alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/527078563f42b27a10000001/indonesia-dan-turki-akan-buat-tank-bersama
Indonesia dan Turki Akan Buat Tank Bersama
Prototipe tank akan diungkap usai pemilu kedua negara pada Juli 2014.

Indonesia dan Turki Akan Buat Tank Bersama

VIVAnews – Pemerintah Indonesia dan Turki sepakat menjalin kerja sama dalam pembuatan tank. Kesepakatan itu diikat dalam nota kesepahaman (MoU) yang ditandatangani di sela kegiatan Pameran Industri Pertahanan Internasional (IDEF) ke-11 di Istanbul, Turki, pada Mei lalu.

Salah satu poin yang tertuang di dalam MoU itu adalah pemerintah kedua negara akan mendesain satu prototipe tank terlebih dahulu. “Saat ini proses pengerjaan baru sebatas pembuatan protipe tank. Setelah desain tank selesai dibuat, maka rencananya akan diproduksi massal dan digunakan bagi milter di kedua negara,” ujar Duta Besar Turki untuk Indonesia Zekeriya Akcam kepada VIVAnews, 29 Oktober 2013, di Hotel Shangri-La dalam perayaan Hari Nasional ke-90 Turki.

Zekeriya berharap prototipe tank akan selesai dibuat setelah Turki menggelar pemilu tahun depan. “Desain tank akan diungkap ke publik setelah Turki selesai menggelar pemilu pada Juli 2014. Kebetulan Indonesia dan Turki sama-sama akan menggelar Pemilu Presiden di waktu yang sama,” kata Zekeriya.

Pembuatan tank ini rencananya akan melibatkan dua Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI, yakni PT Pindad dan PT LEN. Salah satu perusahaan asal Turki, ASELSAN, merupakan mitra dari PT LEN yang sudah memiliki pengalaman memproduksi peralatan di bidang pertahanan dan keamanan. Sementara dari pihak Turki, proyek ini akan ditangani oleh FNSS Defense System.

Tanam investasi

Zekeriya juga mengatakan, dua perusahaan besar Turki akan menanamkan investasi di Indonesia. Perusahaan itu bergerak di bidang pengeboran dan pertambangan, serta produksi mesin pendingin dan mesin cuci.

“Mereka telah melakukan survei selama hampir empat tahun untuk menentukan tempat investasi. Untuk perusahaan pertambangan dan pengeboran dari Turki, mereka baru memperoleh izin di Agustus lalu,” kata Zekeriya. Perusahaan itu akan mulai melakukan pengeboran di Pulau Sumatera.

Sementara untuk perusahaan produsen mesin pendingin dan mesin cuci dari Turki, sudah siap memproduksi produknya karena telah menemukan mitra lokal.

Namun, ujar Zekeriya, lebih banyak perusahaan Turki yang lebih memilih untuk melakukan hubungan dagang di Indonesia ketimbang berinvestasi. Penyebabnya adalah nilai tukar mata uang yang tak stabil dan birokrasi yang rumit. “Terlalu banyak perjuangan dan birokrasi untuk bisa memperoleh izin usaha di Indonesia,” kata dia.

Dalam neraca perdagangan, Indonesia masih mengalami defisit dari Turki pada tahun 2012. Zekeriya mengatakan nilai perdagangan dari Indonesia ke Turki mencapai US$1,5 miliar, sedangkan dari Turki ke Indonesia mencapai US$250 miliar.

