alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52769086fcca17296e000008/target-spionase-kedubes-australia-di-jakarta
Peringatan! 
Target Spionase Kedubes Australia di Jakarta
Pembocoran intersepsi Edward Snowden, mantan kontraktor CIA/NSA ke server utama badan intelijen Amerika Serikat telah membuka mata dunia tentang terjadinya skandal mata-mata. Badan intelijen AS pada awalnya khawatir Snowden adalah mata-mata yang disusupkan kedalam badan intelijen utama. Ternyata pengambil alihan data intelijen yang juga menyangkut kebijakan militer AS di copy secara acak, bukan dicuri dengan target spesifik.

Snowden membeberkan keterlibatan AS dalam menyadap demikian banyak negara, termasuk kepala pemerintahan, tidak peduli lawan ataupun negara sahabat. Dari 90 pos penyadap, ternyata beberapa stasiun dilakukan juga oleh kelompok komunitas intelijen khusus dengan sandi “5-Eyes” yang terdiri dari AS, Inggris, Australia, Canada dan New Zealand.

Media Fairfax pada hari Kamis (31/10/2013) melaporkan keterlibatan Australian Signals Directorate ( ASD ) dalam program penyadapan dari NSA (National Security Agency), dengan sandi STATEROOM, yang mengumpulkan informasi elektronik intelijen dari fasilitas rahasia dalam beberapa misi diplomatik baik di kedutaannya maupun kantor konsulatnya. Menurut seorang mantan perwira intelijen Australia (anonim), ASD beroperasi, “dari kedutaan Australia di Jakarta , Bangkok , Hanoi , Beijing dan Dili , serta Komisi Tinggi di Kuala Lumpur dan Port Moresby , dan juga pos-pos diplomatik lainnya .” Dia juga mengatakan Konsulat Australia di Denpasar , Bali , juga telah digunakan untuk sinyal pengumpulan intelijen

Dokumen Snowden tersebut mencatat bahwa operasi dilakukan dengan sangat rahasia oleh tim dalam ukuran kecil dan misi mereka yang sebenarnya tidak diketahui oleh sebagian besar staf diplomatik di mana mereka berada. Stasiun itu digunakan untuk mencegat panggilan telepon dan data internet di seluruh Asia. Terbongkarnya langkah penyadapan telah menuai protes baik dari China, yang menyatakan prihatin dan menuntut klarifikasi dan penjelasan. Pemerintah Malaysia, Thailand , Indonesia dan Papua Nugini juga menyatakan keprihatinan yang serius.

Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa menyatakan bahwa pemerintah Indonesia “strongly protests”atas operasi spionase Australia, dan apabila dikonfirmasi benar, hal tersebut, “tidak hanya berupa pelanggaran keamanan , tetapi juga pelanggaran serius terhadap norma-norma diplomatik dan etika.” Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Australia menolak untuk mengomentari laporan tersebut. Sementara Perdana Menteri Australia Tony Abbott hanya mengatakan bahwa pemerintah tidak melanggar hukum.

Mantan perwira intel Australia tersebut juga mengungkapkan kepada Fairfax, bahwa “fokus utama pengawasan tim penyadap di Kedutaan Besar Australia di Jakarta adalah “masalah politik , diplomatik dan ekonomi . “Dia menjelaskan, “Pertumbuhan besar jaringan telepon seluler kini menjadi sebuah anugerah yang besar dan elit politik di Jakarta adalah sekelompok orang yang cerewet.” Ini menarik karena si agen menegaskan bahwa para elit politik tadi hanya terus meributkan dan mencurigai badan intelijen Indonesia menyadap mereka. Tetapi sebenarnya mereka tidak mengetahui ada badan intelijen negara lain yang telah lama menyadap mereka, tanpa disadari. Karena itu dia menyatakan “Jakarta’s political elite are a loquacious bunch.”

