alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/527670d0fdca17437b000005/5-rencana-tni-bikin-pertahanan-di-jakarta
5 Rencana TNI Bikin Pertahanan di Jakarta
Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Budiman dan Wakil Menhan Sjafrie Sjamsoeddin beberapa waktu lalu bertemu dengan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo. Mereka menyampaikan rencana TNI tentang strategi pertahanan yang tepat untuk Jakarta.

Dalam pandangan TNI, sistem pertahanan nasional bukan hanya di daerah-daerah perbatasan dan daerah-daerah hutan tetapi daerah pada penduduk seperti DKI Jakarta juga harus dijaga ketat. Alasannya, Jakarta merupakan pusat pemerintahan dan pusat perekonomian nasional.

TNI AD telah melakukan kerja sama dengan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo terkait tata ruang wilayah pertahanan di Jakarta. Selain itu, TNI AD juga akan menempatkan alat pertahanan di kota-kota besar sesuai dengan demografis wilayahnya. Berikut 5 rencana TNI untuk menjadikan Jakarta aman dari sisi pertahanan seperti dirangkum merdeka.com, Sabtu (2/11).

1. Penangkis serangan udara di gedung tinggi

TNI AD berencana memasang sejumlah alat utama sistem persenjataan (Alutsista) atau senjata penangkis serangan udara di atas gedung-gedung tinggi di Jakarta.

"Pada gedung tinggi bisa digunakan. Gedung yang ditentukan tempatnya bisa buat rata, sehingga bisa ditempatkan senjata penangkis udara," ujar KSAD Jenderal Budiman dalam acara operasi katarak dan bibir sumbing gratis memperingati hari Juang Kartika di Silang Monas, Jakarta Pusat, Jumat (01/11).

2. Gedung tinggi zona pendaratan helikopter

TNI berharap di gedung-gedung tertentu di Jakarta dapat juga digunakan sebagai zona pendaratan helikopter logistik yang membawa alat berat seperti radar dan sebagainya.

"Sehingga gedung tinggi ini harus dibuat kokoh, bisa dilandasi helikopter radar dan penembakan penangkis serangan udara," kata KSAD Jenderal Budiman.

Menurut dia, perang masa depan tidak seperti dulu, di hutan atau ditentukan di suatu daerah. Oleh sebab itu, Jakarta sebagai pusat pemerintahan perlu dijaga.

3. Pangkalan tank di bawah Monas

TNI berencana membangun pangkalan tank di bawah Monas. Diperkirakan luas pangkalan militer plus parkir bawah tanah dan pusat souvenir di bawah Monas sekitar 160 hektar. Namun detail bangunan seperti apa belum bisa disampaikan.

"Pembangunan dimulai 2014 nanti. Di bawah monas nanti ada underpass strategi pertahanan saat kondisi darurat, yang saling berhubungan," ujar Jokowi.

Sebelumnya, Wakil Menteri Pertahanan (Kemhan) Sjafrie Sjamsoeddin menemui Jokowi. Keduanya membicarakan singkronisasi antara strategi penataan ibu kota dengan strategi pertahanan negara.

Apalagi, September dan Oktober lalu, militer Indonesia bakal menerima ratusan tank berat. Tank itu bakal masuk Jakarta, lalu disebarkan di satuan operasional. Selain itu, militer juga bakal menerima roket jarak jauh untuk mengamankan ibu kota, serta sejumlah pesawat tempur dan puluhan tank amfibi.

4. Kemayoran untuk pendaratan pesawat tempur

Gubernur Jokowi akan menindaklanjuti koordinasi dengan Kementerian Pertahanan sehubungan penyediaan ruang bagi masuknya peralatan militer. Salah satu perubahan yang akan dilakukan adalah jalan di kawasan Kemayoran bisa dimanfaatkan untuk pendaratan pesawat tempur dengan sedikit mengubah tata ruangnya.

"Di Kemayoran bisa untuk pendaratan pesawat. Karena ada fly over nya itu nanti dipindah menjadi underpass sehingga nanti untuk pendaratan bisa dipakai darurat," kata Jokowi.

5. Marunda untuk jalur peralatan tempur TNI AL

Kawasan Marunda juga dibidik untuk membantu pertahanan melalui laut. Menurut Jokowi, ada lahan seluas 200 hektar di kawasan Marunda yang bisa digunakan untuk peluncuran amfibi. "Di Marunda itu luasnya lebih dari 200 hektar, sebagian wilayah pantainya itu juga nanti bisa digunakan untuk meluncurnya amfibi ke laut. Memang, hal-hal tersebut harusnya sudah kita rancang," kata Jokowi.

