alexa-tracking

(Bahas Yuk...) Material Komposit Kapal Selam

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/527708aafbca17073d00000c/bahas-yuk-material-komposit-kapal-selam
(Bahas Yuk...) Material Komposit Kapal Selam
Daripada bingung dengan urusan kapal selam kilo yang menunggu surat resmi dari rusia dan kapal selam CBG yang sampai sekarang tidak ada wujudnya... mending kita bahas material komposit yang digunakan oleh kapal selam...

sebenarnya ane kurang begitu tahu material komposit kapal selam... apakah sama seperti kapal perang/lainnya atau beda lagi...

ane dapat artikel tentang material komposit kapal selam (maaf beritanya bulan mei 2009 dan sebenarnya ini penelitian dari universitas oxford untuk material kompoist kapal selam modern/masa depan) tapi ane coba share kesini
Spoiler for Artikelnya:


Spoiler for Baca juga:


ada lagi bahan composite material kapal selam yang digunakan oleh LA CLASS
Quote:


--------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Semoga KRI Klewang bisa menemukan materia composit yang cocok agar tidak terbakar kedua kalinya... dan untuk KS buatan dalam negeri pakai material composit paan?
kirain dilapisi karet biar ga terdeteksi emoticon-Big Grin
cape bacanyaaaaaaaaa......
Sebenarnya gambar ini agak misleading :

(Bahas Yuk...) Material Komposit Kapal Selam

Kapal selam AS saat ini sebenarnya menggunakan single hull dimana pressure hull atau lambung kempa akan langsung terekspos dengan tekanan laut. Oleh karena itu bentuk KS AS itu rata-rata nyaris silinder sempurna.

KS AS hanya memiliki 2 MBT (Main Ballast Tank) Untuk menyelam yaitu di haluan dan buritan

(Bahas Yuk...) Material Komposit Kapal Selam

Contohnya adalah pada Ohio class dimana Main Ballast Tank adalah pada bagian no 2.

Tangki-tangki lain yang lebih kecil, seperti trim and compensation, Torpedo launch compensation tank terletak didalam pressure hull.

Sementara mengenai material komposit, ini sepertinya masih terbatas pemakaiannya pada bagian fluid nose (hidung) kapal selam dimana ia termasuk bagian FF(Free Flood) volume yang tidak harus menahan tekanan tinggi waktu menyelam. Ane lom denger ada material komposit yang dipake buat Pressure hull.

Rata-rata sekarang ya masih make Baja HY-100 atau untuk KS Rusia bisa menggunakan titanium alloy.
Quote:


maaf off topic ....

mbah plengker....., apa kelebihan & kekurangan double hull & single hull dlm operasionalnya ...... ??
Quote:


Sekarang lihat dasarnya.

Pertama dari sisi pemakaian tenaga :

Single hull lebih unggul karena dia memiliki penampang (wetted surface) yang lebih sedikit daripada yang double hull, dengan demikian dia bisa melaju dengan kecepatan yang sama dengan yang double hull namun dengan pemakaian tenaga yang lebih sedikit.

Mis :

KS Double hull perlu 4 Mw untuk bergerak dengan kecepatan 20 knot, KS Single hull hanya perlu 2 atau 1,5 Mw untuk bergerak dengan kecepatan yang sama.

Dari sisi keselamatan :

Double hull dapat lebih unggul dari single hull karena dia memiliki 2 lapisan "kulit" yaitu luar baru lambung kempa (pressure hull) Sehingga dia bisa memiliki ROB (Reserve of Buoyancy) yang lebih besar.

Sebagai contoh : rata-rata KS Rusia memiliki ROB bisa mencapai 35-40% Sementara yang barat hanya 10-15% Sehingga dalam teori setidak-tidaknya lebih aman.

Kelebihan lain adalah double hull dapat memiliki volume lebih banyak untuk mengakomodasi material penyerap suara atau sistem lain.

