alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/526b6dc6128b46e80700000a/2-anggota-tni-dipenjara-karena-miliki-harimau-sumatera
2 Anggota TNI Dipenjara karena Miliki Harimau Sumatera.
Keduanya diputuskan bersalah karena melanggar Undang-Undang Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem 1990 dengan memiliki hewan-hewan yang dilindungi.

BANDA ACEH — Pengadilan Banda Aceh menghukum penjara dua anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) pada Kamis (24/10) atas kepemilikan harimau Sumatera yang telah mati secara ilegal.

Prajurit Kepala Rawali dan Sersan Kepala Joko Rianto diadili di pengadilan militer Aceh, menurut Letkol Budi Purnomo, yang memimpin persidangan.

Keduanya diputuskan bersalah karena melanggar Undang-Undang Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem 1990 dengan memiliki hewan-hewan yang dilindungi, ujar Purnomo.

Rawali mendapat hukuman tiga bulan penjara, sementara Joko dihukum dua bulan penjara. Rawali juga didenda sekitar Rp 2,5 juta, sementara Joko sekitar Rp 5 juta.

Hal ini diyakini merupakan pertama kalinya anggota TNI dijatuhi hukuman karena memiliki hewan yang dilindungi yang sudah mati.

Harimau Sumatera merupakan subspesies harimau yang paling kritis keberadaannya. Hanya ada 400 ekor yang tersisa di alam liar, dari 1.000 ekor pada 1970an, akibat kerusakan hutan dan perburuan.

========================================================

Sumber = http://www.voaindonesia.com/content/...a/1776645.html

Welleh-welleh..??

TNI Hukum Tentara yang Simpan Harimau Awetan

BANDA ACEH, KOMPAS.com — Majelis Hakim Mahkamah Militer/Pengadilan Militer Aceh menjatuhkan vonis kepada dua anggota TNI di Aceh yang terbukti memiliki satwa liar yang diawetkan, Kamis (24/10/2013). Masing-masing divonis dua bulan dan tiga bulan penjara.

Persidangan juga menghadirkan barang bukti dua harimau Sumatera dan beruang yang sudah diawetkan.

Persidangan yang dipimpin oleh Budi Purnomo, memvonis Serka Jaka Rianto, personel TNI di Kodim 0106/Aceh Tengah, dengan dua bulan penjara dan denda Rp 5 juta subsider tiga bulan penjara karena terbukti menyimpan seekor harimau dan beruang di rumahnya.

Dalam dakwaan disebutkan Jaka Rianto menyimpan bagian tubuh hewan yang diawetkan dengan alasan mengobati istrinya yang sakit. “Kalau harimau yang disimpan itu bagian kulitnya, sedangkan beruang menurut terdakwa obatnya berada di kukunya,” kata Budi Purnomo, Kamis.

Terdakwa kedua, Praka Rawali B, terbukti memiliki seekor harimau Sumatera. Dalam pengakuannya, Praka Rawali B beralasan memiliki harimau tersebut karena masalah utang piutang dengan saudaranya.

Rawali yang sehari-harinya bertugas di Yonif 114/Satria Musara ini divonis dengan hukuman selama tiga bulan penjara dan denda Rp 2,5 juta. Rawali terbukti menyimpan seekor harimau yang sudah diawetkan di rumahnya.

Kedua anggota TNI yang bertugas di Aceh Tengah ini, atas perbuatannya tersebut, dijerat Undang-Undang No 5 Tahun 1990, Pasal 21 Ayat 2 jo Pasal 40 Ayat 2, tentang konservasi sumber daya alam dan ekosistem.

Barang bukti berupa tiga satwa yang diawetkan itu akan diserahkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) setempat.

=======================================================

Sumber = egional.kompas.com/read/2013/10/24/2145150/TNI.Hukum.Tentara.yang.Simpan.Harimau.Awetan?

Ga boleh to ternyata.
baik binatang hidup ato telah mati / di awetkan tetep ga boleh...
lha yang pangkatnya bintang2, yang nyimpen rusa, nyimpen kasuari itu gimana?emoticon-Malu (S)

ndak kesentuh?
Quote:Original Posted By anak.yondang1
lha yang pangkatnya bintang2, yang nyimpen rusa, nyimpen kasuari itu gimana?emoticon-Malu (S)

ndak kesentuh?


senggol bacok, berani ente sentuh?emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By anak.yondang1
lha yang pangkatnya bintang2, yang nyimpen rusa, nyimpen kasuari itu gimana?emoticon-Malu (S)

ndak kesentuh?


ga usah tentara di tempat ane ada kok yang punyaemoticon-Cendol (S)
kalo pake ginian, bisa dikasuskan gaa??? emoticon-Malu (S)

2 Anggota TNI Dipenjara karena Miliki Harimau Sumatera.
Quote:Original Posted By brokenarroww
kalo pake ginian, bisa dikasuskan gaa??? emoticon-Malu (S)