Fairfax juga melaporkan bahwa eksposur terbaru menggaris bawahi peran sentral agen mata-mata Australia dan penyediaan stasiun khusus untuk operasi pengawasan NSA di Asia . Sama dengan kebijakan pemerintahan Partai Buruh sebelumnya , yang berkomitmen untuk memberikan akses pangkalan militer Australia bagi kepentingan pasukan Amerika untuk menghadapi China. Dengan demikian maka Direktorat Signal Australia (ASD) benar-benar terintegrasi ke dalam jaringan mata-mata elektronik AS yang sangat luas.

Dari dokumen NSA yang bocor, terungkap bahwa tercatat ada empat lokasi penting di Australia yang berkontribusi memberikan data ke program NSA dengan sandi X -Keyscore , yang memisahkan data ke dalam aliran nomor telepon, alamat email , log-in dan aktivitas pengguna untuk penyimpanan di bank data besar . Stasiun pengumpul tersebut adalah US-Australian Joint Defence Facility di Pine Gap dekat Alice Springs , dan tiga fasilitas ASD lainnya, yaitu, the Shoal Bay Receiving Station dekat Darwin , the Australian Defence Satellite Communications Station di Geraldton di Australia Barat , dan the naval communications station HMAS Harman di luar kota Canberra.

Harian Sydney Morning Herald pada hari Jumat (1/11/2013) menyampaikan pengakuan mantan agen intelijen Australia, bahwa pos ASD, “dikhususkan untuk melakukan pengawasan maritim dan militer , khususnya Angkatan Laut Indonesia (TNI AL), Angkatan Udara (TNI AU), dan komunikasi militer.” Pangkalan Australia di Cocoos Islands kini telah disiapkan sebagai pangkalan potensial untuk pesawai intai tanpa awak (drone) AS dan pesawat tempur , karena berdekatan dengan jalur pelayaran strategis di kawasan Asia Tenggara.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa nampaknya Australia yang tergabung dalam kelompok komunitas intelijen khusus “lima mata” memang telah melakukan kegiatan spionase melalui kantor kedutaan besarnya di Jakarta dan konsulatnya. Target mereka bukan hanya masalah terorisme saja tetapi Australia juga menyadap serta aktif memonitor masalah perkembangan politik, masalah diplomatik, dan perkembangan kondisi ekonomi Indonesia. Amerika Serikat serta Australia jelas sangat berkepentingan dengan rangkaian pemilu dan pilpres, mereka akan berusaha mengetahui siapa pemegang kekuasaan pada tahun 2014, dan bukan tidak mungkin akan adanya campur tangan di dalamnya. Disamping itu, Direktorat Signal Australia juga memonitor dua kekuatan militer Indonesia (TNI AL dan TNI AU). Kedua kekuatan tersebut merupakan kekuatan yang berkemampuan serang strategis yang dikhawatirkan.

Walaupun informasi tentang spionase dari Australia dan Amerika Serikat terhadap Indonesia banyak ditanggapi oleh para pejabat tingggi, kini yang terpenting adalah bagaimana Badan Intelijen Negara serta Lembaga Sandi Negara melakukan pemeriksaan sekuriti terhadap sistem pengamanan baik informasi maupun kegiatan dari pejabat. Memang diakui sulit mengatasi penyadapan dari negara lain dengan teknologi yang sudah demikian canggih.

Tetapi jalan selalu ada selama niat, kemauan serta sense of intelligence tetap ditingkatkan dan dilaksanakan. Perang intelijen sudah lama terjadi, karena itu intelijen sebaiknya ditempatkan sebagai ujung tombak pemerintah dalam mengambil langkah kebijakan dan keputusan. Yang kini sangat perlu dilakukan adalah meningkatkan kesadaran sekuriti para pejabat dan pemegang data rahasia negara dalam menghadapi penyadapan. Tanpa itu, kita akan terus ditelanjangi, walaupun memang sudah lama tanpa disadari kita memang sudah telanjang bulat.
Oleh : Marsda TNI (Pur) Prayitno Ramelan

Target Spionase Kedubes Australia di Jakarta

Sumber = http://www.rimanews.com/read/2013110...rget-spionase-
kedubes-australia-di-jakarta
_______________________________________________________________

