alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
[Share Pengalaman] Menjadi Buruh yg Mapan
3.67 stars - based on 3 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5273baf91bcb173f6c000003/share-pengalaman-menjadi-buruh-yg-mapan

[Share Pengalaman] Menjadi Buruh yg Mapan

Bismillahirrahmaanirrahim.

Saya seorang buruh yang telah bekerja 10 tahun lebih... Saat ini saya sudah punya rumah senilai 250jt lunas (dulu harganya 136jt), sudah punya Grand livina xv lunas, 2 anak yg sekolah diSD Islam Terpadu, seorang istri yg sangat istimewa dan tentunya hampir gak punya hutang... Apalagi yg namanya kartu kredit gw anti banget... Dan saya mendukung Demo Buruh walaopun saya gak bisa ikutan karna harus menyelesaikan laporan keluar negri yg sifatnya sangat urgent... Tapi kenapa kok orang heboh banget ngeliat buruh yg demo menggunakan ninja 250 cc??? Apa salah dia??? Bisa jadi dia berusaha keras untuk mendapatkannya, dimana orang lain pulang jam 4 sore dia harus terus bekerja sampe jam 9 malam... Atau mungkin dia tidak memilih bersenang-senang di akhir pekan.

Untuk hidup mapan Mungkin gaji saya gede.. Atau mungkin saya bekerja diperusahaan yg sangat besar!!!
Jawabannya adalah Tidak!! 
10 tahun yg lalu gaji pertama saya lulusan D3 sebesar 1,08 jt dan sampe saat ini gaji saya selalu naik tetapi tidak jauh diatas nilai UMR Jakarta.. Lantas bagaimana bisa mapan?
Ada beberapa prinsip yg saya dapat dari lingkungan saya dan saya coba terapkan dalam kehidupan saya.

1. Membagi Take Home Pay saya menjadi 5 bagian.
Cara ini diajarkan oleh ibu kost saya pada saat baru bekerja dan tentunya masih single. Setelah seluruh tagihan rutin kost, listrik dan pulsa gw bayar. Gw langsung bagi 5 sisa duit gw dan setiap satu bagian untuk kebutuhan hidup 1 minggu. Dengan begitu saya bisa manyimpan sekitar 1/5 penghasilan saya setiap bulan.

2. Prinsip kebutuhan dan keinginan.
Ketika waktu terus berjalan dan simpanan terus berkembang, muncul keinginan untuk bersenang-senang atau mungkin membeli sesuatu yg belum tentu sebenarnya kita butuhkan. Saat itu saya sangat berkeinginan untuk membeli system home teater onkyo + Q acoustic 1010 yg saat itu harganya sekitar 15jt an, tetapi saya selalu berfikir apakah jika saya tidak memiliki system teater tersebut saya akan meninggal??? Ternyata tidak.  Itu hanya keinginan belaka!!! Sehingga akhirnya saya gunakan tabungan saya untuk memulai usaha kecil dengan modal 20 jt (tabungan + pinjaman koperasi) dan saya tidak pernah mengutak-atik modal dan hasil usaha tsb, saya hidup hanya mengandalkan gaji yang sudah dibagi-bagi.

3. Selalu hidup sederhana
Kadang orang banyak sekali yg merasa sulit untuk hidup sederhana, rasanya kurang mantep kalo gak makan di restoran pizza atau warung tenda sambil nongkrong bareng teman. Atau mungkin kurang sregg kalo dalam 1 bulan gak jalan-jalan.
Saya selalu bersyukur dan berterima kasih kepada Allah karna masih merasa nikmat walopun hanya makan tahu, tempe atau telor asin (walopun kadang ke seafood juga)... Dan tidak ada pikiran untuk jalan-jalan ke bali dll... Tetapi saya selalu berfikir "saya adalah orang bali yg sedang tamasya kebogor" sehingga setiap hari saya merasa menjadi orangkaya.

4. Berdoa.
Ini merupakan hal yang sangat penting dan banyak orang menyepelekannya!! Padahal yang sumber rizki adalah Allah dan Allah sangat senang jika ada hambanya yg meminta. Terus apakah ketika kita minta langsung turun duitnya??? Tentu saja tidak, Allah memberikan rizkinya dengan memberikan ketenangan, kecukupan, kesehatan dan hal lainnya yg kadang kita luput memperhatikannya... Untuk itu perbanyak berdoa dan menghinakan diri kepadaNya.

