alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52676b2fc1cb173b7b000005/hiburan-odong-odong-seharga-jutaan-dollar
Ngakak 
[HIburan] Odong-Odong Seharga Jutaan Dollar
Odong-Odong Seharga Jutaan Dollar

Shalahuddin Ahmad.

Belum lama Indonesia kembali membeli persenjataan dari amerika senilai 500 juta dollar yang terdiri atas helikopter serang Apache beserta dengan paket pendukungnya yang terdiri atas training, suku cadang, dll.

Untuk urusan senjata dan alat perang maka negara adidaya Amerika merupakan salah satu kiblatnya. Negara manapun yang membutuhkan alat perang pasti menjadikan Amerika sebagai salah satu suplier yang akan diliriknya, kecuali kalau memang negara tersebut sedang mendapatkan embargo dari Amerika.

Amerika bukan hanya menjadi suplier bagi negara-negara yang tidak bisa memenuhi sendiri kebutuhan alat perang dan pertahanannya, bahkan negara-negara Eropa Baratpun yang mempunyai industri persenjataan dan alat perang sendiri masih juga merasa perlu untuk menggunakan alat perang yang dibuat oleh

Membeli alutista dari negara adidaya Amerika ini bukan kali yang pertama. Mesipun pada era presiden Sukarno Indonesia lebih banyak mengandalkan Uni Sovyet sebagai suplier peralatan perangnya, Suharto lebih banyak mengandalkan Amerika dan puncaknya adakah pembelian pesawat tempur F-16 yang akhirnya dibentuk menjadi satu skuadron tersendiri.

Malangnya ketika Indonesia dituduh banyak melakukan pelanggaran HAM terutama di Timor-timur pra jejak pendapat maka Amerika menerapkan embargo persenjataan atas Indonesia. Akibatnya hampir seluruh armada pesawat F-16 yang dimiliki tidak dapat terbang karena ketiadaan suku cadang. Pesawat yang bisa terbang adalah pesawat yang suku cadangnya diperoleh dengwn cara kanibalisasi dari pesawat F-16 yang lain yang sudah lebih dahulu terkapar.

Dari pengalaman itu maka Indonesia merubah kiblat persenjataannya. Hubungan Indonesia dengan Rusia semakin hangat dan antar kepala negara saling bertukar kunjungan. Puncaknya adalah Indonesia mengadakan pembelian pesawat tempur Sukhoi dari Rusia. Transaksi jual beli senjata dengan Rusia disamping bisa dilakukan dengan imbal beli komoditas juga menggunakan skema pembayaran yang lebih menarik dan tidak dikaitkan dengan masalah HAM di Indonesia. Pesawat yang ditawarkan juga pesawat yang dikenal sangat mumpuni dan handal dengan kemampuan manuver yang luar biasa. Siapa tak kenal dengan SU-27 flanker yang manuver khasnya dikenal dengan nama patokan kobra Pugachev. Manuver ini memungkinkan pesawat seperti merem mendadak dengan mendongakkan hidungnya ke atas dan kemudian menurunkan hidungnya dan kembali maju. Konon dengan manuver ini bisa membuat pesawat yang mengejar jet tempur ini terpaksa harus melewatinya dan kemudian bisa ditembak dari belakang oleh jet tempur Sukhoi.

Cukuplah Indonesia mendapatkan sekali pengalaman pahit mengalami embargo senjata dari Amerika Serikat. Menggantungkan sistem persenjatan pada satu negara akan membuat sistem pertahanan Indonesia lemah. Sistem pertahanan seharusnya mengandalkan industri pertahanan yang dikembangkan sendiri tanpa mengandalkan kepada suplai dari negara manapun yang akan membuat pertahanan Indonesia menjadi lemah.

Iran adalah salah satu contoh negara yang mengandalkan sistem pertahanan yang dikembangkannya sendiri tanpa mengandalkan suplai dari negara lain. Hal ini bukan saja membuat Iran bisa melakukan banyak penghematan untuk anggaran militernya tapi juga menjadikannya menjadi kekuatan regional dan bahkan kekuatan internasional yang membuatnya tidak mudah didikte oleh negara manapun apabila itu menyangkut kepentingan dan hak negaranya.