Begitu khawatirnya Australia dgn kedua matra ini,apa kira2 yg membuat Australia sangat khawatir dengan kekuatan strategis ke dua matra ini.??
^

Klo menurut saya agak "GR" klo aussie fokus ke militer kita khususnya AU, dengan cuma 1sq sukhoi, beberapa f16, 30an Hawk dan beberapa belas F5

Klo menurut saya jakarta cuma homebase intilijennya saja karna "longgar" tuk mengawasi kawasan regional kita
Quote:Original Posted By edy tansil
^

Klo menurut saya agak "GR" klo aussie fokus ke militer kita khususnya AU, dengan cuma 1sq sukhoi, beberapa f16, 30an Hawk dan beberapa belas F5

Klo menurut saya jakarta cuma homebase intilijennya saja karna "longgar" tuk mengawasi kawasan regional kita


Bisa jadi gan,bkn hanya yg skrg,mungkin jg utk rencana2 TNI yg akan datng.
trus kerjaan kontra spionase dari BIN apa ga efektif ya?
Quote:Original Posted By ngentupan
trus kerjaan kontra spionase dari BIN apa ga efektif ya?


Walaupun informasi tentang spionase dari Australia dan Amerika Serikat terhadap Indonesia banyak ditanggapi oleh para pejabat tingggi, kini yang terpenting adalah bagaimana Badan Intelijen Negara serta Lembaga Sandi Negara melakukan pemeriksaan sekuriti terhadap sistem pengamanan baik informasi maupun kegiatan dari pejabat. Memang diakui sulit mengatasi penyadapan dari negara lain dengan teknologi yang sudah demikian canggih.


Bkn ga efektif,mkn krn kalah teknologi.
Serasa berbau repost nih emoticon-Big Grin
uda pada tau belum disini kalo kedubes Ausie sedang membangun gedung baru?

sundul brita lama ahh
Quote:
Australia Bersiap Bangun Gedung Kedubes Baru di Jakarta
VIVAnews - Australia bersiap memindahkan lokasi Kedutaan Besarnya di Jakarta ke lokasi yang baru, namun tetap berada di wilayah Kuningan. Pengerjaan gedung Kedubes yang baru itu membutuhkan waktu sekitar tiga tahun.

Perusahaan patungan antara PT Leighton Contractors Indonesia dan PT Total Bangun Persada telah memenangi kontrak senilai A$230 juta untuk membangun gedung Kedutaan Besar Australia yang baru di Jakarta.

Kompleks Kedubes yang baru akan dibangun di atas lahan seluas 40.500 meter persegi di Patra Kuningan, Jakarta. Ini akan menjadi kompleks Kedubes Australia yang terbesar di dunia.

“Skala proyek tersebut menggarisbawahi kepentingan-kepentingan Australia yang lestari dalam kemitraan kami dengan Indonesia,” ujar Greg Moriarty, Duta Besar Australia untuk Indonesia, dalam keterangan tertulis yang disampaikan ke VIVAnews hari ini.

Dia mengungkapkan, rancangan gedung Kedubes yang baru merupakan hasil karya para arsitek Australia yang ternama Denton Corker Marshall dan para insinyur Aurecon Australia.

Karya tersebut akan menggabungkan fungsi, tingkat kesadaran lingkungan hidup yang tinggi serta standar keselamatan dan keamanan tertinggi bagi staf, penduduk sekitar dan para pengunjung.

Pekerjaan konstruksi akan segera dimulai dan dijadwalkan selesai pada pertengahan 2015. Konstruksi tersebut akan turut melecut ekonomi Jakarta dan sebagian besar dari sub-kontraktor spesialis dan pemasok utamanya adalah perusahaan-perusahaan Indonesia.

Kedubes Australia mengungkapkan bahwa pengadaan bahan konstruksi serta alat dan perlengkapan dalam jumlah besar akan dilakukan secara lokal. Pada puncak kegiatan konstruksi, diperkirakan akan menyerap hingga 800 pekerja Indonesia, suatu peningkatan besar lapangan kerja setempat.

