alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/526f52b50d8b46cd6b000002/ceko-antusias-tawarkan-produk-sistem-pertahanan-radar-ke-ri
Ceko Antusias Tawarkan Produk Sistem Pertahanan Radar ke RI
VIVAnews - Duta Besar Republik Ceko untuk Indonesia, Thomas Smetanka, mengatakan, pihaknya kini sedang menjajaki kerja sama dengan militer RI terkait teknologi pertahanan berupa radar. Ceko memang sudah dikenal memiliki catatan yang baik soal teknologi radar, terutama radar pasif ERA Ceko.

Hal itu diungkapkan Smetanka yang ditemui VIVAnews di kediamannya, Menteng, Jakarta Pusat, pada Senin malam, 28 Oktober 2013 dalam perayaan hari jadi ke-95 Republik Ceko. Namun, Smetanka tidak ingin menyebut nilai dari kontrak tertentu terkait kerja sama di bidang pertahanan ini.

"Ada beberapa perusahaan Ceko yang menawarkan teknologi pertahanan kepada militer Indonesia. Salah satu teknologi yang coba dijual yakni radar pasif yang dapat digunakan untuk memantau wilayah udara. Kami juga memiliki radar untuk menara pemantau lalu lintas udara [ATC]," ungkap Smetanka.

Selain teknologi radar, Smetanka melanjutkan, masih ada pula kemungkinan kerja sama pembelian senjata ringan. Namun, Smetanka enggan memaparkan lebih lanjut teknis kerja sama di bidang pertahanan itu.

"Saya tidak dapat memaparkan hal tersebut secara spesifik, karena masih dalam tahap penjajakan," kata dia.

Kerja sama di bidang radar itu dicetuskan saat Presiden Republik Ceko, Vaclav Klaus berkunjung ke Indonesia pada Juli 2012. Terkait hubungan bilateral, Smetanka mengaku kedua negara selama ini bersahabat sangat erat.

Di bidang perdagangan, diakui Smetanka, nilainya memang masih rendah. "Total nilai perdagangan tahun lalu mencapai sekitar US$460 juta [Rp5 triliun]. Nilai ini masih tergolong kecil untuk negara sebesar Indonesia. Tentu masih akan ada celah untuk bekerja sama dan meningkatkan nilai perdagangan kedua negara," kata dia.

Ceko memiliki beragam produk andalan seperti mesin, peralatan radar untuk ATC, dan tenaga listrik yang dapat dijual ke Indonesia. (art)

sumber;
http://dunia.news.viva.co.id/news/re...an-radar-ke-ri

kira2 diambil ga ya??
Quote:Original Posted By alena.aremania
VIVAnews - Duta Besar Republik Ceko untuk Indonesia, Thomas Smetanka, mengatakan, pihaknya kini sedang menjajaki kerja sama dengan militer RI terkait teknologi pertahanan berupa radar. Ceko memang sudah dikenal memiliki catatan yang baik soal teknologi radar, terutama radar pasif ERA Ceko.

Hal itu diungkapkan Smetanka yang ditemui VIVAnews di kediamannya, Menteng, Jakarta Pusat, pada Senin malam, 28 Oktober 2013 dalam perayaan hari jadi ke-95 Republik Ceko. Namun, Smetanka tidak ingin menyebut nilai dari kontrak tertentu terkait kerja sama di bidang pertahanan ini.

"Ada beberapa perusahaan Ceko yang menawarkan teknologi pertahanan kepada militer Indonesia. Salah satu teknologi yang coba dijual yakni radar pasif yang dapat digunakan untuk memantau wilayah udara. Kami juga memiliki radar untuk menara pemantau lalu lintas udara [ATC]," ungkap Smetanka.

Selain teknologi radar, Smetanka melanjutkan, masih ada pula kemungkinan kerja sama pembelian senjata ringan. Namun, Smetanka enggan memaparkan lebih lanjut teknis kerja sama di bidang pertahanan itu.

"Saya tidak dapat memaparkan hal tersebut secara spesifik, karena masih dalam tahap penjajakan," kata dia.

Kerja sama di bidang radar itu dicetuskan saat Presiden Republik Ceko, Vaclav Klaus berkunjung ke Indonesia pada Juli 2012. Terkait hubungan bilateral, Smetanka mengaku kedua negara selama ini bersahabat sangat erat.

Di bidang perdagangan, diakui Smetanka, nilainya memang masih rendah. "Total nilai perdagangan tahun lalu mencapai sekitar US$460 juta [Rp5 triliun]. Nilai ini masih tergolong kecil untuk negara sebesar Indonesia. Tentu masih akan ada celah untuk bekerja sama dan meningkatkan nilai perdagangan kedua negara," kata dia.