2 Anggota TNI Dipenjara karena Miliki Harimau Sumatera.


yang asli yang totol om hehheheheheh, bisa buat pala puyeng kalo ga cocok dama pemakainya
Quote:Original Posted By anak.yondang1


yang asli yang totol om hehheheheheh, bisa buat pala puyeng kalo ga cocok dama pemakainya


kabarnya sih, ada aura yang menambah kewibawaan bagi yang membawa anggota2 tubuh harimau... tapi aq pernah dikasih taring harimau sama kakak, perasaannya malah panas melulu, pengen berantem...jadi akhirnya ga kupake, sekarang malah ilang entah kemana emoticon-Sorry
udah gak aneh kalo setiap abis pulang dinas juga pada bawa "oleh2" binatang2 langka yang dilindungi.
Seharusnya mereka melindungi.
Quote:Original Posted By anak.yondang1


yang asli yang totol om hehheheheheh, bisa buat pala puyeng kalo ga cocok dama pemakainya


Macan CL ya? semua memang asli kok, kan dulunya memang macan hidup yang kemudian di awetkan. Foto diatas CL yang masih jaman jebot, sudah masuk Museum Jalil. CL sekarang pakainya yg pemberian Bpk/Ibu Wirantoemoticon-I Love Indonesia (S)

Ada 1 "berisi" yg kononya memilih sendiri pemakainya. Tapi cuma mitos, jangan terlalu dipercaya. Soal kepala puyeng memang semua dipake jadi puyeng, kan pengap, berat, baunya lain, apalagi haus muluemoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:Original Posted By kabei
baik binatang hidup ato telah mati / di awetkan tetep ga boleh...


Gtu to mbah ya,kalau untuk obat menyembuhkan penyakit macamana pulak tu mbah ?? emoticon-Bingung

Quote:Original Posted By Pitung.Kw


senggol bacok, berani ente sentuh?emoticon-Ngakak


emoticon-Takut

Quote:Original Posted By bendo.123


Gtu to mbah ya,kalau untuk obat menyembuhkan penyakit macamana pulak tu mbah ?? emoticon-Bingung



yep, termasuk untuk obat sekalipun. cuma dalam undang undang itu kalo ndak salah cuma mengatur tentang binatang endemik indonesia tidak termasuk binatang langka dari negara lain yang masuk/dimasukkan kesini emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By kabei


yep, termasuk untuk obat sekalipun. cuma dalam undang undang itu kalo ndak salah cuma mengatur tentang binatang endemik indonesia tidak termasuk binatang langka dari negara lain yang masuk/dimasukkan kesini emoticon-Big Grin


maturnuwun mbah,sdh ngarti ane... emoticon-2 Jempol

Quote:Original Posted By brokenarroww
kalo pake ginian, bisa dikasuskan gaa??? emoticon-Malu (S)

2 Anggota TNI Dipenjara karena Miliki Harimau Sumatera.


dari dulu paling gak demen gw sama acara yang pake kayak beginian..
koq cuma ingin terlihat gahar harus make kepala binatang.
padahal manusia lebih tinggi akalnya dari binatang, eh malah pengen terlihat seperti binatang yang dipasangkan di kepalanya ?

kalo hanya untuk sekedar simbol atau emblem ya masih wajarlah..

maaf gw angkat thread ini lagi.
Quote:Original Posted By adilia


dari dulu paling gak demen gw sama acara yang pake kayak beginian..
koq cuma ingin terlihat gahar harus make kepala binatang.
padahal manusia lebih tinggi akalnya dari binatang, eh malah pengen terlihat seperti binatang yang dipasangkan di kepalanya ?

kalo hanya untuk sekedar simbol atau emblem ya masih wajarlah..

maaf gw angkat thread ini lagi.


Itu palsu alias buatan

Sama kek yg nempel di warok ponorogo..so ga usah di permasalahkan
wah detasemen harimau terungkap emoticon-Ngacir
Quote:Original Posted By Pitung.Kw


senggol bacok, berani ente sentuh?emoticon-Ngakak


banyak kog tung yang udah disita, gw lho banyak ngikut penyitaan satwa langka terutama ou dari perwira2 dan pejabat
Quote:Original Posted By mawasorangutan


banyak kog tung yang udah disita, gw lho banyak ngikut penyitaan satwa langka terutama ou dari perwira2 dan pejabat


maaf gan ane mau nanya,kalau sdh disita terus dikemanain tuh ou nya?
Quote:Original Posted By anak.yondang1
lha yang pangkatnya bintang2, yang nyimpen rusa, nyimpen kasuari itu gimana?emoticon-Malu (S)
ndak kesentuh?


Itu 'self-defense'... karena diserang sama Rusa, Kasuari, Cendrawasih, Beruang Madu, dsb... Jadi terpaksa ditembak mati dan disimpan sebagai bukti...emoticon-Big Grin