alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/525e394d59cb171212000001/orang-kaya-ingin-nikmati-kjs-ganggu-program-jokowi
Orang Kaya Ingin Nikmati KJS Ganggu Program Jokowi
Jakarta - Pendataan dan penyerahan kelengkapan surat untuk memperoleh Kartu Jakarta Sehat (KJS) bagi warga tidak mampu sudah dimulai sejak akhir tahun lalu. Namun penyaluran KJS hingga kini masih belum rampung juga. Padahal puluhan ribu warga miskin sangat membutuhkan dengan segera kartu pelayanan kesehatan gratis itu untuk berobat.

Belum beresnya distribusi KJS tak hanya disebabkan banyaknya Kartu Tanda Penduduk (KTP) palsu atau ganda. Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Dien Emmawati mengungkapkan persoalan lain yang menjadi penghambat. "Ada warga yang sebenarnya mampu tapi bersikeras ingin menikmati fasilitas KJS," kata Dien kepada detikcom, Jumat pekan lalu.

Dien mengaku persoalan banyak warga mampu ini sudah terjadi sejak awal KJS menjadi program kesehatan untuk orang kecil. Kondisi tersebut mengganggu jalan program tersebut. “Banyak strata dan masyarakat yang ingin ini-itu membuat konflik persoalan itu paling banyak ya di DKI,” ujar Dien.

Dia menyebutkan sejauh ini KJS yang sudah tersalurkan sebanyak 2,9 juta dari target 4,7 juta jiwa warga ibu kota yang berhak menerima.

Sebagai program yang dicanangkan untuk proyek nasional, Dien menegaskan, KJS perlu disempurnakan. Selama ini penerapan yang sudah dilakukan di Jakarta memang perlu dievaluasi dari beberapa hal.

Bagi Dien, salah satu yang penting adalah kemampuan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di setiap wilayah bisa menyaring warga yang berhak memperoleh KJS.

Caranya, dia menjelaskan, berkoordinasi dengan rukun tangga dan rukun warga masing-masing daerah. Hal ini untuk menghindari warga bandel yang bisa menyalahgunakan segala cara untuk memperoleh KJS.

Adapun Kepala Humas Rumah Sakit Budhi Asih, Hamonangan Sirait, menuturkan masyarakat kurang mampu yang memang berhak mendapatkan KJS namun hingga kini belum memegang KJS tidak perlu khawatir.

Hamonangan menjelaskan selama syarat yang dibawa pasien lengkap termasuk surat rujukan puskesmas, kartu keluarga, dan KTP DKI Jakarta, pihak rumah sakit tidak akan menolak. Kecuali memang tidak sesuai prosedur dan faktor lain seperti penuhnya kamar kelas III.

Selama ini, Budhi Asih belum pernah menolak pasien KJS kalau memang sesuai prosuder. Namun, Hamonangan juga berharap ada sosialisasi dari Suku Dinas Kesehatan dan puskesmas di masing-masing daerahnya agar masyarakat juga paham soal KJS.

“Pernah banyak warga datang ke sini katanya mau buat KJS. Itu kan harusnya di puskesmas. Nah, yang sepele seperti ini harus dibenahi juga,” ungkapnya kepada detikcom, Senin (14/10).

[url]http://news.detik..com/read/2013/10/16/132101/2386939/10/orang-kaya-ingin-nikmati-kjs-ganggu-program-jokowi?n991102605[/url]
[url]http://news.detik..com/read/2013/10/16/132101/2386939/10/2/orang-kaya-ingin-nikmati-kjs-ganggu-program-jokowi[/url]
Quote:Original Posted By jajang100

Udah Tahu KJS Buat Yang Gak Mampu Eh Orang Berkecukupan Malah Kepengen Juga


Harus jelas definisi tidak mampu itu apa?

Pengemis dengan penghasilan 100ribu per hari mampu atau gak?

Pegawai dengan gaji 5 juta sebulan, tetapi harus cuci darah sebulan sekali, mampu atau gak?

