alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/525f6b8da1cb17106e000009/andai-uang-rp-52-t-erick-thohir-buat-benahi-sepakbola-indonesia
Andai uang Rp 5,2 T Erick Thohir buat benahi sepakbola Indonesia
Merdeka.com - Trio pengusaha Indonesia Erick Thohir, Rosan Roeslani dan Handy Soetedjo yang tergabung dalam International Sports Capital sukses mengakuisisi 70 persen saham klub sepak bola Italia Internazionale Milan. Kesepakatan itu dicapai melalui negosiasi panjang yang telah berlangsung berbulan-bulan dengan Presiden Inter Milan Massimo Moratti.

15 Oktober 2013, Internazionale Holding Srl, perusahaan Moratti yang menguasai saham Inter meneken akta penjualan saham itu. Bagaimana struktur di tubuh Inter Milan, baru akan disahkan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa yang akan berlangsung 28 Oktober mendatang.

Moratti selaku pemegang Internazional Holding melalui rilisnya menyatakan International Sports Capital akan menjadi pemilik baru klub. "Mereka akan menjadi pemegang saham pengendali melalui peningkatan modal khusus. Saya berharap Erick, Rosan, dan Handy mampu menambah daftar kemenangan Inter," kata Moratti.

Sementara Erick menyatakan, akan tetap bersama Moratti memimpin Inter Milan ke depan. "Saya memang seorang pengusaha, tapi saya sepenuhnya adalah suporter dan pecinta olahraga. Saya tidak sabar menunggu untuk segera menyalurkan passion dan pengalaman internasional yang kami miliki untuk mengembangkan klub dan suporternya," kata Erick.

Berapa nilai transaksi saham itu? Kedua pihak belum mengungkapkannya. Namun sumber yang dikutip beberapa media di Italia menyatakan Erick Thohir dkk merogoh kocek hingga USD 476 juta atau sekitar Rp 5,2 triliun (kurs Rp 11.000/ 1 USD).

Kiprah Erick Thohir selama ini dikenal sebagai pengusaha di bidang media dengan mendirikan Grup Mahaka. Pada 2001 Erick membeli koran Republika, Jak TV, dan beberapa radio, seperti Gen FM, Delta FM dan Female Radio. Dia juga pemegang saham di TVOne.

Menggemari olah raga basket, Erick bahkan bergabung dengan konsorsium yang memiliki salah satu klub basket NBA, Philadelphia 76ers. Erick juga menjadi salah satu pemilik klub sepak bola Major League Soccer (MLS) DC United.

Dengan uang sebesar Rp 5,2 triliun lebih itu, Erick sebenarnya bisa menjadi 'pahlawan' di Indonesia jika saja dia mau turut membenahi karut marutnya sepak bola Indonesia. Andai uang itu digelontorkan untuk sepak bola Indonesia, bisa dipakai untuk apa saja?

Spoiler for Menjadi sponsor utama ISL selama 100 musim:


Spoiler for Sponsor utama di 1.000 klub di Indonesia:


Spoiler for Membiayai Timnas di semua jenjang selama 28 tahun:


Spoiler for Membangun 10 stadion bertaraf internasional:


SUMBER BERITA


Biar Berimbang ah

Beli Inter Milan, jangan sebut Erick Thohir tak nasionalis

Merdeka.com - Presiden Internazionale Milan Massimo Moratti akhirnya melepas 70 persen kepemilikan sahamnya di klub sepak bola Italia itu kepada trio pengusaha Indonesia Erick Thohir, Rosan Roeslani, dan Handy Soetedjo yang tergabung dalam International Sports Capital. Uang sebesar USD 476 juta atau senilai Rp 5,2 triliun dibayarkan Erick.

Aksi bisnis Erick di dunia olah raga ini bukan yang pertama. Erick sejak lama dikenal menggemari basket. Dia memiliki klub Satria Muda yang berlaga di kompetisi basket nasional. Erick juga bersama sebuah konsorsium mengambil alih kepemilikan klub basket NBA Philadelphia 76ers. Aksi Erick di Amerika belum berhenti ketika dia mengakuisisi saham di klub Major League Soccer (MLS) DC United.

Pengamat sepakbola yang juga pengajar di Universitas Indonesia (UI) Ari Junaedi menganggap langkah Erick Thohir mengambil alih Inter Milan sangat tepat karena langkah terobosan ini dianggap mujarab untuk "menyeret" sepak bola nasional ke pentas dunia.

"Saya yakin jika ada pemain nasional kita memiliki talenta yang berkualitas maka akses untuk menembus pentas dunia makin terbuka lebar. Jangan dilihat dari jumlah uang yang dikeluarkan Erick setara dengan berapa banyak stadion sepak bola modern bisa dibangun di tanah air atau berapa besar pengembangan sepak bola di tanah air, kita saatnya untuk go international. Harus diakui sebagai pengusaha, pengambilalihan Inter Milan oleh Erick karena bernilai ekonomis yang tinggi," jelas Ari dalam perbincangan dengan merdeka.com, Kamis (17/10).

Ari melihat, klub Inter Milan sebagai juara tiga kali gelar Piala Champhions Eropa, 15 kali gelar scudetto, 3 kali Piala Liaga Italia dan pernah juara dunia antar klub, memiliki nilai jual tinggi di mata pemasang iklan.

"Ingat, nilai jual siaran tayang pertandingan Inter Milan yang tinggi, penjualan merchandise serta faktor supporter yang besar di seluruh dunia menjadikan nilai bisnis Inter Milan sangat menjanjikan. Saya yakin dengan pengalaman Erick mengolah klub basket NBA Philadelphia 76ers serta klub sepakbola MLS DC United di AS serta beragam lini usaha di tanah air dan mancanegara, sentuhan tangan midas akan bertaji di Inter Milan," kata peraih gelar doktor komunikasi politik ini.

