alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Forex, Option, Saham, & Derivatifnya /
[Discuss] Alur Bisnis Perusahaan Investasi Emas dengan Income Bulanan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/526d274319cb17b84b000009/discuss-alur-bisnis-perusahaan-investasi-emas-dengan-income-bulanan

[Discuss] Alur Bisnis Perusahaan Investasi Emas dengan Income Bulanan

Tahun 2013 merupakan Bell Kematian bagi sebagian besar perusahaan investasi Emas di indonesia dengan memberikan income bulanan dengan cukup besar mulai > 2% . Dan yang pertama kali mencuat Rayhan Jeweller, GTIS trus LEM, Gama, GMCS, GBI dan lain sebagainya.

Semua bisnisnya sama, nasabah membeli LM Antam dengan harga yang lebih tinggi dari standart pasaran dng kisaran 15-30% lebih mahal. Bagi yang investasi Tunai , nasabah akan mendapat fisik LM sekian gram dengan harga yang sudah di tentukan perusahaan tersebut dan mendapat income bulanan yang di transfer ke rekening nasabah langsung.

Bagi yang investasi Non Tunai, nasabah hanya membayar Tanda Jadi [DP] rata2 20% saja dari total harga Emas yang akan di ambil dan nasabah tetap mendapat income bulanan juga.

Kalau beli Tunai dengan mendapat fisik emas, sudah kita ketahui bersama sebenernya yang di berikan bulanan tersebut adalah uang kita sendiri karena upping harga sampai dengan 30% dari harga pasar standar nya

Perbedaan Tunai dan Non Tunai adalah bila membeli produk yang Non Tunai dengan nominal yang sama dng membeli yang Tunai Nasabah akan mendapat income bulanan yang lebih besar di banding produk Tunai.

Misal :
Tunai 25gr [dapat fisik Emas] : 15jt ===> income/ bln Rp.xxxx
Non Tunai, dengan dana 15jt, nasabah bisa menjadikan Tanda Jadi untuk >100gr dan tentunya income bulanan lebih besar di banding beli tunai.
Hampir rata2 sebagian besar nasabah memilih yang Non Tunai karena income yang lebih besar.

Nah pertanyaan kita semua adalah untuk dana investasi nasabah yang Non Tunai tersebut sama perusahaan di putar kemana?

Ada yang bilang di putar di [katanya] tambang tapi tambang siapa juga
ada yang di putar lini bisnisnya yang lain seperti Makira yang katanya di putar di 9 perusahaan anak perusahaannya...tapi semuanya berakhir sama.

Sebenernya yang paling masuk akal adalah GBI [Gold Bulion Indonesia] sepengetahuan saya meskipun tumbang juga emoticon-Big Grin

GBI untuk produk Non Tunai, dana memang di berikan Emas Fisik trus di gadaikan ke Bank Syahriah. Nah masalah muncul saat th 2013 karena harga Emas yang sangat Liar penurunannya.

Saat harga emas turun, dunia gadai emas pastinya akan menurunkan STL [Standart Taksiran Logam] emas, nah untuk emas yang sudah di gadai tentunya dari taksiran pertama dulu saat digadai masih tinggi berhubung ada penurunan STL tentunya si pemilik emas harus membayar selisih penurunan STL tersebut. hal ini lah yang mungkin membuat perusahaan investasi emas tersebut pada tumbang karena pada NOMBOK semua atas emas dari masing2 nasabah yang sudah investasi karena ndak mungkin perusahaan tersebut minta nasabah untuk membayar selisih penurunan STL karena kontrak di awal cuma bayar sekian rupiah dan tiap bulan dapat income sekian rupiah.

Karena saking banyaknya nombok tersebut akhirnya pada tumbang dan ndak mampu lagi membayar bulanan hak nya nasabah yang sudah di janjikan di awal saat tanda tangan kontrak.

Mungkin itu hanya analisa ngawur saya,,,,
Mungkin agan2 yang lain yang lebih paham bisa menambahkan kemana sih alur dana investasi nasabah tersebut di putar oleh perusahaan2 investasi emas tersebut

Mari kita diskusi yang sehat membahas alur perputaran uang nasabah yang di himpun oleh perusahaan tersebut.

mohon jangan di emoticon-Blue Guy Bata (L)
syukur syukur mau bantu emoticon-Rate 5 Star atau malah nyuguhin emoticon-Blue Guy Cendol (L)
Pertmax di amankan TS emoticon-Cool

Investasi emas murah bgt

[Discuss] Alur Bisnis Perusahaan Investasi Emas dengan Income Bulanan

kok sepi yah

apa belum pada paham alur bisnis model investasi emas gini ya
jadinya thread sepi

sundul ah emoticon-I Love Kaskus (S)

gimana kira kira tanggapan agan semua nie
emoticon-I Love Kaskus (S)
emoticon-Sundul Gan (S)
gak paham ane gan?
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
threadnya sepi ya gan? nih ane ramein

yang pasti, semua bisnis investasi emas yang agan sebutkan adalah permainan saja yang bisa dipastikan berakhir dengan scam

kalau agan ingin tahu kemana uang diputar, sebenarnya ada dua kemungkinan :
1. uang tidak di putar
2. uang dipakai untuk trading

nah pertanyaannya...
kalau uang tidak diputar lalu yang bayarin fee dari mana? fee dibayar dari member atau investor baru, jadi seperti gali lobang tutup lobang, nah kalau sudah banyak investor yang masuk baru de mereka kabur.......

kalau uang nya di tradingkan maka masuk akal jika perusahaan mampu membayar fee atau bagi hasil yang tinggi melebihi rata2 karena memang trading bisa memberikan profit yang tinggi, namun cara inipun tidak berarti aman juga karena resikonya juga tinggi, jika rugi maka habislah semua dananya. jika hasil trading selalu profit bukan berarti tidak akan scam,

itu pendapat saya.

