alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/525f614d128b46771500000d/polantas-tertibkan-mobil-odong-odong
Polantas Tertibkan Mobil Odong-odong
Quote:Oct 11, 2013
AEFQ

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menertibkan mobil odong-odong. Sebab, keberadaannya sudah mengganggu arus lalu lintas lantara kerap beroperasi di jalan-jalan utama. Selain itu, mobil rekreasi ala kampong ini ternyata banyak tidak memiliki STNK dan kerang mengangkut penumpang secara berlebihan sehingga membahayakan keselamatan.

"Ini safety beltnya tidak ada, lampu tidak menyala, bangku sudah dimodifikasi, semua ini membahayakan. Apalagi penumpangnya anak-anak, untuk itu kita tertibkan," kata Kasubdit Gakum Polda Metro Jaya AKBP Hindarsono, Senin (9/10).

Ditegaskan Hindarsono, penertiban ini dilakukan untuk mencegah jatuhnya korban. Dia juga membantah adanya anggapan polisi mempersulit warga yang ingin mencari makan. "Kita bukan membatasi orang mencari nafkah, tapi nanti kalau jumlahnya sudah ribuan dan sudah ada korban bagaimana? Sebab itu kita tertibkan," katanya.

Lanjut Hindarsono, beberapa mobil ini juga tidak memiliki STNK. Mobil odong-odong ini juga kebanyakan kelebihan muatan. "Mobil harusnya cuma 6 orang ini dimodifikasi sampai belasan orang kan bahaya," terangnya.

Kedepannya akan dicarikan solusi bagaimana odong-odong ini bisa beroperasi namun tidak membahayakan penumpangnya. "Kendaraan ini kan seharusnya beroperasi di jalur wisata, bukan di jalanan umum. Nanti kita cari solusi terbaiknya kita akan kumpulkan pemiliknya dan juga Dishub untuk cari jalan keluarnya," katanya.

Odong-odong bermesin ini banyak dijumpai di perkampungan di Jakarta dan sekitarnya seperti Bekasi, Tangerang dan Depok. Tiap penumpang hanya ditarik Rp 2.000-3.000. Satu armada bisa mengangkut 20-an anak. Odong-odong yang dimodif mirip kereta Thomas atau mainan anak-anak ini mengangkut penumpang dari perkampungan lalu berkeliling ke jalan besar lantas kembali lagi.

Sebelumnya dua unit minibus Toyota Kijang tahun 1984 dengan nomor polisi B 1445 YL dan Toyota Kijang tahun 1980 nopol B 7414 LN diamankan petugas lantaran disulap menjadi odong-odong. Odong-odong tersebut diamankan lantaran telah dimodifikasi dan melintas di jalan raya.

"Telah dilakukan penindakan terhadap kendaraan Toyota Kijang tahun 1984 dengan nopol B 1445 YL dan Toyota Kijang tahun 1980 nopol B 7414 LN," ujar Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Hindarsono.

Toyota Kijang yang telah disulap menjadi odong-odong tersebut disopiri oleh Harly Christian dan Junaedi. Dua odong-odong itu diamankan saat kedapatan sedang melintas di Jalan Raya Basuki Rahmat, Jakarta Timur. "Kendaraan tersebut telah diubah bentuk dari minibus menjadi odong-odong," ujarnya.

Sebelum diubah menjadi odong-odong, Hindarsono melanjutkan, kendaraan tersebut seharusnya berkapasitas sekitar delapan orang berikut pengemudi. Setelah diubah menjadi odong-odong kendaraan dapat memuat sebanyak 20 orang anak. (Sony/Danar)

SUMBER


PS TS:
Banyak bis di jalan utama..bahaya juga emoticon-Matabelo

Ada benernya juga di tertibkan sih..kalo semua warga berlaku se-enak perutnya sendiri dengan alasan cari nafkah tapi menggangu keselamatan juga ketertiban umum.. Lama-lama makin semerawut ibukota ini emoticon-Cape d...

udah semerawut tambah lagi semerawut emoticon-Cape d...