Ceko memiliki beragam produk andalan seperti mesin, peralatan radar untuk ATC, dan tenaga listrik yang dapat dijual ke Indonesia. (art)

sumber;
http://dunia.news.viva.co.id/news/re...an-radar-ke-ri

kira2 diambil ga ya??


ambil saja..... minta lisensi....
ambil dulu hibah radar china kan lumayan buat nutupin blank spot wilayah udara kitaemoticon-Cendol (S)
kalo radar ceko menunggu konfirmasi dari om plenker gimana kemampuannyaemoticon-Bingung (S)
Quote:Original Posted By wahwibson
ambil dulu hibah radar china kan lumayan buat nutupin blank spot wilayah udara kitaemoticon-Cendol (S)
kalo radar ceko menunggu konfirmasi dari om plenker gimana kemampuannyaemoticon-Bingung (S)


ane juga pengen tau apa sih radar pasif ERA itu?
apa keunggulannya?
Quote:Original Posted By wahwibson
ambil dulu hibah radar china kan lumayan buat nutupin blank spot wilayah udara kitaemoticon-Cendol (S)
kalo radar ceko menunggu konfirmasi dari om plenker gimana kemampuannyaemoticon-Bingung (S)


Eldis Radar ya?

tanya AP 1 aja kan dah pake MSSR Eldis juga... gimana performanya...
ambil 1 sekalian minta totnya
Quote:Original Posted By alena.aremania


ane juga pengen tau apa sih radar pasif ERA itu?
apa keunggulannya?


Quote:Malaysia beli radar pasif Vera-E

malaysia udah beli produk ceko, coba aja googling gan emoticon-Embarrassment

nunggu kuliah s stiltplengker aja dh kalo soal radar emoticon-linux2
Quote:Original Posted By kimi mabok
nunggu kuliah s stiltplengker aja dh kalo soal radar emoticon-linux2

bakar menyan panggil om plenkeremoticon-Cendol (S)
ambil ini kalo nolak radar cina. radar itu urgent buat sekarang,
Quote:Original Posted By chendole
ambil ini kalo nolak radar cina. radar itu urgent buat sekarang,

yoi banyak blank spot di sini hanya saja banyak kok yang ga suka hibah radar chinaemoticon-Nohope
om kenyot juga ga ngasih info terbaruemoticon-Nohope
Quote:Original Posted By wahwibson

yoi banyak blank spot di sini hanya saja banyak kok yang ga suka hibah radar chinaemoticon-Nohope
om kenyot juga ga ngasih info terbaruemoticon-Nohope


setuju dg yg ane bold, harapan ane sih, jumlah radar perlu diperbanyak. selain utk memantau wilayah, misal ada pesawat ato kapal musuh masuk wilayah kita, bisa juga utk memantau kapal2 asing (nelayan) yang banyak melakukan pencurian ikan. tentunya byknya radar akan membantu, terlebih bila cakupan area yg dicover makin luas makin bagus, tapi (mungkin) makin mahal.

selanjutnya, berbarengan dengan penambahan jumlah radar, tentunya perlu persiapan pemeliharaan radar dan biaya pemakaian. jangan sampe radar hanya difungsikan sementara krn tdk adanya bahan bakar dsb.

di sisi lain, pemerintah melalui kemenhan + TNI di sisi laut juga perlu memikirkan penambahan jumlah kapal2 cepat (KCR + Korvet) utk sigap dalam memantau setiap ada pergerakan asing. tentunya di sisi darat dan udara perlu adanya penambahan pesawat ato heli serta perisai misil anti udara dengan jangkauan yg jauh spt s300 utk berjaga2 serta memback up kapal yg sendirian ditengah lautan

demikian komen nubie, maaf klo salah.
Quote:Original Posted By wahwibson
ambil dulu hibah radar china kan lumayan buat nutupin blank spot wilayah udara kitaemoticon-Cendol (S)
kalo radar ceko menunggu konfirmasi dari om plenker gimana kemampuannyaemoticon-Bingung (S)


Quote:Original Posted By alena.aremania


ane juga pengen tau apa sih radar pasif ERA itu?
apa keunggulannya?


Quote:Original Posted By kimi mabok
nunggu kuliah s stiltplengker aja dh kalo soal radar emoticon-linux2


udah pernah di jelasin ...itu cuma ESM bukan radar

Istilah "Passive radar" Itu salah kaprah dan yang diiklankan sebagai "passive radar" model Kolchuga dsb itu BUKAN RADAR dan samasekali tidak bisa disebut radar.

Semua sensor diatas merupakan ESM (Electronic Support Measure) Yang tugasnya mendeteksi emisi elektromagnetik lawan seperti radar atau komunikasi. Sementara kalau lawan masuk moda "radio silence" atau "EMCON (Emission Control)" Ya sensor-sensor diatas akan menjadi tidak berguna atau sulit mendeteksi targetnya.


http://www.kaskus.co.id/thread/52672...dap-indonesi/9

Quote:Original Posted By Gokill-bear


Eldis Radar ya?

tanya AP 1 aja kan dah pake MSSR Eldis juga... gimana performanya...


Sejak berdirinya LPP NPI ( Lembaga Pengatur Penerbangan Navigasi Penerbangan Indonesia ) atau Air Nav, maka seluruh ATC dan Radar untuk Penerbangan Sipil di Wilayah Yurisdiksi Negara RI tidak lagi di bawah Angkasa Pura seperti sebermula.
Quote:Original Posted By VanGu4rD






udah pernah di jelasin ...itu cuma ESM bukan radar

Istilah "Passive radar" Itu salah kaprah dan yang diiklankan sebagai "passive radar" model Kolchuga dsb itu BUKAN RADAR dan samasekali tidak bisa disebut radar.