Dengan pengalaman pahit itu mengapa masih juga membeli alutista dari Amerika dan bukan dari negara lain yang tidak mencampurkan urusan dagang dan politik ? Kalau sampai helikopter apache yang dibeli tak bisa digunakan karena embargo maka satu-satunya cara memanfaatkannya adalah dengan menjadikannya odong-odong. Odong-odong seharga jutaan dollar.

sumber: http://hankam.kompasiana.com/2013/10...go-600247.html



peringatan: ini bukan tulisan n pendapat TS emoticon-Malu (S)
ada hubunganya dngan prof.dr. ing. Mudy M.eng??
wow, buat odong2....emoticon-Ngakak

Makin hari,makin banyak aja orang bodoh dinegara ini emoticon-Cape d... (S)
alumni ITB? pantas aja mutu pendidikan semakin tertinggal jauh emoticon-Embarrassment
barang bekas belum tentu jelekemoticon-Kiss
Quote:Original Posted By Mistaravim
Makin hari,makin banyak aja orang bodoh dinegara ini emoticon-Cape d... (S)
alumni ITB? pantas aja mutu pendidikan semakin tertinggal jauh emoticon-Embarrassment


perlu disekolahin dimari kyaknya Om,
dulu juga ane fansboy, tersesat belum terbuka matanya, stlah join di sini jadi tercerahkan, emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By Mistaravim
Makin hari,makin banyak aja orang bodoh dinegara ini emoticon-Cape d... (S)
alumni ITB? pantas aja mutu pendidikan semakin tertinggal jauh emoticon-Embarrassment


justru model orang-orang kayak gini ini yang paling laku di media...pake aja embel-embel pengamat militer, pasti entar bakal diundang di talk show...
user bukan, produsen bukan, perancang bukan....sok tahunya itu loh, songong banget emoticon-Nohope
Suruh nungging klo kemari, mana nih pinisepuh BR? si Shalahuddin bodoh ini perlu ditusbol nihemoticon-Betty
Quote:Original Posted By oedipus.pus


perlu disekolahin dimari kyaknya Om,
dulu juga ane fansboy, tersesat belum terbuka matanya, stlah join di sini jadi tercerahkan, emoticon-Ngakak


dasar wong sugih, apache buat odong2emoticon-Big Grin
ada yang salah ya om dengan artikelnya, bingung ane om, maklum newbe butuh bimbinganemoticon-Ngacir2
Ente si Shalahuddin ya?emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By pangeran81
ada yang salah ya om dengan artikelnya, bingung ane om, maklum newbe butuh bimbinganemoticon-Ngacir2

Quote:Original Posted By oedipus.pus


perlu disekolahin dimari kyaknya Om,
dulu juga ane fansboy, tersesat belum terbuka matanya, stlah join di sini jadi tercerahkan, emoticon-Ngakak


emoticon-Ngakak
korban tusbol neh................................emoticon-Ngacir
Quote:Original Posted By Mistaravim
Makin hari,makin banyak aja orang bodoh dinegara ini emoticon-Cape d... (S)
alumni ITB? pantas aja mutu pendidikan semakin tertinggal jauh emoticon-Embarrassment


oknum alumni itu, gw juga yang alumni keren keren aja tuh emoticon-Cool
Quote:Original Posted By pangeran81
ada yang salah ya om dengan artikelnya, bingung ane om, maklum newbe butuh bimbinganemoticon-Ngacir2



artikelnya ga salah.. hanya saja masih kurang dalam...

letak ‘kesalahannya‘ adalah adanya kata-kata odong odong dalam artikel itu...

kata odong odong itu terlalu berlebihan, karena ga ada penjelasan kenapa dikatakan odong odong. dan ga ada dijelaskan spesifikasi f-16 itu sehingga layak.di katakan odong odong...

