alexa-tracking

Saat Buruh Jadikan Keuntungan Pedagang Minuman Alasan Kenaikan UMP

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52743cebf9ca177842000000/saat-buruh-jadikan-keuntungan-pedagang-minuman-alasan-kenaikan-ump
Saat Buruh Jadikan Keuntungan Pedagang Minuman Alasan Kenaikan UMP
Jakarta - Mereka hampir pasti akan selalu ada saat para buruh berunjuk rasa. Jika Anda menebak polisi maka Anda salah, karena mereka adalah wirausahawan kecil penjaja minuman, makanan, atau hanya sekadar permen.

Bagi pengusaha kecil, kumpulan orang yang jumlahnya bisa mencapai ratusan sampai ribuan itu adalah peluang pasar yang menggiurkan. Sama-sama ingin sejahtera dan hidup berkecukupan, tetapi mereka melakukannya dengan cara berbeda.

"Masak upah kita hanya dinaikan jadi Rp 2,4 juta? Air mineral saja setengah tahun lalu di sini Rp 3.000, sekarang naik jadi Rp 5.000, naiknya lebih dari 50%. Masak upah kita tidak naik 50%?" seru salah seorang orator dari buruh di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (1/11/2013).

Pengusaha kecil yang keuntungan dagangannya dicatut, dijadikan pembanding untuk menuntut kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP), tidak mempedulikannya. Dengan santainya mereka hilir mudik di antara para demonstran menjajakan dagangannya.

"Mumpung ada demo nih, kan ramai jadi pasti laris. Harga sama kok, tetap Rp 4.000, nggak dinaikin," kata Adur (21) yang berjualan air mineral.

Keterangan Adur sedikit berbeda dari yang diorasikan buruh. Tapi dia punya alasan sendiri menjual air mineralnya Rp 4.000, bukan Rp 5.000 seperti yang mungkin orator beli dari pedagang lainnya.

"Kalau kita naikin harganya, nanti nggak berkah, uangnya cepat habis. Disyukurin saja sedikit-sedikit pasti banyak juga hasilnya," tuturnya.
Seiring dengan bubarnya para buruh, Adur dan kawan-kawannya juga meninggalkan depan Balai Kota. Kenaikan UMP berapapun besarnya mungkin tidak akan berpengaruh langsung bagi pria yang tinggal di Tanah Abang itu. Karena mereka mandiri.
"Orang kita setor ke bos aja Rp 2.000 per botol. Udah lumayan kan dapetnya kalau dijual Rp 4.000?" pungkasnya.

[url]http://news.detik..com/read/2013/11/01/214039/2402094/10/saat-buruh-jadikan-keuntungan-pedagang-minuman-alasan-kenaikan-ump?991101mainnews[/url]

koplak banget nanloginya si buruh...emoticon-Ngakak
emoticon-Ngakak
woow air minum jadi tolok ukur emoticon-Ngakak

image-url-apps
Wakakaka
Turunin aja harga ninja gan
KASKUS Ads

buruh keblinger

image-url-apps
Buruh keblinger ini namanya .

Kalau mau penghasilan gede jd pedagang aja. Ane jg pedagang dan bekas buruh.

Kalau gaji buruh naik, perusahaan akan naikin harga untuk nutupin bayar gaji buruh . Berarti semua harga di pasaran jg ikut naik. Harga kebutuhan pokok naik seiring naiknya gaji umr . Itu sudah hukumnya . Kita yg sebagai pedagang cari untung jelasnya, g pengin rugi.
semoga aspirasi buruh cpet kesampaian? emoticon-I Love Indonesia (S)
kalo ane jadi ketua buruhnya ....ane bakal minta kenaikan upah buruh 75 % kr yg 25% buat biaya ngaskus.Internet kan perlu biaya...emoticon-Ngakak
image-url-apps
Inisiatif gan. Yg penting dapet duit.
×