alexa-tracking

Menhan: Indonesia Tunggu Kepastian Hibah Kapal Selam Rusia

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5271a8e418cb17973800000a/menhan-indonesia-tunggu-kepastian-hibah-kapal-selam-rusia
Menhan: Indonesia Tunggu Kepastian Hibah Kapal Selam Rusia
Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro menyatakan pemerintah sedang menunggu kepastian hibah kapal selam dari Rusia. "Saat ini kami menunggu surat resmi dari Rusia," kata Purnomo kepada wartawan di Landasan Udara Ranai, Natuna, Rabu, 30 Oktober 2013.

Surat itu, dia melanjutkan, berisi kepastian berapa kapal selam yang akan dihibahkan Rusia. Termasuk bagaimana keadaan fisik kapal selam itu dan seberapa banyak perbaikan yang diperlukan. Sebab dalam hibah alat utama sistem persenjataan, negara pemberi pasti menyaratkan seberapa besar perbaikannya. "Tapi katanya masih bagus kondisinya," kata dia.

Soal berapa pagu anggaran untuk biaya 'up-grade' kapal selam ini, Purnomo belum mau menjawab. Sebab saat ini yang ditunggu oleh pemerintah adalah kepastian jadi atau tidaknya hibah kapal selam dari Rusia.

Menurut informasi awal yang Purnomo peroleh dari Duta Besar Rusia di Indonesia, negara Beruang Merah itu akan menghibahkan 10 kapal selam jenis Killo Class Namun hal itu bisa saja berubah. "Sebab negara tetangga, Myanmar juga mendapat satu (kapal selam) hibah dari Rusia."

Purnomo sendiri menyatakan bahwa TNI memerlukan hibah kapal selam dari Rusia itu. Sebab, kapal selam merupakan alutsista strategis untuk menjaga arus laut kepulauan Indonesia. Saat ini Indonesia baru punya dua unit kapal selam, KRI Cakra dan KRI Nanggala. Pemerintah telah memesan tiga unit kapal selam Changbogo dari Korea Selatan. "Kami butuhnya lebih dari lima itu," kata Purnomo.

Terlebih, dia melanjutkan, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Marsetyo menyatakan bahwa dia membutuhkan kapal selam yang mampu meluncurkan rudal dari bawah permukaan air ke udara. Kemampuan itu merupakan salah satu kelebihan kapal selam Killo Class milik Rusia.

Sebelumnya, Sumber Tempo di Kementerian Pertahanan menyebutkan bahwa pemerintah Rusia tak serius menghibahkan kapal selam. Buktinya, perwakilan Indonesia yang dipimpin KSAL Laksamana Marsetyo tak mendapat jawaban yang pasti soal hibah ini saat bertandang ke Rusia.

Menurut Sumber Tempo, pemerintah Rusia mengaku tak punya rencana untuk memberikan hibah kapal selam ke Indonesia. Bahkan Sumber Tempo menyebut KSAL Indonesia tak bisa bertemu dengan KSAL Rusia.

Menanggapi hal ini, Menteri Purnomo tak mau berkomentar berlebihan. Dia mengaku tak tahu persis apa yang terjadi di sana. Menurut dia, setiap pejabat pasti punya kesibukan masing-masing. Bisa saja KSAL Rusia sedang sibuk hingga tak bisa temui perwakilan Indonesia.

Bahkan Purnomo menyebut perwakilan Indonesia sudah bertemu dengan pejabat penting Rusia. Termasuk pihak yang mengurus segala urusan jual-beli senjata Rusia, Rosoboron. "Pokoknya tunggu dulu surat resmi dari Rusia."

sumber: http://www.tempo.co/read/news/2013/1...al-Selam-Rusia

=========================

unggunya sampai kapan pak?
kapan nih bikin pada semakin mabok lontong nih, mudah mudahan tahun depan udah ada
Quote:


Piye to iki... emoticon-Ngakak
Kayaknya ada yang bikin HOAX, begitu kita nagih ke rusia, rusianya kelabakan, bingung...
Moga-moga jadi ah, biar alamor plong, nadzarnya terkabul...
Loh katanya dulu bapak yg bilang, Rusia mau hibahkan 10 KS, sekarang bapak ngomong masih nunggu surat resmi dari Rusia, jadi yg ngasih infoin kalau Rusia mau kasih hibah itu siapa?? Apa kmrn cm obrolan saat nongkrong minum Vodka
Quote:

wah kalo begitu Kilo Type 636emoticon-Matabelo
cuma ane yakin jumlahnya ga 10emoticon-Malu (S)
dopost
Quote:


sumbernya pasti kakuser tuh emoticon-Big Grin
apa pak pur masih terpengaruh efek vodka? emoticon-Matabelo
Quote:


636?
Jangan ngimpi
http://en.wikipedia.org/wiki/Kilo-class_submarine
(sekali2 wikipedia juga boleh lah)
apa yg disampaikan sumber Tempo, hampir sama dengan apa yg disampaikan om @garand beberapa waktu lain di formil...

hehehe
Gimana sih ini cerita sebenarnya ttg lontong hibah? Ora jelas..apa gak kroscek dulu mau hibah apa nggak..koq bs gak saling sinkron...
Quote:



Om suka bedil kah emoticon-Ngakak
Quote:


lo bener to suratnya isinya kan jadi tidaknya hibahnya kalo jadi tar butuh biaya berapa untuk upgrade......
kayaknya jadi kok ini
Request sticky trit polemik lontong hibah emoticon-Recommended Seller
Beli kok gan
emoticon-Embarrassment
Quote:


si penebar mo dikarungin nichemoticon-Ngakak
weleeeeh lama lama malah bosen gw baca berita lontong emoticon-Hammer
Quote:


biasa kan soal urusan kickbackemoticon-Ngakak
Kepastian yang ditunggu
Sesuai dugaan, berlebihan klo dibilang dpt 10 KS gretong. Ujung2nya duit lah, even russki juga perlu kepeng