alexa-tracking

Russia's Middle Eastern Frontier analisa strategi Nikolai Malishevski

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/526900f6feca173c07000003/russias-middle-eastern-frontier-analisa-strategi-nikolai-malishevski
Russia's Middle Eastern Frontier analisa strategi Nikolai Malishevski
Quote:


Mungkin tulisan ini ngak ada kaitannya dengan militer, tapi lebih membahas ke analisa Strategi secara menyeluruh (politik, ekonomi, dll) yang menjadi latar dari konflik militer di Suriah. Si penulis adalah orang Russia. Jadi analisa ini ditulis dari sudut pandang Russia.

Inti dari keterlibatan AS dan Rusia di Suriah dikarenakan pipa gas dan minyak yang berasal dari Saudi dan Qatar yang hendak ditujukan ke Eropa. Sehingga negara-negara Eropa bisa terbebas dari ketergantungan mereka pada Rusia dalam hal gas dan minyak bumi. Dan ternyata untuk mencapai tujuannya, mereka membuat skenario untuk menggulingkan Assad, Agar Damaskus jatuh ke tangan pemerintah pro barat sehingga proyek pipa ke Eropa bisa mulus. Sedangkan Rusia ikut campur dalam masalah Suriah, karena dia tidak ingin pipa gas dan minyak dari Saudi dan Qatar bisa terhubung ke Eropa.

Ekonomikah alasan utamanya? YA. Tapi bukan hanya masalah ekonomi semata. Aku pikir pipa minyak dan gas ini adalah jawaban negara-negara Barat untuk mengatasi masalah ketergantungan negara2 Eropa kepada Rusia. Dan implikasi ketergantungan ini membuat barat kelimpungan saat Rusia melakukan intervensi militer ke Georgia dulu. Karena pada saat itu, Rusia menutup keran pipa minyak dari Rusia menuju ke Eropa untuk menekan mereka agar mereka tidak ikut campur dalam intervensi militer Rusia di Georgia.

Maaf ini thread pertama saya. Semoga saja ngak melanggar ROE. Sebenarnya saya lebih suka menyelipkan berita ini ke thread yang sudah ada. tapi karena korelasinya dengan thread-thread sebelumnya minim maka terpaksa saya memberanikah diri untuk melewati garis aman.
baru tau ternyata sovyet jatuh gara2 harga minyak emoticon-Matabelo thx for the thread emoticon-Angkat Beer

tapi kenapa harus lewat syria, kenapa ga lewat jordan kemudian israel?

mungkin demi total domination. setelah syria lalu iran, lalu kaukasus? emoticon-Malu
sepertinya day by day, mamarica's grip on mideast mulai loyoemoticon-Big Grin

arab saudi sampai menolak duduk di DK PBB sebagai bentuk protes ke mamarica, bukan ke PBBnya sendiri

turki milih senjata uwak mao over mamarica dan nato

mesir, keknya mulai berpaling dari mamarica juga

israel mulai kehilangan kepercayaan ke mamarica over iran nuke issue

btw, mamarica dengan shale gasnya bukan saja sudah mulai mengurangi impor migas dari mideast, tapi juga punya potensi besar menjadi saingan pengekspor migas buat saudi dan papa bear, sebuah mimpi buruk buat keduanya yg mengandalkan ekspor migas buat ekonominya. Kelihatannya harga migas dunia beberapa tahun ke depan bisa anjlok seandainya mamarica mulai ekspor shale gasnya, apalagi di tengah lesunya ekonomi dunia. Belum lagi kalo iran bisa capai deal dengan mamarica, dan embargo ekspor minyaknya dicabut. Menarik menunggu reaksi papa bear dan saudi/opec melihat mata pencahariannya terancamemoticon-Big Grin
jalur pipa gas yang ditakuti Russia kan yang dari central Asia, kok belok ke Syria? (dan roadmap soal ini ada di kantor GAZPROM emoticon-Hammer bicara soal company intelligence...)

coba buka buka arsip kertas dan poto poto dulu ah emoticon-linux2

Russia itu udah siap mulai jaman kapan oi soal Gas emoticon-Ngakak itu dari Afrika Utara aja mereka udah punya konsesi, Gazprom buka gas field baru di Siberia, termasuk mau cari resource baru di North Sea dan Asia emoticon-Embarrassment bukan hanya satu negara yang pintar di dunia ini
Quote:


- Ga ada sedikitpun si penulis bilang gitu, ngebantuin (pemberontak) iya..