5. Selalu bersabar dan berbuat baik.
Saat itu saya baru beli mobil grand livina (menggunakan tabungan selama 8 thn menggunakan motor jadul + pinjaman KTA koperasi) karna keterbatasan dana saya tidak mengasuransikan mobil saya. Pada saat jalan ke lippo cikarang  dan ditengah perjalanan ada batu melayang cukup keras kemobil saya akibat sabetan mesin potong rumput....darrrr suaranya cukup kerass, ortu saya yg ada disebelah saya teriak... Aduh sayang banget, mobil baru-baru dah kena batu. Saat itu hati gw juga cukup gondok, tetapi saya berfikir, jika saya teriak itu tidak menyelesaikan masalah malah mungkin akan semakin kesal, kemudian fikiran saya langsung saya rubah "sesungguhnya Allah maha tahu dan Allah maha Adil. Dia tidak akan mendzalimi hambanya" untuk itu saya berdoa: ini merupakan takdir Allah yg tidak dapat saya rubah... Untuk itu saya mohon ganti yg lebih baik dari pada musibah yg saya dapatkan ini dan saya akan terus berbuat baik untuk mendapatkan ganjaran yg dijanjikan. Seperti tidak berbohong, membuang sampah pada tempatnya (kalo gak ada lebih baik saya kantongin sampahnya sampe ketemu tempat sampah), menanam tumbuhan disekitar rumah, berusaha tidak menyakiti manusia bahkan hewan sekalipun dan tentunya selalu bersemangat untuk bersedekah.... Dengan begitu niscaya Allah pasti akan memberikan kemudahan-kemudahan kepada saya dan keluaga sehingga bisa hidup mapan.. Alhamdulillah.

Ini merupakan kisah singkat saya sebagai seorang Buruh dan Kepala Keluarga. Tentunya masih banyak yg lebih mapan dari cerita ini dan Banyak hal yg tidak saya tuliskan disini. Intinya saya mengajak agan untuk selalu berfikir positif dan berbuat baik!!!
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 4
nice share gan, intinya kita hidup dengan cara kita sendiri. mau kaya gimana, jangan mengorbankan kepentingan orang lain emoticon-Salaman

=== demo buruh boleh, asal jgn ganggu ketertiban umum ==
Lol
Gggg
membedakan kebutuhan dan keinginan
ini yg bnyk org g bisa
ok gan info nya emoticon-Jempol

bisa dicontoh nanti emoticon-Smilie
Intinya selalu bersyukur gan...
Mau gaji segede apapun klo gak bisa bersyukur dan gak bisa bedain kebutuhan dan keinginan yah bubar tuh duitnya....
nanti ane praktekin
Sangat menginspirasi ane gan. emoticon-Matabelo
Pembelajaran ane jg sbg mahasiswa dlm mengelola keuangan. emoticon-Smilie
emoticon-shakehand
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
Quote:


jawaban ini yg dibutuhkan oleh sebagian kaskuser yg kemaren asal komeng masalah ninja emoticon-Ngakak
emoticon-Traveller
numpang pekiwan di calon HT ahh..
tapi koq thread yg berisi gini malah jarang yg komeng ya?? emoticon-Bingung

wah sungguh menginspirasi gan..
semoga sukses selalu,, bisa berbagi dengan yg membutuhkan emoticon-Cool
info nya bagus banget gan, ane jg di kasih tips sm ayah anr bwt selalu membagi bagi dan menulis semua kebutuhan agar bisa di rencananakan, dan jgn lupa bwt zakat min 2,5% nya
Nah harus nya gitu gan, berusaha lebih giat

Kalo minta naik gaji, nanti harga barang naik

Jai impas dong
Matab gan share nya..

Makasih gan. Bisa buat renungan
semoga bisa dicontohemoticon-I Love Kaskus (S)
wah itu yang duit di bagi 5 bgian bener banget gan..dan yv paling susah menurut ane menahan godaan buat hidup sederhana gan.. manteb trit ente gan..
iya gan...intinya hidup itu indah klw kita bisa mensyukurinya gan...btw sebenernya ane msh bingung ama yg dimaksud dgn "buruh" itu apa n siapa siih???
Sejuk gan.
Menginspirasi!! bukan hanya untuk buruh kok, untuk semua ini gan
emoticon-Shakehand2
Diubah oleh express77
menginspirasi,, ane juga hidup sederhana kok gan emoticon-Smilie
Quote:



kalau caranya dia dengan berusaha keras sih gpp gan emoticon-Smilie
tapi kalau sampe pemerintah dan perusahaan harus bersusah payah "menyesuaikan" dengan gaya hidup mereka yang berarti menaikan upah itu yang tidak ane suka.
kenapa pada heboh dengan motor 1/4 liter? udah kuat buat beli motor kayak gitu kok masih menuntuk kenaikan upah?
toh kalaupun nanti enggak kuat buat nyicil atau sampe dia harus lembur, dan menghemat sana sini ya itu kan udah konsekuensi dia beli kendaraan seharga 50jtan. emoticon-Smilie


nah kalau 5 prinsip agan, ane setuju banget emoticon-thumbsup
hmm, tapi ya maaf, kadang orang yang berpendidikan rendah kadang ga bisa kayak agan.

dirumah ane ada pekerja,gaji ga seberapa, tapi tiap hari rokok terus emoticon-Cape d... (S). sebungkus buat beberapa hari sih mending, ini sehari minmal 1 bungkus. emoticon-Cape d... (S) . entahlah, entah ane yang bukan perokok sehingga enggak bisa ngerti rasanya kecanduan rokok atau gimana ga tau.



cmiiw
Halaman 1 dari 4


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di