alexa-tracking

Program Acara TV Terburuk Pembodohan Bangsa

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5273ea530d8b467c0c000000/program-acara-tv-terburuk-pembodohan-bangsa
Program Acara TV Terburuk Pembodohan Bangsa
Program Acara TV Terburuk Pembodohan Bangsa
Program Acara TV Terburuk Pembodohan Bangsa
Televisi sebagai media yang banyak diakses semakin hari semakin menjadi-jadi menyebarkan kebodohan.Saya perhatikan dari pagi hingga malam,acara inti dari sebuah stasiun televisi hanya ada 3 yaitu : Pertama Berita,Kedua Infotainment & yang Ketiga Sinetron.Acara-acara lain cuma sebagai pelengkap.Bangsa ini diajarkan untuk selalu mau tahu urusan orang lain lewat Infotainment (Gosip Artis).Banyak film mengajarkan anak-anaknya ke sekolah pakai mobil,punya hape canggih,gaul,belum dewasa sudah pacaran,patah hati & lain sebagainya.

Sudah seharusnya tayangan televisi mampu menjadi guru bukan malah membuat bodoh.Inilah beberapa film dan acara TV terburuk & tidak mendidik,berikut ulasannya.

1. Tutur Tinular Versi 2011
Program Acara TV Terburuk Pembodohan Bangsa
Penayangan Tutur Tinular Versi 2011 Ini memang pada awal penayangannya dipuji banyak orang karena tayangannya mengangkat unsur indonesia tempo dulu,tetapi seiring berjalannya waktu & panjangnya alur cerita sinetron ini sehingga banyak diprotes karena alur ceritanya melenceng dari versi terdahulunya misalnya penambahan tokoh-tokoh yang sangat jauh menyimpang dari naskah asli sandiwara radio Ciptaan Bapak S.Tidjab.Penambahan karakter Krishna & Khamsa dari tokoh Mahabharata.Pangeran Bentar dari cerita Saur Sepuh yang sebelumnya tidak ada di dalam cerita versi terdahulunya.Anehnya rating Sinetron Tutur Tinular Versi 2011 ini Selalu Masuk Di Top 10 Rating Televisi Indonesia waktu itu.


2. Brama Kumbara
Program Acara TV Terburuk Pembodohan Bangsa
Di film Brama Kumbara 2013 ini banyak sekali perubahan yang dilakukan oleh Gentabuana dari cerita asli Saur Sepuh yang di buat oleh Niki Kosasih.Pada Seri Brama Kumbara 2013 justru Tokoh Brama digambarkan sebagai seorang pengkhianat.Ia berpura-pura menjadi panglima perang dari kerajaan Kuntala yang kemudian bermaksud menggulingkan raja Kuntala & mendirikan kembali Madangkara.

Tokoh Brama juga pada sinetron tersebut diceritakan terlibat cinta terlarang dengan gurunya sendiri yang bernama Sekar Tanjung.Padahal tokoh Sekar Tanjung sama sekali tidak pernah ada dan dikenal pada naskah serta cerita asli Brama Kumbara.Tokoh Sekar Tanjung hanyalah rekaan atau sisipan pada sinetron ini yang diadaptasi dari cerita Pendekar Rajawali Yoko alias The Return of The Condor Heroes.Selamanya Brama hanya punya guru satu orang yaitu Kakek Astagina.

