alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52784fdffcca17426800000a/ask-mohon-saran-dan-nasehat-soal-keris-peninggalan-kakek
[ASK] Mohon Saran dan Nasehat Soal Keris Peninggalan Kakek
Sesepuh Forsup yang saya hormati, sesuai judul thread saya mohon bantuannya. Jadi ceritanya almarhum Kakek saya dulunya adalah Glondong/Lurah di desanya. Beliau mempunyai 12 keris/senjata yang beberapa diantaranya nampak di foto yang saya lampirkan. Sekarang kondisinya sudah tidak terawat, bahkan beberapa saya coba tarik dari sarungnya tidak bisa karena sudah berkarat. Padahal dulu sampai sekitar tahun 2000-an peninggalan tersebut masih dirawat, termasuk dijamas setiap 1 Suro.

Cerita tentang keris tersebut antara lain pernah ketika dijamas ada seseorang yang tidak sengaja terbeset jarinya oleh salah satu keris, yang bersangkutan langsung pingsan. Cerita lainnya pernah keduabelas peninggalan tersebut dibawa lari orang. Namun sesampainya di pelabuhan ketika hendak menyeberang ke Kalimantan (kalau tidak salah ingat), tiba-tiba tas berisi keris tersebut menjadi sangat berat sehingga tidak bisa diangkat.

Melihat kondisinya sekarang saya sangat prihatin. Anak-anak Kakek saya (Ayah dan Paman-paman saya) sepertinya tidak ada yang mau merawatnya, terlebih sepeninggal Nenek (Nenek saya baru meninggal 40 hari yang lalu). Saya tergerak untuk merawatnya, tetapi sepertinya mertua saya kurang berkenan dengan hal-hal seperti itu sehingga saya khawatir ada konflik dengan mertua.

Sehubungan hal itu saya mohon saran apakah yang sebaiknya saya lakukan dengan keris-keris itu? Dan sekiranya keris-keris itu saya rawat, barangkali bisa dibantu penerawangan sesepuh sekalian apakah ada energi negatif dari keris-keris itu?

[ASK] Mohon Saran dan Nasehat Soal Keris Peninggalan Kakek

sbaikny dibrikan atau dihibahkn kpd org yg mmang minat untuk merawat pusaka2 tsbt..
jk agan ingn merawatny, silahkn dipelajari tt cara merawat brg2 pusaka tsbt.. emoticon-Salaman
Hibahin aja gan drpda gak dirawat takut sesuatu yg buruk nimpa agan emoticon-Smilie

List hibahan :

1. Dewa.petir
ane minat yg di sebelah kiri...yg panjang ituu gan emoticon-Malu
Quote:Original Posted By deadmanksih
sbaikny dibrikan atau dihibahkn kpd org yg mmang minat untuk merawat pusaka2 tsbt..
jk agan ingn merawatny, silahkn dipelajari tt cara merawat brg2 pusaka tsbt.. emoticon-Salaman


1. deadmanksi
2. simbahakung


Makasih tanggapannya agan semua.
Untuk masalah hibah jika itu solusi terbaik maka akan saya coba bicarakan dengan keluarga (Ayah dan Paman) dulu. Karena Ayah dan Paman saya untuk masalah kepemilikan agak kolot gan, suka menyimpan (atau menimbun) barang-barang tapi kadang nggak terawat, kalau diminta orang lain nggak boleh. Di rumah ada Vespa mangkrak sudah 5 tahunan, pajaknya mati. Ada teman yang minat beli nggak dilepas, padahal menurut saya lumayan diuangkan daripada menuhin garasi.
list hibahan:
1. dewa.petir
2. pakzzii
3.
4.
5.


ane siap nampung gan emoticon-Cool

klo jadi di hibahkan , ntr PM ane ye buat alamtnya emoticon-Embarrassment
Mnding dijadiin pajangan ruang tamu aja gan,,klo mertua agan gak mau ngeliat agan seolah2 memuja keris..khan klo pajangan emang kudu agan rawat biar bersih..ya gak..dan inget gan,,anggaplah keris2 itu bukan pusaka..tapi titipan kakek yg harus dijaga..ya gmna,,klo agan nitip rumah ke temen agan pastinya agan pngen temen agan itu ngrjaga plus ngerawat ntu rumah juga..ya gak emoticon-Big Grin


Klo mau dikasih ke orang,,mnding izin dulu ama kluarga kakek..ga enak gan,,takutnya itu keris emang udh di jathin buat siapa2nya ama alm kakek ente..



Anyway disini bnyak sesepuh yg paham cara perawatan keris..cz kadang emang ribet ngurusin gthuan..cz tata caranya beda2..tapi klo agan pngrn cuman ngebersihin biar ga karatan ya pake coca colo aja..itu bagus buat anti karat..