Mau tau dari mana fee income nasabah di bayar?

Maraknya tawaran Investasi Emas dengan fix income bulanan yang pada awal th 2013 merupakan bell kematian perusahaan investasi tersebut membuat kata "investasi emas" makin lesu di indonesia.

Sedikit mengulas jalannya bisnis tsb.
ada 2 paket yang di tawarkan paket Tunai dan Non Tunai.

Paket Tunai, nasabah membeli Emas, dapat fisik Emas, tiap bulan dpt cashback pembelian. Harga naik 20-30% di atas harga pasar. berarti cashback yg diberikan sebenernya uang kita sendiri.

Paket Non Tunai, nasabah cukup bayar DP saja.
Nah besar DP/ invest nasabah sebenernya adalah SELISIH harga jual perusahaan di kurangi hasil GADAI ke bank.
Rinciannya begini :

Misal LM 100gr
Harga pasar 50jt
Harga perusahaan investasi : 60jt
Cashback Nasabah : 2%/ bln
Kontrak : 6bln
STL [Standart Taksiran Logam] Gadai Bank : 450rb/gr
Pencairan Gadai : 93%

Hasil GADAI ke Bank : 450 x 100 x 93% : 41.850.000

LM 100gr tsb di GADAIKAN ke Bank Syariah. dari hasil Gadai LM 100gr di dapat 41.850.000 ada selisih 18.150jt [60jt - 41.85jt / harga LM 100gr - hasil gadai]
Nah selisih 18.150jt tersebut dibayar nasabah sebagai DP/ Tanda Jadi atau nilai investasi Nasabah.

Cashback nasabah 2%/bln : 60jt*2%*6 = 7.2jt
Biaya Jasa Titip Gadai :1.8%/ bln = 41.850.000 x 1.8% x 6 : 4.519.800

JADI CASH BACK NASABAH SELAMA KONTRAK 6 BULAN
= 7.200.000 - 4.519.800
= 2.680.200 ATAU 446.700/bln

TAPI PROBLEM UTAMANYA adalah KARENA DI GADAIKAN KE PIHAK BANK.

1. Kita tau Regulasi Bank Indonesia untuk Gadai Bank Syariah adalah 1 nasabah maksial plafon 250jt dan hanya boleh 2x melakukan perpanjangan meski pada kenyataan semua itu di langgar juga

2. KUNCI ada pada STL. Dalam Dunia Gadai emas STL sangat mempengaruhi besarnya uang yang bisa di cairkan jika gadai emas. Nah, saaat harga emas turun STL akan mengikuti turun juga oleh perusahaan tsb.

Bel kematian perusahaan investasi emas adalah semester 1 th 2013 dimana kita tau bahwa harga emas turun terus menerus.

Nah bila harga emas turun, STL juga Turun. KARENA terjadi penurunan STL tsb MAKA terjadi selisih nilai pencairan gadai daria saat STL awal transaksi dng STL terbaru. oleh kondisi tersebut semuaa nasabah GADAI harus membayar selisih penurunan pencairan gadai krn STL yg turun.

Oleh karena itu perusahaan investasi emas pada tumbang karena mereka pada TOMBOK ke bank syariah karena nilai gadai emas nasabahnya tersebut

ya kalau nasabahnya cuma ambil 1ons - 100ons, klo sampe berkilo-kilo ya perusahaan manapun apa kuat TEKOR

misal STL saat kontrak awal 450rb/gr trus STL turun jadi 435rb/gr, sudah selisih 15rb/gr dikalikan misal nasabah ada invest senilai 1kg. kalikan saja 15.000 x 1000gr = 15jt, itu 1 nasabah, klo ada ratusan bahkan ribuan nasabah ???? TUMBANG SUDAH AKHIRNYA

dari contoh itungan ane di atas tuh banyangin aja
Setor duit 18.150jt per bulan dapat 446.700 [2.4%]
itu perusahaan hanya kasih cashback 2%/ bln jadinya 2.4%/ bl yang di terima nasabah.

Coba klo perusahaan kasih cash back 2,5%/ bln, jadinya berapa % yang diterima nasabah? Itung sendiri gan

Demikian share ane semoga mencerahkan semua.
jadi klo mo pilih yang aman cari perusahaan yang bener2 core bisnisnya ada gadai emas, cicil emas maupun investasi emas.

klo cuma buka investasi emas dng fix profit yg model deposito tapi emas di gadaikan ke perusahaan lain khususnya bank syariah seperti halnya GTIS, GBI dll yah siap2 aja tumbang jika fluktuasi emas terjadi lagi seperti awal tahun 2013 ini
ikut nyimak gan emoticon-Kaskus Radio:
Quote:

ikut diskusi donk gan, gmn menurut agan dng perhitungan seperti di atas?
sundul ah emoticon-Sundul Gan (S)

biar rame


emoticon-Sundul Gan (S)


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di