Dalam cerita aslinya,Utari tidak pernah terlibat cinta dengan Gotawa.Utari adalah cinta pertama Brama Kumbara.Sosok Ardalepa juga bukan pejabat dari Kuntala yang gila perempuan serta berambisi menjadi raja.Tokoh Ardalepa dalam cerita aslinya justru digambarkan sebagai sosok pejabat Kuntala yang baik hati & dermawan pada rakyat Madangkara.Sejak istrinya mati,Ardalepa hanya menikah dengan Gayatri yaitu Ibu dari Brama.Tidak ada selir sama sekali seperti yang digambarkan pada sinetron Brama Kumbara 2013.Tokoh Harnum sama sekali bukan sosok yang lemah gemulai seperti dalam sinetron tersebut.Harnum,meskipun ia putri seorang raja,namun ia juga adalah seorang pendekar.Selain jalan cerita,banyak orang yang bilang kalau kostum para tokoh laki-laki di Brama Kumbara 2013 terlalu berlebihan (Lebay Alay) bahkan ada yang bilang Wow...Itu Brama Kumbara atau Power Ranger?

Jalan cerita yang diulur-ulur agar Brama Kumbara tayang lebih panjang sampai beberapa bulan kedepan ternyata membuat Rating Brama Kumbara terus menurun.


3. Damarwulan
Program Acara TV Terburuk Pembodohan Bangsa
Cerita Damarwulan Minakjinggo muncul setelah meletusnya Perang Paregreg yang terjadi pada 1406 Masehi.Perang inilah yang menginspirasi sastrawan Jawa untuk membuat kisah Damarwulan-Minakjinggo.

Damarwulan yang ditayangkan di TV ini pembodohan bangsa dan ceritanya tidak seseuai dengan versi aslinya.Cerita aslinya seperti ini,Diceritakan setelah Raja Hayam Wuruk wafat kemudian digantikan oleh Wikramawardhana.Raja Wikramawardhana adalah suami dari Kusumawardhani (putri Raja Hayam Wuruk).Pernikahan Raja Hayam Wuruk dengan Ratu Padukasari (permaisuri) tidak memiliki anak laki-laki,sedangkan pernikahan Raja Hayam Wuruk dengan selir mempunyai anak laki-laki yaitu Bhre Wirabhumi yang diberi kekuasaan di Blambangan.Bhre Wirabhumi menjadi raja di Blambangan dengan gelar Prabhu Urubisma.

Hubungan Wikramawardhana dengan Bhre Wirabhumi mula-mula berjalan dengan baik.Akan tetapi Bhre Wirabhumi terus dihasut oleh ibunya (selir) untuk merebut tahta Majapahit dengan alasan yang berhak menjadi raja Majapahit adalah seorang laki-laki (raja) bukan seorang ratu apalagi Wikramawardhana hanya seorang menantu yang tidak punya hak di Majapahit.Akhirnya pada tahun 1400-1406 Masehi,terjadilah perang Paregreg.Perang ini dimenangkan oleh Wikramawardhana dengan terbunuhnya Bhre Wirabhumi (kepalanya terpenggal).Peristiwa ini kemudian dijadikan dasar cerita Damarwulan-Minakjinggo.

Versi aslinya Damarwulan adalah Raja Wikramawardhana (menantu Raja Hayam Wuruk) & Minakjinggo adalah Bhre Wirabhumi yang menjadi raja di Blambangan (anak Raja Hayam Wuruk dari selir).Bukan seperti yg versi film,Damarwulan adalah seorang tukang kuda & Minakjinggo adalah Adipati Blambangan.Ini jelas-jelas pembodohan sejarah bangsa,alur ceritanya ngalur ngidul nggak karuan.


3. Spongebob
Program Acara TV Terburuk Pembodohan Bangsa
Spongbob dipublikasikan oleh Nicklodeon America sebagai animasi yang memiliki perbedaan perpektif dengan animasi Amerika pada umumnya.Pihak Nickelodeon menyatakan bahwa Spongebob memang tidak ditujukan untuk anak usia prasekolah,melainkan untuk yang berumur mulai dari enam hingga sebelas tahun.Secara keseluruhan film kartun spongbob hanya menggambarkan tentang kehidupan kota bawah laut yang bernama Bikini Bottom serta dinamika kehidupan seluruh penghuninya.Tetapi dalam perkembangannya,banyak pihak yang menentang keberadaan film yang mulai dipublikasikan pada tahun 2006 tersebut.Semua itu dikarenakan ketidak-senonohan yang terkandung dalam tindak-tanduk beberapa tokoh Spongbob seperti Mr.Krabb yang digambarkan terlalu pelit & mata duitan,Squidward yang dideskripsikan sebagai makhluk anti-sosial yang membenci bikini Bottom & Patrick yg botol (bodoh & tolol).Meskipun semua itu dikemas secara jenaka,Spongbob tetap masuk dalam daftar Film Kartun Yang tidak Layak Dikonsumsi oleh Anak.

