alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5273739718cb17b914000003/sistem-pertahanan-bawah-tanah-monas-dibangun-2014
Sistem Pertahanan Bawah Tanah Monas Dibangun 2014
Rencana pembangunan sistem pertahanan bawah tanah di kawasan Monas, Jakarta Pusat segera terealisasi. Dijadwalkan pembangunan akan dimulai tahun depan. Selain itu, juga akan dilakukan pemanfaatan daerah pesisir laut di sekitar Marunda, Jakarta Utara sebagai tempat meluncurnya kendaraaan TNI jenis amphibi.

Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo mengungkapkan, semua rencana tersebut akan dilakukan mulai tahun depan. Dengan demikian, Jakarta ikut berkontribusi membantu TNI menyediakan lahan untuk pertahanan. "Ini kita akan mulai tahun depan di Monas, akan dibangun basement besar dan lebar, jadi nanti di situ akan berjalan dan digunakan," ujar Jokowi di lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Jumat (1/11).

Ia menyebutkan, ada lahan seluas 200 hektar di kawasan Marunda yang bisa digunakan untuk peluncuran amphibi. "Di Marunda itu luasnya lebih dari 200 hektar, sebagian wilayah pantainya itu juga nanti bisa digunakan untuk meluncurnya amphibi ke laut. Memang, hal-hal tersebut harusnya sudah kita rancang," kata Jokowi.

Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) TNI, Jenderal Budiman mengakui, rencana tersebut telah dibicarakan antara kedua belah pihak. Bahkan, pembicaraan kepada Jokowi telah dilakukan saat ia masih menjabat sebagai Sekjen Kementerian Pertahanan. Lokasi yang menjadi sasaran adalah pusat-pusat strategis, bisa pusat perekonomian, pemerintahan, perindustrian, dan keuangan,

"Oleh sebab itu, Jakarta sebagai pusat pemerintahan dan sebagainya yang strategis, maka saya berdiskusi dengan beliau, kalau kita punya basement di bangunan, selayaknya basement ini punya penghubung suatu saat bisa digunakan, termasuk saluran air," lanjut Budiman.

Ia pun merekomendasikan ruang bawah tanah Monas yang akan dibangun sebagai lahan parkir dan lokasi berjualan Unit Usaha Mikro (UKM) juga dilengkapi sistem pertahanan darurat. "Gubernur waktu itu respons dan siapkan termasuk rencana beliau yang bagus untuk pertahanan negara," tandasnya

http://www.beritajakarta.com/2008/id...&nNewsId=56780

========================

semoga segera terealisir
dananya turun tahun brapa om?
gak ngaruh kebijakan pemimpin baru kah?
Quote:Original Posted By chendole
dananya turun tahun brapa om?
gak ngaruh kebijakan pemimpin baru kah?


kalo apbd brarti udah dianggarkan tho buat tahun depan
Mantap Project dengan Anggaran Besar, semoga terealisasi,dan dana nya semoga cukup... emoticon-Kiss
Quote:Original Posted By kenyot10
kalo apbd brarti udah dianggarkan tho buat tahun depan

ini pake APBD atau APBN bikinnya? atau campuran?
urusan ama Jokowi bisa juga kan hanya soal pengadaan lahan dan IMB aja. emoticon-Bingung
Quote:Original Posted By satrianegara77
ini pake APBD atau APBN bikinnya? atau campuran?
urusan ama Jokowi bisa juga kan hanya soal pengadaan lahan dan IMB aja. emoticon-Bingung


ini anggaran dana dari TNI atau dari pemerintah daerah mungkin lebih tepatnya?

apa unsur kebuhan ini diperuntukan untuk menunjang tugas TNI sebagai pelindung rakyat untuk meminimalkan korban sipil bila perang ? yang bedain bunker Militer dgn sipil apa ya?
platform bunkernya apa ya?
seharusnya kayak gini dah dari dolooooooooemoticon-Mad (S)
kalau benar Pusat Pemerintahan/Ibu Kota Negara dipindah, berarti proyek ini mubazar apa nda ya?!
Quote:Original Posted By wahwibson
seharusnya kayak gini dah dari dolooooooooemoticon-Mad (S)

harusnya ibukota jangan di jakarta
tapi di palangkaraya seperti rencana soekarno dulu
Quote:Original Posted By mengkom

harusnya ibukota jangan di jakarta
tapi di palangkaraya seperti rencana soekarno dulu


masalahnya sekarang mindah ibukota bakal butuh ratusan trilyun...
para pejabat n elite gak bakalan mau pindah sebelum fasilitas di ibukota baru melebihi fasilitas di jakarta....
Quote:Original Posted By kimi mabok


masalahnya sekarang mindah ibukota bakal butuh ratusan trilyun...
para pejabat n elite gak bakalan mau pindah sebelum fasilitas di ibukota baru melebihi fasilitas di jakarta....

