alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Story / Heart to Heart /
Curhat Tentang Kegagalan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/527374063fcb172d0b000009/curhat-tentang-kegagalan

Curhat Tentang Kegagalan

Beberapa orang bijak mengatakan bahwa kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda..
Kegagalan adalah cambuk untuk menuju kesuksesan..

Bahkan Thomas Alva Edison mengatakan,,
"I have not failed. I've just found 10.000 ways that won't work."

Ya,, bagi sebagian orang,, kegagalan merupakan sebuah "sinyal" yang seolah2 mewajibkan kita untuk terus berusaha dan mencoba lagi lebih keras..
Tapi buat gue??

===========

Pernah gak berpkir hal ini??

Kalau Thomas Alva Edison mencoba menjadi penyanyi dan gagal,, namun ia terus mencobanya,, apakah dia akan berhasil??
Kalau Mariah carey mencoba menjadi pemain bulu tangkis dan gagal,, namun ia terus berusaha,, apakah dia akan sesukses saat ini??
Kalau Eminem mencoba menjadi penyanyi seriosa instead of rapper,, apakah dia akan sama terkenalnya seperti sekarang??
Kalau gue terus mencoba memasak,, terus terus dan terus mencoba,, apakah suatu saat gue akan bisa sukses dalam bidang ini??

Somehow,, at this point,, I think cooking isn't my specialty..

===========

Naturally,, I was born as a fast learner..
Untuk seseorang yang lahir dan dibesarkan di pedesaan,, gue termasuk cerdas bila dibandingkan dengan teman2 sepermainan gue..
Di umur 2 tahun,, gue sudah bisa membaca..
Umur 3 tahun,, gue sudah mulai hapal beberapa kosa kata bahasa Inggris yang sering gue dengar di TV..

Ketika anak2 yang umurnya 2-3 tahun di atas gue baru mulai belajar mengenal huruf dan mengeja,,
Gue sudah lancar membaca majalah bobo..
Berikan saja buku ke gue,, tanpa perlu dijelaskan,, gue bisa dengan cepat memahami apa yang gue baca..

But why am I so suck at cooking??

===========

I like cooking very much..
But most of my cooking end up in failure..
Persentase keberhasilan gue cuma sekitar 15% emoticon-Hammer

Yahh meskipun begitu,, gue tetep aja usaha dan terus berinvestasi di dunia masak memasak..
Duit yang gue keluarin buat ikut kursus,, beli buku2 masak,, beli peralatan masak,, dan lain-lain,, ga bisa dibilang sedikit..
Mungkin sekitar 70% dari penghasilan gue itu habis untuk urusan masak-memasak..
Tapi,, tetep aja sering gagal emoticon-Hammer

Yang kadang bikin kesel,, gue masak makanan A B C sampe berkali2 gagal terus..
Adik gue,, nyomot resep yang sama,, iseng nyoba masak,, eh langsung berhasil.. emoticon-Hammer
Bikin mousse,, puding,, cake,, bahkan makanan sepele kayak nasi goreng pun,, gue sering gagal..
Sementara adik gue yang males banget ke dapur,, malah sekalinya masak biasanya langsung berhasil emoticon-Frown

===========

Kadang pengen bener2 berhenti masak emoticon-Frown
Capek ngeluarin duit buat praktek ini itu,, tapi tetep aja gagal emoticon-Frown
Coba beralih ke dekorasi kue,, tetep aja hasilnya cacat emoticon-Frown

Tapi entah kenapa gue ngerasa enjoy ngelakuin ini semua,, walaupun kadang tiap gagal gue selalu nangis dan frustasi..

Sumpah,,
Gue kangen liat senyuman2 dan wajah berbinar2 orang ketika makan masakan gue yang berhasil..
Kayakknya semua rasa capek terbalas gitu..
Tapi kenapa untuk bisa ngedapetin itu rasanya susah banget?? emoticon-Frown

===========

Should I really give up cooking??
Please sarannya..
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Thread sudah digembok
Halaman 1 dari 3
Majalah bobo ya

Dulu seneng banget bacanya

Sampai bela belain langganan

Nabung duit jaman dulu uang saku cuman 300 rupiah jaman SD tahun 96

Ane juga jago masak

Masak indomie emoticon-Malu
coba konsul ke sis my yang jurusan tata boga emoticon-Smilie
Spoiler for bb:


Sudah coba intropeksi diri, kenapa bisa gagal...?
Cari tau dulu, penyebab kegagalan tersebut....!!!

