alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5267958238cb17e04c000000/all-about-kamboja
ALL ABOUT KAMBOJA
Greetings! Halo agan-agan sekalian, ane mau mencoba review dan mengumpulkan info nih tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan KAMBOJA. semoga berguna buat agan-agan yang pengen merasakan indahnya dan misteriusnya negeri ini.
Yang ane fokuskan pada thread ini kota Phnom Penh dan Siem Reap dulu ya gan. kota kota lainnya nyusul.emoticon-Malu (S)


Spoiler for Ngintip:


Quote:I. Sekilas tentang Kamboja

Area 181,035 km2
Populasi 14,952,665 (2011)
Kode area +855
Mata Uang : Riel Kamboja 4000R = 1 USD = Rp11.500

Kamboja dahulu dikenal sebagai kerajaan Khmer merupakan Negara yang terkenal karena aksi sadis Pol Pot pada jaman pemerintahan Khmer Merah. Berbatasan dengan Vietnam, Laos, dan Thailand, Kamboja merupakan Negara kerajaan yang dipimpin oleh raja Norodom Sihamoni keturunan dari Norodom Sihanoukville.
Saat ini, Kamboja masih tergolong sebagai Negara yang belum berkembang apabila dibandingkan dengan Negara asia tenggara lainnya termasuk Indonesia. Masih sedikit Nampak gedung-gedung pencakar langit. Salah satu yang menghidupkan Negara ini adalah kegiatan pariwisatanya terutama situs Angkor Wat yang begitu mempesona. Mayoritas penduduk merupakan keturunan Khmer, memiliki wajah oriental namun berkulit sawo matang, menganut ajaran Bhudda Theravada dan berbahasa Khmer.
Kamboja lebih suka memakai US dolar dalam bertransaksi dibanding mata uangnya sendiri riel. 4000 riel setara dengan 1 usd. artinya 2000 riel sama dengan 50cent. supaya gampang anggap saja 1000 riel itu 2.500 rupiah dan 4000 riel itu 10.000 rupiah. emoticon-Malu (S)

Spoiler for kamboja:



I.A Sejarah Kamboja

Kata Kamboja berasal dari bahasa khmer Kampuchea yang berarti Golden Land. Nama ini lebih dikenal dengan sebutan Cambodia dalam bahasa inggris. Kambodia menerima pengaruh besar dari kebudayaan kuat India mulai dari abad ke 3. Raja terkenal yang meimpin saat itu adalah jayavarman II dan menyebut dirinya Devaraja (Raja Dewa). Pada abad ke -13 pengaruh Buddha masuk dan menggantikan pengaruh Hindu pada zaman itu. Kuil Angkor yang dibangun pada abad ke-12 itu pun mengalami beberapa perubahan signifikan dalam arsitekturnya. Angkor Wat dahulu merupakan pusat kerajaan ini.
Spoiler for khmer:


Setelah itu Kamboja masuk ke dalam perebutan kerajaan Siam Thailand dan Vietnam kemudian Raja Norodom saat itu menandatangani perjanjian dengan Perancis untuk melindunginya. Disini mulailah kolonialisasi Perancis sampai tahun 1941. Namun dmeikian disini pula Kamboja mengalami perkembangan pesat terutama dari segi pendidikan dan budaya.

1941, masuklah Jepang yang kemudian terpukul mundur oleh sekutu pada tahun 1945. Pada tahun ini pula Kamboja meraih kemerdekaan Setelah itu kamboja dipimpin oleh raja sihanoukville. Gaya kepemimpinan Sihanoukville kurang disukai masayarakat dan muncullah Pol Pot yang saat itu mengatakan akan mengadakan perubahan. Rakyat yang ikut ke dalam gerakannya mengharapkan perubahan namun yang terjadi adalah pembunuhan besar-besaran bagi yang tidak mau mengikuti gerakan Great Leap forward ala China untuk bekerja di desa-desa.

Tahun 1978, Tentara Vietnam masuk untuk membasmi mengusir Pol Pot dan berhasil memukul mundur rezim Khmer Merah. Pada 1989 ditandatangani pakta perdamaian Vietnam dan Kamboja yang membuat Vietnam terpaksa mundur dan Sihanouk dinobatkan kembali sebagai raja sampai sekarang.

