alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/525e4519bfcb17d63a000007/kenaikan-tdl-pln-2013-yang-tidak-kita-sadari
Kenaikan TDL PLN 2013 yang tidak kita sadari [update November 2013]
Kali ini Newbie mau share hasil analisa pembayaran Listrik selama Januari - November 2013. Didasari oleh tagihan bulanan yang cukup lumayan mahil, maka newbie sajikan data-data sebagai berikut. silahkan dilihat, dan dipelajari.

Mengutip satu paragraf dari website resmi PLN, sbb : "Pemerintah melalui Peraturan Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral Nomor 30 Tahun 2012 telah menetapkan penyesuaian Tarif Tenaga Listrik 2013 yang akan dilaksanakan secara bertahap per tiga bulan, artinya ada empat kali penyesuaian tarif listrik selama tahun 2013."
Kenaikan TDL PLN 2013 yang tidak kita sadari

Lalu newbie merangkum data-data tagihan rekening listrik yang dikirimkan melalui email setiap bulannya, tercipta tabel analisa sbb :
Kenaikan TDL PLN 2013 yang tidak kita sadari

Dari tabel diatas bisa kita lihat ada kenaikan sebanyak 6 kali dari Januari-Oktober 2013. Tabel tersebut newbie buat bukan dari data fiktif, melainkan dari tagihan-tagihan yang dikirimkan oleh pln-online@pln.co.id.

berikut newbie sajikan tagihan tiap bulan yang dikirimkan via email dari Januari-Oktober 2013.
Kenaikan TDL PLN 2013 yang tidak kita sadariKenaikan TDL PLN 2013 yang tidak kita sadariKenaikan TDL PLN 2013 yang tidak kita sadariKenaikan TDL PLN 2013 yang tidak kita sadariKenaikan TDL PLN 2013 yang tidak kita sadariKenaikan TDL PLN 2013 yang tidak kita sadariKenaikan TDL PLN 2013 yang tidak kita sadariKenaikan TDL PLN 2013 yang tidak kita sadariKenaikan TDL PLN 2013 yang tidak kita sadariKenaikan TDL PLN 2013 yang tidak kita sadari
Kenaikan TDL PLN 2013 yang tidak kita sadari

Kalo kayak begini, apakah kita berhak komplain?YLKI bisa memfasilitasi ga yah?
lu kali yang gak sadar...^^
http://ekbis.sindonews.com/read/2012...ap-per-kuartal
itu naik setiap bulan ya ?

sistem billing PLN gimana sih yg betulnya ? kadang bingung sendiri bayar bulan ini rendah dari biasanya, nanti bulan depan melonjak sampe diluar biasanya bayar. ane dirumah pakai daya 1300. pemakaian normal

enlighted me please
Di situsnya PLN kan di bilang bertahap setiap 3 bulan sekali, brarti ada 4 kali kenaikan dalam setahun. Lah ini dari Januari sampe Oktober udah ada 6 kali kenaikan brooo.... emoticon-Bingung (S)
Ane juga kemarin kaget pas beli token listrik, biasanya 100rb dapat 99,xx kw, terakhir cuma dapat 94,xx kw. pas ane cek ternyata bukan oktober memang ada kenaikan TDL
naik2 mulu ne PLN emoticon-Mad (S)
makanya jangan tambah daya. 900 aja
Itu hitungan sudah benar koq gan..
Januari masih pakai tarif TDL tahun 2012

Februari - April pake tarif RP 833
Mei-Juli pake tarif Rp 879
Agustus-Oktober Rp 928

Ketingga angka tersebut merupakan kurang lebih detail pastinya agan tanya ke PLN berapa harga TDL tetapnya. Kenapa ada harga TDL berubah-ubah punya agan? Karen penghitungan selisih itu kan bukan bulat ada 1 angka lagi di belakangnya gan yang gak tercantum. Ibarat kata ada koma yang gak keitung disitu, hitungan disitu kan bulat.

dan gak akan naik lagi sampai akhir tahun karena ratenya kenaikan TDL kan 15%/tahun atao per 3 Bulan naik 4.3%. Dan tentu saja tahun 2014 akan naik lagi gan TDL emoticon-Hammer karena pasti ada pengurangan subsidi.. atau emank gak tau deh alasan pemerintah apalagi.. emoticon-Malu (S)

Dan katanya ada kebijakan malah harga TDL akan berubah-ubah sesuai dengan kenaikan dan penurunan minyak dunia..
Quote:Original Posted By agungfajari
itu naik setiap bulan ya ?