Sedikit bantuan dari kaskuser emoticon-Big Grin
penampakan Odong - Odong di jalan TOL


Spoiler for penampakan biar eksis:
pasti ini akan jadi polemik
Odong - odong emoticon-Ngakak
pasti nanti ada yang teriak teriak hiburan buat wong cilik jangan ditertibkan, kasihan, perut lapar, susah kerja, gak ada penghasilan lain bla bla bla emoticon-Malu (S)
Quote:Original Posted By bretpitt
pasti nanti ada yang teriak teriak hiburan buat wong cilik jangan ditertibkan, kasihan, perut lapar, susah kerja, gak ada penghasilan lain bla bla bla emoticon-Malu (S)


kalo di jalan utama udah pasti bahaya gan..banyak bis pula emoticon-Sorry
pasti ada yg menolak ditertibkan dgn alasan org miskin kok dipersulit. sebenarnya idealnya hukum itu kan memihak yg benar, tp kl di indonesia keadilan hukum diartikan harus memihak yg miskin baru dibilang adil emoticon-Cape d... (S)
masih banyak kyknya, kemaren sore masih liat di kemanggisan bawa org bejibun
emang musti ditertibin nih mobil abal2 jangan sampe nanti ada kasus laka lantas mobil odong2 ditabrak anak pejabat ngantuk di jalan tol emoticon-Big Grin....
picnya dong...
ember,gw paling sebel sama odong" apalagi yg puanjaanngg.....
perna jalan yg cuma 2 jalur rame pula.mao ga mao nungguin dibelakangnya deh.mao nyalip...puanjang bgt.sulit deh.....lelet bner pula...mending angkot sering brenti tapi ngasi jalan....ampun dehh...
smoga diberantas dr jalanan utama....
sekalian tuh dihabisin motor yg dimodif kasih keranjang kiri kanan, menuh2xin jalan & bikin ga enak mobil di deketnya
Quote:Original Posted By RottenSociety
emang musti ditertibin nih mobil abal2 jangan sampe nanti ada kasus laka lantas mobil odong2 ditabrak anak pejabat ngantuk di jalan tol emoticon-Big Grin....


ahahah si agan istilahnya emoticon-Ngakak

odong odong nyampe ke jalan tol emoticon-Ngakak
kalo kejadian buset kaga kelar2 pasti persidangan emoticon-Ngakak
ya bener lah jangan di jalan utama.. bahaya.. di tempat ane kelilingnya daerah perumahan ato kampung.. yang notabene sepi kendaraan yang suka ngebut..

minimal ntar solusinya boleh beroperasi tapi di daerah yang jarang lalu lalang kendaraan dengan kecepatan tinggi..



Quote:Original Posted By Z0mby
picnya dong...
ember,gw paling sebel sama odong" apalagi yg puanjaanngg.....
perna jalan yg cuma 2 jalur rame pula.mao ga mao nungguin dibelakangnya deh.mao nyalip...puanjang bgt.sulit deh.....lelet bner pula...mending angkot sering brenti tapi ngasi jalan....ampun dehh...
smoga diberantas dr jalanan utama....


dari sumber nggak ada PIC odong-odongnya gan emoticon-Sorry

Bakalan ada yang marah2 lagi nih kayaknya. emoticon-Thinking
yang jelas tidak berijin tidak bayar pajak emoticon-Embarrassment
Quote:Original Posted By frost1986
ya bener lah jangan di jalan utama.. bahaya.. di tempat ane kelilingnya daerah perumahan ato kampung.. yang notabene sepi kendaraan yang suka ngebut..

minimal ntar solusinya boleh beroperasi tapi di daerah yang jarang lalu lalang kendaraan dengan kecepatan tinggi..





Bisa juga nih logikanya.. emoticon-Big Grin

katanya si bapak begini soalnya:

Quote:Kedepannya akan dicarikan solusi bagaimana odong-odong ini bisa beroperasi namun tidak membahayakan penumpangnya. "Kendaraan ini kan seharusnya beroperasi di jalur wisata, bukan di jalanan umum. Nanti kita cari solusi terbaiknya kita akan kumpulkan pemiliknya dan juga Dishub untuk cari jalan keluarnya," katanya.
bagus ni kalo ditertibkan, ane pernah liat mobil odong - odong diisi hampir 20 orang gak kuat nanjak, untung tuh mobil gak mundur trus nungsep kan bikin bahaya emoticon-Cape d... (S)
lebih realistisnya.. Odong2 itu nggak punya ijin trayek.. sehingga mengganggu angkot/mikrolet yang berijin resmi..

ni ane bantuin tampilin.. Odong2 yang lagi ngebutt di Tol JAGORAWI emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

Polantas Tertibkan Mobil Odong-odong

Polantas Tertibkan Mobil Odong-odong
kalo operasionalnya di jalan raya mah ditindak aja langsung
bagus sih kalo ditertibkan...


biar gak bikin macet jalan yang uda sempit