alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52736d61c1cb17c568000001/gtgtgt-5-taman-keren-di-munich-ltltlt--wajib-didatengin-kalau-jalan-jalan-ke-munich
>>> 5 TAMAN KEREN DI MUNICH <<< | WAJIB DIDATENGIN KALAU JALAN-JALAN KE MUNICH
Langsung aja, gan, 5 taman keren yang wajib dikunjungi kalau jalan-jalan ke Muenchen a.k.a Munich.

1. ENGLISCHER GARTEN
>>> 5 TAMAN KEREN DI MUNICH <<< | WAJIB DIDATENGIN KALAU JALAN-JALAN KE MUNICH
Englischer Garten atau English Garden merupakan taman kota terbesar di Eropa dan termasuk salah satu yang terbesar di dunia. Taman ini bahkan lebih besar dari Central Park di New York. Terletak di sentral kota Munich, Jerman, dengan posisi memanjang ke timur laut. Di taman ini mengalir sungai Isar, juga terdapat danau Kleinhesseloher, ada taman bermain untuk anak-anak, serta hutan-hutan kecil yang rimbun. Sir Benjamin Thompson membuat taman seluas 370 ha ini atas permintaan Bupati Karl Theodore bahwa disepanjang sungai Isar perlu dibuat sebuah taman. Penamaan English Garden sendiri karena landscaping taman menyerupai gaya taman di Inggris yang populer pada pertengahan abad 18 hingga awal abad 19.

Englischer Garten menjadi lokasi favorit masyarakat lokal termasuk muda mudi München untuk bersantai menghabiskan waktu. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di taman urban ini. Dari mulai olahraga seperti jogging, bersepeda, bermain sepak bola, hingga surfing di sungai Eisbach. Selain itu masyarakat lokal suka membaca di tepian danau, berperahu, piknik bersama keluarga atau kerabat, bermain bersama binatang peliharaan, atau bernyanyi sambil diiringi gitar di bawah pohon rindang. Di musim panas warga memanfaatkan padang-padang rumput untuk berjemur, sedangkan di musim dingin danau yang membeku biasa digunakan untuk ice skating. Waktu paling tepat mengunjungi Englischer Garten adalah di akhir September ketika warna-warna daun mulai berubah kekuningan seiring pergantian musim panas menjadi musim gugur, taman dipenuhi warna kuning keemasan.

Saking besarnya, taman kota ini dibagi dua wilayah yaitu wilayah utara (Hirschau) dan wilayah selatan. Wilayah selatan lebih ramai pengunjung, sedangkan wilayah utara cenderung lebih sepi. Meskipun begitu para pengunjung tetap berduyun-duyun mengunjungi Bier Garten yang terdapat di kedua wilayah taman. Bier Garten adalah tempat outdoor bagi Münchner (masyarakat München) dan turis berbaur untuk minum bir sambil menikmati Weisswurst dan Pretzel München yang terkenal itu. Bier Garten terbesar kedua di München terletak di taman kota raksasa ini, tepatnya di Chinesischer Turm, sebuah pagoda setinggi 25 meter yang struktur bangunannya persis seperti pagoda di kekaisaran China. Pagoda 5 lantai ini terbuat dari kayu dengan diameter 19 meter di lantai bawah dan 6 meter di lantai atas. Bier Garten di Chinesischer Turm ini memiliki 7.000 tempat duduk di self-serviced area dan 500 tempat duduk untuk serviced area. Selain bir, lokasi ini juga menawarkan beragam makanan seperti Steckerlfisch (Fish stick), Hendl (ayam panggang), Schweinhaxn (babi panggang), Obatzda (makanan yang terbuat dari keju), dan Auszogne (semacam donat). Anda dapat menemukan Bier Garten lain di tepi danau Kleinhesseloher. Kleinhesseloher merupakan danau buatan yang terletak di wilayah utara Englischer Garten. Di sini Anda juga bisa menyewa paddleboat untuk berkeliling danau. Selain Chinesischer Turm dan Bier Gartennya, ada tempat-tempat lain yang juga menarik untuk dikunjungi. Seperti Japanese Tea House (di sini setiap tahunnya diadakan pesta minum teh ala Jepang) dan replika kuil Yunani bernama Monopteros. Kuil setinggi 16 meter ini dibangun di atas fondasi setinggi 15 meter, membuat Anda leluasa melihat pemandangan Englischer Garten. Di antara Japanese Tea House dan Monopteros terdapat sebuah padang rumput yang disebut Schönenfeldwiese, sebuah lokasi khusus untuk orang-orang yang hendak berjemur tanpa satu helai benang pun di tubuhnya.

2. TAMAN NYMPHENBURG SCHLOSS
>>> 5 TAMAN KEREN DI MUNICH <<< | WAJIB DIDATENGIN KALAU JALAN-JALAN KE MUNICH

Schloss Nymphenburg atau Istana Nymphenburg dibangun sebagai tempat peristirahatan musim panas untuk para Adipati Bavaria. Istana bergaya barok ini dapat memuaskan dahaga bagi para pengagum kehidupan serba mewah keluarga bangsawan. Kemegahan bangunan Nymphenburg berpadu harmonis dengan tamannya. Taman indah seluas 200 hektar dibangun dibelakang istana. Taman Nymphenburg dihiasi danau yang luas, air terjun, dan kanal yang populer sebagai tempat memberi makan angsa dan ice skating pada saat musim dingin. Waktu terbaik menikmati taman ini adalah ketika tidak banyak pengunjung, yaitu saat pagi hari atau satu jam sebelum jam tutup operasional. Saat itu adalah waktu terbaik untuk menikmati keindahan bunga teratai sembari mendengarkan nyanyian katak di kejauhan.

