alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52641648a3cb174048000002/sedikit-tentang-marketing-research
Sedikit tentang Marketing Research
Setelah sekian lama absen bikin thread, kali ini ane pengen share sedikit tentang marketing research. Hopefully, bisa sedikit ngebantu agan2 yang tertarik ingin jadi researcher. Berbekal pengalaman 1 tahun 4 bulan bekerja di industri ini, ane akan coba share dengan tujuan semoga bermanfaat buat referensi agan2 sekalian.

Mungkin bekerja di marketing research bukanlah cita2 dari kebanyakan agan2 sekalian setelah lulus kuliah. Mostly, fresh graduate lebih tertarik untuk apply di industri perbankan, BUMN, CPNS, Mining atau perusahaan2 multinasional let's say astra internatinonal, unilever, danone, kraft, P&G, etc. Bener ga gan?

Gak munafik, buat agan2 yang ngerasa lulusan dari universitas terbaik di negeri ini pasti menginginkan bisa berkarir di perusahaan terbaik dengan standar salary yang tinggi dan benefit yang menggiurkan. Awalnya ane juga gitu, sebagai lulusan statistika di salah satu universitas negeri yang lumayan bonafit, besar harapan bisa bekerja di salah satu BUMN yang bagus. Cuma alhamdulillah, rejekinya ternyata di sebuah perusahaan riset pasar multinational yang berkantor di jakarta.

Jika kita mendengar kata "marketing" biasanya yang terlintas adalah "sales", "jualan", "pasar". Well, artinya sebenarnya memang "pasar". Sementara, jika mendengar kata "research" yang terlintas mungkin adalah peneliti, ilmuan, scientist, atau mungkin survei. (*bisa jadi, bisa jadi)

Awalnya, ketika bekerja disini ane kesulitan menjelaskan ke orang2 yang tidak familiar dengan nama perusahaan ane. Pun ketika dijelaskan bahwa ane bekerja di marketing research atau riset pasar mereka tetap tidak mengerti. Tentu saja itu tidak akan terjadi jika ane bekerja di perbankan yg sudah dikenal luas oleh masyarakat. Nyokap dan seluruh keluarga ane selalu kesulitan dalam melafalkan nama perusahaan ane ketika ditanya anaknya di jakarta bekerja dimana. padahal nama perusahaan ane itu cuma terdiri dari 5 huruf, satu kata, Ipsos.

Singkat cerita ane terpaksa sedikit menjelaskan tentang kerjaan ane sehari2 itu ngapain aja, sapa yang punya perusahaan, dan benefitnya apa. Pertama2, ane jelasin kalau perusahaan ane adalah perusahaan multinasional punya orang perancis yang bergerak di bidang penelitian pasar. Mereka mulai tertarik karena mendengar perusahaan asing. Kerjaan ane, mostly berhubungan dengan riset dan pasar. Bisa dikatakan survei pasar.

Survei?Ke lapangan donk?
Nah, disinilah ane mulai menjelaskan apa saja kerjaan ane, sapa client ane, apa enaknya kerjaan ane. Jadi, sebagai researcher ane bertanggung jawab terhadap project2 yang masuk dari client. Flow nya begini, kita biasanya mendapatkan reseacrh brief dari client, kemudian dari brief tersebut kita mulai menyiapkan proposal, cost, timeline untuk project tersebut. Setelah itu, jika project commisioned, kita mulai menyiapkan kuesioner, briefing ke field dan interviewer, dan monitor progress fieldwork. Sebelumnya, perusahaan MR (Marketing Research) biasanya memiliki Fieldwork agency sendiri atau independent field agency sebagai operasional. Kembali ke tugas researcher, setelah FW kelar, tugas berikutnya adalah membuat report dari data yang sudah kita peroleh. Done, sederhananya adalah begitu.

yang biasa di riset apa aja sih?
Macem2,,,kami melakukan banyak riset. Secara garis besar, research ke bagi dua, yaitu quantitative research dan qualitative research.