Spoiler for khmer merah:


I.B.Cuaca dan Iklim

Seperti layaknya wilayah Asia Tenggara lainnya, Kamboja terdiri dari 2 musim yakni musim panas dan hujan. Pada musim panas, suhu bisa mencapai 40 derajat celcius dan pada musim hujan mencapai 22 derajat celcius.

I.3.Pemerintahan
Ibukota Kamboja adalah Phnom Penh yang merupakan kota terpadat dan memiliki 23 provinsi lainnya. Saat ini Pemerintahan dipimpin oleh perdana Menteri Hun Sen.
Spoiler for government:



Quote:II. Wara Wiri Sebelum Berkunjung

1. Hari Raya dan Festival
Mengetahui hari raya dan festival di negara tujuan sangat penting agar liburan tetap bisa berjalan. gak mau kan nyampe nyampe ternyata semua toko dan tujuan wisata tutup?

Spoiler for Hari Raya dan Festival:


2. Akses Listrik dan Internet

Jenis colokan yang biasa dipakai sama kayak di indonesia namun Tidak ada salahnya bawa colokan tambahan kalau punya agan gak sesuai even sama colokan seperti di indonesia.
Hebatnya, Internet tersedia di hampir semua hotel dan internet café bahkan di beberapa transportasi bus antar kota!

3. Bahasa Sederhana

Spoiler for bahasa kamboja sederhana:


4.Komunikasi
Bagi anda pemakai smartphone bisa mengaktifkan fitur chat di tempat yang ada wifi. Namun kartu telepon hanya bisa aktif jika sudah disetting di indonesia sebelumnya. hubungi operator masing masing untuk info lebih lanjut.
Jika memang sangat diperlukan untuk menelepon di tempat setempat bisa membeli kartu perdana seharga USD5 di bandara
Akses internet tersedia di beberapa hotel dan cukup baik.




Quote:III. Dari dan Menuju Kamboja
1.Pesawat
Ada dua tempat utama untuk mencapai kamboja yakni melalui Siem Reap jika ingin langsung ke Angkor Wat atau melalui Phnom Penh terlebih dahulu.
untuk agan-agan yang mengincar tiket murah, Air Asia, Tiger, dan Jetstar merupakan pilihan yang terbaik. Tinggal pinter-pinter cari promo gan. Tapi rate standard nya untuk pulang pergi sekitar 1,5 juta – 3 juta (high season).
Kalau punya budget lebih bias juga naik Malaysia Airlines , Singapore airlines, atau Thai Airlines.
Pesawat menuju Siem Reap juga tersedia oleh maskapai Jetstar dan AA tapi tidak terbang setiap hari.

2.Bus

Bus dari Vietnam atau Thailand : nah buat para petualang bisa juga naik bus dari HCM City dengan harga 15-23 USD. Perjalanan memakan waktu sekitar 6-8 jam. Bus bisa menuju langsung ke Siem Reap atau Phnom Penh dan kota kota lain seperti sihanoukville, kep, atau Battambang.
Beberapa operator bus yang terpercaya :
- Mekong express cek disini
- Sapaco Tourist cek disini
- Malinh Express cek disini
- Phnom Penh Sorya cek disini
- Capitol cek disini


Quote:IV. Dari dan Menuju Bandara

Bandara utama di Kamboja adalah Phnom Penh International Airport dan Siem Reap International Airport. Bandara-bandara ini sangat dekat dengan pusat kota. Ada beberapa pilihan kendaraan yang dapat dilalui :

1. Taksi
Taksi merupakan salah satu kendaraan yang mudah ditemui di kedua bandara. tarifnya bervariasi antara 10USD – 25 USD di Phnom Penh dan 7 USD di Siem Reap. Sangat cocok untuk yang membawa barang banyak dan berkunjung dengan banyak orang

Spoiler for taksi:


2. Mobil Charter
Mobil Charter bisa dipesan lewat beberapa agen perjalanan di kamboja dan semua hotel yang ada. Salah satu agen yang menerima pemesanan adalah
DCK Travel
Spoiler for rent car:


3. Motodop dan Tuk-Tuk
Motodop merupakan kendaraan sejenis ojek yang ada di kamboja sedangkan tuk tuk merupakan kendaraan sejenis delman. Keduanya melayani antar jemput bandara dengan harga murah antara 3 – 5 USD.

