alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52710627f8ca170d51000001/menhan-indonesia-butuh-34-radar
Menhan: Indonesia Butuh 34 Radar
Menteri Pertahanan (Menhan) Purnomo Yusgiantioro menjelaskan, saat ini Indonesia sedikitnya membutuhkan sebanyak 34 radar. Radar dibutuhkan untuk menunjang pengawasan TNI Angkatan Udara (AU) dalam menjaga wilayah udara di seluruh Indonesia.

"Jadi radar TNI AU itu radar primer, kalau sekunder itu buat komersil. Untuk kekurangannya, kami hitung sekitar 32 sampai 34 radar untuk seluruh Indonesia," kata Purnomo di Markas Komando Latihan Angkasa Yudha 2013 Lanud Ranai, Natuna, Kepulauan Riau, Rabu (30/10).

Purnomo menegaskan, saat ini yang menjadi prioritas penambahan radar dipusatkan di bagian timur Indonesia. Semua dilakukan demi pengawasan arus penerbangan yang maksimal.

"Wilayah barat sudah sebagian terpenuhi. Kalau wilayah timur ya bertahap. Untuk renstra (rencana strategis) pertama ada empat yang harus dipenuhi," ujar Purnomo.

Namun demikian, pemenuhan radar yang kurang tersebut akan dilakukan secara bertahap. Semua dilakukan sesuai renstra dan masterplan yang sudah ada.

Dijelaskan, selain dilakukan bertahap, pemenuhan radar tersebut juga menunggu persetujuan dari kementrian keuangan (Kemkeu) dan Badan Perencanaan Pembangunan nasional (Bappenas).

"Untuk renstra pertama sampai 2014 ini, kami rencana beli 4 radar harganya total US$ 150 juta," ungkap Menhan.

Penguatan alat utama sistem senjata (Alutsista) juga tetap akan menjadi prioritas. Kemhan saat ini masih utamakan alutsista bergerak, baru pemenuhan alutsista tidak bergerak seperti radar.

Komandan Satuan Radar 212 Lanud Ranai Mayor Electronika Feri menuturkan, radar yang sudah terpasang di Lanud Ranai jangkauanya mencapai hingga 540 Km. Akivitas radar sangat diperlukan untuk mengintai arus penerbangan yang melewati udara di Natuna.

"Jangkauan radar ini bisa sampai kucing (wilayah bagian Malaysia)," kata Feri.

Saat ini, radar di Lanud Ranai yang menjadi pintu gerbang terdepan pertahanan Indonesia dijaga sekitar 47 Personil. 47 itu terdiri dari perwira 12 dan anak buah 35.

"Mulai Januari hingga Oktober hanya ada penerbangan kapal Tiongkok, tapi setelah dicek berkas lengkap, itu terjadi April 2013," ucapnya.

sumber: http://www.beritasatu.com/nusantara/...-34-radar.html

===========================

kapan ya kebutuhan 34 radar itu bisa terpenuhi
nah, demen gw dengan mbah pur bilang begini.. 34 baru semua ya pak, bukan buat benerin ato ganti yg udah operasi sekarang yaaa.. emoticon-Smilie

jgn lupa ya mbah, sekalian di pikirin masalah pasokan listrik buat sumber daya radarnya...
Quote:Original Posted By cherrybombers
nah, demen gw dengan mbah pur bilang begini.. 34 baru semua ya pak, bukan buat benerin ato ganti yg udah operasi sekarang yaaa.. emoticon-Smilie

jgn lupa ya mbah, sekalian di pikirin masalah pasokan listrik buat sumber daya radarnya...


Tawaran ceko boleh tuh
Quote:Original Posted By cherrybombers
nah, demen gw dengan mbah pur bilang begini.. 34 baru semua ya pak, bukan buat benerin ato ganti yg udah operasi sekarang yaaa.. emoticon-Smilie

jgn lupa ya mbah, sekalian di pikirin masalah pasokan listrik buat sumber daya radarnya...

baru gw mo nanya ki...24x7 ga operasional nya? emoticon-Embarrassment btw ini mksdnya Master T kah?
ambil hibah radar china dong mbah pur kan katanya radar kurangemoticon-Berduka (S)
Quote:Original Posted By alena.aremania


Tawaran ceko boleh tuh


selama radar primer, its oke.. tapi sebisa mungkin sih jenis dan merk nya disamain dengan yg belum lama beroperasi ini. biar gak belang2, dan ada commonality antar masing2 SATRAD..

personil pun gak akan puyeng dua kali klo misalnya ditransfer ato mutasi dari satu SATRAD ke SATRAD lain.. pun maintenance lebih gampang koordinirnya, termasuk tenaga ahli atau pun pasokan sparenya..

andaikatapun ntar belang2 juga merk nya, ya lebih baik lah, dari pada bolong..

