alexa-tracking

[ask] "No Offense" Pekerjaan-Pekerjaan ini Halal atau enggak gan?

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5272a4571e0bc3c241000000/ask-quotno-offensequot-pekerjaan-pekerjaan-ini-halal-atau-enggak-gan
[ask] "No Offense" Pekerjaan-Pekerjaan ini Halal atau enggak gan?
Gan, no offense, saya cuma mau mengungkapkan kegundahan hati saya setelah memikirkan rumitnya kehidupan ini. Entah karena saya terlalu berfilsafat, ataukah imajinasi saya yang terlalu tinggi. Bisa jadi, ini kebodohan saya karena ketidaktahuan saya dalam berilmu. Saya cuma mau membagi pikiran dan angan-angan saya tentang pekerjaan-pekerjaan yang mentereng di lingkungan kita. Mari berdiskusi gan.

1. Dokter
Saya pernah membaca bukunya Eko Prasetyo, berjudul "Orang miskin dilarang sakit..". Miris sekali gan. Orang sakit atau orang yg sedang sengsara kok malah dijadikan bisnis. Seringkali kita mendapati berita, orang yg mati karena telat operasi, atau telat penanganan. Dokter dan rumah sakit berkilah orang ini gak punya dokumen resmi, uang lah, dll. Lagi-lagi manusia kehilangan sisi humanisnya ketika berbicara uang. Padahal setiap manusia diwajibkan tolong menolong, dan manusia yang paling mulia adalah manusia yang bisa bermanfaat bagi orang lain. Dokter-dokter sekarang terlalu memikirkan duit gan, lihatlah dokter-dokter dan medical representatif, mereka menolak obat murah dan obat generik. Orang miskin dipaksa konsumsi barang mahal. Dan segudang kasus lainnya.

2. Pengacara
Negeri kita merupakan negara hukum. Banyak sekali sarjana hukum yang ada di negeri kita. Apakah membela orang yg bersalah merupakan suatu bentuk kemuliaan ya gan? inilah yg dilakukan oleh pengacara. Dibayar oleh Irjen Joko Susilo, Gayus, Akil, dll yg rata-rata adalah pembuat sengsara di negeri ini. Mereka bersilat lidah membela orang-orang tersebut.. Uangnya halal enggak ya gan?

3. DPR, Pejabat, dan Birokrat
Masuk PNS aja udah nyogok, mikirnya ya balik modal. Ah terlalu sering dan jamak mungkin berita dan kasus tentang mereka. Suaplah, pungli lah, dll. Disaat masyarakat sedang kesusahan, mereka meminta upeti kepada para pengusaha, memeras rakyat untuk pembuatan dokumen,dll. Too Many..

4. Polisi dan Aparat
Sama seperti kasus diatas, sekarang masuk TNI POLRI bayar minimal 100juta. Hanya 5% yang benar-benar tidak membayar, itupun biar kelihatan perekrutan yang bersih memanglah ada. Nanti gimana nafkah yg diturunkan kepada anak cucu ya gan? Kata agama, setiap unsur KKN itu adalah dosa. Dan tidak bisa disucikan.. Masih ada kasus poltas minta upeti,dll. Susah..susah..orang kok pada mata duitan..

5. Guru dan Dosen
Katanya merupakan panutan bangsa, pendidik generasi muda, tapii... kenyataannya, kasus yg sering kita temui adalah para guru suka maunya sendiri, murid-murid seperti kerbau dungu, mereka berkoar-koar menjadi guru itu ikhlas panggilan hati, faktanya 90% hanya menginginkan titel PNS. Bukan panggilan hati untuk mendidik dan membebaskan anak-anak negeri ini dari kebodohan. Pendidikan dijadikan bisnis, harus beli LKS, harus les sama dia. Dosen pun begitu, mahasiswa dibuat susah. Lulus jadi lama, alhasil jadi stress, menganggur, bayar uang kuliah terlalu banyak, rata-rata terjadi di universitas negeri. Mau skripsi aja harus pinter-pinter menjilat ludah, biar skripsi cepat gol, kalau perlu pakai "sogokan". Suka memanfaatkan dana proyek dari LIPI, padahal hasilnya gak jelas, 50% dimakan untuk beli mobil dan rumah, bukan untuk kemajuan bangsa.

6. Pertambangan dan Pertamina
Tambang= Merusak Alam. Lihat saja Garsberg, Freeport. Gunung hijau yg begitu indahnya dirusak, suku-suku pedalaman diusir, hewan-hewan dan tumbuhan langka kehilangan tempat bernaung. Mengeruk hasil bumi, tetapi merusak bumi. Tuhan.. Maafkan hamba-Mu ini.. telah merusak alam-Mu yg Indah permai.. Paling benci sama pertamina, ngakunya harga minyak terus melambung, perusahaan rugi. Tapi, gaji-gaji pegawai bisa 30x dalam setahun, belum tunjangan, lihat saja perumahan pertamina di cilacap, bebas listrik, 2 tabung gas 50Kg per bulan,dll. Sadar woy.. Nelayan dan Petani kekurangan BBM untuk mencari ikan dan membajak sawah, duit ente hambur-hamburkan.