Kalo cuma mau senyum, bawa masakan ente ke rumah ane....
akan ane makan sambil tersenyum walaupun sambil sedikit mual...emoticon-Angkat Beer

Quote:


Masih mending lo indomie gan,,
Gue cuma bisa nyeduh pop mie doang emoticon-Hammer

Quote:


Ini klonengannya My emoticon-Frown
Gue udah kuliah Boga tapi tetep aja bego urusan masak memasak emoticon-Frown

Quote:


NAH!!
Ga tau om emoticon-Frown

Soalnya gue kalo masak kadang ada yang emang eksperimen,,
Ada juga yang bener2 ngikutin resep..

Kalo eksperimen persentase keberhasilan cuma 5 %,,
Jarang banget berhasil emoticon-Frown
Kalo yang ngikutin resep 25% lah,, soalnya tetep aja sering gagal emoticon-Frown

Gue sebelum ngasih makanan ke orang pasti harus yakin dulu lah om..
Kalo gue gak yakin masakannya enak,, ga mungkin ngasih ke orang..
Kalo gue sampe ngasih ke om Kolo mah insyaallah udah pasti enak jadi ga usah takut mual emoticon-Stick Out Tongue
Coba baca sejarah ditemukannya antibotik penicilline.

Ternyata hasil dari percobaan pembiakan bakteri yang selalu gagal.

Hasilnya sangat menakjubkan, jamur peniciline adalah penyebab gagalnya pembiakan bakteri. Ternyata setelah diteliti, jamur penicilline yang adalah biang kegagalan itu cikal bakal menjadi "obat dewa" antibiotik yang telah menyelamatkan miliaran jiwa manusia dari maut akibat serangan infeksi.

So, hikmahnya, jangan berhenti mencoba, siapa tau masakan loe yang gagal ternyata menjadi makanan enak yang disukai banyak orang.
Quote:


dodol gw kira kloningan ababil emoticon-Mad

kata chef dari negeri antah berantah emoticon-Embarrassment
katanya klo masak itu harus pake cinta dan perasaan emoticon-Smilie

spongebob aja bikin krabby patty aja pake cinta
makanya patty buatan spongebob paling enak se-bikini bottom emoticon-Smilie
Quote:


nganggur kaga situ ?.

coba aja aplay gawe di resto2 ( bukan resto makanan saji secepetnya yah ) posisi apa aja, yang penting situ gawe di resto deh ..

semoga situ dapet bahan belajar baru eah ..

Quote:


kok presentase gagalnya lebih banyak yah..? emoticon-Bingung (S)

ane kadang ngeliatin bini, pada masak bareng sambil belajar sama tetangga.
Ya paling tidak kalo ada kesalahan / kekurangan bumbu bisa saling mengoreksi...emoticon-Big Grin

gimana kalo ente coba masak bareng temen...?


kalo masaknya udah bisa berhasil, mau dong dimasakin tiap hari..emoticon-Malu











ealah tak pikir nubi dari mana, udah mau dimodusin....tak taunya karung beras..emoticon-Hammer (S)

Diubah oleh bhethoro.koIo
Masaknya pake perasaan dong sedikit2, jangan pake logika terus. emoticon-Hammer (S)
Ya udah anggep aja beli kesenangan.... yg namanya hobi gk perlu menguasai bgt yg penting seneng...

Emg ada org yg gk bakat masak... ya udah .... berarti bakat lu bkn disitu...

Gw kira gagal apaan....emoticon-Cape d... (S)
Quote:


Kalo kata dosen gue sih,, ga usah khawatir kalo makanan kita dibilang ga enak sama orang..
Soalnya makanan itu semuanya tergantung selera..
Cari aja orang yang seleranya sama makanan gagal gitu kali yak emoticon-Hammer

Quote:


Lah,, lo ga tau tagline dagangan gue gan??
MayoNice Cooking,, Cooked with love~ emoticon-Kiss

Quote:


Gue kuliah sambil ngajar gan..
Pengennya ikutan DW di hotel atau resto gitu,, tapi kebentrok sama kuliah n jadwal ngajar emoticon-Frown

Quote:


Kegagalan gue ini cuma berlaku untuk makanan yang belom pernah berhasil gue masak om..
Jadi misalnya orang kalo ngeliat resep di buku,, nyoba,, biasanya langsung berhasil..
Kalo gue butuh 2-3kali nyoba baru bisa berhasil..

Kalo masakan2 yang emang udah sering dimasak sih beberapa udah ga perlu diragukan kelezatannya om.. emoticon-Malu
Udah hapal luar kepala juga..