Spongebob banyak ditonton dan disukai anak-anak di Indonesia padahal anak-anak masih belum mengerti dimana letak lucunya ataupun "Pelajaran" apa yg bisa diambil dari tokoh yg satu ini.Ini jelas-jelas film yang membuat anak-anak menjadi bodoh.Bisa dikatakan ini film bodoh.


4. Shincan
Program Acara TV Terburuk Pembodohan Bangsa
Shinchan memang komik yang tidak layak dibaca oleh anak kecil dan di sampul komik aslinya pun tertulis 15+ yang artinya hanya boleh dibaca oleh orang berusia 15 tahun ke atas.Jika anak kecil yang membacanya tanpa pengawasan pasti ada atau bahkan banyak pengaruh buruknya.

Anime Negeri Sakura yang dirilis oleh studio Shinei Doga di tahun 1988 ini menceritakan tentang kehidupan sebuah keluarga Hagemaru yang luar biasa kikir.Dikisahkan secara jenaka bagaimana keluarga hagemaru menyiasati pemborosan.Shincan juga dianggap sebagai Film Kartun Yang Tidak Layak Dikonsumsi Anak.Karena film ini dikhawatirkan akan membawa dampak negatif untuk perkembangan psikologis anak.

Film ini dialognya antara anak-orang tua yang menginspirasi tutur kata anak-anak kita untuk "melawan" orang tua di rumah.Karakter Shincan sangatlah tidak sesuai adat budaya tradisi sopan santun anak-anak Indonesia.Kelakuan Shincan yang konyol juga mengajarkan anak-anak menjadi bodoh.


5. Doraemon
Program Acara TV Terburuk Pembodohan Bangsa
Doraemon merupakan Anime produksi Negri Matahari terbit yang ditayangkan di negara asalnya sejak tahun 1970-an.Ceritanya sendiri berkisah antara seorang anak SD bernama Nobita yang dihadiahi robot masa depan oleh kakeknya.Robot ini kemudian diberi nama Doraemon.Doraemon mempunyai sebuah benda mungil yang dapat mengabulkan seluruh permintaannya,apapun yang Nobita inginkan tersedia di kantong ajaib Doraemon.

Kemudian setelah beberapa tahun penayangannya,anime ini mendapat bermacam-macam kritik negatif dari berbagai pihak.Hal ini dikarenakan alur cerita yang begitu memanjakan nobita,tidak mendidik serta memotivasi penonton khususnya anak di bawah umur untuk melakukan hal yang sama.Akhirnya Doraemon ditetapkan sebagai salah satu dari daftar Film Kartun Yang tidak Layak Dikonsumsi oleh Anak.Doraemon lebih tepatnya adalah film kartun konten remaja/dewasa.


6. Apa Kabar Indonesia & Indonesia Lawyers Club
Program Acara TV Terburuk Pembodohan Bangsa
Program Acara TV Terburuk Pembodohan Bangsa
Tontonannya cuma orang debat mencari-cari kesalahan pihak tertentu.Masyarakat Indonesia harus sadar kalau selama ini mereka telah diadu domba dengan doktrin kepentingan politik yang ingin berkuasa.