7. Kementerian Keuangan
Disaat banyak guru di pedalaman yang gajinya tidak tentu, kadang dibayar dengan beras, namun mereka ikhlas mencerdaskan anak bangsa, eh kementerian ini kalau ngasih gaji seenak jidatnya. Masak lulusan D1 dikasih gaji n tunjangan minimal 7jt. Anjing lu.. itu uang negara bos, ente dapat 4jt aja yg 3jt dikasih ke guru-guru honorer!! ah andaikan bisa seperti itu.. belum lagi sekelas gayus yg punya gaji 15jt. Kasus-kasus korupsi pun sangat marak, lihat saja rumah pegawai-pegawai kemenkeu, minimal tipe 45. Mobil lah, ini lah. Makanya banyak anak bangsa setelah lulus SMA pingin masuk di kementerian ini, puluhan ribu anak bersaing masuk STAN. Termasuk yang jurusan IPA.helooooo.. ilmu kimia n fisika ente buat apa? Sumpah, masalah duit sudah banyak bikin orang gelap mata.

8. Dan masih banyak pekerjaan lain yg secara rasio nalar logika masih diragukan "Halal" atau tidaknya. Pegawai Bank, Kredit, Makelar, dll.


"Silahkan berdiskusi dengan baik dan bijak, gunakan otak anda untuk berpikir yang rasional. Demi apa kok kehidupan berjalan seperti ini.. APA INI SEMUA HANYA GARA-GARA SATU HAL, MONEY? ah entahlah.."
waahhhh yang mengetahui halal atau haram nya adalah kita sendiri emoticon-Big Grin
anda percaya nggak kalau dokter itu haram emoticon-Big Grin
apakah anda nggak percaya kalau pelacur itu haram emoticon-Big Grin

ya kita sbg warna negara INDONESIA yang baik dan benar mending ikutin aja kata MUI gan emoticon-Malu
itu kalau di agama ane loh ya emoticon-Thinking
Quote:


halal gan,kalo ane bilang gak halal banyak yg kesinggung emoticon-Thinking
KASKUS Ads
semua pekerjaan kalo mau di cari sisi buruk nya mah pasti ada aja gan... well, dagang yang bener aja suka dikira penipu, mau jadi buruh katanya kerja suka ga bener, mau kerja karyawan, nanti dibilang karyawan malas... ga usah munafik pake alasan money lah gan... ga ada orang yang ga butuh duit, kecuali 2 golongan manusia, yaitu : orang mati sama orang gila emoticon-Ngakak

eniwei, agan TS akses ke kaskus pake apaan ? pake mata batin apa pake internet gan ? kalo pake internet, bayar internet nya pake apa ?

dosen/guru emang bener pendidik generasi muda... tapi gimana caranya dia buat cari nafkah buat keluarga nya ?

well, inilah era modern kawan, segala hal apapun udah ada bentuk bisnisnya, mulai dari halal, haram, sah, ataupun illegal... tinggal pilih agan mau dapet duit nya gimana...

CMIIW

Quote:
image-url-apps
bakal panjang bgt klo dibahas bray.. karna bakal ngomongin sumber uang gajinya itu... fleksibel aja bray... klo emg rezekinya di situ, masa iya ditolak?
intinya niat bner2 jujur dan amanah, dan jgn lupa zakat...
semua tergantung niat'a gan.. emoticon-Kiss
image-url-apps
pekerjaan paling bener seniman gan, cuman memberikan estetika di sekitar, ya gak? makanya seniman miskin kalo kata orang.. tapi ga ada negatifnya..
[ask] "No Offense" Pekerjaan-Pekerjaan ini Halal atau enggak gan?

Kalo baik ya halal gan
Pekerjaannya halal.
Penghasilannya ya halal atau haram tergantung si pekerjanya bekerja dengan cara apa.
Quote:


jadi ane nangkep gan, alasan semua ini emang gara-gara duit.. ane membayangkan sistem apa yg cocok untuk menggantikan duit, karena duit bikin kita jadi kisruh.
image-url-apps
Semua pekerjaan itu jika banyak manfaatnya halal. jika banyak buruknya haram.
halal kok gan emoticon-Malu (S)
balik lagi kepada individu nya masing...
wong malaikat turun kedunia dikasih nafsu sama tuhan ajah melakukan banyak dosa....emoticon-Cendol (S)
Quote:


seniman apa dulu nih gan? artis juga seniman hehehe
semua pekerjaan yg baik itu halal kecuali profesi yg emang dilarang oleh agama
tapi itu semua tergantung orang yg menjalankan profesinya masing yg halal bisa menjadi haram tetapi yg haram emang gak bisa jadi halal.
image-url-apps
Kl dicari celah negatifnya..smua kerjaan jg jd haram bro,jgn kan kerjaan...ustad..pendeta..ato bante,kl lo cari2 celah negatifnya...ttep aja haram tuh,pdhal uda paling mulia tuh pemuka agama...
image-url-apps
lebih ambigu mana?
tukang parkir di tempat pelacuran.
itu haram apa halal?
image-url-apps
Halal selama dia tidak melanggar aturan/kode etik profesi juga norma agama dan kemasyarakatan emoticon-Smilie
Quote:


iya juga yaa..hmmm kalau pelacur yang buat menafkahi anaknya gmn gan? dia kan udah janda misalnya..
Quote:


hehe itu gan yg susaah..
Quote:


bener nih kata agan ini, ane tambahin gan, ga semua orang itu sama gan, pasti ada yang baik dan buruk juga, nah untuk yang buruk itu kita sering liat kan di tivi,,"Oknum polisi, Oknum ini itu, bla bla bla bla"
×