alexa-tracking

Ceko Antusias Tawarkan Produk Sistem Pertahanan Radar ke RI

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/526f52b50d8b46cd6b000002/ceko-antusias-tawarkan-produk-sistem-pertahanan-radar-ke-ri
Ceko Antusias Tawarkan Produk Sistem Pertahanan Radar ke RI
VIVAnews - Duta Besar Republik Ceko untuk Indonesia, Thomas Smetanka, mengatakan, pihaknya kini sedang menjajaki kerja sama dengan militer RI terkait teknologi pertahanan berupa radar. Ceko memang sudah dikenal memiliki catatan yang baik soal teknologi radar, terutama radar pasif ERA Ceko.

Hal itu diungkapkan Smetanka yang ditemui VIVAnews di kediamannya, Menteng, Jakarta Pusat, pada Senin malam, 28 Oktober 2013 dalam perayaan hari jadi ke-95 Republik Ceko. Namun, Smetanka tidak ingin menyebut nilai dari kontrak tertentu terkait kerja sama di bidang pertahanan ini.

"Ada beberapa perusahaan Ceko yang menawarkan teknologi pertahanan kepada militer Indonesia. Salah satu teknologi yang coba dijual yakni radar pasif yang dapat digunakan untuk memantau wilayah udara. Kami juga memiliki radar untuk menara pemantau lalu lintas udara [ATC]," ungkap Smetanka.

Selain teknologi radar, Smetanka melanjutkan, masih ada pula kemungkinan kerja sama pembelian senjata ringan. Namun, Smetanka enggan memaparkan lebih lanjut teknis kerja sama di bidang pertahanan itu.

"Saya tidak dapat memaparkan hal tersebut secara spesifik, karena masih dalam tahap penjajakan," kata dia.

Kerja sama di bidang radar itu dicetuskan saat Presiden Republik Ceko, Vaclav Klaus berkunjung ke Indonesia pada Juli 2012. Terkait hubungan bilateral, Smetanka mengaku kedua negara selama ini bersahabat sangat erat.

Di bidang perdagangan, diakui Smetanka, nilainya memang masih rendah. "Total nilai perdagangan tahun lalu mencapai sekitar US$460 juta [Rp5 triliun]. Nilai ini masih tergolong kecil untuk negara sebesar Indonesia. Tentu masih akan ada celah untuk bekerja sama dan meningkatkan nilai perdagangan kedua negara," kata dia.

Ceko memiliki beragam produk andalan seperti mesin, peralatan radar untuk ATC, dan tenaga listrik yang dapat dijual ke Indonesia. (art)

sumber;
http://dunia.news.viva.co.id/news/re...an-radar-ke-ri

kira2 diambil ga ya??
Quote:


ambil saja..... minta lisensi....
ambil dulu hibah radar china kan lumayan buat nutupin blank spot wilayah udara kitaemoticon-Cendol (S)
kalo radar ceko menunggu konfirmasi dari om plenker gimana kemampuannyaemoticon-Bingung (S)
KASKUS Ads
Quote:


ane juga pengen tau apa sih radar pasif ERA itu?
apa keunggulannya?
Quote:


Eldis Radar ya?

tanya AP 1 aja kan dah pake MSSR Eldis juga... gimana performanya...
ambil 1 sekalian minta totnya
Quote:


Quote:


malaysia udah beli produk ceko, coba aja googling gan emoticon-Embarrassment

nunggu kuliah s stiltplengker aja dh kalo soal radar emoticon-linux2
Quote:

bakar menyan panggil om plenkeremoticon-Cendol (S)
ambil ini kalo nolak radar cina. radar itu urgent buat sekarang,
Quote:

yoi banyak blank spot di sini hanya saja banyak kok yang ga suka hibah radar chinaemoticon-Nohope
om kenyot juga ga ngasih info terbaruemoticon-Nohope
Quote:


setuju dg yg ane bold, harapan ane sih, jumlah radar perlu diperbanyak. selain utk memantau wilayah, misal ada pesawat ato kapal musuh masuk wilayah kita, bisa juga utk memantau kapal2 asing (nelayan) yang banyak melakukan pencurian ikan. tentunya byknya radar akan membantu, terlebih bila cakupan area yg dicover makin luas makin bagus, tapi (mungkin) makin mahal.

selanjutnya, berbarengan dengan penambahan jumlah radar, tentunya perlu persiapan pemeliharaan radar dan biaya pemakaian. jangan sampe radar hanya difungsikan sementara krn tdk adanya bahan bakar dsb.

di sisi lain, pemerintah melalui kemenhan + TNI di sisi laut juga perlu memikirkan penambahan jumlah kapal2 cepat (KCR + Korvet) utk sigap dalam memantau setiap ada pergerakan asing. tentunya di sisi darat dan udara perlu adanya penambahan pesawat ato heli serta perisai misil anti udara dengan jangkauan yg jauh spt s300 utk berjaga2 serta memback up kapal yg sendirian ditengah lautan

demikian komen nubie, maaf klo salah.
Quote:


Quote:


Quote:


udah pernah di jelasin ...itu cuma ESM bukan radar

Istilah "Passive radar" Itu salah kaprah dan yang diiklankan sebagai "passive radar" model Kolchuga dsb itu BUKAN RADAR dan samasekali tidak bisa disebut radar.

Semua sensor diatas merupakan ESM (Electronic Support Measure) Yang tugasnya mendeteksi emisi elektromagnetik lawan seperti radar atau komunikasi. Sementara kalau lawan masuk moda "radio silence" atau "EMCON (Emission Control)" Ya sensor-sensor diatas akan menjadi tidak berguna atau sulit mendeteksi targetnya.


http://www.kaskus.co.id/thread/52672...dap-indonesi/9

Quote:


Sejak berdirinya LPP NPI ( Lembaga Pengatur Penerbangan Navigasi Penerbangan Indonesia ) atau Air Nav, maka seluruh ATC dan Radar untuk Penerbangan Sipil di Wilayah Yurisdiksi Negara RI tidak lagi di bawah Angkasa Pura seperti sebermula.
Quote:


passive sensor emoticon-Embarrassment
Quote:



Baca-baca soal VERA-NG, punya kemampuan 3D target location termasuk 360 derajat coverage... apakah VERA-NG ini termasuk golongan ESM juga?
setau saya VERA ini radar passive lhoo....

harus summon stilplenker nih



Quote:
Quote:


disini juga pake eldis MSSR..

Quote:


ho oh.....
Alat yg benar2 berguna bagi armada udara....











Armada udara sipil...emoticon-Ngacir
Buat TNI sih palingan berguna kalo radar mati (istirahat)dan komcot dalam kondisi off(latihan).
Sebaiknya kalo pengadaan radar tuh 1 paket dg peralatan remotnya, percuma kalo radar tanpa remote, cuma bisa tau ada musuh masuk tp gak bisa negor mereka. Selama ini pada daerah2 tertentu yg sdh tercover radar, kita baru bisa mendetek penyusup yg masuk tanpa bisa kontak langsung dg penyusup. Begitu dansat radar menggerakan pespur utk identifikasi visual trhadap penyusup yg masuk, mrk sdh keburu kabur duluan... emoticon-Frown
Wow radar pasif, jadi inget kolchuga gw....

IJKT mana IJKT...

emoticon-Big Grin