alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Gaji Buruh 2 Kali Lipat Gaji Dokter Internship Indonesia. Miris gan !!!
4.8 stars - based on 5 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5273ae521f0bc3ba6e00000a/gaji-buruh-2-kali-lipat-gaji-dokter-internship-indonesia-miris-gan

Gaji Buruh 2 Kali Lipat Gaji Dokter Internship Indonesia. Miris gan !!!

DEMO BURUH MENUNTUT KENAIKAN GAJI


Gaji Buruh 2 Kali Lipat Gaji Dokter Internship Indonesia. Miris gan !!!


Takjub melihat kekompakan buruh di beberapa daerah bersama serikat buruhnya berunjuk rasa menuntut kenaikan UMP didaerahnya masing-masing. Sementara untuk dijakarta, walaupun Gubernur DKI Jokowi diberitakan telah menanda tangani UMP DKI sebesar 2,4 juta perbulan, namun nyatanya para demonstran yang sebagian besar adalah para buruh masih belum puas dan terus bertahan di depan Balaikota jakarta hingga petang ini untuk menyuarakan tuntutan mereka akan kenaikan UMP di DKI jakarta sebesar 3,7 juta.

Gaji Buruh 2 Kali Lipat Gaji Dokter Internship Indonesia. Miris gan !!!


Tidak ada salahnya memang mereka berdemo untuk menuntut hak hidup dan kesejahteraan mereka. Akan tetapi menjadi terkesan kurang bersyukur ketika melihat perjuangan mereka justru seperti menjadi tidak masuk akal dan logika. Tuntutan UMP sebesar 3,7 juta menurut pribadi saya terlalu besar dan berlebihan jika melihat untuk gaji seorang dokter PNS golongan 3B saja rata-rata sebesar 2,5 - 3 jt. Bahkan lebih miris rekan-rekan dokter internship yang mengabdi diseluruh daerah di indonesia hanya diganjar 1,2 juta untuk pengabdian mereka.

Entah apa yang ada di kepala para buruh, apakah mereka tidak pernah berpikir jika upah mereka naik justru barang-barang kebutuhan pokok juga akan turut beranjak naik. Sehingga kenaikan gaji sebesar apapun juga nantinya tidak akan pernah cukup bagi mereka. Atau bahkan yang lebih mengerikan adalah efek UMP yang terlalu besar pada akhirnya membuat banyak perusahaan gulung tikar karena tak sanggup membayar karyawan sehingga efeknya akan banyak karyawan yang di PHK.

Kembali lagi jika dibandingkan seorang dokter Internship yang harus bertugas di puskesmas-puskesmas selama 2 x 24 jam, dengan biaya hidup di daerah begitu mahal karena bahan sembako sulit didapatkan disana. Ditambah biaya transport mulai dari tiket pesawat, hingga kapal karena daerahnya sulit dijangkau, tentu saja juga butuh biaya yang tidak sedikit. itulah kenapa gaji 1,2 juta bagi mereka menjadi tidak ada artinya. Banyak diantara rekan-rekan sejawat dokter internship justru banyak nombok demi tugas dan pengabdian mereka didaerah.

Tak hanya untuk kebutuhan pribadinya saja. Bahkan untuk kebutuhan pasien pun, menurut junior saya yang bertugas di daerah Nusa Tenggara Barat, dia sering mengeluarkan uang pribadinya untuk menebus obat pasien di apotik swasta, karena persediaan obat dari Pusat ke puskesmas sering kali terlambat datang. Belum lagi ketika dia menjumpai pasien-pasien yang begitu melaratnya hingga biaya makan dan transport saja tak punya, hal semacam itu membuatnya tak tega hingga akhirnya dia menyisihkan uang pribadinya untuk pasien tersebut.

Seharusnya patut disyukuri ketika UMP buruh DKI jakarta saja sudah ditetapkan sebesar 2,4 juta. masih jauh lebih besar bahkan mencapai 2 kali lipat dari gaji ribuan rekan sejawat saya yang bekerja menjadi dokter internship mengabdi di daerah-daerah terpencil, padahal biaya hidup mereka para dokter tersebut masih jauh lebih besar ketimbang biaya hidup para buruh di jakarta. Kalaupun harusnya Demo, saya pikir masih lebih layak mereka para dokter internship yang berdemo menuntut gaji yang hanya 1,2 juta, dari pada buruh yang berdemo minta UMP sebesar 3,7 juta.


