alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/525f796019cb170a21000001/uji-coba-torpedo-manusia-oleh-relawan-ri
Uji Coba Torpedo Manusia oleh Relawan RI
Uji Coba Torpedo Manusia oleh Relawan RI

Selama PD II, torpedo manusia oleh AL Jepang disebut Kaiten. Pernah dioperasikan dan menjadi ajang bunuh diri bagi prajurit berusia remaja.

Dimulainya Operasi Trikora untuk membebaskan Irian Barat pada tahun 1961 menggerakkan semua lini Angkatan Bersenjara RI. Dalam operasi ini, tugas Pasukan Katak (Paska) AL yang dibentuk pada 31 Maret 1962 dan dikomandani Letkol OP Koesno adalah menyusup ke wilayah lawan untuk melancarkan serangan sabotase.

Namun, ada salah satu tugas Paska yang dikomandani Kepala Stafnya, Mayor Urip Santoso, yang cukup unik. Terkisah, Paska dengan pimpinan Mayor Urip ditempatkan di Teluk Peleng untuk menanti perkembangan.

Suatu hari, Mayor Urip mendapat tambahan anak buah berupa dua peleton sukarelawan sipil beserta lima human torpedo (torpedo manusia) untuk misi bunuh diri. Selama Perang Dunia II, torpedo manusia oleh AL Jepang disebut Kaiten. Pernah dioperasikan dan menjadi ajang bunuh diri bagi prajurit berusia remaja.

Sebelum dioperasikan, program latihan Kaiten telah menyebabkan korban jiwa sebanyak 15 orang. Dalam operasinya, Kaiten bisa diluncurkan dari kapal selam atau kapal penjelajah ringan. Mayor Urip merasa heran dengan manusia terpedo ini karena belum mendapat taklimat sebelumnya.

Ia hanya tahu soal Proyek Y yaitu torpedo biasa yang diisi 100 kilogram TNT. Untuk pemicu ledakan, torpedo dilengkapi mekanisme detonasi yang secara otomatis akan meledak waktu bertabrakan dengan dinding kapal.

Dari mekanisme kerjanya, ujung torpedo diangkut menggunakan sebuah speedboat kecil yang dikemudikan oleh seorang sukarelawan yang mengarahkan dan membenturkan ujung topredo kepada kapal musuh. Sesaat sebelum speedboat beserta torpedo membentur kapal musuh, pengemudi akan melompat menggunakan kursi lontar. Persis mirip kursi lontar pesawat jet tempur.

Guna mengantisipasi kemungkinan terburuk, Mayor Urip lebih dulu mencoba hal ini pada speedboat dan sukarelawannya. Ternyata kekuatan mesin tempel pada speedboat itu tidak sesuai yang disampaikan. Para sukarelawan juga belum mencobanya di lautan lepas. Apalagi kursi lontar yang katanya terpasang, ternyata tidak ada. Sehingga pelaku harus melompat sendiri sebelum torpedo meledak.

Namun, yang membuat Mayor Urip makin geleng-geleng kepala adalah mekanisme detonasi yang tidak berfungsi sama sekali. Ketika hasil ini dilaporkan pada Panglima ATA-17, Komodor Sudomo ternyata tidak keluar komentar apa pun. Yang pasti, Mayour Urip lega karena jika operasi jadi digelar dan torpedo-torpedo manusia itu digunakan, bisa dipastikan tidak ada satu pun sukarelawan yang selamat.(Zika Zakiya. Disarikan dari Majalah Angkasa Edisi Koleksi Trikora)

link http://garudamiliter.blogspot.com/

Baru tau ada terpedo manusia,baru latihan aja dah 15 yang mati,untung ngak jadi di gunakan
emoticon-Matabelo caranya cuci otak calon eksekutornya gimana ya..
Quote:Original Posted By bintangrock
emoticon-Matabelo caranya cuci otak calon eksekutornya gimana ya..


Ini "pengantin" model jaman dulu ya brarti
baru dengar kita punya kaiten atau human terpedo, ini sisa peninggalan Jepang era PD II atau buatan Soviet?

emoticon-Bingung (S)
rupanya ada kemungkinan terjadi sejarah tentara kita melakukan suicide mission juga kita
tapi bersyukur gak jadi diterapkan, walo jadi diterapkan kayanya pas era 45 an masih banyak orang yang mau jadi sukarelawan suicide mission
kalau ga salah, ini kan cikal bakal berdirinya kopaska emoticon-Bingung (S)
Quote:Original Posted By bintangrock
emoticon-Matabelo caranya cuci otak calon eksekutornya gimana ya..


Demi tanah air.. emoticon-Big Grin
Siap berkorban jiwa dan raga demi menggagalkan ambisi neokolonialisme Belanda dan mengembalikan tanah Irian ke pangkuan ibu pertiwi...

Zaman segitu mah masih anget2nya indoktrinasi anti-Belanda. Dikata2in gitu langsung gerak. Coba sekarang... Kudu diseret dl baru mau jalan.
Quote:Original Posted By stuka1788


Demi tanah air.. emoticon-Big Grin
Siap berkorban jiwa dan raga demi menggagalkan ambisi neokolonialisme Belanda dan mengembalikan tanah Irian ke pangkuan ibu pertiwi...

