alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Nasib Buruh Setelah di PHK
5 stars - based on 6 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5273b019a4cb17f417000007/nasib-buruh-setelah-di-phk

Nasib Buruh Setelah di PHK

Dering tanda SMS masuk berbunyi di HP Nexian jadul ane hari Minggu lalu, isi-nya beberapa teman akan berkumpul di rumah makan milik M jam 8 pagi ini untuk sekedar sarapan dan ngopi bareng. Setelah mengantar ke TK anak bungsu ane, ane langsung meluncur ke rumah makan milik M. Disana, beberapa orang teman ane korban PHK dan yang resign dari perusahaan tempat ane bekerja dulu telah berkumpul. Ane sendiri resign dari perusahaan tersebut 3 tahun yang lalu.

Sambil ngopi dan makan roti bakar, kami ngobrol ngalor-ngidul, saling mencuri ilmu dan sesekali membicarakan nasib teman-teman yang masih bekerja di perusahaan lama. Konon, kondisi perusahaan sedang kolaps, kemungkinan besar akhir tahun ini akan ditutup, karena target perusahaan berbanding pengeluaran, masih lebih besar pengeluaran. Perusahaan tidak akan melakukan PHK, karena dengan PHK maka perusahaan harus mengeluarkan dana yang besar untuk pesangon. Perusahaan akan menggunakan tatik memindahkan karyawan ke grup perusahaan di luar kota/pulau. Dengan begitu tentunya akan banyak karyawan yang menolak dipindahkan pada akhirnya mengundurkan diri dari perusahaan.

Jam 10.15 kami menyudahi ngumpul bareng tersebut, ane harus menjemput anak ane, sementara teman-teman yang lain akan melanjutkan aktivitasnya masing-masing. Di perjalanan menuju TK anak ane, perjalanan terhambat karena jalan disesaki ribuan motor buruh yang sedang menuju kantor Gubernur. Mudah-mudahan aspirasi mereka dikabulkan pemerintah dan perusahaan yang memperkerjakan mereka tidak tutup karena tidak kuat membayar upah. Tapi jika harus kena PHK karena pabrik tutup mudah-mudahan kisah saya dan teman-teman ngumpul saya di bawah ini bisa menjadi inspirasi.

Ane sendiri resign pada tahun 2010, setelah resign ane nge-warung di rumah ane. Dari modal awal 10 jt, kini usaha ane berkembang. Allhamdulillah penghasilan ane sekarang sekitar 8 jt/bulan. Tapi ane tetap mencoba hidup sederhana. Ane masih tetep pake HP nexian keluaran thn 2010, motor matic thn 2009, bahkan 2 TV dan monitor komputer di rumah ane masih tabung. Ane baru mau gantu LED hanya kalo TV ane rusak. Bukan pelit gan, tapi liat buruh-buruh yang demo tadi pagi. Motornya Ninja 250, Byson. Mereka miskin hanya karena punya sifat hedonisme. Bukan karena upah ngga cukup.

ini nasib temen ane yang ngumpul tadi pagi, semoga bermanfaat buat agan-agan:

M: Resign, kini membuka restoran jus dan es krim di depan kampus swasta. Setelah berwirausaha untung bersih 10-15 jt per bulan dapat diraih. Karena untung dari menjual makanan adalah 100-150% dari modal. Dahulu hanya karyawan, saat ini sudah memiliki beberapa karyawan.

S: PHK 4 tahun yang lalu. Uang pesangon yang dia terima dijadikan uang muka untuk membeli mobil minibus untuk disewakan. Setelah 4 thn kini Bpk. S memiliki 4 mobil keluaran tahun 2011-2013.

W: Resign, dengan motor bebek tuanya memulai usaha menjual minuman ringan ke Toko dan Warung di sekitar rumahnya. Minuman ringan W peroleh dari Grosir besar dengan sistem ambil dulu bayar setelah barang laku. Ini dikarenakan W tidak memiliki modal uang untuk memulai usaha. Agar mendapatkan sistem tersebut W awalnya harus menyimpan BPKB motor di Toko Grosir tersebut. Saat ini W telah memiliki Minibus keluaran tahun 2013 untuk mengantar minuman ringan ke pelanggannya.

A: Resign. Dengan hobinya jalan-jalan ke modern market dia dapat melihat bahwa terkadang harga produk di modern market ternyata jauh lebih murah dari traditional market. A melihat kesempatan tersebut. A membeli produk di modern market kemudian menjualnya di traditional market. Untung 200 s.d 300 ribu per hari dia dapatkan dari kegiatan ini.