Alur pembicaraan pun sarat akan emosi.Talk show itu isinya sungguh penuh dengan keterbukaan,membuka aib kebobrokan orang lain.Kalau kita tengok lagi ke belakang,tontonan yang tidak layak ini sebenarnya kerap menghiasi layar kaca seperti sidang ricuh,diskusi tanpa sopan santun & kelakuan tidak layak tonton lainnya.


7. Seputar Bali (Bali TV)
Program Acara TV Terburuk Pembodohan Bangsa
Bali TV yang notabena TV lokal merupakan bagian dari Kelompok Media Bali Post (KMB) dinilai telah melanggar Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS) 2012 pasal 40 tentang Prinsip-Prinsip Jurnalistik.

Lihat saja di segmen terakhir beritanya pasti ditutup dengan lagu Bali Tolak Reklamasi yang menyudutkan Gubernur Bali I Made Mangku Pastika dan terkesan provokatif.Kelompok Media Bali Post (KMB) juga memasang poster yang antara lain menyatakan bahwa "Bali Cinta Damai", "Bali Cinta Lingkungan" dan "Bali Tolak Reklamasi".Bali Post dan Bali TV banyak menyiarkan pemberitaan yang bersifat provokatif dan memfitnah belakangan ini.


8. Ngulik & Ceriwis
Program Acara TV Terburuk Pembodohan Bangsa
Program Acara TV Terburuk Pembodohan Bangsa
Ngulik ini termasuk acara yang nggak pantes ditonton.Acara ini tidak mendidik,nggak ada moral & sopan santunnya sama sekali,main nyelonong aja asal ngomong nggak ada aturan.Ngulik ini isinya cuma Asri Welas ngoceh-ngoceh sambil ngerecokin orang-orang aja.

Ceriwis isinya tidak lebih dari koar-koar Indra Bekti,Ruben Onsu,Cici Panda dan Pampam yang sama sekali nggak penting.Parahnya lagi biasanya mereka mengambil lokasi di tempat-tempat wisata yang elit.Kalau begitu sih keenakan presenternya bisa menikmati jalan-jalan ke objek-objek wisata yang mewah,justru mereka yang dibayar!Coba pikirkan apa untungnya buat pemirsa menyaksikan aksi-aksi konyol mereka yang terkadang tak jarang berujung pada kesalahpahaman di antara mereka?Inikah yang dinamakan narsisme selebritis?


9. Bukan Empat Mata
Program Acara TV Terburuk Pembodohan Bangsa
Program acara ini tidak berkualitas & tidak mendidik.Acaranya candaan berbau pornografi & asal ngomong doank.Dalam acara Empat Mata,tatkala bintang tamu dimintai pendapat atau dikasih pertanyaan kemudian bintang tamunya baru mau menyusun kata yang lebih baik untuk menjawab pertanyaan dari Tukul Arwana eh...belum selesai bicara sang tamu malahan si Tukul Arwana sudah memotong pembicaraan dengan kalimat candaan asal cuap.Kelihatan bodoh bukan? emoticon-Hammer2


10. Pesbukers
Program Acara TV Terburuk Pembodohan Bangsa
Program Acara TV Terburuk Pembodohan Bangsa
Pesbukers ini adalah acara hiburan nggak jelas alurnya.Menurut KPI (Komisi Penyiaran Indonesia) banyak pelanggaran yang telah dilakukan dalam penayangan acara Pesbukers seperti adegan yang melecehkan orang & atau masyarakat dengan kondisi fisik tertentu serta orientasi seks & identitas gender tertentu,melanggar perlindungan anak,ditampilkannya anak-anak dalam siaran langsung melewati pukul 21.30 waktu setempat,serta pelanggaran terhadap norma kesopanan & kesusilaan.

Jenis pelanggaran ini dapat dikategorikan sebagai pelanggaran terhadap perlindungan kepada orang dan/atau kelompok masyarakat tertentu,norma kesopanan & kesusilaan,perlindungan anak & penggolongan program siaran.