sistem billing PLN gimana sih yg betulnya ? kadang bingung sendiri bayar bulan ini rendah dari biasanya, nanti bulan depan melonjak sampe diluar biasanya bayar. ane dirumah pakai daya 1300. pemakaian normal

enlighted me please


Sama nasib ente sama ane...daya ane juga 1300,pemakaian yg lumayan banyak pas malam krn siang ane dan bini kerja.tagihan bulan ini kecil eh bulan depan nya lebih dari biasanya.rata2 ane bayar 250rb-300rb perbulan
Quote:Original Posted By juragan.nego
Itu hitungan sudah benar koq gan..
Januari masih pakai tarif TDL tahun 2012

Februari - April pake tarif RP 833
Mei-Juli pake tarif Rp 879
Agustus-Oktober Rp 928

Ketingga angka tersebut merupakan kurang lebih detail pastinya agan tanya ke PLN berapa harga TDL tetapnya. Kenapa ada harga TDL berubah-ubah punya agan? Karen penghitungan selisih itu kan bukan bulat ada 1 angka lagi di belakangnya gan yang gak tercantum. Ibarat kata ada koma yang gak keitung disitu, hitungan disitu kan bulat.

dan gak akan naik lagi sampai akhir tahun karena ratenya kenaikan TDL kan 15%/tahun atao per 3 Bulan naik 4.3%. Dan tentu saja tahun 2014 akan naik lagi gan TDL emoticon-Hammer karena pasti ada pengurangan subsidi.. atau emank gak tau deh alasan pemerintah apalagi.. emoticon-Malu (S)

Dan katanya ada kebijakan malah harga TDL akan berubah-ubah sesuai dengan kenaikan dan penurunan minyak dunia..


Wah, trims atas elmunya... berarti kedepannya TDL ngga akan flat dong yah, berubah2 tiap bulan. Asal bener aja seh, pas minyak dunia turun TDLnya juga diturunin. Penyesuaiannya jgn cuma pas harga minya dunia naek aja emoticon-Malu (S)
ane pake 2200 bayaran tiap bulan bikin lemes aja
Mau tereak kek mana, tetep aja yg nyedian listrik cuma PLN puki. emoticon-Cape d... (S)

Quote:Original Posted By b171_6tl
Sama nasib ente sama ane...daya ane juga 1300,pemakaian yg lumayan banyak pas malam krn siang ane dan bini kerja.tagihan bulan ini kecil eh bulan depan nya lebih dari biasanya.rata2 ane bayar 250rb-300rb perbulan


rata2 ane juga pemakaian byk di malam, bayar perbulan rata di kisaran 300-350rb. Pernah pemakaian jor2an tapi bayar 150rb, giliran lagi byk off listriknya malah hampir 400rb...edan emoticon-Hammer
Quote:pantesan tiap kali bayaran naik terus. padahal pemakaian kwh meter static kl ad perubahan ya sedikit.

ane sama ky ts pake golongan R1/1300.
kok yg model begini gak dishare ya, bener2 dah PLN emoticon-Cape d... (S)


emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Kaskus (S)
yaahh...gan.....PLN emang gak pernah bilang2 skr, kalo naikin harga.
kita nyangkanya pemakaian kita yg nambah..emoticon-Cape d... (S)
ane dr 600rb skr 1,2 jt... emoticon-Hammer

Quote:Original Posted By trukmania
Mau tereak kek mana, tetep aja yg nyedian listrik cuma PLN puki. emoticon-Cape d... (S)

ada gan listrik swasta. tp utk perusahaan.
itupun msh anak PLN juga, tarifnya lbh mahal pula..emoticon-Hammer


PLN emang ga ada lawan...emoticon-Cape d... (S)
Tiap bulan naik bayarnya nih emoticon-Hammer
Jgn cuma naek aja dong,...sekalikali turun dong

1300w aja bayarnya sampai 350k/bulan emoticon-Hammer
emoticon-Cool

Yang boneng gan emoticon-Matabelo
Ane ga ngarti itungannya


Quote:Original Posted By bubs
emoticon-Cool

Yang boneng gan emoticon-Matabelo
Ane ga ngarti itungannya




Itungannya simpel ko gan, metaran akhir - meteran awal = selisih. Nah terus, Total Rupiah Pemakaian / selisih = TDL

note : Total Rupiah Pemakaian itu ga termasuk PPJ dan biaya materai yah.
barusan ane bayar listrik untuk bulan ini, 330rb.emoticon-Hammer2 daya 1300 watt.

jumlah pemakaian 333 kwh, dikali kenaikan tarif baru per oktober 2013, 979 perak. hasilnya 326rb. 4rb nya pajak kali tuh.

bagi yg mau masang listri baru, disarankan yg 900 va aja. tdl nya ga naek2, emoticon-Ngakak605/ kwh. kalo yg diatas 900 va, tahun depan bisa tembus serebu perak/ kwh.

ane abis lebaran kemaren masang yg 900va, ga mau yg 1300 va. karena faktor biaya per kwh nya yg selisih lumayan