Pegawai gaji 5 juta, punya tanggungan KPR, anak 3 orang, 1 anak lagi kuliah, 2 anak masih sma, tapi istrinya harus operasi 40juta, termasuk mampu atau gak?
atas ane ada benernya juga. definisi tak mampu yg seperti apa emoticon-linux2 tunggu yg laen dulu emoticon-linux2
lah kjs kan untuk seluruh warga jakarta gan? (termasuk ane)
ngerti isitilah mampu tapi menuju miskin nga? emoticon-Ngakak
TS belum pernah dirawat di RS yg biaya pengobatannya bisa ampe jual rumah sih yah emoticon-Ngakak
yg paling penting adalah, mereka mua melalui proses yg sudah di tetapkan
lewat pusksesmas dll
Ini salah satu bukti bahwa proyek si Joko ini adalah proyek coba-coba. Lha itu aja definisi "TIDAK MAMPU" aja belom kelar dibahas, udah dilaunching aja KJS ini emoticon-Gila

Susah kalo proyek coba-coba kaya gini brow.. Ntar di lapangan banyak terjadi gesekan, ehh si Hoktod aka Sun Go HOK comel mulutnya dan mulai koar-koar tuch bacot si Hoktod emoticon-Mad (S)

Kalo KJS ini belom kelar juga ampe Desember 2013 taon depan si Joko jangan ngimpi nyapres deh!!! Urusin dulu tuch KJS Jok!!! emoticon-Mad (S)
Itulah mengapa ane kurang sepakat dengan KJS emoticon-Malu (S)

Karena

1. Tidak ada standar / peng-kategorian penyakitnya, yang mana harus ke RS atau puskesmas, kalo ada sosialisasi di masyarakatnya sepertinya tidak lancar.
2. Pengkategorian rakyat tidak mampu itu bagaimana? Karena tidak ada survey detail, dan kalo minta surat RT tidak mampu gampang gan, selipin aja 10 rb semua lancar. emoticon-Hammer
3. Beban pemprov DKI berat, secara anggaran untuk KJS aja 1,55 Trilyun di tahun
2013, nah untuk tahun depan ane yakin pasti ada peningkatan.
4. Belum maksimalnya E-KTP, salah satu nilai rawan dari data pasien KJS.
5. Data warganegara belum online (riwayat seseorang mulai dari pekerjaan, no id, alamat, asuransi, jumlah tanggungan, pelanggaran hukum, dsb). Ini salah satu masalah mendasar yang menyebabkan data penduduk tidak pernah akan valid dan terdata dengan benar. Efeknya Pemilu berantakan, Pilkada berantakan, dan tentu saja data untuk penerima KJS pun pasti berantakan.

Bukan tidak setuju untuk program kesehatan warga negara, hanya teknis pelaksanaan yang wajib ditinjau ulang.

CMIW emoticon-Malu (S)
Quote:Original Posted By rsryodongok.
Ini salah satu bukti bahwa proyek si Joko ini adalah proyek coba-coba. Lha itu aja definisi "TIDAK MAMPU" aja belom kelar dibahas, udah dilaunching aja KJS ini emoticon-Gila

Susah kalo proyek coba-coba kaya gini brow.. Ntar di lapangan banyak terjadi gesekan, ehh si Hoktod aka Sun Go HOK comel mulutnya dan mulai koar-koar tuch bacot si Hoktod emoticon-Mad (S)

Kalo KJS ini belom kelar juga ampe Desember 2013 taon depan si Joko jangan ngimpi nyapres deh!!! Urusin dulu tuch KJS Jok!!! emoticon-Mad (S)


Ane gak sepakat dengan program KJS sesuai dengan apa yang ane paparkan.
Tapi ini langkah awal yang baik, bayangkan kalo tidak ada tunjangan untuk kesehatan masyarakat yang benar benar tidak mampu.
Agan mau tanggung ? Gak usah dana deh, bantu tahlilan ato penguburannya ato aja ane gak yakin agan mau bantu!

KJS buat semua warga DKI om TS Asal mau d rawat d klas 3? Mungkin maksud dr ganggu dsini sperti upgrade ke kelas 2 dg biaya diskon KJS oleh kalangan menengah atas?

#kmren prnah bc ad kasus kyk gitu emoticon-Hammer
Kalau untuk mengcover biaya pengobatan umum masih bolehlah , ngga usah pake pilih pilih , yang ngga usah dicover tuh kayak biaya pasang behel , atau dokter perawatan kulit dan sejenisnya, harus jelas penyakit penyakit yang bisa dicover oleh kjs, kalau yang kaya beneran , mana mau dirawat dikamar kelas 3 , tau sendiri yang namanya kamar kelas 3 dirumah sakit umum tuh bentuk dan baunya kayak gimana emoticon-Busa
Quote:Original Posted By drawis
Kjs khan kartu jakarta sehat bukannya kartu jakarta miskin?
Berarti semua orang ktp jakarta berhak donk, baik itu kaya, miskin, hitam, putih, kuning, orange dan kelabu?
Memangnya kenapa orang kaya mau manfaatin kartu kjs, khan hemat? Orang kaya itu justru hemat2 gan, orang miskin yg justru boros buktinya beli motor aja kreditan, miskin gak mampu beli cash kok masih ngotot beli motor, logikanya dimana?
Gak usah ada diskriminasi semua orang berhak pakai kjs emoticon-I Love Indonesia