Demo Dokter Indonesia Bersatu menuntut perbaikan sistem kesehatan.


Gaji Buruh 2 Kali Lipat Gaji Dokter Internship Indonesia. Miris gan !!!


bagaimana mungkin para dokter mau demo menuntut gaji, jika beberapa waktu lalu saja ketika rekan-rekan sejawat saya yang tergabung dalam Dokter Indonesia Bersatu (DIB) melakukan unjuk rasa, untuk menuntut pemerintah merealisasikan amanat undang-undang tentang Anggaran APBN kesehatan sebesar minimal 5 % yang seharusnya menjadi hak seluruh rakyat Indonesia, justru malah dicibir habis-habisan oleh berbagai kalangan masyarakat. Hal itu dapat dilihat dari komentar2 negatif di sosial media dan pemberitaan media massa maupun elektronik yang menayangkan tentang aksi demo para dokter tersebut.

Terkadang banyak pertanyaan menggelayuti pikiran saya? kalau gaji buruh saja sudah mencapai 3 juta, gaji supir busway sampai 7 juta, bahkan untuk gaji seorang pegawai departemen keuangan dengan pangkat golongan terendah saja juga telah mencapai gaji 6 juta. Lalu kenapa masih banyak orang rela jadi dokter dengan jarak tempuh pendidikan sangat lama dan biaya kuliah yang begitu mahal hingga menghabiskan ratusan juta rupiah, namun hanya diganjar dengan gaji 1,2 juta untuk dokter internship dan 3 juta untuk gaji seorang PNS dokter.

Pertanyaan semacam itu pada akhirnya membuat saya berpikir, apakah pada akhirnya pendidikan itu bukanlah jalan utama untuk mencari kesuksesan? apakah layak seorang yang berpendidikan tinggi digaji jauh lebih rendah dari mereka yang tidak mengenyam pendidikan tinggi? kalau memang dokter layak untuk digaji lebih rendah dari pada buruh, lalu apa gunanya sekolah tinggi, lama dan mahal? dokter juga tak bedanya dengan buruh juga memerlukan biaya kebutuhan hidup yang tak sedikit sama seperti mereka yang para buruh rasakan. Bisa dibayangkan jika buruh saja 2,4 juta masih kurang, lalu dokter internship gaji 1,2 juta kira-kira bagaimana?

Memang benar, rejeki itu semua datangnya dari Tuhan, bahkan dokter pun tugas dan kewajibannya untuk mengabdi bukan hanya mikirin gaji. Sehingga tabu rasanya kalau dokter harus menuntut ini itu untuk kesejahteraanya. Namun terkesan aneh ketika buruh saja dengan UMP yang sudah ditetapkan sebesar 2,4 juta masih terus teriak dan menolak dengan turun kejalan untuk meminta kenaikan hingga 3,7 juta, sementara para dokter internship hanya diam meratapi nasib mereka yang digaji hanya 1,2 juta perbulan untuk pengabdian mereka.

Merasa iri dengan para buruh, karena mereka begitu kompak dan memiliki ikatan serikat pekerja yang begitu kuat perkasa. Sementara dokter, sepertinya tidak mempunyai sebuah lembaga yang benar memperjuangkan nasib mereka para anggotanya. Walaupun sebenarnya dokter memiliki IDI (Ikatan Dokter Indonesia) namun terkesan organisasi ini begitu cuek dengan anggotanya. Berharap suatu saat IDI bisa menjadi kekuatan seperti serikat buruh, sehingga mereka punya taring untuk memperjuangkan nasib dokter yang terdzolimi. Tapi apakah itu mungkin terjadi? atau mereka merasa sudah nyaman di kursi empuknya masing-masing sehingga malas memikirkan nasib para anggotanya? ahh semoga tidak.