Spoiler for pic:



Quote:V. Transportasi Dalam Kota

1. Motodop (ojek) (lihat penjelasan di atas)
selain jalan kaki tersedia ojek yang siap nganter agan. Jangan lupa nawar gan! Biasanya untuk jarak dekat harganya 3-5 USD.

2. Tuk Tuk (lihat penjelasan di atas)
suatu keharusan juga gan kalau naik tuk tuk di kamboja. Muat sampai 4 orang – 6 orang gan, merupakan salah satu salat transportasi yang murah meriah.

3.Taksi (lihat penjelasan di atas)


4.Charter Mobil


Quote:VI. Transportasi Antar Kota

Transportasi antar kota dapat ditempuh dengan charter mobil seperti info di atas atau dengan bus yang biasanya berangkat dari Night Market 106 Street. Tiket dapat dibeli di agen perjalanan manapun dan hotel. Namun yang sangat direkomendasikan adalah DCK Travel dan Capitol yang di atas gan karena murah daripada pesen di hotel. Kalau mau kendaraan yang lebih nyaman ada juga Golden Bayon Express. Infonya bisa dilihat di bawah.

Info dari Phnom Penh – Siem Reap ke kota lainnya cek disini

Perusahaan yang melayani :
-Bus capitol
-Phnom Penh Sorya
-Mekong Express
-Virakh Bhuntam
-Golden Bayon include wifi


Quote:VI. Akomodasi Di Kamboja

Seperti layaknya negara lain, akomodasi tersedia banyak dengan berbagai pilihan harga. yang ane berikan disini adalah rekomendasi traveler seluruh dunia.
Spoiler for penginapan murah:


Spoiler for Penginapan standard:


Spoiler for Penginapan mewah:


Quote:VII. Makanan di Kamboja

1. Must Eat Food
Spoiler for makanan:


2. Resto

Spoiler for resto di kamboja:


3. Resto Halal di Kamboja
Spoiler for Resto Halal di kamboja:
Quote:VIII. Tempat Wisata di Kamboja

Wat Phnom, Phnom Penh
Street 96 | Norodom Blvd, Phnom Penh, Cambodia
USD 1
Merupakan salah satu temple terbesar di Kamboja yang menyimpan benda bersejarah awal berdirinya Phnom Penh
Spoiler for pic:


The Killing Fields Phnom Penh(Choeung Ek)
15km southwest of the city, Phnom Penh, Cambodia
USD 3 = USD 2 for audio tour
08.00-17.00

Merupakan tempat pembantaian warga kamboj apada masa pemerintahan Khmer merah. Disini diperlihatkan tanah tempat mayat dikuburkan, tengkorak, dan baju peninggalan korban. Terdapat earphone yang dapat digunakan untuk mendengarkan guide selama mengitari tempat ini.
Spoiler for pic:


Plae Pakaa Show Phnom Penh
St 13, corner of St. 178 | National Museum, Phnom Penh, Cambodia
Saksikan apsara dance di tempat ini. Nikmati keindahan music dan tarian khas kamboja
Spoiler for pic:


Tuol Sleng Genocide Museum Phnom Penh
Street 113, Boeng Keng Kang, Phnom Penh 3, Cambodia
USD 2
08.00-17.00
Merupakan tempat pembantaian dan penyiksaan orang kamboja sebelum di bawa ke killing field. Disini lah setiap warga kamboja diberi id, disiksa, dan dipenjara.
Spoiler for pic:


Royal Palace & Silver Pagoda Phnom Penh
Sothearos, between Street 240 & 184, Phnom Penh, Cambodia
07.00-11.00 and 14.30-17.00
USD 6,25
Merupakan tempat kediaman raja. Beberapa bangunannya dibuka untuk umum. Sangat cantik dank has walaupun tidak begitu berbeda jauh dengan royal palace di Thailand. Pengunjung diharuskan memakai pkaian tertutup dan sopan
Spoiler for pic:


National Museum Phnom Penh
13th St. | Between 178th and 184th Sts., Phnom Penh, Cambodia
USD 3
08.00-17.00
Merupakan tempat dimana kehebatan era khmer dipertontonkan. Batu batu dan pahatan indah dapat dilihat disini
Spoiler for pic:


