alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/525e6a92138b469828000005/berebut-tanah-warga-ri-dan-timor-leste-saling-serang
Berebut Tanah, Warga RI dan Timor Leste Saling Serang
Berebut Tanah, Warga RI dan Timor Leste Saling Serang
Quote:KEFAMENANU, KOMPAS.com — Gara-gara berebut tanah di wilayah zona netral, warga Nelu, Desa Sunsea, Kecamatan Naibenu, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur, terlibat saling serang dengan warga Leolbatan, Desa Kosta, Kecamatan Kota, Distrik Oekusi, Timor Leste.

Aksi saling serang dengan menggunakan batu dan kayu itu terjadi sudah sejak Senin (14/10/2013) kemarin hingga pagi tadi.

Dua orang warga Nelu, Petrus Oematan dan Marsel Teme, kepada Kompas.com, Rabu (16/10/2013), mengatakan, situasi sampai saat ini belum kondusif karena antara dua warga beda negara ini saling klaim tanah di wilayah zona netral tersebut.

"Mereka (warga Timor Leste, red) melakukan penggusuran untuk pekerjaan jalan raya dengan menggeser garis batas masuk ke wilayah NKRI sepanjang 500 meter, kemudian perusakan pilar batas oleh warga Timor Leste yang dibantu dengan militer Cipol. Padahal, pilar perbatasan itu sudah dibangun sejak tahun 1911," kata Petrus yang diamini Marsel.

"Puncaknya kemarin pada tanggal 10 Oktober 2013 forum koordinasi pemerintah desa bersama warga masyarakat mendesak warga Timor Leste untuk hentikan aktivitas pertanian mereka sehinga menyulut suasana semakin memanas sehingga selama dua hari berturut-turut terjadi saling lempar batu dan kayu antara kami dan warga Timor Leste," sambung Petrus.

Menurut Petrus, sejak kemarin, dua kompi Cipol Timor Leste disiagakan bersama masyarakat mereka dan para Cipol berjaga tidak di wilayahnya, tetapi malah berjaga masuk di wilayah Indonesia.

Dihubungi secara terpisah Komandan Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas ) RI-RDTL Batalyon Infantri 743/PSY Mayor (Inf) Budi Prasetyo membenarkan kejadian itu dan dia kini berada di lokasi berlangsungnya pertikaian itu.

"Sebetulnya tidak ada penyerangan, hanya terjadi kesalahpahaman saja dan saat ini situasinya sudah mulai kondusif," ungkap Budi.
link




Quote: Warga Timor Leste Rusak Kuburan Leluhur Warga IndonesiaQuote:
KEFAMENANU, KOMPAS.com - Salah satu pemicu saling serang antara warga Nelu, Desa Sunsea, Kecamatan Naibenu, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur, dan warga Leolbatan, Desa Kosta, Kecamatan kota, Distrik Oekusi, Timor Leste, adalah adanya perusakan belasan kuburan (makam) leluhur warga Nelu.

“Itu kuburan warga Nelu yang dirusak oleh warga Timor Leste yakni dari suku Tua Nono. Mereka pukul pakai hamar (martil), sehingga kebanyakan yang rusak yakni bagian keramik. Perusakan itu lah yang membuat warga marah dan beradu mulut sampai pada saling baku lempar pakai batu,” kata tokoh pemuda Desa Sunsea, Wilem Oki, Rabu (16/10/2013).

Menurut Wilem, perusakan kuburan warga Nelu itu terjadi saat warga Timor Leste melakukan pekerjaan membuka jalan raya baru yang masuk sejauh 500 meter dari zona netral. ”Ini sebenarnya emosi perbatasan saja sehingga merusak kuburan itu. Salah apa sih kuburan itu sampai dirusak begitu,” kata Wilem.

“Sebelumnya memang sudah ada pembicaraan terkait zona netral antara kedua negara soal perbatasan dan disepakati 50 meter itu untuk zona bebas. Dalam zona bebas itu, kesepakatannya adalah, siapapun yang mau mengola lahan zona bebas harus dilakukan atas kesepakatan antara kedua negara, namun kemudian dari warga Timor Leste melakukan pekerjaan tanpa ada kesepakatan dari pemerintah Indonesia. Ini jelas sebuah pelanggaran apalagi sampai merusak kuburan kita,” keluh Wilem.

Diberitakan sebelumnya, karena berebut tanah di wilayah zona netral, warga kedua negara terlibat aksi saling serang dengan menggunakan batu dan kayu itu terjadi sudah sejak Senin (14/10/2013) kemarin hingga pagi tadi.


link


gimana mnrt agan2 kaskuser smua emoticon-Embarrassment
ngehe juga nich negara baru kemaren sore dah berani ngelunjak .. pengen di ratain sama tanah apa ... negera segede upil
emoticon-Najis


udah tongkrongin ajah tuch MBT yang baru di beli di NTT daripada karatan di jakarta karena gak di pake , paling juga tuch anak ingusan langsung mewek dan ngumpet ke keteknya aushit
saatnya "ngereyen" leopard baru emoticon-army:
timor leste perlu jadiin sasaran tembak nihemoticon-Ngakak (S)
kuburan ampe dirusak buat apaan coba ? nanti juga pada mati itu tolol tolol timor leste emoticon-Cape d... (S)
kayaknya asik tuh ngreyen leopard dengan sasaran tembak TL :ngalak
mereka ngiri melihat Indonesia lebih makmur daripada negeri mereka, padahal dulu timor timur berkoar-koar "KAMI AKAN MAKMUR ADIL SEJAHTERA KALAU KELUAR DARI INDONESIA" noh liat tuh keadaan negerinya sekarang emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

daerah lain ? siap-siap saja miskin dan jadi kacungnya ostrali kalau nekat keluar dari NKRI emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
tutup aja perbatasan..... mampus mereka....!!!!!
mo blanja dr ozy....??? gak bakal kuat beli...
mana tuh leo yang baru turun emoticon-Big Grin

kok kagak dipake sih

percuma dipajang aja ntar basi
Jangan sampai meluas jadi konflik yg lebih besar semoga
yaelah,....sejak merdeka negara mereka jg cuma jadi ajang gengster rebutan lahan emoticon-Busa
pemerintahan timor leste juga dikontrol genster koq emoticon-Tai

negara boneka australia emoticon-norose
Quote:Original Posted By jazz007
gimana mnrt agan2 kaskuser smua emoticon-Embarrassment

Serang saja.. Kerahkan TNI
Dari bentrokan antar suku jangan sampai jadi perang.
Mungkin harus bikin DMZ kaya di Korea Utara emoticon-Cape d... (S)
pemerintah pusat cepat tanggap dong harusnya.jangan sampai warga indo ga merasa di bela.ujung2nya mereka minta merdeka lg
emoticon-Paw emoticon-Paw


ooooohhh udah belaga hebat yah sekarang heh emoticon-Marah emoticon-Cool


posted by sitoy.51704 emoticon-I Love Kaskus (S)
Quote:Original Posted By tokosurvival
Dari bentrokan antar suku jangan sampai jadi perang.
Mungkin harus bikin DMZ kaya di Korea Utara emoticon-Cape d... (S)


emang kudunya stiap perbatasan di bikin tembok
di samping tembok di bikin jalan,,nantinya stiap radius brapa meter di kasih tank emoticon-Big Grin
mana nih petugas keamanan perbatasan..?
Bangun tembok kayak berlin aja biar ga pd rebutan
lalu gimana neh tindakan kite emoticon-Big Grin
Itu maksudnya zona netral itu gimana sih? Enggak boleh ada pembangunan disitu atau gimana?