alexa-tracking

Hitung Ulang Argumen Konyol Buruh!

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52731d1d1e0bc35d63000003/hitung-ulang-argumen-konyol-buruh
Hitung Ulang Argumen Konyol Buruh!
Euforia, Alasan Buruh Tuntut Kenaikan UMP 2014

Seperti sedang mencandu buruh ketagihan mendesak kenaikan Upah Minimum hingga batas tidak rasional. Sehabis kemarin mendapat kenaikan gaji 2,2 juta di tahun 2013 ini, buruh mantap minta 3,7 juta tahun depan. Kilah buruh tuntut kenaikan UMP 2014 tentu saja adalah kebutuhan hidup. Berikut adalah argumen kebutuhan hidup dari pihak buruh yang mencapai angka 4 juta per bulannya:

Hitung Ulang Argumen Konyol Buruh!

Alasan Buruh Tuntut Kenaikan UMP 2014: Kebutuhan Hidup Layak (KHL) Pekerja Lajang di DKI Jakarta

1. Perumahan Rp 1.250.000 dengan rincian:
a. Sewa rumah (3 petak)/cicilan rumah tipe 36 Rp 750 ribu.
b. Perumahan 30 item (kasur, tempat tidur, sprei, meja, lemari, dispenser, mesin cuci, kipas angin, perlengkapan makan) Rp 300 ribu.
c. Listrik 900 watt Rp 100 ribu.
d. Air PAM Rp 100 ribu.

2. Transportasi Rp 570 ribu dengan rincian:
a. 2x Naik angkot pulang pergi Rp 12 ribu dikali 30 hari= Rp 360 ribu
b. Bus Transjakarta Rp 7 ribu dikali 30 hari= Rp 210 ribu

3. Makan dan minum Rp 1.060.000 dengan rincian:

Makanan
a. Makan pagi (nasi uduk telor ) 5 ribux30= Rp 150 ribu
b. Makan siang (nasi soto) 9 ribux30= Rp 270 ribu
c. Makan malam (nasi goreng) 8 ribux30= Rp 240 ribu
d. Buah-buahan per bulan Rp 100 ribu

Minuman
a. Teh 2 ribux30= Rp 60 ribu
b. Kopi 2.500×30= Rp 75 ribu
c. Air mineral 3 ribux30= Rp 90 ribu
d. Susu 2.500×30= Rp 75 ribu

4. Sandang (pakaian, celana, kaos, sepatu, dll) Rp 300 ribu
5. Pendidikan (langganan koran) Rp 15 ribu
6. Kesehatan (sabun, odol, bedak, dll) Rp 150 ribu
7. Rekreasi dan tabungan (3 persen dari total) = Rp 100 ribu

Audit Ulang Argumen Kalkulasi Alasan Buruh Tuntut Kenaikan UMP 2014


Kebutuhan yang buruh tuntut memang suatu angka yang bisa diperdebatkan. Di satu sisi angka tersebut kelihatan ideal untuk mencapai tangga kesejahteraan, di sisi yang lain angka angka di atas terlihat “manja”. Poin-poin angka di atas cuma melihat apa yang buruh inginkan ideal dalam tiap poinnya, tapi tidak mengacuhkan konteks persaingan kerja dan bisnis yang ada sekarang.

Buruh sama sekali tidak paham atau tidak mau paham bahwa keterpenuhan seluruh kebutuhan hidup bukanlah tanggung jawab perusahaan. Itu adalah pilihan. Kalau memang merasa tidak terpenuhi, silakan pindah ke perusahaan lain, atau buka perusahaan sendiri.

Kalau mau rasional, hitung-hitungan buruh harus dipreteli. Mari simak hitungan alasan buruh tuntut kenaikan UMP 2014. Biar belajar supaya tidak egois dan bermental tempe.

1. Perumahan Rp 1.250.000 Rp. 450.000 dengan rincian:
a. Buruh muda dan lajang belum punya tanggungan, wajar untuk di kostan lebih dahulu. Para lulusan S1 bahkan S2 yang baru bekerja pun banyak yang masih kost. Rp 750 ribu Rp 300.000
b. Buruh muda langsung perlu mesin cuci? dispenser? Konyol. Kalaupun mau haruskah dipikirkan oleh perusahaan? Rp 300 ribu.
c. Listrik 900 watt Rp 100 ribu.
d. Air PAM Rp 100 ribu Rp 50 ribu.

2. Transportasi Rp 338 ribu dengan rincian:
a. 2x Naik angkot pulang pergi Rp 12 ribu Rp 6000 dikali 30 26 hari= Rp 156 ribu
b. Bus Transjakarta Rp 7 ribu dikali 30 26 hari= Rp 210 ribu Rp 182 ribu

3. Makan dan minum Rp 1.060.000 Rp 900.000 dengan rincian:

Makanan
a. Makan pagi (nasi uduk telor ) 5 ribux30= Rp 150 ribu
b. Makan siang (nasi soto) 9 ribux30= Rp 270 ribu
c. Makan malam (nasi goreng) 8 ribux30= Rp 240 ribu
d. Buah-buahan per bulan Rp 100 ribu Lebay

Minuman
a. Teh 2 ribux30= Rp 60 ribu
b. Kopi 2.500×30= Rp 75 ribu Pilih salah satu kopi atau teh
c. Air mineral 3 ribux30= Rp 90 ribu Belajar bawa sendiri
d. Susu 2.500×30= Rp 75 ribu Ini akan menjadi rokok