Semua sensor diatas merupakan ESM (Electronic Support Measure) Yang tugasnya mendeteksi emisi elektromagnetik lawan seperti radar atau komunikasi. Sementara kalau lawan masuk moda "radio silence" atau "EMCON (Emission Control)" Ya sensor-sensor diatas akan menjadi tidak berguna atau sulit mendeteksi targetnya.


http://www.kaskus.co.id/thread/52672...dap-indonesi/9



passive sensor emoticon-Embarrassment
Quote:Original Posted By VanGu4rD






udah pernah di jelasin ...itu cuma ESM bukan radar

Istilah "Passive radar" Itu salah kaprah dan yang diiklankan sebagai "passive radar" model Kolchuga dsb itu BUKAN RADAR dan samasekali tidak bisa disebut radar.

Semua sensor diatas merupakan ESM (Electronic Support Measure) Yang tugasnya mendeteksi emisi elektromagnetik lawan seperti radar atau komunikasi. Sementara kalau lawan masuk moda "radio silence" atau "EMCON (Emission Control)" Ya sensor-sensor diatas akan menjadi tidak berguna atau sulit mendeteksi targetnya.


http://www.kaskus.co.id/thread/52672...dap-indonesi/9




Baca-baca soal VERA-NG, punya kemampuan 3D target location termasuk 360 derajat coverage... apakah VERA-NG ini termasuk golongan ESM juga?
setau saya VERA ini radar passive lhoo....

harus summon stilplenker nih



Quote:
Vera-NG by ERA


Ceko Antusias Tawarkan Produk Sistem Pertahanan Radar ke RI

Air defense and passive surveillance are critical elements of today’s military and security operations. Vera-NG by ERA addresses this by providing the most advanced and state-of-the-art Passive Surveillance System designed for detection, location, identification and tracking of air, ground and naval targets. The Vera heritage and worldwide reputation as a powerful surveillance solution extends over many decades with systems successfully deployed in Europe, Asia and the Americas.

Vera-NG by ERA is a deployable air command and control system component (DAC) and processes radars, jammers, SSR/IFF transponders, TACAN/DME interrogators, DataLinks and other onboard emitters.

The system is a proven Passive ESM Tracker (PET) that utilizes well-proven Time Difference of Arrival (TDOA) multilateration techniques to triangulate on a broad range of emissions.

Vera-NG by ERA offers a covert, electronic and physical, surveillance capability that is not vulnerable to anti-radar weapon systems. The system’s design is fully mobile and can be delivered in a “roll-on/roll-off” configuration, ensuring its readiness for rapid tactical deployment.

Vera-NG by ERA uses advanced finger-printing techniques to identify targets without the need for ground-based transmissions. Vera-NG by ERA can also be configured to fulfil missions that require passive 3D radar with extremely high capacity for simultaneous target tracking.

Operations
- Passive Air, Naval, Ground tracking and targeting
- Deployable ACCS Component (DAC)
- Passive ESM Tracker (PET)
- Fixed or mobile ELINT missions

Features

- Broadband detection
- Jammer resistant
- Non-cooperative target identification
- Radar compatible location/tracking accuracy
- 3D target location and 360° surveillance
- High capacity of real-time tracking
- Precise determination of each signal emitter characteristic
- Highly automated & remote control operation functionalities
- High mobility and quick deployment
- Low operation and maintenance requirements

http://era.aero/products/vera-by-era/
Quote:Original Posted By Gokill-bear


Eldis Radar ya?

tanya AP 1 aja kan dah pake MSSR Eldis juga... gimana performanya...


disini juga pake eldis MSSR..

Quote:Original Posted By boleroes11


Sejak berdirinya LPP NPI ( Lembaga Pengatur Penerbangan Navigasi Penerbangan Indonesia ) atau Air Nav, maka seluruh ATC dan Radar untuk Penerbangan Sipil di Wilayah Yurisdiksi Negara RI tidak lagi di bawah Angkasa Pura seperti sebermula.


ho oh.....
Alat yg benar2 berguna bagi armada udara....











Armada udara sipil...emoticon-Ngacir
Buat TNI sih palingan berguna kalo radar mati (istirahat)dan komcot dalam kondisi off(latihan).
Sebaiknya kalo pengadaan radar tuh 1 paket dg peralatan remotnya, percuma kalo radar tanpa remote, cuma bisa tau ada musuh masuk tp gak bisa negor mereka. Selama ini pada daerah2 tertentu yg sdh tercover radar, kita baru bisa mendetek penyusup yg masuk tanpa bisa kontak langsung dg penyusup. Begitu dansat radar menggerakan pespur utk identifikasi visual trhadap penyusup yg masuk, mrk sdh keburu kabur duluan... emoticon-Frown
Wow radar pasif, jadi inget kolchuga gw....

IJKT mana IJKT...

emoticon-Big Grin