alexa-tracking

Iraqi Leaders Spend Week in Washington Pleading for Weapons

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52745a7dfdca17915f000003/iraqi-leaders-spend-week-in-washington-pleading-for-weapons
Cool 
Iraqi Leaders Spend Week in Washington Pleading for Weapons
Quote:


Seharusnya US melihat kalau Irak memiliki kecenderungan untuk meninggalkan US kalau US tidak benar benar serius untuk menghandle berbagai permasalahan yang ada di pemerintahan Irak yang baru ini. Irak membutuhkan berbagai macam persenjataan canggih, dan bukan hanya US saja yang mampu menyediakan persenjataan dan sistem training nya emoticon-Big Grin
bener2 gile kalo iraq belanja nype beli Pantsyremoticon-Berduka (S)
eblum F-16 nype ngeborongemoticon-Berduka (S)
Irak yang baru, tentu saja membutuhkan semuanya mulai dari pelatihan sampai ke praktik di lapangan. Kok herannya si US tidak melihat ini sebagai pangsa pasar empuk ya? atau ada suatu konflik yang jika nanti US jadi penyuplai dan pelatih militer Irak.
Dan Rusia pun juga mendekat.

Ada yang tahu nggak gimana kabar sales kita ke Irak??emoticon-Bingung (S)
KASKUS Ads
AS masih khawatir kalau Irak belum stabil, jadi masih enggan menjual senjata ke Irak dalam jumlah signifikan. Takutnya mereka, kalau dalam jangka menengah muncul Saddam Husein jilid 2. Tapi di lain pihak Irak merasa bahwa persenjataan yang mereka miliki sekarang itu tidak cukup untuk pertahanan mereka, jadi kalau mereka tidak bisa beli dari Amerika, mereka bakal cari sumber lain.

Contoh: F-16. F-16-nya sendiri nggak masalah, tapi gosipnya Amerika enggan ngasih AMRAAM ke Irak. Cuma dikasih rudal jarak pendek. Padahal Irak sudah ngerasain sendiri pertempuran BVR itu kayak apa. Jadi Irak ngotot kalau AU mereka harus bisa BVR. Besar kemungkinannya kalau Amerika tetap ngotot nggak mau ngasih AMRAAM, maka Irak bakal mulai mencari pespur Rusia. Begitu juga dengan matra lain.

Sales kita, sori, kalau Anoa kayaknya susah masuk. Kalau Irak mempertimbangkan barang bekas, nggak bakal bisa Anoa ngalahin harga M113 bekas. Sedangkan kalau Irak nyari barang baru, Anoa kalah telak sama barang Rusia. Menurut gue sebenarnya yang potensi itu justru PT DI dengan CN-235.
Gak papalah, lagian mereka juga dari dulu terbiasa dengan barang rusia emoticon-linux2
hhmmm... betul juga sih si AS takut kalau muncul Saddam baru.

Tapi yang agak aneh itu, kok Irak minta rudal BVR. Kan sekarang ancaman yang lebih nyata ada di dalam negeri sendiri dan lebih banyak berada di darat. Bukannya rudal BVR itu untuk serangan udara ke udara saja? CMIIW. Jika bicara mengenai pertahanan udara, diberi sidewinger pun menurut saya itu sudah lebih dari cukup. Dan bukannya Irak sudah punya T-6 Texan II. F-16 nanti aja menyusul kalau negara sudah benar.
Dan tinggal ditambahkan mainan darat yang lain untuk mendukung pemulihan keamanan.

Ya.. ya.. sudah kuduga Anoa bakal menghilang dari daftar belinya Irak. Tapi paling tidak si senapan serbu itu, yang menurut ane masterpiecenya Pindad.
Quote:


Sebenarnya ada lagi yang dikhawatirkan Amerika, yakni kemungkinan pecahnya perang saudara, apalagi kalau lalu perang saudara tersebut dimenangkan oleh golongan ekstremis.

Soal BVR, ahem, Iran. Kita di sini bisa skeptis tiap kali Iran bikin pengumuman bombastis. Mungkin ketawa ngakak ngelihat pesawat terbaru Iran, tapi Irak tetap ingat kalau Irak punya F-14 dan mereka tidak bisa mengabaikan kemungkinan kalau F-14 itu bisa terbang dan punya misil.

Selain itu sekelilingnya Irak itu angkatan bersenjatanya lumayan hebat semua. Biar saat ini hubungan baik, tapi yang namanya pertahanan itu harus mempertimbangkan kemungkinan terburuk. Jadi Irak harus mempertimbangkan kemungkinan bentrok dengan, misalnya, Arab Saudi.

Kalau peluang SS-2, bukannya Amerika sudah hibah puluhan ribu pucuk M-16 ke Irak? Kalau masih ada peluang buat SS-2, mungkin cuma di kepolisian Irak.