alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/526b9e24faca17030e000001/all-about-tmpn-utama-kalibata
All About TMPN UTama Kalibata
TAMAN MAKAM NASIONAL UTAMA KALIBATA

All About TMPN UTama Kalibata

All About TMPN UTama Kalibata


Pahlawan Nasional, Perintis Kemerdekaan dan para Pejuang yang telah berjasa terhadap bangsa dan negara wajib dihormati dan dihargai, sekaligus sebagai sosok panutan yang perlu diteladani oleh segenap masyarakat dalam meneruskan cita-cita perjuangan bangsa.

Hal ini sejalan dengan upaya mewujudkan Indonesia sebagai bangsa yang besar dan disegani dalam pergaulan bangsa-bangsa di dunia, sebagaimana semangat moto klasik yang mengatakan bahwa “hanya bangsa yang menghargai jasa-jasa pahlawannya yang dapat menjadi bangsa yang besar”.

Dalam rangka mewujudkan keinginan itu, maka jiwa, semangat dan nilai kepahlawanan, keperintisan, kejuangan dan kesetiakawanan sosial perlu dilestarikan dan didayagunakan oleh segenap bangsa khususnya kalangan generasi muda sehingga menjadi bagian dari sikap dan perilaku sehari-hari.

Pengertian Taman Makam Pahlawan Nasional (TMPN) Utama Kalibata

Adalah suatu tempat atau lokasi yang diperuntukan bagi pemakaman para pahlawan dan pejuang yang memenuhi syarat – syarat tertentu, yang terletak di IbuKota Negara.

Fungsi Taman Makam Pahlawan Nasional ( TMPN ) Utama Kalibata

a. Sebagai wujud penghormatan dan penghargaan terhadap jasa para pahlawan dan mereka yang berjasa
terhadap bangsa/ negara.
b. Sebagai sarana pelestarian nilai kepahlawanan, keperintisan dan kesetiakawanan sosial.
c. Sebagai objek studi dan ziarah wisata.


SEJARAH
Quote:
Pembangunan Awal
All About TMPN UTama Kalibata

Taman Makam Pahlawan (TMP) di ibukota DKI Jakarta semula berlokasi di daerah Ancol-Jakarta Utara. Dalam perkembangan dan pertumbuhan kota lebih lanjut, TMP tersebut dianggap tidak layak. Atas petunjuk Presiden RI Ir. Soekarno, lokasi TMP di Ancol dipindahkan ke Kalibata – Jakarta Selatan yang terletak di atas tanah seluas 5 hektar.

Pembangunan TMPN Utama Kalibata dimulai pada tahun 1953, dan diserahkan kepada Zeni Angkatan Darat dengan Arsitek F. Silaban. Pekerjaan pembangunannya dilaksanakan oleh Kontraktor Biro AIA bekerja sama dengan Dinas Bangunan Tentara Sub Direktorium. Bertepatan dengan Peringatan Hari Pahlawan 10 November 1954, TMPN Utama Kalibata diresmikan oleh Presiden RI Ir. Soekarno.

Pada saat peresmian tersebut di TMPN Utama Kalibata telah dimakamkan 121 makam Pahlawan/Pejuang yang merupakan pindahan kerangka jenazah dan TMP Ancol yang keseluruhannya berada di Petak A. Pemakaman kerangka jenazah pertama yang dimakamkan di TMPN Utama Kalibata adalah pemakaman kerangka jenazah D. Halim di Petak A Nomor 1. Sedangkan pemakaman pertama jenazah Pahlawan/Pejuang di TMPN Utama Kalibata adalah pemakaman jenazah H. Agus Salim yang dilaksanakan pada tanggal 5 November 1954 di Petak A Nomor 106.

All About TMPN UTama Kalibata

Pembangunan Lanjutan

Ditinjau dari segi luas dan kelengkapannya, TMPN Utama Kalibata semula belum mencerminkan sebagai TMP Nasional. Oleh karena itu, atas persetujuan Presiden RI Soeharto pada tahun 1973, TMPN Utama Kalibata diperluas menjadi 25 ha. Selanjutnya pada tahun 1974 dimulai pembangunan TMPN Utama Kalibata sesuai dengan rencana induk (master plan) TMP Nasional yang dirancang oleh Atelier.

Bertepatan dengan Hari Pahlawan 1974, Presiden Soeharto meresmikan Monumen TMPN Kalibata, kemudian pembangunan TMPN Utama Kalibata terus berlanjut dan bertahap sampai dengan tahun 1976.