IMO..
Quote:Original Posted By wahwibson
ambil hibah radar china dong mbah pur kan katanya radar kurangemoticon-Berduka (S)


mental kok mental hibah emoticon-Cape deeehh
Quote:Original Posted By zevilis

baru gw mo nanya ki...24x7 ga operasional nya? emoticon-Embarrassment btw ini mksdnya Master T kah?


errrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr.. gak.. emoticon-Ngacir
yoo ini jenis primer kek master T itu broooh..
Oh iya..jadi kepikiran.. 1 situs radar di Indonesia itu ada berapa radar sih ? kalau satu.. nggak mungkin nyala 24 jam.. karena menghabiskan umur transmitter.

kalau 2 atau 3 bisa.. 1 jalan, 1 maintenis, 1 istirahat.
Quote:Original Posted By cherrybombers
nah, demen gw dengan mbah pur bilang begini.. 34 baru semua ya pak, bukan buat benerin ato ganti yg udah operasi sekarang yaaa.. emoticon-Smilie

jgn lupa ya mbah, sekalian di pikirin masalah pasokan listrik buat sumber daya radarnya...


dayanya pake sollar cell aja om

Quote:Original Posted By zevilis


mental kok mental hibah emoticon-Cape deeehh

omongan sok sugihemoticon-Ngakak
lha epenemabelas juga hibah apa salahnya terima hibah radar baruemoticon-Ngakak
yaa yang penting sebenernya nanti radarnya harus baru dan teknologinya memumpuni,dan perawatan dari radarnya prima jadinya kalo dipake bisa secara optimal,jangan sampe radarnya mati karena kurang bahan bakar buat suplai power dari radarnya emoticon-Cape d... (S)
Quote:Original Posted By Stealthflanker
Oh iya..jadi kepikiran.. 1 situs radar di Indonesia itu ada berapa radar sih ? kalau satu.. nggak mungkin nyala 24 jam.. karena menghabiskan umur transmitter.

kalau 2 atau 3 bisa.. 1 jalan, 1 maintenis, 1 istirahat.


1.. emoticon-Shutup

Quote:Original Posted By r3zam4n


dayanya pake sollar cell aja om



apapun sumber dayanya, yg penting problem klasik jgn ampe terulang lagi.. emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By cherrybombers

1.. emoticon-Shutup

emoticon-Ngakak
aki danlanudnya takut ngomong
Quote:Original Posted By cherrybombers


selama radar primer, its oke.. tapi sebisa mungkin sih jenis dan merk nya disamain dengan yg belum lama beroperasi ini. biar gak belang2, dan ada commonality antar masing2 SATRAD..

personil pun gak akan puyeng dua kali klo misalnya ditransfer ato mutasi dari satu SATRAD ke SATRAD lain.. pun maintenance lebih gampang koordinirnya, termasuk tenaga ahli atau pun pasokan sparenya..

andaikatapun ntar belang2 juga merk nya, ya lebih baik lah, dari pada bolong..

IMO..


Jadi inget cerita temen ane yg ditugasin ngebenerin peralatan radar di salah satu satrad, ternyata diantara satrad yg ada pengadaan perlengkapan pendukungnya bisa beda-beda.1 merk dan beda tipe aja bisa jadi masalah, ini malah beda merk pula, waduh... Pengadaan ada yg dipegang sendiri (lbh sesuai kebutuhan di lapangan) ada juga yg masih dipegang mabes TNI (gak sesuai kebutuhan lapangan), belum lagi laporan ABS yg masih membudaya, alat jelek dikatain bagus, maraih mumet teknisi...
Quote:Original Posted By wahwibson

emoticon-Ngakak
aki danlanudnya takut ngomong


husssshh.. emoticon-Shutup

Quote:Original Posted By pasopatiku


Jadi inget cerita temen ane yg ditugasin ngebenerin peralatan radar di salah satu satrad, ternyata diantara satrad yg ada pengadaan perlengkapan pendukungnya bisa beda-beda.1 merk dan beda tipe aja bisa jadi masalah, ini malah beda merk pula, waduh... Pengadaan ada yg dipegang sendiri (lbh sesuai kebutuhan di lapangan) ada juga yg masih dipegang mabes TNI (gak sesuai kebutuhan lapangan), belum lagi laporan ABS yg masih membudaya, alat jelek dikatain bagus, maraih mumet teknisi...


bukan gw yg ngomong lho yaaaa.. emoticon-Ngacir
Quote:Original Posted By r3zam4n


dayanya pake sollar cell aja om


min 100kw pake solar cell segede ap?
4 radar 150jt usd butuh 34 berarti total 8.5 x 150 jt = 1.275 b usd = 13 t rupiah. dah hmpr separo dari 28 t.
Quote:Original Posted By Stealthflanker
Oh iya..jadi kepikiran.. 1 situs radar di Indonesia itu ada berapa radar sih ? kalau satu.. nggak mungkin nyala 24 jam.. karena menghabiskan umur transmitter.

kalau 2 atau 3 bisa.. 1 jalan, 1 maintenis, 1 istirahat.


Ane setuju, apalagi kalau tiap situs radar di lengkapi 3 jenis radar yg berbeda emoticon-Big Grin
3X3 = 9 tiap situs radar.

pertanyaan kelasik, wani piro ??
Quote:Original Posted By Stealthflanker
Oh iya..jadi kepikiran.. 1 situs radar di Indonesia itu ada berapa radar sih ? kalau satu.. nggak mungkin nyala 24 jam.. karena menghabiskan umur transmitter.

kalau 2 atau 3 bisa.. 1 jalan, 1 maintenis, 1 istirahat.

nah ini jg patut di pertanyakan emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By wahwibson

omongan sok sugihemoticon-Ngakak
lha epenemabelas juga hibah apa salahnya terima hibah radar baruemoticon-Ngakak

emg negara kita miskin??emg lu pikir F-16 ga keluar duit?
Quote:Original Posted By cherrybombers

husssshh.. emoticon-Shutup
bukan gw yg ngomong lho yaaaa.. emoticon-Ngacir

mulai terungkap nggak ada standarisasi radar make merk bedaemoticon-Matabelo