alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/526b6ae01bcb175f1e000009/6-pintu-ke-alam-nyi-roro-kidul
6 Pintu Ke Alam Nyi Roro Kidul
Welcome Gans

Gans n Sis pasti pernah mendengar kisah Nyai Roro Kidul, penguasa Laut Selatan. Konon, ada tempat-tempat yang menjadi penghubung antara Kanjeng Ratu dengan alam nyata, seperti 6 destinasi ini. Berani datang? emoticon-Takut

Well ,,, Lanjut saja ke paparan awal emoticon-Ngakak

Legenda tentang Ratu Selatan, Kanjeng Ratu Kidul, atau Nyai Roro Kidul memang sudah tersohor di telinga para wisatawan. Ratu Kidul dan para jinnya konon bersemayam dan menjadi penguasa di kawasan Pantai Selatan Pulau Jawa. Tak heran, bila kesan mistik dan horor sangat melekat di kawasan pantai tersebut.

Bahkan ada beberapa tempat yang konon, menjadi penghubung antara dunia nyata dan Nyai Roro Kidul. inilah 6 destinasi yang menjadi 'pintu' menuju alam Ratu Pantai Selatan:
1. Pantai Pelabuhan Ratu, Jawa Barat
 6 Pintu Ke Alam Nyi Roro Kidul

Pantai Pelabuhan Ratu di Sukabumi, Jabar ini, memang terkenal karena mitos Nyai Roro Kidul. Bahkan di sekitar pantai tersebut ada sebuah hotel yang membuat kamar khusus untuk Sang Ratu. Hotel Inna Samudera namaya.

Saat berkunjung ke Pelabuhan Ratu, traveler akan melihat bentang laut biru dengan ombak yang cukup besar. Di sekitar Pantai Pelabuhan Ratu, juga ada pantai lain yang bisa Anda kunjungi, seperti Pantai Loji, Pantai Ujung Genteng, dan Pantai Cipunaga.

Tak cuma pantai, di atas bukit Pelabuhan Ratu juga terdapat sebuah vihara bernama Nam Hai Kwan Se Im Pu Sa. Di vihara ini, traveler bisa menikmati sejuknya angin laut dan bentangan lepas laut selatan.
2. Hotel Inna Samudera, Jawa Barat
 6 Pintu Ke Alam Nyi Roro Kidul

Dilansir dari situs Dinas Pariwisata dan Budaya Jawa Barat, ini adalah hotel berbintang di kawasan Pelabuhan Ratu. Hotel ini mempunyai fasilitas yang lengkap, mulai dari servis yang baik, kolam renang, taman bermain, hingga letaknya yang di pinggir pantai.

Selain itu, hotel ini juga terkenal karena memiliki kamar untuk Nyai Roro Kidul. Mitosnya, salah satu tempat yang dipercaya sebagai tempat istirahat Nyai Roro Kidul adalah kamar 308 Hotel Inna Samudera. Kamar ini pun tak penah sepi dari pelancong, yang ingin meminta ilmu dan berdoa di kamar tersebut.

Tidak harus menginap, cukup membayar sekitar Rp 35.000 untuk melihat dari dekat kamar ini. Warna hijau dan bau-bau dupa serta sesajen dapat traveler rasakan saat memasuki kamar ini. Di dekat kasur, terpampang lukisan Nyai Roro Kidul. Selain itu, juga terdapat banyak perhiasan, baju, dan pemberian-pemberian orang-orang yang bertapa untuk Nyai Roro Kidul.
3. Pantai Parangtritis, DI Yogyakarta
 6 Pintu Ke Alam Nyi Roro Kidul

Pantai Parangtritis menyimpan banyak legenda tentang penguasa laut selatan, Nyai Roro Kidul. Sebagian orang percaya bahwa pengunjung dilarang mengenakan pakaian berwarna hijau saat berada di pantai ini. Kisahnya, mereka yang memakai baju hijau akan menjadi sasaran Nyai Roro Kidul untuk dijadikan pelayannya. Hii emoticon-Takut!