Y: PHK. Uang pesangon dan jamsostek yang dia dapatkan (Rp. 26 jutaan) dia pergunakan untuk pergi ke luar Jawa dan memulai bisnis batu-bara. Setelah 2 tahun berbisnis batu-bara di luar jawa, Y kembali ke pulau Jawa. Kini Y memiliki usaha renta mobil di Jakarta dan memiliki 5 unit mobil tahun 2012-2013.

E: Resign. Dengan tabungan Jamsostek dan uang tali asih dari perusahaan sebesar Rp. 16 juta E, nekat menjadikan uang tersebut untuk uang muka mobil pick up. Usaha yang E jalani adalah menjual alat-alat teknik dan material bangunan kecil seperti Obeng, kunci pintu, kran,cat dll ke toko-toko bangunan di luar kota. E, mendapatkan barang dari toko material besar di Ibu Kota Propinsi. Modal awal untuk mendapatkan barang hanya beberapa juta saja.Karena E sering berbelanja di toko tersebut, akhirya pemilik toko memberikan kredit (berupa barang) senilai 100 jta untuk E jual ke luar kota.

Demikian nasib ane dan teman-teman, mantan buruh yang kini berwirausaha di berbagai bidang. Ternyata untuk merubah nasib kami para mantan buruh bukan oleh demontrasi, mogok kerja, anarkis, bikin macet jalan, tetapi dengan keinginan kuat dari dalam diri kami sendiri.
Urutan Terlama
Halaman 1 dari 5
yup betul gan, buruh yg skr minta 3.7 keknya biar di phk terus dapat pesangon, picik emang

btw salut gan ameente

btw keren gan pada sukses semua

jadi inget tetangga sebelah cuman jualan krupuk keliling skr keliling jualannya pake mobil gan

malahan mo beli mobil baru lagi dia skr
Diubah oleh tokomapan
ngomongin buruh mulu gan emoticon-Matabelo
Quote:


baca dulu yang bener gan, ini tentang nasib ane dan temen-temen ane setelah keluar dan di PHK oleh perusahaan. Bukan mau ngomongin nasib buruh yang kerjanya cuma demo.
keren gan..inspiratif banget kisahnya..
Asal ada kemauan di situ ada jalan..hehee..
busyet...
emang kalo pengen kaya n duit banyak yah jangan jadi buruh
jadilah bosnya emoticon-Smilie
nah ini baru hebat,, sukses terus, bagi yg mau berusaha,,
Buruh laen mesti contoh kyk ente gan yg punya kemauan emoticon-thumbsup
Diubah oleh des.12
Ane salut sama ente gan emoticon-2 Jempol
Yang penting kita banyak ngucap syukur aja gan, toh rejeki masing" kan ada yang ngatur emoticon-Angel
emoticon-Toast Ane salut ama ente dan temen2 ente gan...
merubah nasib dengan usaha dan berdoa, bukan sekedar berkoar2 ngga jelas...
tapi itulah buruh di indonesia, males berusaha tetapi ingin mendapatkan lebih.....
semangat gan atas usaha ente
thread yang inspiratif ..... emoticon-2 Jempol

bravo

emoticon-Shakehand2 bravo gan.... ane juga seorang buruh yang bnetar lagi memasuki masa pensiun karena perusahaan mau tutup... ane belum punya ancer ancer buat usaha nih.. bisa sharing agan agan yang punya ancer-ancer usaha.. ane di daerah nih.. jauh dari jakarta tepatnya di kalsel.
Salut ama ente
Ane jg kepikiran buat usaha..tp skrg lg mikir gan emoticon-Hammer
nah bener nih ane setuju ama juragan, mau berapa pun manusia mah gak pernah cukup emoticon-Jempol
Post ini telah dihapus oleh celanaman
Quote:


Betul gan, ngga apa-apa jadi buruh/karyawan. Tapi jangan lama lama, maksimal 5 tahun aja lah. Anggap aja lagi sekolah. Di perusahaan kita "curi" ilmunya buat bekel wirausaha.

Quote:


Di daerah biasanya peluang lebih besar gan. Ane pernah beberapa kali ke pedalaman di luar pulau Jawa. Disana masih banyak peluang. Soalnya di pedalaman cari barang/jasa ini-itu ngga ada. Agan coba main-main ke kota besar. Liat usaha apa yag di kota besar ada dan laku tapi didaerah agan belum ada. Usaha itu bisa agan jalainin di daerah agan.

jangan buruh ulu yang dibahas gan capek ane emoticon-Ngakak
Buruh semua di PHK yang S1 siap suruh elap elap ma ngelas emoticon-Ngakak
Halaman 1 dari 5


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di