Central Market (phsar Thmey) Phnom Penh
Between streets 126 and 136, Phnom Penh, Cambodia
Merupakan pasar paling ramai di kamboja dan memiliki arsitektur yang sangat luar biasa peninggalan perancis. Disini dijual juga berbagai kerajinan dan oleh oleh khas kamboja
Spoiler for pic:


Russian Market Phnom Penh
07.00-17.00
Merupakan tempat berburu oleh oleh karena pasar ini memang dikhusukan untuk para wisatawan yang berkunjung ke kamboja
Spoiler for pic:



Sisowat Quay Phnom Penh
Merupakan pinggiran Sungai Tonle Sap yang menajadi tempat berkumpul warga di sore hari. Disini kta juga dapat menyewa perahu nelayan USD 10 untuk mengelilingi Sungai atau naik cruise. Selain itu disini juga terdapat restaurant apung titanic
Spoiler for pic:


Night Market Phnom Penh
17.00-24.00
Dekat dengan SIsowat Quay dan merupakan pasar malam yang ditujukan untuk turis. Beroperasi pada malam hari, pasar mala mini menjual pernak pernik oleh oleh khas.
Spoiler for pic:


Quote:Phare, The Cambodian Circus, Siem Reap
Comaille Road | Behind Angkor National Museum in front of Angkor Century Hotel, Siem Reap, Cambodia
USD 15
Show tanyakan Di Angkor national museum
Spoiler for pic:


Angkor National Museum, Siem Reap
968 Vithei Charles de Gaulle Blvd, Siem Reap, Cambodia
Usd12
08.30-18.00
Merupakan tempat yang cocok untuk dikunjungi sebagai bekal dalam mengunjungi Angkor wat setelahnya.
Disini, semua onformasi dan potongan artistic dari patung patung di angko dipamerkan
Spoiler for pic:


Phsar Chas , Angkor Night Market, dan Pub Street, Siem Reap
Ketiga tempat ini terletak bersebelahan. Phsar Chas merupakan pasar tradisional yang menjual macam-macam pernak pernik dan oleh oleh sedangkan pub street lebih banyak menyediakan bar dan resto turis. Night market buka pada malam hari dan dikelilingi lampu gemerlap yang juga menjual oleh-oleh. disini pusat hiburan malam siem reap.
Spoiler for pic:


Kampong Phluk, Siem Reap
Merupakan rumah terapung di tepi sungai Tonle Sap. Cocok untuk dikunjungi oleh traveler yang suka dengan pengalaman orisinil di Negara lain. Disni kita dapat melihat bagaimana kehidupan masayarkat Siem reap pinggiran berserta rumahnya yang mencapai 6 meter tingginya.
Spoiler for pic:


Kompleks Angkor Siem Reap
Komplek yang didirikan oleh jaya warman II ini merupakan komplek imperium terbesar pada zamannya di dunia. Kondisinya relative masih utuh dan merupakan ibukota yang mampu menghidupi 1 juta warga pada zaman itu dengan system perairan yang bisa dibilang sangat modern. Kompleks ini terdiri dari 2 gaya candi yakni Hindu dan bhudda dikarenakan pergantian pemimpin saat komplek imperium khmer itu dibangun.
Luasnya kompleks ini sangatlah luar biasa. Konon jika ingin menyusuri semua candinya dibutuhkan waktu 1 minggu. Ini pula mengapa tersedia tiket masuk untuk 1 hari 20 USD , 3 hari 40 usd, dan 7 hari 60 usd.
Komplek buka mulai dari 05.00-17.00. Pada pagi hari dan sore hari sudah menjadi kebiasaan para fotografer berkumpul mengabadikan momen bagaimana matahari menyinari komplek ini.