Zaman segitu mah masih anget2nya indoktrinasi anti-Belanda. Dikata2in gitu langsung gerak. Coba sekarang... Kudu diseret dl baru mau jalan.

om yang mo daftar TNI/Polri saja masih banyak kok emoticon-siul
setidaknya, meskipun ini suicide mission, tapi targetnya adalah kepentingan militer, nggak ada civillian yang jadi korban
kalau sekarang....banyak orang yang mau jadi "pengantin", dengan tujuan yang nggak jelas
Quote:Original Posted By alexander hagal
setidaknya, meskipun ini suicide mission, tapi targetnya adalah kepentingan militer, nggak ada civillian yang jadi korban
kalau sekarang....banyak orang yang mau jadi "pengantin", dengan tujuan yang nggak jelas

tujuan kan jelas bikin negara islam sama memerangi mama rikaemoticon-Malu (S)
artikelnya bikin rancu....antaranya bahas kaitennya Jepang sama Torpedo berjiwa nya TNI AL.. kalimatnya nyambung
Quote:Original Posted By wahwibson

tujuan kan jelas bikin negara islam sama memerangi mama rikaemoticon-Malu (S)


tapi anehnya yang mati bukan orang mamarika, malah orang-orang sebangsanya sendiri emoticon-Nohope
Quote:Original Posted By alexander hagal

tapi anehnya yang mati bukan orang mamarika, malah orang-orang sebangsanya sendiri emoticon-Nohope

halah kumpulan manusia sok suci menganggap pemerintah kita antek amerikaemoticon-Ngakak

papling ngenes ngebom bali alsannya sarang maksiatemoticon-Cape d... (S)
Quote:Original Posted By wahwibson

om yang mo daftar TNI/Polri saja masih banyak kok emoticon-siul


Nggak semua yang mendaftar sebagai TNI/Polri bisa dicap punya rasa nasionalisme tinggi emoticon-Malu (S)

Tingginya minat pendaftar TNI/Polri nggak seketika itu juga bisa dijadikan parameter tingginya semangat nasionalisme. Coba deh tanyain satu2 yang bener2 pengen mengabdi pada bangsa dan negara berapa dibandingin dengan yang mencari penghidupan, terkena doktrin ortu, atau karena prestige.
Quote:Original Posted By stuka1788


Nggak semua yang mendaftar sebagai TNI/Polri bisa dicap punya rasa nasionalisme tinggi emoticon-Malu (S)

Tingginya minat pendaftar TNI/Polri nggak seketika itu juga bisa dijadikan parameter tingginya semangat nasionalisme. Coba deh tanyain satu2 yang bener2 pengen mengabdi pada bangsa dan negara berapa dibandingin dengan yang mencari penghidupan, terkena doktrin ortu, atau karena prestige.


karena ada jatah bangemoticon-Malu (S)
Quote:Original Posted By stuka1788


Nggak semua yang mendaftar sebagai TNI/Polri bisa dicap punya rasa nasionalisme tinggi emoticon-Malu (S)

Tingginya minat pendaftar TNI/Polri nggak seketika itu juga bisa dijadikan parameter tingginya semangat nasionalisme. Coba deh tanyain satu2 yang bener2 pengen mengabdi pada bangsa dan negara berapa dibandingin dengan yang mencari penghidupan, terkena doktrin ortu, atau karena prestige.


di daerah ane, rata-rata anak-anak muda ingin jadi TNI ada 2 alasan.. menjadi pegawai negeri tanpa harus kuliah atau untuk meningkatkan prestige emoticon-Big Grin dan anehnya, yang ingin menjadi TNI karena didasari rasa ingin membela negara rata-rata pada ga' lolos.. emoticon-Ngacir
Quote:Original Posted By Fenderstrat


di daerah ane, rata-rata anak-anak muda ingin jadi TNI ada 2 alasan.. menjadi pegawai negeri tanpa harus kuliah atau untuk meningkatkan prestige emoticon-Big Grin dan anehnya, yang ingin menjadi TNI karena didasari rasa ingin membela negara rata-rata pada ga' lolos.. emoticon-Ngacir


1 satu lagi, biar banyak cewenya....emoticon-Malu (S), jadi tengtara itu obat ganteng
Quote:Original Posted By fania.sari
Uji Coba Torpedo Manusia oleh Relawan RI


Sebelum dioperasikan, program latihan Kaiten telah menyebabkan korban jiwa sebanyak 15 orang. Dalam operasinya, Kaiten bisa diluncurkan dari kapal selam atau kapal penjelajah ringan. Mayor Urip merasa heran dengan manusia terpedo ini karena belum mendapat taklimat sebelumnya.


link http://garudamiliter.blogspot.com/

Baru tau ada terpedo manusia,baru latihan aja dah 15 yang mati,untung ngak jadi di gunakan


emoticon-Cape d... (S) yang korban 15 orang itu dari jepang kok bukan dari kita
Quote:Original Posted By Fenderstrat


di daerah ane, rata-rata anak-anak muda ingin jadi TNI ada 2 alasan.. menjadi pegawai negeri tanpa harus kuliah atau untuk meningkatkan prestige emoticon-Big Grin dan anehnya, yang ingin menjadi TNI karena didasari rasa ingin membela negara rata-rata pada ga' lolos.. emoticon-Ngacir


Makanya ane bilang nggak bisa dijadikan parameter
Quote:Original Posted By fania.sari


karena ada jatah bangemoticon-Malu (S)


masih ada jatah2an gitu ya gan??

klo yg dapat jatah benar jatuhnya ga pa2 jg, tp klo yg dapat jatahnya main2 kasihan yg ga keterima karena ada mekanisme jatah2n ky gt

cmiiw
×