Tapi untuk resep2 baru ini yang agak bermasalah emoticon-Frown

Orang 1-2 kali nyoba bisa langsung berhasil..
Gue kadang udah berkali2 nyoba tapi tetep aja gagal terus emoticon-Frown
Mungkin sis masaknya perlu asisten
Ane siap kok emoticon-Genit
Quote:


Masak emang pake perasaan gan..
Selesai masak diicipin dulu,, RASAnya gimana emoticon-Ngakak (S)

Quote:


Kalo gagal terus nangis apanya yang seneng coba?? emoticon-Sorry
Quote:


Laga2an banget gue,,
Masih newbie udah pake cook helper emoticon-Ngakak (S)
Quote:


berarti ente sudah bisa ambil kesimpulan kan...?
bahwa kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda.....emoticon-Big Grin


Orang lainyang pertama kali mencoba dan berhasil, mungkin lagi "BEJO"


Quote:

Anggep lu seneng proses masaknya... proses ngumpulin bahan2nya... capeknya masak.... jgn terbebani sama hasil... hasil bagus anggep bonus...anggep aja menggeluti hobi...

Memasak itu kaya melukis...tergantung bakat...

Berarti bakat lu bukan disitu... kerja tanpa beban kan jdnya
Diubah oleh pasti_klonengan
Quote:


klo yang nyobain masih kelas2 keluarga / orang yang deket sama lu .. kali aja mereka cuma pasrah - yauda - de - dr - pada - nggak - makan ?. ada loh orang yang punya moto : rasa nggak penting, yang penting kwantitasemoticon-Cool

btw DW apaan sih emoticon-Bingung (S) ..

ato gimana kek caranya, lu bisa punya pengalaman masak di luaran ?. nggak cuma beredar di kalangan sendiri aja ?. kali bisa bantu2 orang lain dulu buat jadi asisten juru masak .. itung2 belajar ?. ato klo ada event apa .. lu bantu2 gitu di dapur ?. kan mayan tuh nambah2 pengalaman .. tapi, jangan di kalangan yang udah kenal elu .. lebarkan sayapmu anak muda ..

btw, soal masak2 .. gw inget .. film haute cuisine .. udah tayang belom ye ? emoticon-Bingung ..


memasak itu dibutuhkan intuisi yang kuat, pikiran tenang + perasaan senang.

silahkan tanya saja sama koki yang udah bersertifikat emoticon-Big Grin

bumbu sama, cara sama, takaran sama, tapi feelingnya gak ada, rasanya bisa berbeda. pernah liat kasus, sering makan di warung makan A, bertahun2 cocok sama makanan disitu, tapi...suatu saat ada yg aneh, tiba2 aja rasanya berbeda padahal display makanan nya sama. itu bisa terjadi karena ada pergantian koki atau juru masak.

mungkin pernah ngalamin, misalnya TS paling lihai masak nasi goreng. diantara 100 kali nasgor buatan TS, pasti ada saatnya masakan nasgor buatan TS bener2 gak enak, check....saat itu pikiran TS lagi banyak beban, hati TS lagi gak tenang, dll.

ane bisa komen kayak gini karena ane punya hobi masak, pernah punya warung soto kudus. ada beberapa ibu2, tmn2 yg nyoba resep ane, tapi rasanya amburadul, ada juga yang display nya acak adul gak jelas. insting koki ane mulai terasah saat kecil dulu sering bantuin ibu masak, awalnya di suruh jadi kacung dulu, nyuci ini itu, nguleg sambal dll. diajarin teknik dasarnya, eh...lama2 bisa ngerti.

Simple ajalah, yang gak punya insting koki, disuruh goreng tempe atau tahu, pasti ada yang salah. Entah itu kurang asin, terlalu asin, kurang matang, atau bahkan bisa juga gosong. Ditangan orang yang punya insting koki, udah tau takaran garamnya seberapa banyak, airnya seberapa banyak, gorengnya pake api ukuran berapa, kapan tempe harus di balik biar gak gosong juga tau, dan lain sebagainya.
Quote:

Oh iya ya emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)

Yah ambil sisi baiknya aja. Sampai saat ini belum ada yang keracunan atau masuk rumah sakit, wajib di hargai tuh emoticon-Big Grin

sdsdaasdADASDASDASDSDS

buat tees numpang yagh emoticon-Peace

Quote:


njrit ini nohok gw emoticon-Nohope

btw .. insting koki bisa diasah nggak sih ?. gw suka makan, seneng masak ( tapi nggak diasah banget .. masih pemula deh .. ) intinya masak sekedar yaudah deh asal jadi aja emoticon-Hammer

dan kira2 dari anak cupu yang nggak bisa masak terus naek jadi bisa masak ( walaupun nggak enak2 banget kek chef2 resto itu ) .. itu berapa lama sih prosesnya ?. apa gw harus terus2 an nyebur di dapur yes ?
Diubah oleh mobphone
Halaman 1 dari 3
×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di