Terakhir adalah KS Double hull lebih mudah diproduksi daripada single hull karena tidak memerlukan mesin-mesin presisi untuk pembuatannya.
Quote:


lebih tepatnya kayaknya senyawa polyurethan mbah ngabei....
Quote:


Bukannya supaya tidak terinfeksi ...... emoticon-Hammer2 ......................... emoticon-Ngacir
Quote:


thx mbah atas penjelasannya .....emoticon-Shakehand2

Quote:


emoticon-Matabelo ......
Quote:


Betul yang anda bilang, pada KS Kilo class, seluruh badan luar kecuali propeller dan bagian hidung dilapisi lapisan karet setebal 2 inchi. Gunanya untuk mengurangi Radiated Noise dari KS, dan mengurangi Target Strength dari sonar kapal atas air/heli, sehingga KS sulit dideteksi.
Quote:


hah. ada sumbernya gak, atau artikel yang ngomong soal ini emoticon-Bingung (S) emoticon-Bingung (S) emoticon-Bingung (S)
Quote:


Kalau yang masalah lapisan karet di KS khususnya Kilo Class kalau berkenan akan saya PM, saya jelaskan kenapa saya bisa bilang begitu.

Kalau mengenai alasan kenapa ada lapisan karet prinsipnya ada di buku Principles of Underwater Sound oleh Robert J Urick. Chapter 4. (Tersedia di google, bisa didownload gratis)

Pada sonar aktif :
Detection Treshold = (Source Level - 2 Transmission Loss + Target Strength) - (Noise Level - Directivity Index)
Pada sonar pasif :
Detection Treshold = (Radiated Noise Level - Transmission Loss) - (Noise Level - Directivity Index)

Dalam kedua persamaan diatas, hal yang bisa dilakukan kapal selam untuk mengurangi kemungkinan deteksi adalah mengurangi sekecil mungkin Target Strength dan Radiated Noise Level. Salah satu caranya adalah melalui pemasangan lapisan karet pada badan luar KS.
Pada era PD II,nazi jerman sudah mengaplikasikan anechoic tiles pada u-bootnya,anechoic tiles sendiri terbuat dari karet sintetis
Sori Dopost
Subs taon jebot, Balao class
katanya pake titanium-mangan-chronium-nickel plate 1,5 inch buad inner hull.
27 pound beratnya per inch persegi
maximum tensile strength 80,000 pounds per square inch
yield strength 55,000 psi
Ke-elastisan 20 %
Trus dilapisin composite material, carbon fiber reinforced plastics di laminating pake sistem Volan glass, biar outer hullnya awet. degradasi kurang dr 10% dlm 5 tahun.

berat sonar dome nya aja katanya 19-20 ton. tp materialnya beda kekna.
soalnya musti material yg punya klasifikasi acoustic transparency

Kalo Los angles class pake HY 100 class steel katanya. yg min psi nya aja 100 ksi + durable sama benturan
bener ato gak, ga tau
yg buad lapisan plg luar pasti sangat rahasia emoticon-Big Grin
Quote:


bold : ma`af gan, itu artikel yg maw di share via pm, bisa gak di share juga di forum jad gw yg minim atau bahkan no pengetahuannya bisa juga baca/belajar .........emoticon-Malu

tapi, kalau memang top secret ya gak usah deh ....
Quote:


Sori OOT, itu sonar pasif mendeteksi gelombang apa?
Quote:


Nggak rahasia itu... Pada dasarnya material penyerap gelombang sonar itu mengandalkan resonasi untuk mengurangi tenaga yang dipantulkan kembali ke sonar aktif.

Nah untuk dapat memiliki daya serap mumpuni, paling tidak material penyerap sonar harus memiliki ketebalan 1/4 lambda (lambda=panjang gelombang)

Quote:


Akustik atau gelombang suara.
Quote:


Sonar mendeteksi gelombang suara. Didalam air hanya gelombang suara yang mampu merambat dalam jarak yang jauh dengan kecepatan kurang lebih 5 kali kecepatan suara di media udara.

Pada sonar pasif, sonar tidak memancarkan transmisi, operator akan mendengar bermacam2 suara, mulai dari biota bawah laut (gerombolan ikan, ikan paus dll) suara dari permukaan laut (ombak, hujan) aktivitas seismik bawah laut dll.

Ketika KS dideteksi oleh sonar secara pasif, operator akan mendengarkan suara dari propeller, suara reduction gear, suara ketika KS membanjiri tabung torpedo, suara ketika KS membuka pintu torpedo (2 tanda terakhir mengindikasikan bahwa KS akan menembakkan torpedo) hingga saat torpedo sudah meluncur. Saat inilah ASW officer harus segera mengambil tindakan torpedo countermeasure.

Ketika torpedo sudah diluncurkan dan sudah homing, operator juga akan mendengar suara "ping" dari torpedo pada mode pasif.
Quote:


emang kalo dilapis karet kondom gak kedeteksi gitu bei ? emoticon-Matabelo
ada juga anechoic tile emoticon-Thinking