4. Tidak masuk akal buruh dapat 300 ribu untuk pakaian / sepatu sebulannya. Pekerja sektor lain pun tidak membeli sesering itu. Rp 300 ribu Rp 100.000
5. Pendidikan (langganan koran) Rp 15 ribu Tidak perlu.
6. Kesehatan (sabun, odol, bedak, dll) Rp 150 ribu Rp 30 ribu Jangan pakai merek L’oreal makanya. Pakai yang hemat saja.
7. Rekreasi dan tabungan (3 persen dari total) = Rp 55 ribu

Berarti Total untuk Hidup: Rp 1.872.540


Dengan kata lain, sebenarnya angka 2,2 juta yang buruh dapat di tahun 2013 sudah sangat menguntungkan buruh. Di mana sebenarnya buruh mendapatkan selisih sekitar 320 ribu tambahan yang bisa jadi tabungan atau foya foya untuk tambahan rokok maupun pulsa. Jadi sebaiknya UMP 2014 nanti kenaikkannya sebaiknya hanya mengikuti inflasi saja. Jangan keserakahan menjadi alasan buruh tuntut kenaikan UMP 2014.

Buruh dan pendukungnya biasanya menggunakan taktik memelas saat memaksa keinginan mereka. Biasa mereka berkata: Coba bapak / ibu di posisi kami apakah segitu cukup?

Sesungguhnya tidak akan pernah ada kata cukup berkaitan dengan kebutuhan dan keinginan bahkan untuk yang mendapatkan gaji 100 juta per bulan pun. Isunya adalah: Apakah dengan upah minimum 2,2 juta sekarang ini, buruh muda dapat hidup layak? Ya dapat! Banyak sekali lulusan S1 hidup dengan permulaan penghasilan demikian.
sumber


gimana kira-kira pendapat agan-agan?? mari berbagii.. emoticon-Cek PM (S)
ntar ane kasi anggaran +500 rb buat bini ke salon awkaowkaowoka emoticon-Ngakak

Spoiler for Mampir thread ane gan di jamin mewek:

KHL DKI 2014 2.2-2.3jt emoticon-Big Grin
mnrt ane udah lebih dari cukup.. layak kan tingkatannya lebih dari cukup emoticon-Big Grin





wah kalau ga ji buruh aja 3jtan gaji g lulusan s1 5jtan donk... kalau 3jt jg si g bakar kampus gueee
buktinya 2,2jt mereka bisa hidup dgn layak. kalau mau gaji lebih besar ya harus dapat posisi lebih penting dan harus pintar serta giat bljr.
emang benar benar konyol
Minuman
a. Teh 2 ribux30= Rp 60 ribu
b. Kopi 2.500×30= Rp 75 ribu
c. Air mineral 3 ribux30= Rp 90ribu
d. Susu 2.500×30= Rp 75 ribu




.buseeet kk , banyak bangettt pilihann minuman udah kayak daftar minuman di warung aja..gak cukup ya minuman itu dibuat 1 bulan : 2 galon air mineral?? jadi itungannya 2x15.000 = 30.000 , muluk2 banget itungannya
ayo kita budayakan berwirausaha dan menciptakan banyak lapangan pekerjaan agar bisa membantu sesama

gaji ane harus naek juga dong dari 1 juta jadi 15juta /bulannya....

emoticon-Ngakak
kalau hidup sendiri mah cukup gan,
tp kalau sudah berkeluarga? istri ga kerja, punya anak?
gimana gan, mana cukup gan...
emoticon-Matabelo
Quote:


kalo ane ogah gan...... gak sanggup gaji pekerja gan.............emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
3,7 taon depan, semua buruh dah punya ninja gan....
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
biaya asuransi juga gan emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
disukuri aja ganss. berapapun kalo disukuri insyaallah berkah. 2.2jt kalo sekiranya kurang besar ya pindah kerja yang bisa kasih gaji gede ato kalo nggak pulang kampung jadi pengusaha.. enak to mantep to..
emg gk masuk akal dah emoticon-Cape d... (S)
enak amat idupnya,.
ane aja makan cuma 2x sehari cukup, makanya puasa dong gan.

udah tau penghasilan cuma 2 jutaan ya irit lah hidupnya, prihatin, jangan pake yang maksimal2,. klopun memang gak cukup, evaluasi diri lagi, apa yang bikin gaji segitu mulu, kompetensinya kurang, atau perusahaannya yang underpay lo, klo memang gaji kurang, pindah lah ke perusahaan yang lebih baik, caranya? kerja dan gali kompetensi lo.. belajar, berusaha, jangan cuma ngarepin dari pemerintah naikin gaji, bisnis kek, jualan kek,. banyak sekarang jualan yang gak perlu pake modal. ngapain malu?

semua orang tuh rejeki nya udah ada garisnya masing2...



semua org punya kebutuhan2 yg berveda sih.. yg namanya keingininan mah pasti pgn lebih.. namanya juga manusia gan.. harus banyak2 bersyukur deh..
setuju gan, yg terpenting itu pola hidup... jgn sok mewah2an atau gaya2an,,,
ane lulusan S-1 pertama kali kerja aja di gaji 1 juta/bulan ( outsourching )... tp asal mau belajar dan sabar pasti ada jalan menuju hidup yg lebih baik,,,
emang senin-minggu kerja ya? gk ada libur?
klo gtu jgn itung transport 30 hari emoticon-Embarrassment
jadi inget politik kampus pas masih kuliah dulu...ini adalah politik saling menumpangi...
1. pro : ini perjuangan buruh
2. kontra : ini adalah logika kasar yang gk karuan. umr buruh 4 juta???produktif aja kurang, kok mo nanjak
3. netral : negara gak karuan, masyarakat mengurusi diri sendiri