Beberapa candi terkenal di kompleks ini adalah :
Angkor Wat
Merupakan candi terbesar di kompleks ini yang sungguh detail dan besar. Disini terdapat relief yang menggambarkan kebudayaan terdahulu. Keindahan kompleks ini sungguh luar biasa.
Spoiler for pic:


Phnom Bakheng
Merupakan candi tertua yang pernah dibangun di kompleks ini. Yang membuatnnya terkenal adalah posisinya di puncak bukit dan merupakan spot terbaik melihat matahari terbenam. Orang yang naik kebukit ini dibatasi sehingga pastikan pukul 5 sore sudah berada disini
Spoiler for pic:


Angkor Thom
Merupakan pintu gerbang yang sangat indah yang menjaga kompleks Angkor ini.
Spoiler for pic:


Bayon Temple
Salah satu temple paling popular dengan design kepala manusia yang mengahdap 4 sisi
Spoiler for pic:


Ta Phrom
Merupakan candi yang terkenal karena dijadikan tempat syuting tomb rider. Candi ini memiliki bentuk yang unik akibat dari akar pohon besar yang menutupinya.
Spoiler for pic:


Tentu masih banyak candi lain yang dapat dilihat disini. Berikut peta komplek Angkor.
Spoiler for pic:


Sekian Dulu Thread dari ane, semoga bermanfaat buat agan2 ! emoticon-Cendol (S)
wah terima kasih gan.. kebetulan taon depan jalan2 ma temen2 emoticon-Big Grin

*ninggalin jejak*
AK & FD ke PNH & REP daily flight.
Quote:Original Posted By diffty
wah terima kasih gan.. kebetulan taon depan jalan2 ma temen2 emoticon-Big Grin

*ninggalin jejak*


SIp Gan.. Semoga berguna gan.emoticon-Malu (S)
Quote:Original Posted By pangeranrj
AK & FD ke PNH & REP daily flight.


Thanks gan infonya.. emoticon-2 Jempol
welehhhhhhh.... nggak rugi masuk thread ini!!!
mantab banget penjelasannya!!!
patut di rate 5 dan juga di subscribe... siapa tau taun depan bisa maen2 ke kamboja emoticon-Big Grin

semangat gannnn
Quote:Original Posted By restless777
welehhhhhhh.... nggak rugi masuk thread ini!!!
mantab banget penjelasannya!!!
patut di rate 5 dan juga di subscribe... siapa tau taun depan bisa maen2 ke kamboja emoticon-Big Grin

semangat gannnn


emoticon-Malu (S)
Semoga berguna gan..

Nanya Itenerary Siem Reap

Thanks Gan penjelasannya detail banget...
Kalo boleh nanya Gan, ane sama istri dan anak ane (umur 14 thn) berencana ke Siem Reap langsung dari Kuala Lumpur. Pesawat jam 7 pagi, nyampe kira2 jam 9. Ane rencananya hanya 2 hari di Siem Reap sebelum lanjut ke Bangkok.
Tujuan utama ane sih cuman mo ke Angkor Wat dan sekitarnya.
Mohon ane dikasih spot-spot lain yang menarik dan kira2 bijimana itenerary-nya.
Thank you sebelumnya..
Quote:Original Posted By priyambodo71
Thanks Gan penjelasannya detail banget...
Kalo boleh nanya Gan, ane sama istri dan anak ane (umur 14 thn) berencana ke Siem Reap langsung dari Kuala Lumpur. Pesawat jam 7 pagi, nyampe kira2 jam 9. Ane rencananya hanya 2 hari di Siem Reap sebelum lanjut ke Bangkok.
Tujuan utama ane sih cuman mo ke Angkor Wat dan sekitarnya.
Mohon ane dikasih spot-spot lain yang menarik dan kira2 bijimana itenerary-nya.
Thank you sebelumnya..


Sama-sama gan,
Jika tiba pukul 9 rasanya agak terlambat kalau ingin ke angkor wat jadi lebih baik keesokan harinya saja.
jadi hari pertama samapai jam 9 lalu check in hotel, makan kira-kira jam 11 siang baru bisa memulai tour. bisa pergi ke angkor national museum dan kampong phluk dan malamnya menyaksikan circus atau sekedar jalan-jalan di night market mencoba jajanan setempat.

hari kedua pagi pagi benar lihat sunrise di angkor wat. mentep banget gan lalu seharian keliling angkor deh sampai pegel. emoticon-Ngakak
gan, kalo pulang dari bandara di PP atau siem reap kenas tax USD 25 bener ga? trus keadaan politik disana sedang menhangat karena PEMILU bener ga?ane sih minat ke PP- siem reap trus pulang dr bangkok, kira2 perlu brapa hari?