Parangtritis menjadi salah satu tempat persembahan sesajian pada malam 1 Suro. Dari tepi pantai akan terlihat birunya laut lepas dengan deburan ombak yang keras serta tebing-tebing yang menjulang. Tak cuma sekadar berjalan-jalan, traveler juga bisa menunggang kuda, delman, atau bermain motor ATV menyusuri pasir pantainya yang hitam.
4. Pantai Sembukan, Jawa Tengah
 6 Pintu Ke Alam Nyi Roro Kidul

Satu lagi pantai yang katanya menjadi penguhubung antara alam Nyai Roro Kidul dengan manusia. Pantai Sembukan yang berlokasi di Dusun Sembukan, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri ini, konon dianggap sebagai pintu ke-13 untuk Ratu Laut Selatan menghadiri pertemuan dengan raja-raja Kasunanan Surakarta.

Dengan membayar Rp 3.000 per orang, Anda sudah bisa menikmati keindahan Pantai Sembukan. Selain deburan omabknya yang menggelegar, keindahan pantai ini juga terlihat dari karang yang membentuk bukit-bukit cantik. Di daerah pantai ini juga terdapat sekitar 3 bukit tinggi yang bisa dijadikan tempat untuk memandang dan mengabadikan foto oleh wisatawan
5. Kraton Surakarta Hadiningrat, Jawa Tengah
 6 Pintu Ke Alam Nyi Roro Kidul

Tidak sah kalau Anda ke Solo, tapi tidak berlibur ke Kraton Surakarta Hadiningrat atau Kraton Kasunanan Surakarta. Pecahan dari Kraton Yogyakarta ini, punya sejuta pesona. Sentuhan bergaya Eropa pun membuat Kraton Surakarta terlihat sempurna.

Di balik keindahan bangunannya, terselip pula kisah Nyai Roro Kidul di kraton ini. Konon, Panggung Sangga Buwana yang ada di kraton ini menjadi tempat bercengkerama antara sultan Surakarta dengan Kanjeng Ratu. Sang Ratu akan menunjukkan wajah sebagai perempuan muda dan cantik pada saat bulan muda. Namun, lama-kelamaan wajahnya akan terlihat berangsur-angsur memburuk.

Bahkan, saat memasuki kompleks utama yang berada setelah Gladag, pelancong harus melepas alas kaki yang digunakan. Ya, Anda harus berjalan dengan telanjang kaki di atas pasir yang memenuhi pelataran halaman kompleks utama. Pasir-pasir ini dibawa langsung dari Pantai Selatan.
6. Vihara Kalyana Mitta, DKI Jakarta
 6 Pintu Ke Alam Nyi Roro Kidul

Ternyata kisah Nyai Roro Kidul juga sampai di Jakarta. Di Vihara Kalyana Mitta, Pekojan, Jakarta Barat, terdapat satu tempat pemuliaan untuk Nyai Roro Kidul.

Dilansir dari situs resmi Vihara Kalyana Mitta, ruangan yang ada di lantai bawah atau altar dewa-dewi vihara ini, traveler bisa melihat lukisan Kanjeng Ratu lengkap dengan dupa, keris, dan alat sesajen lainnya. Tidak cuma Kanjeng Ratu Selatan, traveler juga bisa melihat tempat pemuliaan Eyang Surya Kencana, Raden Ratu Prawira Negara, dan yang menjadi tempat doa utama di vihara ini adalah Kwan Im Pho Sat.

Well selesai sudah penjelasannya...
Kalo ada waktu boleh agan2 buktikan sendir kapan2 bisa emoticon-Traveller kesana
kalo ane sih maap emoticon-Sorry kagak mau,, bukannya takut, tapi kagak percaya aja ama begituan ditambah lagi bokek sekarangemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

Kalo berkenan kasih emoticon-Blue Guy Cendol (L) boleh atuh
Asal jangan ditipuk pakai emoticon-Blue Guy Bata (L) ya gan emoticon-Sorry
Nice share gan, tetangga ane yg dukun juga sering di datengi kanjeng, kalo malem diatas genteng suka ada gemerincing suara kereta kudanya
apakah agan tau persis ada berapa kerajaan dan ratu dipantai selatan emoticon-Bingung (S)
Quote:Original Posted By xlx.bayi.xlx
apakah agan tau persis ada berapa kerajaan dan ratu dipantai selatan emoticon-Bingung (S)


bay koe nandi?
ayo melu neng depok
Quote:Original Posted By ringgaUNDIL


bay koe nandi?
ayo melu neng depok

depok YK ta mas emoticon-Bingung (S) aku jih nang kebumen mas, nean saiki diriku mangkat opo nyandak waktune emoticon-Bingung (S)
mosok??

