alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/526a0c0afbca17a171000002/sengketa-perbatasan-satu-pulau-di-ntt-bisa-lepas
Sengketa Perbatasan, Satu Pulau Di NTT Bisa Lepas
Pulau Batek, salah satu pulau terluar yang terletak Kecamatan Amfoang Timur, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) terancam menjadi milik Timor Leste, jika masalah perbatasan antar negara di kecamatan itu tak segera diselesaikan.

"Jika mengikuti patok batas pemerintah Timor Leste, maka Pulau Batek akan menjadi milik mereka," kata Kepala Staf Kodim 1604 Kupang, Mayor (Inf) Dwi Kristianto kepada Tempo di Kupang, Jumat, 25 Oktober 2013.

Pulau Batek adalah satu dari empat pulau terluar di Nusa Tenggara Timur (NTT) yang dijaga oleh anggota TNI. Empat pulau terluar itu adalah Pulau Batek, Ndana Rote, Ndana Sabu dan Mengudu di Sumba Timur.

Menurut dia, berdasarkan pemahaman warga Oekusi Distrik Timor Leste, patok batas antarkedua negara berada di Nonotuinan atau sungai kecil di bagian barat, sedangkan pemahaman warga dan pemerintah Indonesia batas antarkedua negara berada di Noelbesi atau sungai besar di bagian timur.

"Jika mengikuti pemahaman batas Timor Leste, maka Pulau Batek masuk ke wilayah Timor Leste, bukan Indonesia," katanya.

Dengan belum adanya kesepakatan batas antarkedua negara itu, maka ditetapkan zona bebas di Desa Naktuka, Kecamatan Amfoang Timur. Kedua belah pihak dilarang beraktifitas di zona tersebut.

Sementara itu, Bupati Kupang, Ayub Titu Eki mengatakan penyelesaian masalah batas antara Indonesia-Timor Leste khususnya di wilayah Naktuka, Kabupaten Kupang menjadi urusan pemerintah pusat, sehingga pemerintah daerah hanya melakukan pendekatan adat agar tidak terjadi konflik di perbatasan kedua negara.

"Jika diserahkan ke pemerintah daerah, pasti masalah sudah selesai, karena dilakukan secara adat," katanya.

sumber: http://www.tempo.co/read/news/2013/1...lau-Bisa-Lepas

=======================

udah ada peringatan dari daerah lho, semoga responnya pemerintah pusat cepat
Jangan sampai dah kehilangan pulau lagi.....ayo pemerintah pusat, jangan dibiar masalah perbatasan yang g jelas ini berlarut2....
masalah perbatasan itu apakah emang urusan pemerintah pusat aja? pemerintah daerah ngapain?
mulai dech masalah lagiemoticon-Berduka (S)
Quote:Original Posted By bronco1978
masalah perbatasan itu apakah emang urusan pemerintah pusat aja? pemerintah daerah ngapain?


Bukannya perbatasan itu masalah antar 2 Negara. Emang harusnya daerah ngapain ?
udah masuk prioritas, semoga segera kelar

http://www.bnpp.go.id/index.php/prof...san-perbatasan
Quote:Original Posted By bronco1978
masalah perbatasan itu apakah emang urusan pemerintah pusat aja? pemerintah daerah ngapain?


Ya iyalah pemerintah pusat, hubungan internasional itu, pemerintah daerah tidak dalam kapasitas itu kalo udah menyangkut hubungan negara. Pemerintah daerah tinggal ngikuti instruksi pemerintah pusat
jadi keinget berita kemaren jaga pulau cuma berdua dengan logistik seadanya
Tetap dijaga aja keberadaan orang Indonesia disana, kalo bisa TNI...

Sengketa Perbatasan, Satu Pulau Di NTT Bisa Lepas


25 April 2012
Spoiler for atas Maritim Indonesia-Timor Leste Masih 'Gantung':


yang bikin bingung....

06 November 2007
Spoiler for Presiden Setuju Timor Leste Gunakan Pulau Batek:


itu presiden timLes dulu (2007) udah ngakui Pulau Batek bagian dr Indonesia, kok skarang kluar lagi... apa gara2 kesempetan eclave dr daratan?? emoticon-Mad (S)
Loh waktu masih dalam bentuk proposnsi timor timur emank daerah itu masuk propinsi mana?
Quote:Original Posted By kenyot10
udah masuk prioritas, semoga segera kelar

http://www.bnpp.go.id/index.php/prof...san-perbatasan


semoga cepat kelaremoticon-Berduka (S)
sueeeee dah tuh tetangga ....


semoga cepet selesai masalah ini dan ga ada caplok2an lagi ...
perbanyak KCR, beli Kilo, S 300, buat pagar perbatasan dengan RWS, kamera infra merah, pasang smart mine...

apa lagi?
Terlepas siapapun yg berhak sama pulau ini, klo sampe pulau ini lepas... Malu sekali bangsa ini emoticon-Big Grin
Artinya scr diplomatis kita selalu kalah bahkan sama negara kemaren sore model timles gini
maaf newbie mau nanya apa begitu sulitnya diplomasi masalah tapal batas sampai-sampai negara kecil kyk tim-tim pun sulit untuk dijinakkan.?
Quote:Original Posted By cookers18
maaf newbie mau nanya apa begitu sulitnya diplomasi masalah tapal batas sampai-sampai negara kecil kyk tim-tim pun sulit untuk dijinakkan.?


Lagi musim kontra perbatasan om...
Nunggu musim durian aja yg lebih enak lg....emoticon-Hammer2
Pemerintah kayaknya sekarang masih diam2 aj tuh............emoticon-Matabelo
tunggu pulaunya benar2 direbut baru kocar kacir.....emoticon-Ngacir Tubrukan
seperti kejadian yag lalu laluemoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:Original Posted By jokogudel
perbanyak KCR, beli Kilo, S 300, buat pagar perbatasan dengan RWS, kamera infra merah, pasang smart mine...

apa lagi?


Apalagi ya gan ? Terlalu horor klo itu
Pakai SS1 aja uda cukup strong kok emoticon-Big Grin
Sebetulnya gak perlu dipersulit. Kibarkan merah putih, tempatkan sekompi marinir, dan patroli periodik TNI AL dan TNI AU.
Pasti Timles langsung lemes.