Melalui Keppres RI Nomor : 18 Tahun 1976 tanggal 6 April 1976, TMP Kalibata ditetapkan sebagai Taman Makam Pahlawan Nasional (TMPN), dan kemudian berdasarkan UU 20 Tahun 2009 tentang Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan; nama TMPN Kalibata diubah namanya menjadi TMPN Utama Kalibata.

Kementerian Sosial Selaku Pengelola TMPN Utama Kalibata Jakarta

Berdasarkan Keppres RI No: 13 Tahun 1984 tanggal 27 Februari 1984 tentang Pengelolaan TMPN Kalibata ditetapkan bahwa pengelolaan TMPN Utama Kalibata dilaksanakan oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia dan menegaskan kembali Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata sebagai Taman Makam Pahlawan Nasional, serta Penyelenggaraan Upacara di TMPN Utama Kalibata yang menggunakan Tata Upacara Militer dikoordinasikan oleh Komando Garnisun Ibukota. Sejak saat itu dan sampai sekarang Kementerian Sosial melaksanakan pembangunan dan sekaligus perawatan komponen TMPN Utama Kalibata.



LOKASI
Quote:
Lokasi :
All About TMPN UTama Kalibata

Jalan Pahlawan, Kelurahan Kalibata, Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan.

Luas/Dimensi :
247423 m2 (24,7 Ha), Dengan Panjang 680 Meter dan Lebar 368 m. Termasuk didalam luas area itu adalah luas area parkir utara (7664 m2, namun tidak termasuk jalan Kalibata Raya seluas 18974 m2.

Batas Wilayah :
Utara : Sampai dengan areal parkir di jalan Kalibata Raya, yang bersebelahan dengan Kelurahan Duren Tiga.

Barat : Sampai dengan pagar barat komplek TMPN Utama Kalibata yang bersebelahan dengan jalan Raya Pasar Minggu, Kelurahan Duren Tiga.

Selatan : Sampai dengan pagar selatan komplek TMPN Utama Kalibata yang bersebelahan dengan jalan Kalibata Timur, Kelurahan Kalibata.

Timur : Sampai dengan jalan Kompleks Kalibata, bersebelahan dengan lahan PT. Sepatu Bata, Kelurahan Rajawali.



SARANA PENDUKUNG
Quote:
All About TMPN UTama Kalibata

Sarana-sarana pendukung yang dimiliki Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata antara lain:

- Kantor, berfungsi sebagai bangunan administrasi pengurusan TMPN Utama Kalibata seperti pencatatan dan pelaporan bagi pemakaman dan para peziarah, serta tempat penyimpanan arsip riwayat hidup dan lain- lain.
- Perpustakaan, merupakan sarana pelestarian nilai nilai keperintisan, keperintisan dan kepahlawanan.
- Plaza Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata.
- Ruang Buku Tamu, berfungsi sebagai tempat pengisian dan pendataan tamu dalam rangka upacara dan ziarah resmi.
- Ruang persemayaman, berfungsi sebagai tempat menyemayamkan jenazah sebelum dimakamkan.
- Kompleks perumahan pegawai. Selain perumahan tersebut, bangunan yang terletak di sekitar kompleks perumahan pegawai adalah musholla dan garasi.
- Gudang, sebagai tempat penyimpanan peralatan.
- Gardu jaga, berfungsi sebagai pos penjagaan yang keseluruhan.
- Bangunan Rutinitas, terdiri dari gardu PLN, ruang genset dan panel utama.

All About TMPN UTama Kalibata

Sarana lain yang dimiliki TMPN Utama Kalibata adalah fasilitas taman dan komponen lingkungannya, yaitu:
- Tembok nama
- Taman luar
- Taman bendera
- Kolam Hias
- Taman air mancur
- Taman melati dan tanaman
- Jalan Utama
- Pintu gerbang
- Halaman parkir
- Danau
- Tembok abadi
- Petak Makam
- Pagar keliling



ZIARAH
Quote:
Pelayanan ziarah merupakan kegiatan yang terbuka bagi masyarakat luas untuk berkunjung ke TMPN Utama Kalibata guna mengenang, menghormati dan menghargai jasa pahlawan/pejuang.