Kayae orang dinekesnya yg gak paham. Bahwa KJS bukan jamkemas. Asal prosedurnya daftar di puskesmas dan dinkes yg memberi penyuluhan aka sosialisasi. Toh yg ditanggung cuma perawatan kelas 3. Hanya orang kaya kw yg doyan rame2 tidur bareng2 dibangsal kelas 3 emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By juragan.nego


Ane gak sepakat dengan program KJS sesuai dengan apa yang ane paparkan.
Tapi ini langkah awal yang baik, bayangkan kalo tidak ada tunjangan untuk kesehatan masyarakat yang benar benar tidak mampu.
Agan mau tanggung ? Gak usah dana deh, bantu tahlilan ato penguburannya ato aja ane gak yakin agan mau bantu!



Kalo gue yang loe suruh nanggung, mending loe pilih gue jadi Gubernur deh.. Sini Insya Allah gw tanggung tahlilannya emoticon-shakehand , gmn berani?
Quote:Original Posted By drawis
Kjs khan kartu jakarta sehat bukannya kartu jakarta miskin?
Berarti semua orang ktp jakarta berhak donk, baik itu kaya, miskin, hitam, putih, kuning, orange dan kelabu?
Memangnya kenapa orang kaya mau manfaatin kartu kjs, khan hemat? Orang kaya itu justru hemat2 gan, orang miskin yg justru boros buktinya beli motor aja kreditan, miskin gak mampu beli cash kok masih ngotot beli motor, logikanya dimana?
Gak usah ada diskriminasi semua orang berhak pakai kjs emoticon-I Love Indonesia


Kalo agan mampirnya ke RSUD atau Rumah sakit pemerintah secara gak langsung agan sudah menerimanya koq,. Banyak bertebaran obat-obatan generik yang subsidi pemerintah dan peralatan kedokteran dana pemerintah.
Kalo ke rumah sakit swasta yah gak akan terima lah gan,

Karena programnya memang untuk semua warga Jakarta Sehat. Hanya penggunaan kartu jakarta sehat untuk warga tidak mampu dimana memank pelayanan dan pengkategoriannya masih berantakan.

Masa namanya jadi Kartu Jakarta Sehat Bagi Warga Tidak Mampu (KJSWTM)

Terus kalo ditanya kasir atau layanan puskesmas ato RS pemerintah, Pak punya KJSWTM ? Kepanjangan gan, makanya mungkin disingkat menjadi KJS. (analisa ane maaf kalo salah) emoticon-Malu (S)
Kalo di webnya nggak pernah bilang Kartu Jakarta Miskin jadi sah2 aja yang penting punya KTP jakarta.
Mustinya nggak perlu di beda2 kan antara orang miskin dan orang kaya, setiap orang berhak dan setiap orang wajib bayar semacam social security, besarnya di tentukan berdasarkan kemampuan.
Quote:Original Posted By rsryodongook


Kalo gue yang loe suruh nanggung, mending loe pilih gue jadi Gubernur deh.. Sini Insya Allah gw tanggung tahlilannya emoticon-shakehand , gmn berani?


Terbukti ente "laper" menjadi seorang gubernur juga kan?
Ato mau menjadi gubernur ahli tahlilan aja? emoticon-Big Grin
Gak membantu donk ente jadi gubenrur emoticon-Nohope
kalo berdasarkan keadilan seharusnya mau kaya mau miskin, mampu atau ga mampu semua harus menikmati asuransi kesehatan dari sabang sampai merauke.

kalo cuma orang ga mampu dikasih asuransi kesehatan, pemerintah udah diskriminasi.

padahal hampir semua bayar pajak.

kalo orang kaya mau pake apa enggak itu asuransi, itu hak mereka yang penting negara udah ngasih asuransi kesehatan walau kelas 3.

ini jeleknya sistem asuransi kesehatan indonesia pake kriteria, di puskesmas jaksel aja sampe nulis pake spanduk gede "ASURANSI KESEHATAN BAGI WARGA TIDAK MAMPU"
Lagian taon depan jkn udah mulai tuh gan.
Masih banyak yang perlu dibenahi emoticon-Angkat Beer




Orang Kaya Ingin Nikmati KJS Ganggu Program JokowiOrang Kaya Ingin Nikmati KJS Ganggu Program Jokowi