makanya ane bilang "harusnya" dari dulu..emoticon-Malu (S)
sekarang mah kalo mau mindahin ibukota udah kayak legenda tangkuban perahu susahnya
Lucunya, dulu ada sebuah penelitian kalo air laut itu udah sampe bawah tanah monas, sehingga air bawah tanah di jakarta itu (sampe jakarta pusat) itu payau.

trus skr mau bikin sistem pertahanan (ga tau dah bunker dsb) sedangkan air laut udah sampe situ, gmn cara ngakalinnya tuh emoticon-Malu
Quote:Original Posted By mengkom

harusnya ibukota jangan di jakarta
tapi di palangkaraya seperti rencana soekarno dulu

Quote:Original Posted By kimi mabok

masalahnya sekarang mindah ibukota bakal butuh ratusan trilyun...
para pejabat n elite gak bakalan mau pindah sebelum fasilitas di ibukota baru melebihi fasilitas di jakarta....

Quote:Original Posted By mengkom

makanya ane bilang "harusnya" dari dulu..emoticon-Malu (S)
sekarang mah kalo mau mindahin ibukota udah kayak legenda tangkuban perahu susahnya

Quote:Original Posted By Bigz_20
Lucunya, dulu ada sebuah penelitian kalo air laut itu udah sampe bawah tanah monas, sehingga air bawah tanah di jakarta itu (sampe jakarta pusat) itu payau.
trus skr mau bikin sistem pertahanan (ga tau dah bunker dsb) sedangkan air laut udah sampe situ, gmn cara ngakalinnya tuh emoticon-Malu

idealnya memang bangun ibukota baru terlebih dahuluemoticon-Berduka (S)
lalu mulai tata kotanya disertai dengan bangunan sistem pertahanan bawah tanahemoticon-Berduka (S)
atau solusi paling sableng jakarta dikosongin dahulu lalu tata ulang lagiemoticon-Stick Out Tongue
Quote:Original Posted By Bigz_20
Lucunya, dulu ada sebuah penelitian kalo air laut itu udah sampe bawah tanah monas, sehingga air bawah tanah di jakarta itu (sampe jakarta pusat) itu payau.

trus skr mau bikin sistem pertahanan (ga tau dah bunker dsb) sedangkan air laut udah sampe situ, gmn cara ngakalinnya tuh emoticon-Malu


ngomong-ngomong, ini ane nemu berita dari tahun 2010 tentang intrusi air laut ini Intrusi Air Laut Sudah Sampai Monas

kalo mau yang lebih dalam lagi, ada di berita ini. jakarta akan terus ambles disini dijelasin dari sejarahnya geologinya.

kalo ane sih kurang paham soal masalah amblas mengamblas tanah ini. mudah mudahan ada sepuh soal ini yang dateng ke tret ini jelasin. secara di pikiran ane bukan cuman sistem pertahanan ini, tapi juga MRT jakarta yang tahun ini dimulai pembangunannya(katanya waktu itu ahli bilang ga bakalan ambles itu MRT) emoticon-Hammer

setahu ane sih, ada 2 alesan kenapa Jakarta itu ambles
  1. penggunaan air tanah yang berlebihan karena kurangnya pelayanan PDAM di Indonesia sehingga air tanahnya abis dan ambles/air laut masuk
  2. tanah jakarta itu jenis tanah endapan lempung dan pasir yang termasuk muda (klo ga salah umurnya baru sekitar 10.000 tahun, umur yang sangat muda dari segi geologi), sehingga tanahnya masih labil. tanah macam ini sebenernya paling ga cocok kalo dibangun gedung-gedung besar. jadi bisa dibilang, dari sononya emang Jakarta ga cocok untuk dibangun sebuah kota besar.
Monas ? g sekalian di bawah dubes Amerika ?
Quote:Original Posted By pandu saksono


ngomong-ngomong, ini ane nemu berita dari tahun 2010 tentang intrusi air laut ini Intrusi Air Laut Sudah Sampai Monas

kalo mau yang lebih dalam lagi, ada di berita ini. jakarta akan terus ambles disini dijelasin dari sejarahnya geologinya.