TMPN Utama Kalibata menyediakan beberapa pelayanan ziarah, antara lain:

- Ziarah Perorangan
- Ziarah Kelompok/Rombongan
- Ziarah Nasional
- Ziarah Khusus
- Apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS)

Ziarah Perorangan
Ziarah perorangan adalah ziarah oleh keluarga dan anggota masyarakat yang dilaksanakan antara pukul 06.00 s.d. 18.00 WIB. Untuk melakukan ziarah perorangan, pihak yang akan melakukan ziarah diwajibkan melapor kepada petugas TMPN Utama Kalibata dan memenuhi kelengkapan dan tata cara upacara ziarah, antara lain:
1. Mengisi buku tamu.
2. Memberikan penghormatan di pintu gerbang dengan menghadap monumen baik pada waktu datang maupun kembali.
3. Menuju makam tujuan ziarah.

Ziarah Kelompok/Rombongan
Ziarah kelompok/rombongan adalah ziarah yang dilakukan oleh kelompok/rombongan di bawah seorang pimpinan pada waktu yang telah ditentukan dan dapat dilakukan dengan atau tanpa upacara militer.

Prosedur ziarah kelompok/rombongan dengan upacara militer:
1. Pimpinan kelompok/rombongan menyampaikan maksudnya secara tertulis selambat-lambatnya 1 (satu) minggu sebelum ziarah dilaksanakan.
2. Permohonan disampaikan kepada Komandan Garnisun Tap I Jakarta dengan tembusan kepada pengelola TMPN Utama Kalibata.

Prosedur ziarah kelompok/rombongan tanpa upacara militer:
1. Pimpinan kelompok/rombongan menyampaikan maksudnya secara tertulis selambat-lambatnya 1 (satu) minggu sebelum ziarah dilaksanakan.
2. Permohonan disampaikan kepada Departemen Sosial Cq. Direktorat Kepahlawanan, Keperintisan dan Kejuangan dengan tembusan kepada pengelola TMPN Utama Kalibata.

Ziarah Nasional

Ziarah nasional adalah ziarah yang secara umum diikuti oleh segenap golongan dan dilaksanakan pada siang hari dalam rangka peringatan Hari Pahlawan 10 November.

Ziarah Nasional dilaksanakan setiap tanggal 10 November yang penyelenggaraannya dikoordinasikan oleh suatu panitia sesuai dengan petunjuk Menteri Sosial RI .

Ziarah Khusus
All About TMPN UTama Kalibata

Ziarah khusus adalah ziarah yang diselenggarakan dalam rangka kunjungan tamu negara yang dilaksanakan pada saat penerimaan tamu negara. Penyelenggaraannya dikoordinasikan oleh Menteri Sekretariat Negara RI dengan melibatkan instansi terkait lainnya.

Apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS)
All About TMPN UTama Kalibata

AKRS dilaksanakan pada malam hari pukul 00.00 WIB untuk memperingati Hari Proklamasi Kemerdekaan RI , Hari TNI, dan Hari Pahlawan. Pelaksanaannya dikoordinasikan oleh suatu panitia atas petunjuk Menteri Sekretaris Negara RI untuk Hari Proklamasi 17 Agustus, Panglima TNI untuk Hari TNI 5 Oktober, dan Menteri Sosial RI untuk Hari Pahlawan tanggal 10 Oktober.


Mungkin ada rekan-rekan disini yang mempunyai sanak keluarga, kakek/nenek, ayah/ibu yang dimakamkan disini? Mungkin bisa didapatkan infonya disini, nanti akan dipenuhi sesuai dengan registrasi yang sudah tersedia, sesuai dengan nama, asal, kesatuan, pangkat terakhir, jabatan dan tgl dimakamkan.

Adapun tentang nama-nama mereka yang dimakamkan disini, dibagi dalam periode tahun. Periode tahun dibawah ini adalah tahun dimakamkan.

- Daftar Makam Tahun 1945 – 1960
- Daftar Makam Tahun 1961 - 1970
- Daftar Makam Tahun 1971 - 1975
- Daftar Makam Tahun 1976 - 1978
- Daftar Makam Tahun 1979 - 1980
- Daftar Makam Tahun 1981 - 1982
- Daftar Makam Tahun 1983 - 1984
- Daftar Makam Tahun 1985 - 1986
- Daftar Makam Tahun 1987 - 1988
- Daftar Makam Tahun 1989 - 1990
- Daftar Makam Tahun 1991 - 1992
- Daftar Makam Tahun 1993 - 1994
- Daftar Makam Tahun 1995 - 1996
- Daftar Makam Tahun 1997 - 1998
- Daftar Makam Tahun 2001 - 2002
- Daftar Makam Tahun 2002 - 2004
- Daftar Makam Tahun 2004 – 2005
- Daftar Makam Tahun 2006 - 2007
- Daftar Makam Tahun 2008 - 2009
- Daftar Makam Tahun 2010 - 2012
- Daftar Makam Tahun 2013 -
Pertanyaan :
Persyaratan apakah yang harus dipenuhi sehingga seseorang itu dikatakan layak dimakamkan di Taman Makam Pahlawan? Bagaimana prosedurnya?