Inget gan,,klo punya peninggalan macam itu kudu jaga niat..
[QUOTE=pakzzii;5278672af8ca17c22b00000e]list hibahan:
1. dewa.petir
2. pakzzii
3.
4.Coconut.hibrida
5.


Yg mana aja la ane trima dengan ikhlas emoticon-Big Grin

Nb : slot yg nomor 3 ga sanggup ane isiin id ane..
Mental trus emoticon-Stick Out Tongue
Ada baiknya di hibahin sama org lain gan kalo emang sulit dalam perawatannya , terlebih lagi bisa jd pri kontra sama sang mertua emoticon-Malu
Tapi kalo emang keras hati pengen ngerawat ya tinggal rawat aja sesuai SOP perawatan mustika emoticon-Peace
1. dewa.petir
2. pakzzii
3.Butuhkehangatan
4.Coconut.hibrida
5.

Kenapa harus ke ane?emoticon-Genit
1.Ane org yg mau merawat
2.Ongkir kutanggung.
3.Ga akan saya jual..saya rawat aja..
4.Kalo ada nasi dirumah daripada basik bagusan kasih ke tetangga.
5.Ane belom punya keris.
6.Sangat aktif di trit.
7.Tidak suka berjudi.
8.Sudah mapan dan tidak bergantung lagi kepada ortu (dewasa)

emoticon-Ngakak
Agan satya... keris ! itu adlh slh satu keadiluhungan budaya jawa... membabar sebuah keris itu enggak sederhana.. hrs ahlinya.. hal ikhwal pamor, dapur, ricikan, ganja, wesi dll rumit... hargai peninggalan tsb dengan baik... datanglah ke ahlinya.. kalau jogja hubungi sesepuh PAMETRI WIJI.. kalau solo datang ke Baluarti (dalem kraton) tanya orang sana... jangan percaya dukun2 an: khodam, jin, isi.. etc etc.. yg nggak punya ilmunya.. asbun.. ok jgn fikirkan isoterisnya tanyakan ahlinya, sekalian belajar...
seorang ahli keris.. bisa membabar detil sebuah keris... dengan melihat ciri cirinya dia ngerti kapan dibuat (sepuh, sepuh madyo, putran etc) dan nama empunya... juga isoteris yg mengikutinya... rawatlah peninggalan nenek moyang anda.. jangan berfikir mistisnya... bila memang ada, hadapi hal seperti itu dengan logika yg bisa diterangkan.... bukan mistis dan khayalan.. ok gan... cucikan pada ahlinya, rawatlah... sebuah kenangan tentang kejayaan leluhur kita... kalau ada pertanyaan PM ane...!
tapi semua itu terserah agan satya... kalau memang dihibahkan Ok juga gan... kami jamaah al JUNKiyah dengan suka cita akan merawatnya dengan baik... wkwkwk
1......
2....
3....
4....
5 TheOldSailorman...
6..

NB: cuma guyonan gan....
Quote:Original Posted By butuhkehangatan
1. dewa.petir
2. pakzzii
3.Butuhkehangatan
4.Coconut.hibrida
5.

Kenapa harus ke ane?emoticon-Genit
1.Ane org yg mau merawat
2.Ongkir kutanggung.
3.Ga akan saya jual..saya rawat aja..
4.Kalo ada nasi dirumah daripada basik bagusan kasih ke tetangga.
5.Ane belom punya keris.
6.Sangat aktif di trit.
7.Tidak suka berjudi.
8.Sudah mapan dan tidak bergantung lagi kepada ortu (dewasa)

emoticon-Ngakak


jiaaaahhh ... serasa baca propil curiculum vitae ... kalo emang mo di hibahkan, ane recomended buat akang BK negh ...

khusudzon untuk yg no.5, biar blom punya keris tapi kan tiap ari ude mainin nyang lebih ajib dari keris kang emoticon-Big Grin emoticon-Wink
Quote:Original Posted By gajah.tewur


jiaaaahhh .., ane recomended buat akang BK negh ...

khusudzon untuk yg no.5, biar blom punya keris tapi kan tiap ari ude mainin nyang lebih ajib dari keris kang emoticon-Big Grin emoticon-Wink

Wah kalo yg itu harus dicuci tiap hari..biar ga karatanemoticon-Ngakak


Mbah gajah pinter aja ngintipin nya emoticon-Ngacir2
SUDAH DIMANDIKAN MAS KERISNYA ?
Puh TS dihibahin naja ma sepuh dimari
klau ane gk maenin keris om puhhh...

emoticon-Cool

maennya AK47. lebih garaaaaang emoticon-Ngakak
Papa bangga sama dedek
Aku mau mau kalo dihibahin emoticon-Wowcantik

di buka dong TS biar bisa tau dapor, pamor, tangguhnya emoticon-Wowcantik