11. Dahsyat & Inbox
Program Acara TV Terburuk Pembodohan Bangsa
Acara ini sama-sama ga jelas programnya,malah berdampak negatif untuk anak usia 15 tahun ke bawah.Dimana seharusnya anak itu belajar,ini anak ternyata malah belajar menghafal setiap lagu-lagu Boyband atau Girlband yang nggak jelas juga apalagi ada goyang Gaspol dari DJ Cungkring.Disamping itu,kedua acara musik ini bertipe lipsync.Bayangin aja drum bunyi sendiri padahal nggak dipukul tapi drummer nya sok sibuk mukul drum.Kaka Slank pernah menolak tampil di acara Dahsyat & Inbox sembari bernyanyi "Ku tak bisa...Lipsync...Lipsync...Bernyanyi"emoticon-Hammer2


12. Yuk Keep Smile
Program Acara TV Terburuk Pembodohan Bangsa
YKS Trans TV acaranya joged-joged nggak jelas,bawa dampak negatif ke anak-anak yang nonton.YKS ini juga di dalamnya terdapat candaan celaan fisik,joged-joged setiap hari (kapan mau pinter orang Indonesia nonton ginian?),tabur bedak sembarangan,dandan lebay alay.Acara ini mengajarkan kita menjadi orang gila dengan joged-joged nggak jelas tiap hari terus pakek kostum lebay alay yang bikin orang-orang jadi tambah gila.Nggak capek apa goyang-goyang geal-geol tiap hari pakek kostum kayak orang gila? emoticon-Ngakak


13. Infotaiment
Program Acara TV Terburuk Pembodohan Bangsa
Acara Infotainment tentang gosip artis,hukumnya wajib ditinggalkan,percuma deh ngomongin orang nggak jelas kayak gitu.Materi yang disiarkan Infotainment banyak membahas tentang pacaran,seks bebas,perceraian, perselingkuhan & acara hura-hura artis.

Beberapa Efek/Dampak Buruk Dari Acara Infotainment Di Televisi Indonesia Pada Masyarakat :
a. Menyebarkan Fitnah/Isu/Kabar Burung
Jika berita infotainment itu hanya menduga-duga dari suatu permasalahan yang belum jelas faktanya maka bisa saja disebut sebagai fitnah.Fitnah lebih kejam dari pembunuhan,pencurian,penipuan dan lain-lain.

b. Mengganggu Orang Yang Sedang Diperbincangkan/Dibahas
Yang namanya masalah kita diomongin & diungkit-ungkit orang lain (ghibah) normalnya akan membuat kita tidak nyaman.Oleh sebab itu jika seseorang punya masalah/kasus sebaiknya kita biarkan dia dulu menyelesaikan segala masalahnya.Setelah semua beres barulah minta izin langsung untuk meminta diliput.Selama ini wartawan main tayang saja tanpa meminta ijin yang diliput.

c. Menjerumuskan Masyarakat Pada Gaya/Pola Hidup Yang Salah
Berita yang datang dari kaum yang suka ditiru orang kalau tidak benar maka jelas berdampak tidak baik.Bahaya jika masyarakat meniru para artis yang identik/suka dugem,suka gaya hidup mewah,suka pergaulan bebas,suka narkoba,suka nikah siri & sebagainya.Seharusnya dijelaskan pola hidup yang salah adalah salah,tidak baik ya tidak baik agar masyarakat tidak meriru yang jelek-jelek.

d. Contoh Buruk Bagi Anak-Anak
Kalau yang menonton adalah anak-anak maka akan lebih dahsyat dampak negatif yang ditimbulkannya.Jika anak-anak terobsesi ingin jadi selebriti bisa saja mereka akan meniru apa yang dilakukan selebriti kesayangannya termasuk yang jelek-jelek.Anak-anak dari kecil sudah diajarkan gosip,fitnah,gibah,gaya hidup mewah & lain-lain.Seharusnya acara infotainment ditayangkan larut malam ketika anak-anak sudah tidur.

e. Menghabiskan Waktu Para Penonton
Pembahasan suatu masalah dari seorang selebritis biasanya dipaksa panjang durasinya sehingga yang dibahas suka diulang-ulang atau ditambah-tambahkan.Belum lagi setiap acara infotainment juga membahas kasus yang sama secara bertele-tele.Maka lengkap sudah waktu seseorang yang tersita untuk melihat permasalahan yang sama.Waktu pemirsa yang berharga jadi suka terbuang karena penyampaian yang bertele-tele & dilama-lamakan.