kalo ane sih kurang paham soal masalah amblas mengamblas tanah ini. mudah mudahan ada sepuh soal ini yang dateng ke tret ini jelasin. secara di pikiran ane bukan cuman sistem pertahanan ini, tapi juga MRT jakarta yang tahun ini dimulai pembangunannya(katanya waktu itu ahli bilang ga bakalan ambles itu MRT) emoticon-Hammer

setahu ane sih, ada 2 alesan kenapa Jakarta itu ambles
  1. penggunaan air tanah yang berlebihan karena kurangnya pelayanan PDAM di Indonesia sehingga air tanahnya abis dan ambles/air laut masuk
  2. tanah jakarta itu jenis tanah endapan lempung dan pasir yang termasuk muda (klo ga salah umurnya baru sekitar 10.000 tahun, umur yang sangat muda dari segi geologi), sehingga tanahnya masih labil. tanah macam ini sebenernya paling ga cocok kalo dibangun gedung-gedung besar. jadi bisa dibilang, dari sononya emang Jakarta ga cocok untuk dibangun sebuah kota besar.


Mungkin cocoknya pelabuhan raksasa kali ya gan... emoticon-Malu (S)
secara kalo tanah kayak gitu, bagian atas nya masih muda bagian bawahnya bisa jadi lebih tua. Tapi entahlah, ane juga bukan ahli geologi emoticon-Bingung

BTW, kok dipublikasikan ya soal gnian. Bukannya lebih baik dirahasian biar musuh ga tau kalo kita ada semacam sistem pertahanan bawah tanah emoticon-Bingung (S)
Ini konsepnya mau seperti Moscow Metro yah ? yang kalo disini nanti buat di integrasikan ke MRT ? emoticon-Bingung (S)
Quote:Original Posted By kenyot10
Rencana pembangunan sistem pertahanan bawah tanah di kawasan Monas, Jakarta Pusat segera terealisasi. Dijadwalkan pembangunan akan dimulai tahun depan. Selain itu, juga akan dilakukan pemanfaatan daerah pesisir laut di sekitar Marunda, Jakarta Utara sebagai tempat meluncurnya kendaraaan TNI jenis amphibi.

Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo mengungkapkan, semua rencana tersebut akan dilakukan mulai tahun depan. Dengan demikian, Jakarta ikut berkontribusi membantu TNI menyediakan lahan untuk pertahanan. "Ini kita akan mulai tahun depan di Monas, akan dibangun basement besar dan lebar, jadi nanti di situ akan berjalan dan digunakan," ujar Jokowi di lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Jumat (1/11).

Ia menyebutkan, ada lahan seluas 200 hektar di kawasan Marunda yang bisa digunakan untuk peluncuran amphibi. "Di Marunda itu luasnya lebih dari 200 hektar, sebagian wilayah pantainya itu juga nanti bisa digunakan untuk meluncurnya amphibi ke laut. Memang, hal-hal tersebut harusnya sudah kita rancang," kata Jokowi.

Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) TNI, Jenderal Budiman mengakui, rencana tersebut telah dibicarakan antara kedua belah pihak. Bahkan, pembicaraan kepada Jokowi telah dilakukan saat ia masih menjabat sebagai Sekjen Kementerian Pertahanan. Lokasi yang menjadi sasaran adalah pusat-pusat strategis, bisa pusat perekonomian, pemerintahan, perindustrian, dan keuangan,

"Oleh sebab itu, Jakarta sebagai pusat pemerintahan dan sebagainya yang strategis, maka saya berdiskusi dengan beliau, kalau kita punya basement di bangunan, selayaknya basement ini punya penghubung suatu saat bisa digunakan, termasuk saluran air," lanjut Budiman.

Ia pun merekomendasikan ruang bawah tanah Monas yang akan dibangun sebagai lahan parkir dan lokasi berjualan Unit Usaha Mikro (UKM) juga dilengkapi sistem pertahanan darurat. "Gubernur waktu itu respons dan siapkan termasuk rencana beliau yang bagus untuk pertahanan negara," tandasnya

http://www.beritajakarta.com/2008/id...&nNewsId=56780

========================

semoga segera terealisir


nampak2nya TNI mulia memagari Ibu Kota,dari bawah sampai atap,apakah akan ada pertanda...... btw apa nanti dalemanya Om ??
Kok hal semacam kyk gini di publish yah,apa ga terlalu bahaya?maaf nubi
Jakarta sepertinya akan tetap menjadi ibukota....
Masalah land subsidence dan air baku untuk air bersih, rencananya akan diselesaikan dengan membangun Giant Sea Wall yang sampai kedalaman 16 m laut....

Termasuk memindah semua pelabuhan-pelabuhan di pantai utara jakarta ke arah depan/laut (kedalaman kolamnya akan lebih dalam) sehingga bisa dilabuhi kapal2 bertonase besar, mgkn juga pelabuhan TNI AL akan direlokasi...

Tp masih sedang dibuat master plannya...