alexa-tracking

Akil Pantas Dipecat Tidak Hormat

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5273b710a3cb17433b000000/akil-pantas-dipecat-tidak-hormat
Akil Pantas Dipecat Tidak Hormat
Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi menyelesaikan tugas untuk memeriksa pelanggaran etika yang diduga dilakukan Ketua Mahkamah Konstitusi Akil Mochtar. Setelah mendengar keterangan dari banyak pihak, Majelis Kehormatan berkeyakinan bahwa Akil Mochtar melakukan pelanggaran etika dan untuk itu ia diputuskan untuk dipecat dengan tidak hormat.

Keputusan Majelis Kehormatan sangatlah keras.  Dengan keputusan itu Akil dinilai tidak pantas menjadi Hakim Konstitusi dan tidak berhak untuk mendapatkan semua fasilitas apa pun sebagai mantan pejabat negara. Bahkan ibaratnya  disebut mantan Ketua Mahkamah Konstitusi pun, Akil tidak pantas menyandangnya.

Kita mendukung dijatuhkannya hukuman yang paling keras. Selama ini kita terlalu bertenggang rasa, sehingga akibatnya tidak ada pembelajaran dan efek jera kepada mereka yang melakukan tindak kejahatan termasuk korupsi.

Salah satu yang membuat korupsi semakin menjadi-jadi adalah tidak ada hukuman yang membuat orang kapok. Begitu banyak penegak hukum mulai dari hakim, jaksa, polisi yang tertangkap melakukan korupsi, namun tidak membuat yang lain menjadi takut.

Selama ini seperti ada upaya untuk saling melindungi dan menutupi. Atas nama esprit de corps, mereka saling menjaga kejahatan yang dilakukan. Mereka tidak pernah menyadari bahwa tindakan itu meruntuhkan kepercayaan terhadap hukum dan kewibawaan hukum.

Kerusakan hukum yang terjadi di negara kita sudah begitu parahnya.  Tanpa ada kemauan besar dari kita untuk memperbaiki semua ini, maka keadaan akan semakin memburuk. Lebih lanjut yang bisa terjadinya adalah kekacauan publik.

Tugas kita semua untuk tidak berkompromi dengan pelanggaran hukum. Setiap orang yang bersalah harus dijatuhi hukuman. Apalagi mereka yang melakukan korupsi harus diberi hukuman yang berat, karena ia bukan hanya mengambil uang negara, tetapi merusak tatanan nilai.

Para penegak hukum yang melakukan pelanggaran hukum, harus diganjar hukuman dua kali lipat. Sebagai orang yang paham hukum, maka ketika mereka memperdagangkan hukum untuk kepentingannya sendiri, maka ia telah menodai profesinya.

Masyarakat harus membantu dengan memberikan hukuman sosial kepada pejabat negara yang melakukan korupsi. Kita harus mempermalukan mereka, agar sadar bahwa perbuatan yang ia lakukan merusak sistem sosial yang berlaku di negeri ini.

Kita lihat bagaimana negara lain memerangi penyakit sosial yang terjadi. Di China pejabat yang terbukti korupsi bahkan dijatuhi hukuman gantung. Koruptor benar-benar dibuat jeri atas perbuatannya.

Akil Mochtar sendiri sedang menjalani pemberkasan atas kejahatan yang ia lakukan. Tuduhan yang dikenakan kepada dirinya bukan hanya tindaka pidana korupsi, tetapi juga pencucian uang.

Hasil pemeriksaan Majelis Kehormatan menemukan bahwa Akil tidak punya malu. Kendaraan mewah yang dimiliki tidak didaftarkan ke Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia. Ia berlindung dengan nomor dinas lembaga negara yang tidak mungkin diperiksa oleh polisi di jalanan.

Bahkan untuk menutupi kekayaannya, ia menggunakan nama supir dalam surat kepemilikan kendaraan. Ia sadar bahwa tidak mungkin seorang pejabat negara bisa membeli mobil Mercedes Benz Seri S apabila hanya mengandalkan gaji yang didapatkan. Artinya ada pendapatan yang tidak jelas untuk bisa membeli mobil mewah itu dan untuk menutupinya ia menggunakan nama supir sebagai pemilik kendaraan.

Tindakan tercela yang juga tidak termaafkan adalah kebiasaannya untuk menggunakan narkotika. Hasil pemeriksaan DNA yang dilakukan Badan Narkotika Nasional menunjukkan bahwa lintingan ganja yang ada di laci meja kerja Akil dipergunakan oleh ia sendiri.

Atas semua fakta itu, Akil memang tidak pantas untuk menjadi panutan. Untuk itu pemecatan tidak hormat terhadap dirinya merupakan sesuatu yang pantas dijatuhkan. Meski ia berupaya untuk mundur sebagai hakim konstitusi agar tidak dipecat dengan tidaka hormat, tetapi Majelis Kehormatan bersikukuh untuk melakukan pemeriksaan etika dan menjatuhkan sanksi. Itulah yang pantas kita hargai dari lima anggota Majelis Kehormatan yang telah berupaya menegakkan wibawa Hakim Konstitusi dan lembaga Mahkamah Konstitusi.


mending jangan dihukum mati dah,bumi kita juga males nerima mayatnya para koruptor misalkan mati,dia dihukum mati juga gk guna cuman nyampah itu mayatnya,mending di bakar aja,buat koruptor semua hukuman yg pantes menurut ane dibakar aja,
setuju gan, kalau sudah begini bingung
orang yang beresal dari organisasi hukum tertinggi aja udah kena suap
bingung nasib negara kita nantinya
bener bgt gan. malu2in nama MK aja emoticon-Mad
Bener banget,, perbuatannya benar2 memalukan!
udah korupsi, narkoba pula emoticon-Berduka (S)
Quote:


kena tuh barangnya emoticon-Ngakak
orang yang menghakimi saja korupsi,, apalagi yang tidak menghakimi..

ingin hilangkan korupsi di negara ini harus pake duit
emang pantas dipecat segera dan dihukum emoticon-Mad