14. Sinetron FTV
Program Acara TV Terburuk Pembodohan Bangsa
Program Acara TV Terburuk Pembodohan Bangsa
“Sinetron dan FTV nggak ada matinya!”Barangkali seperti itulah ungkapan untuk kedua tayangan yang selalu mendapat rating tinggi di televisi.Tentunya hal ini bisa menjadi sebuah kebanggaan tersendiri karena produk dalam negeri lebih digemari ketimbang film seri impor.Namun alangkah sayangnya jika kebanggaan itu rusak gara-gara tayangannya jauh dari kualitas yang baik.Memang tidak semua sinetron/FTV berkualitas buruk.Ironi ini pernah menjadi pembicaraan publik,bahkan mantan Presiden Megawati pun pernah menyinggungnya.Dan sesungguhnya ada benarnya perhatian Ibu Megawati atas buruknya kualitas sinetron mengingat tayangan ini ditonton jutaan pemirsa.Jika buruknya kualitas sinetron/FTV tersebut dikonsumsi jutaan orang,maka jelaslah apa yang terjadi:

“Sebuah Pembodohan Massal!”
Buruknya kualitas sinetron ini bisa diukur dari kurangnya nilai-nilai kesopanan serta tingginya nilai-nilai hedonisme.Ukuran lain juga bisa dilihat langsung dari sangat rendahnya penyajian sinema seperti peran,adegan & dialog tidak masuk akal yang sering kali ditampilkan.Sebut saja sebuah peran dari salah satu FTV di SCTV yang menampilkan seorang perempuan cantik yang berprofesi menjadi tukang bajaj (angkot paling sering).Dalam keadaan normal pastinya peran ini sangat tidak masuk akal.Sekarang bayangkan tukang bajaj cantik itu mengantar seorang pria kekar & sangar.Apa yang terjadi kemudian adalah si tukang bajaj cantik akan diculik & kemungkinan besar diperkosa! Barangkali bisa disebut puluhan sinetron dimana perempuan cantik berperan mulai dari menjadi sebagai pembantu,supir angkot,tukang gorengan,kernet bis bahkan sampai tukang kubur.

Kebodohan lain dari sinetron/FTV adalah adegan kebetulan yang acap kali muncul.Penonton dengan mudah menebak kejadian ketika sang tokoh memergoki kekasihnya jalan dengan cowok lain atau adegan dimana seorang cowok dengan tidak sengaja menabrak cewek di depannya atau saling jatuh cinta di akhir cerita padahal pasangan ini saling bermusuhan pada awalnya.Adegan ini tidak terjadi dalam satu-dua FTV melainkan puluhan/mungkin ratusan.Jika hal-hal seperti ini terus-menerus ditayangkan maka otak penonton akan menyerapnya dan menganggapnya sesuatu yang tidak masuk akal.Dan sekali lagi,apa yang akan terjadi jika penonton terus-menerus mengkonsuminya tentunya akan menjadi sebuah pembodohan massal!

Kini,sesuatu yang berlangsung di dunia sinetron/FTV bisa dibuat nyata oleh para penontonnya,khususnya para remaja putri.Mereka menjadi melow,galau dan lebih memilih pergi bersama cowoknya ketimbang mengikuti nasihat orang tua.Keluguan para remaja putri pecinta sinetron/FTV ini bisa jadi dimanfaatkan teman laki-lakinya yang tidak bertanggung jawab (tentunya Anda juga tahu apa yang terjadi kemudian karena sudah terlalu banyak contohnya).

