alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/525e075320cb17112b000007/masih-akankemenhub-bakal-membangun-jalur-kereta-ke-4-pelabuhan-di-pantura
(Masih Akan)Kemenhub Bakal Membangun Jalur Kereta ke 4 Pelabuhan Di Pantura
Quote:Kementerian Perhubungan bangun jalur kereta api ke empat pelabuhan utama di Pulau Jawa, yaitu Tanjung Priok Jakarta, Tanjung Mas Semarang, Tanjung Perak Surabaya, dan Cirebon.

Akses kereta api ke pelabuhan itu merupakan solusi terhadap tingginya biaya logistik nasional yang bersumber dari bongkar-muat dan angkutan jalan raya. Beban biaya yang harus ditanggung pelaku usaha itu rata-rata 60 persen, padahal angka ideal hanya 15-20 persen.

Pengembangan infrastruktur angkutan massal yang biayanya hampir menyentuh angka Rp 1 triliun itu, menurut Direktur Prasarana Perkeretaapian Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Arief Heryanto, padat akan biaya. Karena pada beberapa lokasi, harus membuat jembatan di atas air laut menuju ke dermaga.

"Tahun ini direalisasikan. Track ini akan sangat membantu pelaku usaha memangkas biaya logistik arus barang impor, ekspor," kata dia di kantornya.

Jalur KA ke pelabuhan Utama itu, adalah pengembangan dari pembangunan double track lintas utara Jawa, yang saat ini sudah tembus hingga ke Semarang. Ditargetkan pada 2014, sudah bisa tembus ke Surabaya. Jalur kereta api yang terkoneksi langsung ke pe-labuhan itu, akan sangat memperlancar arus barang dari kawasan industri ke pelabuhan atau sebaliknya. Pelaku usaha tidak perlu lagi mengeluarkan biaya tambahan akibat kemacetan dan pungutan liar di jalan-jalan.

"Infrastruktur pendukung kelancaran logistik ini adalah ambisi kita bersama. Ini juga yang menjadi perhatian Kementerian Perhubungan," kata Arif.

Penggunaan jasa angkutan KA selain lebih ekonomis, juga lebih memperpendek waktu serta menekan biaya-biaya lain. "Pada sisi lain, bila menggunakan truk yang beroperasi jalan raya, maka akan banyak biaya-biaya yang tergolong tak terduga, misalnya pungli. Selain itu, ada potensi kemacetan dan kecelakaan di jalan raya," ungkapnya.

Sangat Menguntungkan

Menurutnya, penggunaan kereta api untuk angkutan barang, sangat menguntungkan dibandingkan menggunakan jalan raya. Biaya yang ditimbulkan untuk perawatan sangat tinggi. Pemborosan anggaran di jalan raya itu jumlahnya triliunan rupiah.

Di samping itu, penggunaan jalan raya juga berpotensi menimbulkan begitu banyak polusi, termasuk polusi udara dan kebisingan.

"Belum lagi menimbulkan ekses negatif secara psikologis, antara lain menyebabkan banyak orang stres. Juga terganggunya produktifitas nasional. Kalau dihitung-hitung secara keseluruhan maka biaya yang ditanggung negara untuk menangani seluruh ekses negatif penggunaan jalan raya, sangat besar jumlahnya," jelasnya.

Penggunaan kereta api untuk angktan barang itu, nanti akan menurunkan biaya logistik. Dimana Bank Dunia melalui pesialis seniornya, Henry Sandee memberikan peringatan

Bahwa biaya logistik nasional yang mencapai 24 persen dari produk domestik bruto (PDB) sangat berbahaya.

Kondisi ini menuntut tindakan konkret pemerintah untuk bisa menekan biaya logistik agar bisa meningkatkan akses ke pasar internasional.