emoticon-Belo
gitu yah ganemoticon-Big Grin
nambah wawasan nih ! emoticon-Big Grin nice gann emoticon-Blue Guy Cendol (L)
serasa ada di lonje emoticon-Frown
wiu wiu ah emoticon-Ngacir
Quote:Original Posted By MyteacherIsGod
serasa ada di lonje emoticon-Frown
wiu wiu ah emoticon-Ngacir


onje mana mbah onje emoticon-Bingung

emoticon-Ngacir Tubrukan

emoticon-Ngacir___
Quote:Original Posted By detikawan
Nice share gan, tetangga ane yg dukun juga sering di datengi kanjeng, kalo malem diatas genteng suka ada gemerincing suara kereta kudanya


Inih baru nice , btw mbah dukun babar di marih donk , portalnya kaya yang TS babarkan gk mbah ?
Emang legenda yg atu ini dari dulu smpe skarang ttp eksis..bahkan di gunung salak skalipun ada salah satu kawah tempat dayang2 ratu selatan(kawah ratu..
Quote:Original Posted By Touch.Of.Eden


Inih baru nice , btw mbah dukun babar di marih donk , portalnya kaya yang TS babarkan gk mbah ?


asem malah ane yg nice. . .
Ntu dukun terkenal ama kerisnye , secara batin juga rumahnya dikelilingi oleh ular yg guede amir. . . Kenyataannya emang bnyk uler nyata juga di rumah ane yg bikin resah ortu. . .
Tepatnya di daerah cirebon , kalo malem jumat pasti rame bnyk mobil xenia dan avanza parkir. . Eh pulangnya pada bawa aer . .
Quote:Original Posted By detikawan


asem malah ane yg nice. . .
Ntu dukun terkenal ama kerisnye , secara batin juga rumahnya dikelilingi oleh ular yg guede amir. . . Kenyataannya emang bnyk uler nyata juga di rumah ane yg bikin resah ortu. . .
Tepatnya di daerah cirebon , kalo malem jumat pasti rame bnyk mobil xenia dan avanza parkir. . Eh pulangnya pada bawa aer . .


Laris manis mbah ituh dukun , kalo boleh nebak yang dateng rata'' cowo minta pengasihan juga tarik pembeli buat bisnis emoticon-Big Grin , btw masyarakat sono gk resah mbah banyak uler ?
Quote:Original Posted By detikawan


asem malah ane yg nice. . .
Ntu dukun terkenal ama kerisnye , secara batin juga rumahnya dikelilingi oleh ular yg guede amir. . . Kenyataannya emang bnyk uler nyata juga di rumah ane yg bikin resah ortu. . .
Tepatnya di daerah cirebon , kalo malem jumat pasti rame bnyk mobil xenia dan avanza parkir. . Eh pulangnya pada bawa aer . .

cirebonnya mana mbah emoticon-Bingung (S) setau saya dukun yang saketih" adanya malam dibelakang terminal cirebon emoticon-Big Grin
nyimak pendapat para sepuh2 di atas dlu ah emoticon-Matabelo
TS tlg alamat llengkap
Kalyana Mitta Vhr di jkt,tq
Pangandaran ga masuk gan?
Tiap taun makan korban mulu tu pantainya emoticon-Takut (S)
Quote:Original Posted By detikawan
Nice share gan, tetangga ane yg dukun juga sering di datengi kanjeng, kalo malem diatas genteng suka ada gemerincing suara kereta kudanya


katanya tetangga agan sering ditemuin panggilan aslinya selain nyai roro kidul siapa ya? sama daerah mana rumahnya ya? ntar bisa silaturahmi gan sesama saudara. thx infonya agan.
bisa via PM aja gan.
yg bener gan??
pernah kenalan ma nyi roro? emoticon-Ngakak (S)