sumber


Spoiler for pendapat ane:




oh ya, mohon di Rate emoticon-Rate 5 Star dan dikasih cendol ya emoticon-Big Grin emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star
Diubah oleh: ASBeWare
Urutan Terlama
Halaman 1 dari 4
emoticon-Matabelokemaren aja dah gede loh gan

masih kurang aja mereka emoticon-Mad
biasa, buruh pengenya yang enak aja emoticon-Najis
Nah ini dia..
Kita sekolah 4 tahun, koass 2tahun..
Tapi internship 1thn cuma dgaji 1,2jt perbulan dan dbayarnya 3bln skali, itupun klo lancar pembayarannyaa.. emoticon-Hammer (S)
KAyake menjelang revolusi industri ala Indonesia emoticon-Matabelo
Quote:


makanya gan, berwirausaha aja, meski kita kuliah FK, emoticon-Big Grin
Yang ngerti profesi dokter yah hanya sesama dokter sja kayanya. Lagian mereka yg sering menghina juga suatu saat bakalan butuh dokter.
+1 dlu gan emoticon-linux2
ntar lama" presiden indonesia dari buruh gan emoticon-Hammer2
gaji kegedean paling buat maen judi ama kimpoi lagi gan emoticon-Cape d... (S)
Nice trit, kalo buruh d turuti trus lama2 orang Indonesia males sekolah tinggi2 (misal : dokter) dan akhirnya kita akan slalu dijajah Asing tanpa disadari karena kurangnya orang yg berpendidikan.
bukan bermaksut kurang ajar nih gan, tapi menurut saya juga g masuk akal sh. masa dengan pekerjaan yang skillnya bisa dibilang terbatas minta gaji yang malah lebih besar dari pekerja kantoran yang notabennya punya skill dan bekal pendidikan yg lebih emoticon-Bingung (S)emoticon-Bingung (S)

kalo gini ane jadi buruh aja kali ya emoticon-Ngakak
Quote:


itu sih kebiasaan ente gan emoticon-Ngakak (S)
ane ga setuju yang masalah dokter itu. dokter itu harusnya bisa menghasilkan banyak uang, kalo udah jadi dokter tapi penghasilannya kecil berarti itu dokter tolol. makanya kuliah yang bener, jangan cuma pinter tapi juga musti cerdas. wong dokter berpeluang besar untuk kaya kok.
Quote:


terserah agan lah,hidupmu ialah pilihanmu emoticon-Ngakak
Ga usah cengeng. Ente kan dokter bukan buruh, ngapain iri dengan bentuk perjuangan buruh yg seperti itu, klo ente yakin dengan kemampuan diri sndiri g perlu takut, mana ada dokter yg kere...g tau klo dkter yg g kmpeten...emang klo udah kuliah sulit, mahal, lama trus gajinya harus gede? Jangan mrasa krjaan dkter itu yg paling elit trus pantas d gaji tinggi...gaji kecil itu cuma awal doang, dngan kemampuan yg kompeten gw yakin dokter pasti bakal banyak rejekinya...g cuma dkter, semua sarjana emang g d hargai d negri kita indonesia
Quote:


Haha mungkin dokter yg masuk kuliahnya maksa ya gan, sbnaenya otaknya g nyampe.tapi brani bayar mahal, ampe bela2in kuliah di fk yg g jelas, yg penting kuliahnya di fk. Mohon maaf sblumnya, saya bkan menjelek2an dkter, saya malah menjunjung doktet sbagai profesi yg hebat dan hanya boleh ditangani oleh orang yg pintar dan pandai. Mirisnya skarang banyak siswa yg g bisa baca kmampuan diri tapi maksa kuliah di fk, orang tua jga banyak yg mikir gtu, pokonya anaknya kuliah di fk, g tau klo anaknya ga qualified buat jadi dokter. Yg penting banyak uang bisa dah kuliah di fk
liat tuh poto yg paling ujung

Gaji Buruh 2 Kali Lipat Gaji Dokter Internship Indonesia. Miris gan !!!

katanya : ah elahh emoticon-Cape deeehh

emoticon-Ngakak
parah emang gan buruh, emoticon-Matabelo
ga sadar diri emoticon-Sorry
Emang gtu gan, ane sendiri adalah dokter umum ptt di kota, gaji pokok ane hanya 1,8 juta, pasien yg berobat semuanya jamkes alias gratis. Kalau dokter gitu gan, sekolah mahal, pas ud kerja diperas dan dibayar serendah mungkin dengan beban kerja besar. Kita masih dokter tidak tetap, yg masih mimpi jadi pns atau tidak tetap. Dengan gaji segitu harus jaga malam, ga pulang. No offense menurut ane buruh itu cengeng.
Quote:
Halaman 1 dari 4


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di