3. WESTPARK MUNICH
>>> 5 TAMAN KEREN DI MUNICH <<< | WAJIB DIDATENGIN KALAU JALAN-JALAN KE MUNICH

Kebanyakan pelancong terpesona keindahan Englischer Garten di pusat kota Munich, mereka tidak tahu ada taman lain yang lebih kecil tapi sama indahnya di sebelah barat kota Munich. Taman yang mungkin jarang dicantumkan dalam buku panduan wisata.

Westpark sama seperti tipikal taman kota lainnya, menawarkan ruang publik seperti padang rumput hijau yang luas dan dikelilingi pohon-pohon besar, taman-taman kecil, danau, dan playground. Tapi hanya di Westpark wangi bunga mawar memanjakan setiap pengunjungnya. Westpark memiliki Taman Mawar (Rosengarten), tempat 20.000 mawar dari 500 spesies bermekaran saat musim semi. Ketika mawar-mawar mulai bermekaran, warna-warninya membawa keceriaan seperti menyambut akan datangnya musim panas.

Tidak hanya keharuman Taman Mawar yang Westpark tawarkan pada setiap pengunjungnya, ada bagian-bagian unik lain dari taman ini. Ada yang namanya Seebühne, sebuah danau yang dilengkapi dengan panggung teater. Panggungnya bukan hanya untuk hiasan, tapi di tempat tersebut kerap diadakan pemutaran film, live music, dan pertunjukan teater.

Tempat menarik lainnya adalah Klein-Asien atau disebut juga Little Asia. Dari namanya saja tentu sudah bisa diketahui bahwa tempat ini merupakan taman tematik berlatarkan tempat di Asia. Di sana terdapat Chinese Garden, Japanese Garden, serta Thailand Sala lengkap dengan patung Budha dan pagoda. Tidak cukup sampai di situ saja. Westpark menyediakan arena bermain anak-anak dengan alat bermain yang didesain menarik. Bahkan ada juga arena bermain untuk anak-anak berkebutuhan khusus. Di sebelah timur Westpark, danau Moll (Mollsee) tempat para penggemar model boat berkumpul. Tidak jauh dari Mollsee, terletak Gelanggang Rudi Sedlmayer, wadah untuk perhelatan kompetisi olahraga dan konser musik. Pengunjung tidak perlu khawatir kelaparan di Westpark, karena taman ini juga menyediakan 2 café termasuk Bier Garten.

4. ALTER BOTANISCHER GARTEN MUNICH
>>> 5 TAMAN KEREN DI MUNICH <<< | WAJIB DIDATENGIN KALAU JALAN-JALAN KE MUNICH

Alter Botanischer Garten (Taman Botani Lama) mungkin sedikit tenggelam setelah Botanischer Garden “baru” rampung pada tahun 1914. Taman Botani “baru” adalah bagian dari Istana Nymphenburg. Beberapa spesies tanaman mulai dipindahkan ke Taman Botani Nymphenburg. Alte Botanischer Garten terletak antara Karlplatz–Statchus dan Hauptbahnhof. Taman kecil ini mudah diakses dengan berjalan kaki. Meskipun kecil tapi bisa menjadi oase di tengah kota Munich yang sibuk. Friedrich Ludwig von Sckell mendesain taman ini dengan bentuk huruf D. Tidak itu saja, Alter Botanischer Garten juga dimaksudkan untuk menjadi taman botani. Dulu dibagian utara taman terdapat rumah kaca tempat tumbuhan tropis namun sejak beberapa tanaman dipindah ke kawasan yang baru Alter Botanicher pun dirancang ulang menjadi taman publik. Meskipun begitu ruang publik yang dibangun sejak 1814 ini tidak kehilangan eksotismenya. Selain tumbuhan di sana Anda akan menjumpai pintu masuk utama berupa gerbang bergaya neoklasik dengan dua pilarnya dan disebut sebagai propylaea kecil. Di sisi selatan taman terdapat air mancur patung Neptunus, sekaligus menjadi spot paling enak untuk duduk santai atau meluruskan kaki yang lelah. Di tengah taman terdapat Kunstpavillon (paviliun seni) yang hancur akibat Perang Dunia II. Bangunan tersebut kembali dibangun dan kerap menjadi tuan rumah beragam pameran seni. Sementara itu di utara terdapat Park café dan Bier Garten.

5. TAMAN MUNICH RESIDENZ
>>> 5 TAMAN KEREN DI MUNICH <<< | WAJIB DIDATENGIN KALAU JALAN-JALAN KE MUNICH

Di tepi kota tua Munich terdapat Residenz München. Pusat pemerintahan sekaligus kediaman keluarga kerajaan Bavaria. Kediaman kerajaan ini sangat luas. Di dalamnya terdapat 10 halaman dan 130 ruangan, termasuk Residenz Museum, Schatzkammer, Cuvilliés Theater, Alleheiligen-Hofkirche, serta Veranstaltungsräume. Setelah memiliki 10 halaman kecil, Residenz melengkapi kemegahannya dengan halaman utama (Hofgarten). Hofgarten ini dilengkapi dengan kuil berbentuk bulat, air mancur, taman pohon arbei, dan pohon-pohon buah lainnya. Setiap raja baru terpilih dan pindah ke Residenz, mereka kerap menambahkan beberapa ruangan. Mulai dari ballroom, galeri, kapel, kamar, taman air mancur, hingga halaman. Karena selama berabad-abad terus terjadi penambahan ruangan, Residenz mencerminkan beberapa gaya arsitektur yang semuanya berpadu indah.

Sumber : Panduan Wisata