http://dunia.news.viva.co.id/news/re...t-tank-bersama

emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo

Kirain hanya sekedar MoU - MoU geje..... ternyata tahun depan udah nongol prototype nya.......
asal jangan mirip tank bantet aja,,,emoticon-Hammer (S)
asal jangan ACV alias adnan maning...kalau altay bolehlah
harapannya sich nggak jauh beda desainnya dengan punya nya ALTAY emoticon-Malu (S)
Indonesia dan Turki Akan Buat Tank Bersama
Quote:Original Posted By airmaniac
asal jangan ACV alias adnan maning...kalau altay bolehlah


kalau sampe model kaya adnan yaa kebangetan...masa dah punya marder masih bikin protoype adnan?? yah mendingan "tank" di trit sebelah itu aja di tuntasin emoticon-Malu (S)
Quote:Original Posted By kang.ABE
harapannya sich nggak jauh beda desainnya dengan punya nya ALTAY emoticon-Malu (S)
Indonesia dan Turki Akan Buat Tank Bersama

mo TOT Altayemoticon-Bingung (S)
Quote:Original Posted By airmaniac
asal jangan ACV alias adnan maning...kalau altay bolehlah

kalo altay mah bukan bolehlah,,, tapi boleh banget om,,,emoticon-Malu
udah mesra-in aja biar pindah haluan dari Korea ke Turkiye, sekalian proyek TFX-nya,...
Turkiye punya kepentingan ekonomi yang sangat besar di Indonesia mbah banyak perusahaan turki yang tanam invest di Indonesia seprti bikin pabrik tepung terigu dll makanya dia gak pelit soal kerjasama pertahanan mungkin ini salah satu rayuan Turkiye ke pemerintah kita agar Import duties tepung terigu diturunkan
kemarin orang pindad nya ngomong kalo turkey kurang kompeten, jadi ini keputusan politik dong...
Quote:Original Posted By fs169
kemarin orang pindad nya ngomong kalo turkey kurang kompeten, jadi ini keputusan politik dong...


what? Pindad mbok ya ngaca dulu emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By airmaniac


what? Pindad mbok ya ngaca dulu emoticon-Smilie


pindad kayaknya juga belum mampuemoticon-Malu (S)
afsel juga bagus untuk alutsista matra darat kan bisa kerjasama dengan merekaemoticon-Cendol (S)
apalagi mereka sedang krisis ekonomiemoticon-Malu (S)
Quote:Original Posted By airmaniac

what? Pindad mbok ya ngaca dulu emoticon-Smilie

Ada kok di trit sebelumnya...
Maunya mungkin kerjasama dgn KMW & Rheinmetall emoticon-Malu (S)
Quote:Original Posted By wahwibson


pindad kayaknya juga belum mampuemoticon-Malu (S)
afsel juga bagus untuk alutsista matra darat kan bisa kerjasama dengan merekaemoticon-Cendol (S)
apalagi mereka sedang krisis ekonomiemoticon-Malu (S)


Kerja sama ? mending akuisisi aja itu industri militer Afsel......... Bagus2 barangnya.....
Quote:Original Posted By keledaiidiot


Kerja sama ? mending akuisisi aja itu industri militer Afsel......... Bagus2 barangnya.....


orang kita terlalu pelit ngeluarin duit padahal afsel juga dah bisa bikin rudalemoticon-Berduka (S)
Quote:Original Posted By wahwibson

mo TOT Altayemoticon-Bingung (S)


Altay ikecilin kali.... mini altay sekelas scorpy ...emoticon-Cool
Quote:Original Posted By wahwibson


orang kita terlalu pelit ngeluarin duit padahal afsel juga dah bisa bikin rudalemoticon-Berduka (S)


Beli inter milan aja punya duit koq...
Quote:Original Posted By littlesophie24
udah mesra-in aja biar pindah haluan dari Korea ke Turkiye, sekalian proyek TFX-nya,...


dari KFX pindah ke TFX.... hmmmm yakin om?

ane rasa itu seperti keluar dari mulut buaya masuk ke mulut harimau om.. just pendapat pribadi om..
Quote:Original Posted By rokatenda


Beli inter milan aja punya duit koq...


inter milan sama industri alutsista hubungannya apa emoticon-Bingung (S)
Quote:Original Posted By fs169
kemarin orang pindad nya ngomong kalo turkey kurang kompeten, jadi ini keputusan politik dong...


kurang kompeten gimana om?? karena mereka belum punya pengalaman produksi tank kah??