Terkait kritikan seharusnya uang Erick bisa dipakai untuk membangun sepak bola di Indonesia, Ari menilai, sebenarnya bos Grup Mahaka itu sudah membuka akses bagi para pemain Indonesia. "Buktinya Syamsir Alam dan Andik Vermansyah. Hanya saja mungkin karena kelas pemain kita yang belum optimal. Andik hanya sempat trial 2 minggu dan Syamsir baru masuk skuad kelas reserve DC United," ujarnya.

"Harus diakui, sebagai bisnisman tentu Erick juga harus berhitung soal investasinya. Wajar jika Erick lebih memilih Inter Milan ketimbang memodali persepakbolaan di Indonesia," imbuh Ari.

Dia menegaskan, tidak ada yang salah dengan langkah Erick berinvestasi di luar negeri ketimbang di dalam negeri. "Sangat salah jika Erick disebut tidak nasionalis hanya karena membeli Inter Milan dan tidak langsung membenahi persepakbolaan tanah air. Justru dengan membeli Inter Milan, akses pemain nasional untuk berkiprah di pentas dunia makin terbuka lebar," tandas Ari.

SUMBER


emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo
Gw bingung... orang koq nggak pada ngeh kalo tuh duit si ET buat beli inter dll adalah duitnya dagumen ya?!?! emoticon-Cape deeehh
Lawannya dagumen gan emoticon-Ngakak (S)
udah terlalu mengakar itu kuku kuku dagumen dan beringin angker di PSSI
Iklim sepakbola nasional gak kondusif.
Justru saya mendukung langkah beliau.
Siapa pun pengen untung laa...
Ini membuka peluang relasi pemain Indonesia ke klub luar.
pasti gak balik modal emoticon-Big Grin
trus apa yang dia dapat sebagai businessman? birokrasi yang berbelit atau pengurangan pajak? emoticon-Big Grin
ngapain?? mendingan yg udah jelas..

kan ini profit oriented toh pssi udah ada dananya..
yaelah, itu uang2nya dia sendiri gan,, namanya jg pengusaha gan, pasti orientasinya tetep bisnis n keuntungan lah, selain krn dia jg suka dunia olahraga.. ikut ngurusin sepakbola Indonesia? la PSSI itu fungsinya buat apa gan? bukannya mereka jg punya dana buanyak untuk ngurus sepakbola Indonesia? cuma ya krn dikorupsi aja..



Andai uang Rp 5,2 T Erick Thohir buat benahi sepakbola Indonesia
Quote:Original Posted By ** SENSOR **SENSOR
Gw bingung... orang koq nggak pada ngeh kalo tuh duit si ET buat beli inter dll adalah duitnya dagumen ya?!?! emoticon-Cape deeehh

masak duitnya dagumen sih gan,lha kok mau bayar utang aja musti jualina aset2nya ??? emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By bonekababi1881
Lawannya dagumen gan emoticon-Ngakak (S)
udah terlalu mengakar itu kuku kuku dagumen dan beringin angker di PSSI


kata agan di atas duit buat beli sahamnya inter pake duitnta dagumen??

Quote:Original Posted By Ambrosiagan
Iklim sepakbola nasional gak kondusif.
Justru saya mendukung langkah beliau.
Siapa pun pengen untung laa...
Ini membuka peluang relasi pemain Indonesia ke klub luar.


semua ujung2nya duita ya gan emoticon-Matabelo

lah dia beli klub eropa buat bisnis, artinya ngarepin profit.
duit yang dia keluarin bukan zakat ato infaq gan emoticon-Ngakak
kecuali duit itu sedekah, dan disumbangin ke lub eropa, ya boleh lah kita ngarep emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By ** SENSOR **SENSOR
Gw bingung... orang koq nggak pada ngeh kalo tuh duit si ET buat beli inter dll adalah duitnya dagumen ya?!?! emoticon-Cape deeehh




kok bisa gan?? emoticon-Bingung (S)
Quote:Original Posted By ** SENSOR **SENSOR
Gw bingung... orang koq nggak pada ngeh kalo tuh duit si ET buat beli inter dll adalah duitnya dagumen ya?!?! emoticon-Cape deeehh

link? atau dugaan ente aja? emoticon-Embarrassment
mo buat beli inter
mo buat beli tim odong2
terserah yg punya duit
Quote:Original Posted By trader.champloo
pasti gak balik modal emoticon-Big Grin

setuju. kalo diinvest di sepakbola indonesia, abis dah dikorup.
yang punya duit siapa, yang sewot siapa??
terserah yang punya duitlah. mau dipake hura2, bisnis, atau apapun itu kan urusan dia.
Quote:Original Posted By harimurtie

setuju. kalo diinvest di sepakbola indonesia, abis dah dikorup.


kalo dikorup berarti PT.Djarum super ndak mau jadi sponsor utama lagi donk gan?? profitnya berarti ada... emoticon-Malu (S)
dkit2 buat negara emoticon-Big Grin
dkit2 buat negara emoticon-Big Grin

dr pajak aja sbnrnya uda cukup..tp liat gak penggunaannya? emoticon-Big Grin
bau2nya mau ada sesuatu di bidang politik jadinya dia bikin sensasi supaya namanya termashyur emoticon-Ngakak (S)
Takut uang nya di korupsi sama pssi pastinya emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
daripada ngedikte orang harus buang duitnya kemana, knp ga lu aja usaha supaya bisa setajir erick tohir, trus lu pake duitnya buat sepakbola nasional.. sip kan?
emang kalo kritik paling gampang
×