- Coba lihat peta, ada beberapa jalur altenatif dari Qatar ke Eropa.

- Qatar bantuin (dulunya) pemberontak di Libya ga banyak yang turun langsung, cuma SF nya aja (yang jelas ga nyampe 5000)

sedikit tebak tebakan

Quote:


meski ada supplier dan buyer jelas, proyek gas pipelines ini banyak masalah, mulai dari Gaz de France yang ternyata musang berbulu domba dan Georgia yang siap wilayahnya dikasih pipa (asal wani piro) tapi ga bisa jamin keamanan jalur pipa emoticon-Hammer jalur Nabucco keselatan masu disatuin itu ke Iraq tapi masih belum dapat clearance dari current Iraqi Gov.

Syrianya lewat mana? dan berapa signifikan sih gas Syria dibanding Kazakhstan
Quote:


qatar mah sekarang udah mulai diasingin di jazirah arabemoticon-Ngakak (S)

negara kecil tapi lagaknya besar, main di sana sini, kagak sungkem ama big bro saudiemoticon-Big Grin dulu dukung mursid di mesir, sekarang ganti jadi junta militer, si qatar buru2 nawarin duit minta damai ke junta militer mesir, malah dicuekinemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Quote:


Itu asumsiku sih. Kalo salah berarti harus nimba ilmu dan info lagi. Trims koreksinya.

Quote:


Coba gan buka-buka arsipnya lagi dan share di sini buat pembelajaran kita semua. Analisa di atas kan ditulis oleh orang Rusia, jadi wajar kalo isi tulisannya lebih pro ke Rusia.
Quote:


di post sebelum kamu sudah saya tulis jalur yang direncanakan - jalur NABUCCO dan masalahnya (dan mengapa korelasi dengan Syria jadi dipertanyakan) penulis Rusia isinya lebih pro Rusia? hmm saya malah melihat tendensi dia yang melemahkan peran dan kekuatan Gazprom dan terlalu mengangkat posisi Qatar di tulisan dia; seolah Gazprom benar benar kesulitan menghadapi Qatar - The truth is not
Quote:


Decoy? Bawa bawa gazprom sama qatar cuma buat narik simpati kayanya. Gazprom gak sebego itu ah..
ada yang bisa ngasi gambar jalur2x pipa rusia gak..??
penasaran nih emoticon-Malu (S)

gw numpang satu dah
Spoiler for :
Quote:


Kecil-kecil duitnya banyak lho emoticon-Big Grin Apalagi jaman sekarang, mendukung sekelompok milisi udah cukup untuk menggoyang pemerintah (macam Libya.. walaupun masih di bantu sama NATO dkk)

Iya, heran juga kenapa pisah jalan sama Saudi di Mesir..

Quote:


Belum tentu salah juga sih, bisa jadi memang awalnya mereka "berkonspirasi", tapi ya.. AFAIK semua masih sebatas asumsi.

Cuma ga mau jadi thread penggiringan opini emoticon-shakehand:
Quote:


Tung, kalo Yaman arah perpolitikan nya lebih condong ke mana yah?
Mamarika kah? emoticon-Bingung (S)
Quote:


Bagaimana dengan jalur pipa dari Saudi dan Qatar?
Quote:


yaman sama kek somalia, sudan, ethiopia (sekarang mesir jg?) kali ya emoticon-Stick Out Tongue negara di rute kargo laut merah, menghubungkan samudra hindia dan laut tengah. dibikin perang sodara dan dihancurin ekonominya emoticon-Ngacir saudi agak susah soalnya kiblat sunni mungkin, jadi mending dijadiin partner aja deh, ntar jg kering ndiri sumurnya emoticon-Ngacir
qatar, saudi bukannya bisa lewat mesir, libya, tunisia, italia ??? ane emoticon-Thinking
Quote:


amerika dengan terpaksa. tapi kalo grass root nya cenderung ke rusia.
Ini peta jalur pipa (simplified pipe map)

Spoiler for Map:


Dan ini ada ulasan lain yang menarik dari analis India bernama Brig Amar Cheema

Quote:


Reserved for opinion (aku butuh pelajari dulu biar ngak kelihatan bodohku, tapi kalian silahkan kasih opini dan pendapat)
Quote:


makasih namnah pengetahuanemoticon-Cendol (S)
Quote:


Ngg..maksud ai arah perpolitikan luar negeri nya.
Belom separah somalia lah yaman, mungkin agak mirip mesir. emoticon-Big Grin