Menurut Henry, berdasarkan laporan tahunan yang disusun oleh Pusat Pengkajian Logistik dan Rantai Pasok ITB Bandung, Asosiasi Logistik Indonesia (ALI), Kelompok STC, dan Panteia Research Institute di Belanda serta Kantor Bank Dunia Indonesia, waktu tunggu kontainer (dwelling time) di pelabuhan Tanjung Priok yanbg mencapai 10 hari itu menjadi salah satu penyumbang utama tingginya biaya logistik di Indonesia, diluar angkuytan jalan raya. (Syamsuri S)


Sumber

ini sungguhan atau cuma PhP nih? tapi memang pada kenyataannnya hal ini sangat dibutuhkan......
kasihan petugas Dishub Pantura. Mereka bakal cuma makan gaji yang 3 jutaan pr bulan itu. Tak ada lagi masukan dari supir2 yang penghasilannya 2jutaan per bulan.
emoticon-Turut Berduka

Mohon pertimbangkan lagi ya pak
realisasi tunggu ganti presiden emoticon-Malu (S)
Kapan jadinya? Jalur Pantura sdh terlalu mengerikan, padat & penuh truk2 besar.
Quote:Original Posted By kucinglemas
kasihan petugas Dishub Pantura. Mereka bakal cuma makan gaji yang 3 jutaan pr bulan itu. Tak ada lagi masukan dari supir2 yang penghasilannya 2jutaan per bulan.
emoticon-Turut Berduka

Mohon pertimbangkan lagi ya pak


emoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By JualBandwidth
realisasi tunggu ganti presiden emoticon-Malu (S)


presiden prihatin ya gan? hehehehehe

Quote:Original Posted By wuadaw..
Kapan jadinya? Jalur Pantura sdh terlalu mengerikan, padat & penuh truk2 besar.


sudah veteran di jalur ini ya gan emoticon-Big Grin
Kalo jadi, lumayan lah buat mengurangi transformer yang berkeliaran di jalur pantura emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By kucinglemas
kasihan petugas Dishub Pantura. Mereka bakal cuma makan gaji yang 3 jutaan pr bulan itu. Tak ada lagi masukan dari supir2 yang penghasilannya 2jutaan per bulan.
emoticon-Turut Berduka

Mohon pertimbangkan lagi ya pak


Tar ada pos pos khusus koq di sepanjang rel,. tenang aja..
Kemungkinan terbesar akan dipasang portal.. emoticon-Malu (S)

payah kemenhub ngga sebrilian Mr. Ijon neeh emoticon-Marah

Buat Mr. Ijon, Kerahasiaan, Itulah Kunci Mulusnya Pembangunan Proyek Rel Kuala Namu
tenang, statusnya masih AKAN...
mending tinggal tidoor dulu.. emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By kecell
tenang, statusnya masih AKAN...
mending tinggal tidoor dulu.. emoticon-Ngakak


bener gan,kalo masih akan mending pura2 tidak tau emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By juragan.nego


Tar ada pos pos khusus koq di sepanjang rel,. tenang aja..
Kemungkinan terbesar akan dipasang portal.. emoticon-Malu (S)



Wah, makasih banget kalau gitu. Sungguh pemerintah sangat peduli terhadap nasib kami pegawai rendahan

Ini rencana mau bikin jalur baru apa reaktifasi jalur lama?

Quote:Original Posted By JualBandwidth
realisasi tunggu ganti presiden emoticon-Malu (S)


setidaknya... presiden sekarangnlah yg ngebuat terobosannya... emoticon-Malu (S)
Quote:Original Posted By supirloko
Ini rencana mau bikin jalur baru apa reaktifasi jalur lama?



itu dia, gak jelas beritanya apa bakal bangun baru atau reaktivasi yang lama...
Mulai dari jaman kuda jembut#an, kita memang paling lihai dan pakar dalam berencana..............emoticon-Najis
Quote:Original Posted By ** SENSOR **SENSOR
Mulai dari jaman kuda jembut#an, kita memang paling lihai dan pakar dalam berencana..............emoticon-Najis


apalagi jika orangnya macam Ernest & Tundjung, jago di planning tapi realisisasi meneketehe emoticon-Big Grin
bakal ada yang kehilangan pendapatan nih di sepanjang pantura...
sebut saja tukang pungli berseragam emoticon-Malu (S)