alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5276315ebdcb17b07d000000/maksud-ghaib-menurut-islam
Maksud Ghaib menurut Islam
Apakah Maksud Ghaib menurut Islam? Perkataan Al-Ghaib berasal dari bahasa Arab iaitu Ghaba Yaghibu Ghaiban Ghiyaban Ghiyabatan wa Mughiban. Definisi Ghaib dan Ertinya menurut bahasa ialah sesuatu perkara yang tidak nampak. Namun, menurut istilah Agama Islam, Maksud Ghaib amat luas dan dalam. Wiki: [url=http://en.wikipedia.org/wiki/Al-Ghaib" rel=nofollow]Al-Ghaib Supernatural[/url].


Maksud Ghaib menurut Islam



Istilah Ghaib menurut Islam

Kata Ghaib menurut istilah adalah sesuatu yang tidak nampak oleh
pancaindera tetapi ada ayat dari Al Quran dan hadith yang menjelaskan
akan kewujudannya. Oleh itu, menafikan atau tidak percaya wujudnya
sesuatu yang Ghaib sama ertinya mengingkari Agama Islam itu sendiri.
Selain itu, Perkara ghaib ialah perkara yang di luar jangkauan
pancaindera manusia seperti perkara yang telah berlaku seperti kisah
para nabi, kemusnahan umat terdahulu dan tarikh berlaku kiamat, bentuk
kejadian manusia atau sesuatu yang tidak dapat dilihat dengan mata kasar
seperti jin, syaitan, syurga dan neraka. Maksud Ghaib menurut Islam.

Entri asal: Apa Maksud Ghaib menurut Islam[url=http://www.hootoh.my/2013/10/maksud-ghaib-menurut-islam.html" data-cke-saved-href=http://www.hootoh.my/2013/10/maksud-ghaib-menurut-islam.html] [/url]
Sumber: http://www.hootoh.my/2013/10/maksud-...rut-islam.html


Kata Ghaib dalam Al Quran
Dalam Al-Quran sendiri telah menyebutkan perkataan "GHAIB" sebanyak
56 kali. Malah di permulaan surah al-Baqarah, Allah meyebutkan antara
tanda orang-orang yang bertakwa adalah, orang-orang yang beriman kepada
perkara ghaib.


Quote:
"Alif Lam Mim. Kitab al-Qur’an ini
tidak ada keraguan didalam padanya, petunjuk bagi mereka yang bertaqwa.
(yaitu) mereka yang beriman kepada yang ghaib"
— Al-Baqarah  1 - 3




Kewujudan Makhluk Ghaib
Wujudnya Makhluk Ghaib Jin, makhluk ciptaan Allah. Al-Quran ada
menyatakan wujud makhluk ghaib jin, malah ia amat jelas dengan adanya
Surah ke 72, Surah Al Jin.

Allah berfirman

Quote:
"Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku"
— Adz-Dzariyat 56



Begitu juga dalam hadith, Rasulullah telah bersabda;

Quote:
"Malaikat diciptakan dari cahaya dan jin diciptakan dari nyala api dan
Adam diciptakan dari apa yang telah dijelaskan kepada kalian (tanah)"
— Muslim



Merujuk ayat dan hadith di atas dijelaskan bahwa Allah telah menciptakan
Jin sebagaimana Dia telah menciptakan manusia dan malaikat. Bererti
wujudnya jin tidak boleh kita ingkari, walaupun kita tidak melihat wujud
dan adanya hal ghaib itu.

Sebagaimana firman Allah dalam surah Al-Araf ayat 27
Quote:

"Sesungguhnya ia (iblis) dan teman-temannya melihat kamu (manusia) dari suatu tempat yang kamu tidak dapat melihat mereka"

— Al-Araf 27



Oleh sebab itu makhluk Allah yang bernama jin itu dikategorikan sebagai
makhluk ghaib dan bukti kewujudannya ada dalam Nas'. Cuma kita tidak
dapat melihatnya dengan pancaindera biasa.



Maksud Ghaib menurut Islam

Dongeng Hantu Penanggal



Alam Ghaib bukan Mitos, Mistik atau Mimpi

Supernatural! Maksud Ghaib menurut Islam.
Oleh itu kita tidak boleh memahami dan berbicara tentang perkara ghaib
hanya berdasarkan kemampuan akal semata-mata. Kita juga tidak boleh
memahami hal ghaib yang bersumber dari bayangan, bisikan-bisikan suara,
mimipi-mimpi, atau mitos-mitos yang mistik. Sesuatu perkara ghaib itu
harus bertepatan dengan syariat lslam. Sekiranya sesuai dan disahkan
oleh syariat, bererti mempercayainya akan menguatkan lagi keimanan dan
ketakwaan kepada Allah. Namun, jika menyimpang dari syariat atau tahyul,
maka jauhinya agar tidak menimbulkan syirik. 

والله أعلمُ بالـصـواب
Wallahu’alam bissawab 
Allah lebih mengetahui yang sebenar-benarnya
Allah knows the right

Hootoh Blog By Hootoh Tudia


penjelasan yg mantap.. emoticon-Salaman
Quote:Original Posted By hootohtudia
Maksud Ghaib menurut Islam

Serem bgt Pictny emoticon-Takut (S)
Quote:Original Posted By cenud2
Serem bgt Pictny emoticon-Takut (S)

ada abang cenud

@ts
kyk nya cocok di forspi mbahe emoticon-shakehand
nice share mbahe
Quote:Original Posted By cenud2

Serem bgt Pictny emoticon-Takut (S)


iya gan seyem emoticon-Takut
ane nyimak aja sambil meyindink emoticon-Takut (S)
Emang ghaib itu ada dan orang yang gak percaya sama ghoib itu berarti gak punya iman karena Allah aja juga ghaib (ghaib karena tak terlihat oleh kita sebagai manusia biasa)


Ijin tanya puh, sori kl oot.
Ane pernah denger bahwa manusia itu gak bisa lihat wujud asli jin/setan. Dan jika kita dapat melihatnya maka akan diragukan keimanannya.
Bener gak tuh puh?
ooh gitu ya puh emoticon-Matabelo
DP euy..