Quantitative identik dengan sample size yang besar, bisa dihitung pakai angka, dimana angka2nya diperoleh dari hasil perhitungan statistik. Sementara, qualitative adalah kebalikannya. Tidak ada angka, semuanya di dapat dari interview mendalam (in-depth interview) atau FGD (Forum Group Discussion) dan sample nya biasanya kecil. Untuk jenis2 study nya macem2, Mulai dari Mistery shopper, product test, advertising test, shopper, usage and attitude study, dll.

Client nya sapa?
Ternyata potensi clientnya sangat banyak gan, hampir semua perusahaan punya "sesuatu" untuk di research. Tugas MR adalah memahami pasar dan konsumen sehingga membantu client dalam mengambil keputusan dan memenangkan bisnisnya.Mulai dari ketika mereka punya ide atau konsep terhadap suatu produk/jasa, ingin meluncurkan produk baru, ingin memahami kebiasaan dan konsumsi konsumen, ingin mengevaluasi produk, iklan atau jasa yang mereka tawarkan di pasar atau evaluasi event/kegiatan dari suatu perusahaan, dan masih banyak lagi gan.

See??sudah mulai tertarikkah agan2 sekalian? Agan2 tau kenapa perusahaan2 bisa berkembang dengan baik?bisa meluncurkan produk2 baru yang dapat diterima konsumen? bisa tahu posisi produk mereka dimana?sapa target konsumennya?memahami apa yang dibutuhkan konsumen? semua itu berawal dari marketing research gan.

Ternyata, ada banyak perusahaan MR multinasional yang ada di jakarta gan. Agan pernah dengar Nielsen? atau mungkin sempet nonton kick andy pas ngundang iwan setyawan penulis "9 summer 10 autums" yang ternyata pernah bekerja di Nielsen New York selama 10 tahun? Thanks to him, karena novelnya ane tertarik bekerja di MR. Melalui novel dan filmnya dia juga secara tidak sengaja memperkenalkan dunia MR kepada orang2 yang masih awam. Selain Nielsen, ada banyak lagi perusahaan2 MR yang cukup terkenal di mata perusahaan2 multinasional lainnya. Tentu saja perusahaan ane saat ini salah satu yang termasuk terkenal itu. emoticon-Smilie

Berikut beberapa perusahaan MR multinasional yang ane kira cukup terkenal di kalangan researcher gan : Nielsen, Ipsos, TNS, Millward Brown (MB), Kadence. Agan2 bisa cek di google untuk info lebih lanjut mengenai perusahaan.

Apa enaknya kerja di MR?
Selain dari risetnya yang menarik dan selalu bekembang, pemahaman kita yang mendalam mengenai prilaku konsumen, membantu perusahaan besar dalam mengambil keputusan besar. Perusahaan MR biasanya punya jam kerja yang flexible (tetep 8 jam kerja ya gan),ke kantor pun bebas mau pakai apa aja (jeans, kaos diperbolehkan), outing ke luar negeri (beberapa perusahaan multinasional biasanya menawarkan company trip keluar negeri 1x setahun untuk setiap karyawannya), salary lumayan..ga kalah kok dgn standar BUMN untuk yg fresh graduate. Jenjang karir lumayan cepet juga. emoticon-Wink

btw, udah jam 12 lewat gan. Besok adalah 3 hari terakhir ane di kantor yang sekarang. *upsss...ketauan mau resign...hoho. Ane bakal ceritain kekurangan ato sisi gak enaknya di next thread ya. See you soon...
Mangstap gan. Ane pernah kerja di Market Research. Ane ninggalin jejak dulu.
setuju. indah indah ya ceritanya kalau kerja di marketing research. jangan-jangan agan ts sekantor dgnku or segedung emoticon-Smilie salam riset
ikut ninggalin jejak gan.
skrg udah nyebrang dr market research dan pgn balik lagi nih emoticon-Blue Guy Cendol (L)
gan ts @Neediia22 sekarang masih di agensikah? nelesen mw ipsos rm ?