kalau disini, ente bilang itu odong odong, ente.harus jelaskan kenapa layak.di katakan odong odong.. kalau ente bs jelaskan, maka yakinlah ga akan.ada yg protes...
Quote:Original Posted By alexander hagal


justru model orang-orang kayak gini ini yang paling laku di media...pake aja embel-embel pengamat militer, pasti entar bakal diundang di talk show...
user bukan, produsen bukan, perancang bukan....sok tahunya itu loh, songong banget emoticon-Nohope


Gw mau coba jd pengamat abal2 juga ahh...Siapa tahu ntar terkenal di media masyarakat jd familiar gw bs dicaleg salah satu partai...sim salabim...jadilah Anggota Komisi I.emoticon-Big Grin
menurut gw gak ada yang salah dengan artikelnya... cuman kekhawatiran si penulis akan ketergantungan indonesia ke USA, Apache AH 64 adalah salah satu apparatus canggih abad ini namun tanpa dukungan sucad yang berkesinambungan hasilnya bisa mangkrak di hanggar.

yah mau gak mau selama kita masih menggantungkan diri pada pihak luar yah kita harus tunduk pada keinginan mereka, satu2nya jalan adalah mandiri.
Indonesia ini negara yang sangat luar biasa..!!

Pas mendekati pemilu, tiba2 ada banyak pengamat politik..

Pas harga ВВМ naek, tiba2 semua orang jadi pengamat ekonomi..

Pas belanja alutsista besar2an, tiba2 banyak sales, profesor, dan pengamat militer nongol entah dari mana..

Luar biasa banget kan..??
klonengan si mudy emoticon-Cape d... (S) cockpit ukiran jepara continue........emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By Mistaravim
Suruh nungging klo kemari, mana nih pinisepuh BR? si Shalahuddin bodoh ini perlu ditusbol nihemoticon-Betty



ampun dach, masih berminat kok dng apa yg disebut airbag system om

Quote:Original Posted By silanceng


emoticon-Ngakak
korban tusbol neh................................emoticon-Ngacir


emoticon-Najis (S)emoticon-Najis (S), emoticon-Mad (S)
Pas Piala Dunia.....tibat-tiba semua jadi pengamat bolaemoticon-Ngakak
negara yg lebih banyak bicara daripada bekerja emoticon-Embarrassment
Quote:Original Posted By Mencoba.Tegar
Indonesia ini negara yang sangat luar biasa..!!

Pas mendekati pemilu, tiba2 ada banyak pengamat politik..

Pas harga ВВМ naek, tiba2 semua orang jadi pengamat ekonomi..

Pas belanja alutsista besar2an, tiba2 banyak sales, profesor, dan pengamat militer nongol entah dari mana..

Luar biasa banget kan..??


Quote:Original Posted By radicalmolecule
menurut gw gak ada yang salah dengan artikelnya... cuman kekhawatiran si penulis akan ketergantungan indonesia ke USA, Apache AH 64 adalah salah satu apparatus canggih abad ini namun tanpa dukungan sucad yang berkesinambungan hasilnya bisa mangkrak di hanggar.

yah mau gak mau selama kita masih menggantungkan diri pada pihak luar yah kita harus tunduk pada keinginan mereka, satu2nya jalan adalah mandiri.


emang gak ada maslah kecuali odong-odong itu. semangat kemandirian emang bagus, tapi tanpa adanya faktor2 pendukung, paling banter yo jadi model propaganda iran.emoticon-Malu (S)
Quote:Original Posted By Mencoba.Tegar
Indonesia ini negara yang sangat luar biasa..!!

Pas mendekati pemilu, tiba2 ada banyak pengamat politik..

Pas harga ВВМ naek, tiba2 semua orang jadi pengamat ekonomi..

Pas belanja alutsista besar2an, tiba2 banyak sales, profesor, dan pengamat militer nongol entah dari mana..

Luar biasa banget kan..??

Namanya juga negara ajib.......
Semua pada pengen terkenal tnpa mikir salah apa bener yg dilakuin....