Jadi intinya gimana ni mbah puh?
emoticon-shakehand
picnya DP
Quote:Original Posted By ringgaUNDIL
picnya DP

lapor momod ga yak emoticon-Bingung (S)
Quote:Original Posted By ringgaUNDIL
picnya DP


Quote:Original Posted By xlx.bayi.xlx

lapor momod ga yak emoticon-Bingung (S)


http://3.bp.blogspot.com/-O2NlARSW-w...+Penanggal.jpg

maksud nye TS mo kasih ilustrasi nya pengamal ilmu KUYANG emoticon-Smilie (tenar di tanah/daerah kalimantan) tapi alangkah lebih jozz lagi kalo di sertakan sisa tubuh nya yang udah di masukin pecahan kaca, silet, tusuk sate
mantep gan .... ijin save buat tmbah2 ilmu ane emoticon-Smilie
ane takut sama pictnya..... emoticon-Takut
PENYEBAB DOA TIDAK DIKABULKAN OLEH ALLAH SWT
Sudah berdoa tapi tak kunjung dikabulkan juga? Mungkin sewaktu berdoa Anda memposisikan diri sebagai raja, yaitu memerintah dan mendesak Tuhan supaya lekas penuhi permintaan Anda. Ingatlah siapa diri kita, hanyalah seorang hamba yang diciptakan dari setetes air mani yang hina.
Jika tiba-tiba ada orang datang minta bantuanmu, trus kamu bilang "tunggu sebentar ya aku masih sibuk", tapi orang itu tetep maksa harus dibantu saat itu juga, dia gak peduli dengan kesibukanmu, dia hanya memikirkan kepentingannya. Bagaimana perasaanmu? Apa yang bakal kamu lakukan terhadap orang itu?
Allah Ta’ala berfirman :
ﻳَﺴْﺄَﻟُﻪُ ﻣَﻦْ ﻓِﻲ ﺍﻟﺴﻤَﺎﻭَﺍﺕِ ﻭَﺍﻟْﺄَﺭْﺽِ ﻛُﻞ ﻳَﻮْﻡٍ ﻫُﻮَ ﻓِﻲ ﺷَﺄْﻥٍ
“Semua yang ada di langit dan bumi selalu meminta kepadaNya. Setiap waktu Dia dalam kesibukan.” (QS. Ar Rahman: 29)
==========================
Berdoalah dengan penuh adab, Insya Allah mujarab.

minat konsultasi bisa Wa:0896 5251 5558
Quote:Original Posted By cahayakhodam55
PENYEBAB DOA TIDAK DIKABULKAN OLEH ALLAH SWT
Sudah berdoa tapi tak kunjung dikabulkan juga? Mungkin sewaktu berdoa Anda memposisikan diri sebagai raja, yaitu memerintah dan mendesak Tuhan supaya lekas penuhi permintaan Anda. Ingatlah siapa diri kita, hanyalah seorang hamba yang diciptakan dari setetes air mani yang hina.
Jika tiba-tiba ada orang datang minta bantuanmu, trus kamu bilang "tunggu sebentar ya aku masih sibuk", tapi orang itu tetep maksa harus dibantu saat itu juga, dia gak peduli dengan kesibukanmu, dia hanya memikirkan kepentingannya. Bagaimana perasaanmu? Apa yang bakal kamu lakukan terhadap orang itu?
Allah Ta’ala berfirman :
ﻳَﺴْﺄَﻟُﻪُ ﻣَﻦْ ﻓِﻲ ﺍﻟﺴﻤَﺎﻭَﺍﺕِ ﻭَﺍﻟْﺄَﺭْﺽِ ﻛُﻞ ﻳَﻮْﻡٍ ﻫُﻮَ ﻓِﻲ ﺷَﺄْﻥٍ
“Semua yang ada di langit dan bumi selalu meminta kepadaNya. Setiap waktu Dia dalam kesibukan.” (QS. Ar Rahman: 29)
==========================
Berdoalah dengan penuh adab, Insya Allah mujarab.

minat konsultasi bisa Wa:0896 5251 5558


ga mungkin lah kita berdoa tetapi merasa diri kita sebagai raja,itu nama nya ga tau diri gan.kita minta sama orang tua atau atasan kita aja merendah apalagi minta sama sang pencipta
3 PENYEBAB TIRAKAT TIDAK MEMBUAHKAN HASIL :
1. Tidak Khusyuk
Tirakatmu tidak dilakukan secara maksimal. Mulut baca amalan/hizib/doa, tapi pikiran melayang kemana-mana.
2. Melekat
Kamu selalu mikirin dan nungguin kapan ilmunya bereaksi, nggak sabaran pengennya cepet-cepet aja merasakan hasilnya.
3. Tidak Tawakkal
Kamu harus tahu, Tawakal merupakan sebab utama berhasilnya usaha/tirakat seorang hamba. Tirakat tanpa ditutup dengan Tawakal adalah sia-sia.