“Perkenankan kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Indonesia dan secara khusus Pemerintah DKI Jakarta, atas dukungan mereka yang besar pada proyek ini,” kata Moriarty.

jauuh sebelum ini aussie sudah siap dngn perencanaan yg matang,..
Target Spionase Kedubes Australia di Jakarta
dan satu lagi, kedubes ini konon yg terbesar di dunia
Quote:Original Posted By edy tansil
^

Klo menurut saya agak "GR" klo aussie fokus ke militer kita khususnya AU, dengan cuma 1sq sukhoi, beberapa f16, 30an Hawk dan beberapa belas F5

Klo menurut saya jakarta cuma homebase intilijennya saja karna "longgar" tuk mengawasi kawasan regional kita


Geer gimana, yang ngomong dari pihak sono kok emoticon-Malu (S)
Quote:Original Posted By JCman


Geer gimana, yang ngomong dari pihak sono kok emoticon-Malu (S)


Dsitu dbilang mantan agen aussie di jakarta

Boleh percaya or gak banyakan yg rambut item kok operatornyaemoticon-Embarrassment

Quote:Original Posted By bendo.123


Walaupun informasi tentang spionase dari Australia dan Amerika Serikat terhadap Indonesia banyak ditanggapi oleh para pejabat tingggi, kini yang terpenting adalah bagaimana Badan Intelijen Negara serta Lembaga Sandi Negara melakukan pemeriksaan sekuriti terhadap sistem pengamanan baik informasi maupun kegiatan dari pejabat. Memang diakui sulit mengatasi penyadapan dari negara lain dengan teknologi yang sudah demikian
canggih.


Bkn ga efektif,mkn krn kalah teknologi.



Hanya negara gila yg ga memakai perwakilan negaranya tuk jaringan intilijennya gan
Dan suatu ketika terjadi pembicaraan antara putin dan sby.

Sby : mr put gimana nih kacang sukronya yg size 35 gr. Bisa dibungkus gak lumayan plus buat camilan makan lontong sayur opor sekilo .nih

Putin : tenang aja mr sby. Ntar klau cocok di di hati.Ane kirim sekalian truk pasir sebagai imbal buat dukung jalur kereta api di kalimantan. Ntar kalau pilih menu yg bagus ane kirim koki spesial bu minah. Sekalian

Dan suatu tempat di jakarta tersembunyi fasilitas penyadapan yg terhubung ke database NSA.

Operator 1 :record on tape this and remark the clue word

Dan database NSA.. keluar cluenya

Sukro : sejenis makan dari bahan tepung yg didalamnya berisi kacang dan berwarna putih
(Dikemas dlm ukuran 20 gr.35gr. Dsb)
Lontong : makanan yg terbuat dari beras yg dibungkus daun pisang, direbus cara memasaknya
Truk pasir :kendaraan bak terbuka yg dipakai mengakut material
Quote:Original Posted By edy tansil


Dsitu dbilang mantan agen aussie di jakarta

Boleh percaya or gak banyakan yg rambut item kok operatornyaemoticon-Embarrassment



Nggak heran, dalam sejarah negeri ini penuh kok dengan orang-orang yang bersedia menjual kepentingan negara dan bangsanya demi kepentingan asing (dan demi memperbuncit perutnya sendiri tentunya). Makanya rusaknya negara ini sebagian karena ulah orang-orang seperti itu, para komprador asing atau apalah istilahnya.
Quote:Original Posted By 1simbud
Dan suatu ketika terjadi pembicaraan antara putin dan sby.

Sby : mr put gimana nih kacang sukronya yg size 35 gr. Bisa dibungkus gak lumayan plus buat camilan makan lontong sayur opor sekilo .nih

Putin : tenang aja mr sby. Ntar klau cocok di di hati.Ane kirim sekalian truk pasir sebagai imbal buat dukung jalur kereta api di kalimantan. Ntar kalau pilih menu yg bagus ane kirim koki spesial bu minah. Sekalian

Dan suatu tempat di jakarta tersembunyi fasilitas penyadapan yg terhubung ke database NSA.