Jawab :
Prosedur dan pemakaman warga sipil di TMPN Kalibata harus sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan dalam keputusan Menteri sosial nomor 05/hukum tahun 1996. Keputusan tersebut berisi tentang petunjuk sementara pemakaman jenazah warga sipil di TMP seluruh Indonesia, juga di TMPN Kalibata. Warga sipil yang berhak dimakamkan di TMPN Kalibata, harus memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan oleh Departemen Sosial, antara lain seperti :
- Tentu saja sudah meninggal.
- Dianggap sebagai Pahlawan dengan Keppres atau memiliki salah satu atau lebih tanda-tanda kehormatan, bisa berupa Bintang Republik Indonesia, Bintang Mahaputera, Bintang Gerilya, maupun Bintang-bintang lain yang menurut peraturan perundang-undangan berhak dimakamkan di TMP dan TMPN.
- Seseorang yang mempunyai jasa-jasa kepada negara dan diusulkan oleh presiden juga berhak. Usulan dari Presiden tersebut lantas disampaikan kepada Menteri Sosial Republik Indonesia.
- Rekomendasi dari Badan Pertimbangan Pembinaan Pahlawan yang ada di dalam Departemen Sosial, Menteri Sosial akan menetapkan seseorang layak atau tidak untuk dimakamkan di TMPN Kalibata.

Prosedur permohonan pemakaman di TMPN Kalibata dapat dilakukan oleh keluarga atau pemimpin lembaga maupun organisasi, dengan melampirkan bukti-bukti yang diperlukan yang lantas ditujukan kepada Menteri sosial Republik Indonesia.

Sedangkan untuk anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI), Polisi, Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Wredatama di lingkungan Departemen Pertahanan (Dephan), maupun Purnawirawan, prosesi pemakaman akan dilaksanakan oleh Garnisun. Caranya, dengan mengajukan permintaan pemakaman terlebih dahulu kepada Komandan Garnisun I Jakarta.

Pengajuan permintaan pemakaman anggota TNI, Polri, PNS atau Wredatama di lingkungan Dephan harus dilampiri surat pernyataan sebagai pahlawan, atau surat keterangan pernyataan gugur atau tewas dari pejabat yang berwenang, atau juga surat keputusan presiden Republik Indonesia tentang penganugerahan Bintang. Bintang tersebut dapat berupa Bintang Republik Indonesia, Mahaputra, Sakti, Dharma, Gerilya, Yudha Dharma, Kartika Eka Paksi Utama atau Pratama, Jalasena Utama atau Pratama, Swa Bhuwana Paksa Utama atau Pratama, dan Bhayangkara Utama atau Pratama.

Selain dipandang terhormat karena dikenang sebagai Pahlawan negara, orang yang dimakamkan tidak sepeserpun diminta biaya kepada ahli waris alias gratis ditanggung Negara, tapi tidak termasuk biaya tahlilan kali ya.
Daftar Makam Tahun 1945 – 1960
Spoiler for 1:
Daftar Makam Tahun 1961 – 1970
Spoiler for 2:
Daftar Makam Tahun 1971 – 1975
Spoiler for 3:
Daftar Makam Tahun 1976 – 1978
Spoiler for 4:
Daftar Makam Tahun 1979 – 1980
Spoiler for 5:
Daftar Makam Tahun 1981 – 1982
Spoiler for 6:
Daftar Makam Tahun 1983 – 1984
Spoiler for 7:
Daftar Makam Tahun 1985 – 1986
Spoiler for 8:
Daftar Makam Tahun 1987 – 1988
Spoiler for 9:
Daftar Makam Tahun 1989 – 1990
Spoiler for 10:
Daftar Makam Tahun 1991 – 1992
Spoiler for 11:
Daftar Makam Tahun 1993 – 1994
Spoiler for 12:
Daftar Makam Tahun 1995 – 1996
Spoiler for 13:
Daftar Makam Tahun 1997 – 1998
Spoiler for 14:
Daftar Makam Tahun 1998 – 1999
Spoiler for 15:
Daftar Makam Tahun 1999 – 2000
Spoiler for 16:
Daftar Makam Tahun 2001 – 2002
Spoiler for 17:
Daftar Makam Tahun 2002 – 2004
Spoiler for 18: