 biji itu dapat predikat RWCS pertama yang dimiliki TNI..
makin naik daun dah...


yang harusnya beli 11 tapi cuma bisa dapet 1 itu apaaa emoticon-Bingung (S)
Quote:Original Posted By kimi mabok


yang harusnya beli 11 tapi cuma bisa dapet 1 itu apaaa emoticon-Bingung (S)


BTR yang terbaru dari ruskiye strong Gan....

mantep bgt gan artilerinya..
Quote:Original Posted By dr.retro26
^^
17 batch 1 + 37 batch 2.
lha itu BTR 4 biji, entah buat apa 4 biji tok..


sepertinya buat ujicoba dulu saat latihan pergelaran/ pendaratan pasukan klo sreg lsg nambah, sekalian cocok ga pake 8x8. klo 6x6 dah dipake AD
Quote:Original Posted By suromenggolo


Yakin ama mbah
Lebih enak di luar atas chasis duduknya
Soalnya di dalem ga ada ac... Panas.....


Satu LPD muat berapa BMP mbah?..
Quote:Original Posted By y4m4d1p4t1


sepertinya buat ujicoba dulu saat latihan pergelaran/ pendaratan pasukan klo sreg lsg nambah, sekalian cocok ga pake 8x8. klo 6x6 dah dipake AD


klo cocok ngk cocok kan udah lama beli BTR-80 gan..
jadi bukan masalah cocok ngk cocok lagi pake 8 X 8