thanks
Quote:Original Posted By ahLIlogiKA
gan, kalo pulang dari bandara di PP atau siem reap kenas tax USD 25 bener ga? trus keadaan politik disana sedang menhangat karena PEMILU bener ga?ane sih minat ke PP- siem reap trus pulang dr bangkok, kira2 perlu brapa hari?

thanks


yup airport tax intl cambodia 25usd.
tapi skrg sdh include di tiket. sdh ga byr di airport lg.
di PP 1 hari city tour.
di SR 1 hari angkor kecuali mau liat seluruh komplek. bisa lebih dr 1 hari.
mantap gan review tentang kambojanya, emang agan skrg lg tgl disana ya trus kl mau di PP sj perlu carter mobil ngga, kl emang perlu biasanya utk 1 hr kena brp ya gan, ok mksh
Quote:Original Posted By ahLIlogiKA
gan, kalo pulang dari bandara di PP atau siem reap kenas tax USD 25 bener ga? trus keadaan politik disana sedang menhangat karena PEMILU bener ga?ane sih minat ke PP- siem reap trus pulang dr bangkok, kira2 perlu brapa hari?

thanks


Iya gan ada tax tapi udah masuk tiket pesawat seperti kata agan di atas. selain itu ada yang namanya visa on arrival sebesar 20USD pas masuk tapi sudah dihapuskan hasil dari implementasi Visa free antar negara ASEAN. emoticon-Selamat

SOal kondisi politik,memang lagi memanas akibat partai berkuasa diduga melakukan kecurangan pada pemilu kemarin. tapi gak ada tawuran atau apapun kok gan. ane baru dari sana 1 bulan lalu. aman sentosa. hehe.

PP 1 hari cukup. SR 1 hari cukup so kalau jadwal padat 2 hari saja cukup.
kalau mau agak santai 3 hari. jadi di hari kedua habis dari angkor istirahat dulu liat2 kehidupan malam di siem reap baru besoknya pulang.
tapi semuanya tergantung jadwal pesawat sih. emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By triometi
mantap gan review tentang kambojanya, emang agan skrg lg tgl disana ya trus kl mau di PP sj perlu carter mobil ngga, kl emang perlu biasanya utk 1 hr kena brp ya gan, ok mksh


Kagak gan, ane operator tour yang senang berbagi. hahaha.
menurut ane sih perlu ya gan secara killing field jauh dari pusat kota PP. charter mobil sekitar 40 USD-50 USD bisa muat 7-8 orang. kalo agan sendiri atau orangnya sedikit bisa charter tuk tuk seharian 15-25 USD muat 3-4 orang.
ane saranin pake tour guide kalo di PP karena yang ditonjolkan disini adalah sejarah khmer merah membantai cendikiawan negaranya sendiri. so bakal seru banget dengerin cerita dari tour guide nya.apalagi yang udah lahir zaman itu. sewa tour guide sehari 30 USD-40 USD sehari gan.
Mantep gan!!

Ane baru balik dari sono kemaren.
1 minggu di Siem Reap.

Ane bantuin info Guest house murah + nyaman yang ane tinggalin kemaren.
Bou Savy Guest House.
Rate untuk 1 kamar pake AC 15 USD semalam dapat breakfast.
Info tripadvisor :
Bou Savy Guesthouse Trip Advisor

Kalo ada agan2 laen yang pengen tanya2 info. Monggo..
gan kalo dr Phnom Pen ke Siem Riep atau sebaliknya,pake jalan darat brp lama gan? dan kira2 brp ongkosnya?
Quote:Original Posted By directoRE
gan kalo dr Phnom Pen ke Siem Riep atau sebaliknya,pake jalan darat brp lama gan? dan kira2 brp ongkosnya?


jln darat PP ke SR sekitar 6 jam.
biaya antara 8-12usd tergantung busnya.
Quote:Original Posted By pangeranrj


jln darat PP ke SR sekitar 6 jam.
biaya antara 8-12usd tergantung busnya.


Ooooh jauh jg ya tnyata...kirain cm 2-3jam aja
Tambahin gan, makanan halal di Siem Rea bisa di sini :
Spoiler for "Siem Reap Halal":

Di situ emang daerah kampung Muslim, ada masjidnya juga
untuk harga, standar Cambodia dengan dollar nya emoticon-Berduka (S)