Sumber : Dikutip Dari Berbagai Redaksi

Mohon maaf apabila ada yang kurang berkenan.Thread ini dibuat hanya untuk sekedar hiburan.Kalo agan2 berkenan,please :
1. emoticon-Rate 5 Star
2. Program Acara TV Terburuk Pembodohan Bangsa
3. Jangan Diberi emoticon-Blue Guy Bata (L)
terkadang memang serasa mau mebodohkan gan
tapi sedikitnya juga memberi informasi bagi kita emoticon-Thinking
ane jarang nonton TV gan, soalnya puyeng liat Acara TV skr emoticon-Cape d... (S)
KASKUS Ads
kalau spongebob sama sinchan kan emang buat anak kecil gan emoticon-Bingung
naahhh kalau tutur menular tuhh emoticon-DP berbusa banget
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
kalo tipi wan mah seru gan emoticon-Ngakak
hhhhhmmmmmmmmmmmmm belum lagi banyak kamopanye sekarang
image-url-apps
Ane jarang nonton tv...pake radio aja emoticon-Malu
image-url-apps
YKS itu paling sampah, joget ga jelas. Menjijikan. Maen tepung terus.

Ada lagi acara di tv mana gitu yg nyanyi sambil di kasih belatung, tikus, ular, nyanyi ga karuan. Yg jadi masalah itu hewan nya suka di lempar2, kyk tikus nya, tikus juga makhluk hidup.

Ada juga di acara tukul, ada acara mistis, kesurupan, lalu pembawa acara berbincang dengan setan nya, di bantu sang paranormal. Kok bisa acara gini lolos KPI.

Gimana bisa pintar bangsa ini kalau di kasi tontonan tolol seperti itu terus.

Ada sih acara bagus, tp perbandingan nya 1:10.
image-url-apps
namanya jg tivi gan, tinggal pinter"nya ortu aja
pesbuker enggak jelas bangetttttt emoticon-DP
setuju gan..

tp buat yg no 5 ane no komen.. soalnya tergantung penangkapannya aj sih, kalo emg kita ngerti, kita malah bisa jd berpikir kritis.. tp kalo orang awam, ya jd bulan2an politik aj emoticon-Big Grin
bukannya sinchan sama spongebob aslinya bukan buat anak kecil.
contoh liat aja komik crayon shincan, udah ada peringatan untuk 15 tahun keatasnya
tapi klo di TV indonesia dijadiin konsumsi anak kecil ya?
Spongebob masih mending deh gan menurut ane, masih tersisipkan pesan-pesan moral didalamnya. emoticon-Matabelo
itu si tergantung masyarakat indonesia yg menilai aja, masalah program bagus atau ga, mendidik atau ga mendidik y pinter2 kita cari program yg seuai..
smua acara TV kn intinya bisnis, mereka melihat peluang acara yg mreka tampilkan akan membuat rating naik, klo udah pd sadar ngerasa d bodohin y tinggal matiin tv & jangan d tonton, ntar jg ratingnya turun acara jg ga diperpanjang.. emoticon-Smilie
kalo ane mah nonton trans7, udh itu aja, gaada sangkut paut politik, acaranya seru2
setahu ane sinchan itu emang film untuk remaja/dewasa, di indonesia aja semua film anime kebanyakan jadi film untuk anak-anak..
image-url-apps
Shinchan seharusnya tontonan untuk remaja emoticon-Smilie
emoticon-Sorry emoticon-No Hope
banyak bgt ya gan... talkshownya tipiwan juga termasuk yah emoticon-Ngakak
Tv sudah semakin ditinggalkan gan, jadi acaranya banyak yang terkesan maksa. emoticon-Ngakak

pekiwan dlu dehemoticon-Shakehand2