Operator 1 :record on tape this and remark the clue word

Dan database NSA.. keluar cluenya

Sukro : sejenis makan dari bahan tepung yg didalamnya berisi kacang dan berwarna putih
(Dikemas dlm ukuran 20 gr.35gr. Dsb)
Lontong : makanan yg terbuat dari beras yg dibungkus daun pisang, direbus cara memasaknya
Truk pasir :kendaraan bak terbuka yg dipakai mengakut material


emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By JCman


Nggak heran, dalam sejarah negeri ini penuh kok dengan orang-orang yang bersedia menjual kepentingan negara dan bangsanya demi kepentingan asing (dan demi memperbuncit perutnya sendiri tentunya). Makanya rusaknya negara ini sebagian karena ulah orang-orang seperti itu, para komprador asing atau apalah istilahnya.


Udah lama kok mereka bermain dsini, sbetulnya bukan kita targetnya, gugus tugas utamanya, ngawasi intel2 cungkwa yg makin semarak dmariemoticon-Stick Out Tongue
Quote:Original Posted By 1simbud
Dan suatu ketika terjadi pembicaraan antara putin dan sby.

Sby : mr put gimana nih kacang sukronya yg size 35 gr. Bisa dibungkus gak lumayan plus buat camilan makan lontong sayur opor sekilo .nih

Putin : tenang aja mr sby. Ntar klau cocok di di hati.Ane kirim sekalian truk pasir sebagai imbal buat dukung jalur kereta api di kalimantan. Ntar kalau pilih menu yg bagus ane kirim koki spesial bu minah. Sekalian

Dan suatu tempat di jakarta tersembunyi fasilitas penyadapan yg terhubung ke database NSA.

Operator 1 :record on tape this and remark the clue word

Dan database NSA.. keluar cluenya

Sukro : sejenis makan dari bahan tepung yg didalamnya berisi kacang dan berwarna putih
(Dikemas dlm ukuran 20 gr.35gr. Dsb)
Lontong : makanan yg terbuat dari beras yg dibungkus daun pisang, direbus cara memasaknya
Truk pasir :kendaraan bak terbuka yg dipakai mengakut material


emoticon-Ngakak. koki spesial bu minah ini yg membuat tambah mak nyus.
Quote:Original Posted By edy tansil


Udah lama kok mereka bermain dsini, sbetulnya bukan kita targetnya, gugus tugas utamanya, ngawasi intel2 cungkwa yg makin semarak dmariemoticon-Stick Out Tongue


Klau bkn kita targetnya nd cm ngawasi intel2 tsb yg smakin marak disini,terus apa untungnya buat kita gan dan knapa musti di negara kita?
Dinegara yg tingkat korupsinya begitu mengerikan spt Indonesia, maka hal itu sudah jamak. Jadi nga perlu sadap-sadapan........semua tergantung fulus....pasti mulus emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By Mistaravim
Dinegara yg tingkat korupsinya begitu mengerikan spt Indonesia, maka hal itu sudah jamak. Jadi nga perlu sadap-sadapan........semua tergantung fulus....pasti mulus emoticon-Big Grin


iya ya ngapain nyadap kl dari mereka ngmng wani piro emoticon-Stick Out Tongue
Quote:Original Posted By bendo.123


emoticon-Ngakak. koki spesial bu minah ini yg membuat tambah mak nyus.


Tenang aja gan. Bu Minah emang disiapin untuk buat bikin es teh 300 bungkus..buat acara ultah di surabaya tahun depan.
Quote:Original Posted By Mistaravim
Dinegara yg tingkat korupsinya begitu mengerikan spt Indonesia, maka hal itu sudah jamak. Jadi nga perlu sadap-sadapan........semua tergantung fulus....pasti mulus emoticon-Big Grin

bener....emoticon-Berduka (S)
nyadapnya paling biar urusan bisnis lancaremoticon-Berduka (S)