Source
Spoiler for http://www.merdeka.com/peristiwa/ini-5-rencana-tni-bikin-jakarta-aman-dari-serbuan-asing/penangkis-serangan-udara-di-gedung-tinggi.html:


Bold..
Maksudnya apa ya??
Berbau repost gak sih ini emoticon-Bingung (S)

Tank berat itu maksudnya Marder dan Leopard2 series
Quote:Original Posted By gepee


Bold..
Maksudnya apa ya??


maksudnya:
udah dipastikan kalau pemindahan ibukota hanya wacana, mungkin sampai puluhan tahun kedepan kita masih beribukota di jakarta.....emoticon-Cool
Quote:Original Posted By gepee


Apalagi, September dan Oktober lalu, militer Indonesia bakal menerima ratusan tank berat. Tank itu bakal masuk Jakarta, lalu disebarkan di satuan operasional. Selain itu, militer juga bakal menerima roket jarak jauh untuk mengamankan ibu kota, serta sejumlah pesawat tempur dan puluhan tank amfibi.


Underline: amburadul banget.yang lalu bakal menerima emoticon-Cape d... (S)
Bold: emoticon-Belo jangan2?
Quote:Original Posted By alexander hagal


maksudnya:
udah dipastikan kalau pemindahan ibukota hanya wacana, mungkin sampai puluhan tahun kedepan kita masih beribukota di jakarta.....emoticon-Cool


maksud saya jadi datang ga tu si macan...
katanya dibalikin ???
Quote:Original Posted By newmomotaro
Berbau repost gak sih ini emoticon-Bingung (S)

Tank berat itu maksudnya Marder dan Leopard2 series


Yup... kan cuman datang masing2 dua dan dah dibalikin lagi katanya>>>
emoticon-Sorry
Quote:Original Posted By gepee


maksud saya jadi datang ga tu si macan...
katanya dibalikin ???


ya datanglah...wong kandangnya dah jadi, kontrak dah ditanda tangani
yang kembali khan sample buat parade aja (menurut mbah suro)
Quote:Original Posted By alexander hagal


ya datanglah...wong kandangnya dah jadi, kontrak dah ditanda tangani
yang kembali khan sample buat parade aja (menurut mbah suro)


Tapi sekarang lom datang kan Cik Guru, karena diberita itu disebutin bulan September Oktober lalu, meskipun kalimat selanjutnya bertolak belakang
Jadi bingung aku menerjemahkannya....emoticon-Matabelo

apa ini masuk disinfo...emoticon-Toast
Kemayoran jd FOB?Well.Bungkus Gripen NG nya 3 Skuadron kalo gitchu....emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By gepee


Tapi sekarang lom datang kan Cik Guru, karena diberita itu disebutin bulan September Oktober lalu, meskipun kalimat selanjutnya bertolak belakang
Jadi bingung aku menerjemahkannya....emoticon-Matabelo

apa ini masuk disinfo...emoticon-Toast


disinfo apaan, ni mah penyakit lama, wartawan puyeng nulis. emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By gepee


Tapi sekarang lom datang kan Cik Guru, karena diberita itu disebutin bulan September Oktober lalu, meskipun kalimat selanjutnya bertolak belakang
Jadi bingung aku menerjemahkannya....emoticon-Matabelo

apa ini masuk disinfo...emoticon-Toast


yang ane inget malah akan dateng 2014
yang dateng sept/oktober itu yaa untuk yang parade kemaren itu gan
Quote:Original Posted By marsogud


disinfo apaan, ni mah penyakit lama, wartawan puyeng nulis. emoticon-Big Grin


oh.. i see.. i see.. emoticon-Najis
kebayankan bod**x kali gan...emoticon-Bingung (S)emoticon-Bingung (S)
Quote:Original Posted By alexander hagal


yang ane inget malah akan dateng 2014
yang dateng sept/oktober itu yaa untuk yang parade kemaren itu gan


Okay gan confirm.... berarti kandang macan masih lega ya gan
tunggu info keisinya aja gan...
om kenyot biasanya yang up to date...emoticon-I Love Indonesia (S)
ane sich senang ada peningkatan awareness di bidang pertahanan ibukota tetapi merasa miris karena cuma mengandalkan manpads dan towed gun untuk melindungi obvitemoticon-Berduka (S)
Quote:Original Posted By wahwibson
ane sich senang ada peningkatan awareness di bidang pertahanan ibukota tetapi merasa miris karena cuma mengandalkan manpads dan towed gun untuk melindungi obvitemoticon-Berduka (S)


Sabar gan..
kan SAM masuk MEF II, dah ada daftarnya.
tinggal kita berdoa 2014 nanti siapapun yang jadi tidak merubahnya, lau bisa malah dipercepat. terutama yang suka kasih bintang-bintang no di gedung ijo.. emoticon-Najis