alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/525cc8b6bdcb17ef6b000001/apindo-protes-sofyan-w-quotdihapus-itu-cuti-bersamaquot
Ngakak 
[Apindo Protes] Sofyan W: "Dihapus itu cuti bersama"
Pengusaha Sejak 5 Tahun Lalu Sudah Mengeluh Soal Cuti Bersama
Rista Rama Dhany - detikfinance

Jakarta - Para pengusaha sudah lebih dari lima tahun lalu meminta kepada pemerintah agar jumlah libur dan cuti bersama dikurangi agar tidak mengganggu produktivitas dunia usaha.

Seperti diungkapkan Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi, sudah lama pengusaha mendesak aga pemerintah mengurangi bahkan menghapus kebijakan cuti bersama. Keluhan Sofjan ini setidaknya sudah disampaikannya pada 5 Februari 2008 silam. Bahkan pada waktu itu sudah ada respons pemerintah terkait wacana memangkas jumlah hari libur dan cuti bersama.

"Dari dulu kami desak pemerintah agar dihapus itu cuti bersama. Enggak perlu itu ada. Suratnya sudah kami kirim ke Menpan, Menaker dan Menko kesra," kata Sofjan waktu itu dikutip Selasa (15/10/2013)

Berselang 5 tahun lebih, Sofjan kembali meneriakan tuntutan para pengusaha terhadap banyaknya libur dan cuti bersama di Indonesia.

"Kalau cuti bersama terus, bagaimana kita bersaing? Buruh kita juga nggak produktif," ucap Sofjan seperti dikutip, Selasa (15/10/2013).

Di samping itu, program cuti bersama ini menambah beban bagi para pengusaha. Karena pengusaha harus mengeluarkan uang lebih banyak untuk membayar upah lembur pegawai yang tetap kerja saat cuti bersama berlangsung.

"Kita harus suplai (dana) terus, karena kita punya pesanan tapi karena libur, ongkos kita naik, karena harus bayar uang lembur," ujarnya.

Jakarta - Keluhan yang sama juga diungkapkan Ketua Umum Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) Ade Sudrajat mengatakan, akibat penerapan cuti bersama, pengusaha tekstil harus mengeluarkan dana tambahan untuk membayar pekerjanya yang lembur di saat cuti bersama.

"Hitung saja upah lembur yang seharusnya cuti kita pekerjakan. Sementara daya produktivitasnya berkurang, karena setiap tahunnya jam kerja hilang. Begitu juga pelayanan publik, nggak ada seolah-olah republik ini PNS semua," jelasnya.

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Suryo Bambang Sulisto juga angkat bicara, Indonesia merupakan negara yang banyak liiburnya, sehingga membuat banyak pengusaha merugi.

"Indonesia ini kebanyakan holiday (libur), agama di Indonesia ada empat semuanya dirayain, diliburkan kerjanya, belum Sabtu-Minggu libur lagi, belum tahun baru lagi, apalagi ada hari kejepit, dipolitikin diliburkan panjang, kapan kita kerjanya," ungkap Suryo.

Menurut Suryo jika sering libur panjang alias cuti bersama dan banyak libur membuat pengusaha yang dirugikan.

"Kalau kebayakan libur, kapan kerjanya, pengusaha yang rugi terus, bagaimana kita Indonesia memproduksi barang/jasa yang kompetitif, yang bisa bersaing terutama dengan barang-barang impor yang makin membanjiri Indonesia," ucapnya.

[URL="http://finance.detik..com/read/2013/10/15/103855/2386239/4/1/pengusaha-sejak-5-tahun-lalu-sudah-mengeluh-soal-cuti-bersama"]detik1[/URL]
[URL="http://finance.detik..com/read/2013/10/15/103855/2386239/4/2/pengusaha-sejak-5-tahun-lalu-sudah-mengeluh-soal-cuti-bersama"]detik2[/URL]

Takkan lari untung dikejar bos
Quote:Original Posted By alvaroanzor


Takkan lari untung dikejar bos


bukan masalah dikejar untung bos,
tapi dikejar hutang




emoticon-Embarrassment
Sofjan Wanandi benar juga..

Kalo di Australi setau ane libur itu setahun cuma ada 3 atau 4 hari gituh..

Juga karena sistem bayarnya yg time sheet, yaitu kalo masuk dibayar, jadinya rada kompetitif..

kalo di indo memang kebnyakan libur, takurnya memang mempengaruhi produksi, kalah kita sama negara2 yg bruuhnya banyak kayak vietnam atau china..
Quote:Original Posted By CikidingTralala


bukan masalah dikejar untung bos,
tapi dikejar hutang




emoticon-Embarrassment


alasan klasik gan kalo perusahaan banyak hutang... tapi aset diluar perusahaan nambah terus emoticon-Big Grin
Keknya upah lembur hari libur ga seberapa Boss..!! Dibanding profit Dirut n Komisaris PT.. emoticon-Hammer
Quote:Original Posted By CikidingTralala


bukan masalah dikejar untung bos,
tapi dikejar hutang




emoticon-Embarrassment


siip...
masalahnya banyak yang suka banyak liburnya itu yang masih bermental (maaf rada kasar...) terbelakang, minta hidup asoy dengan tanpa usaha...

blom pernah ngerasain jungkir balik kalo jadi pengusaha...

dan parahnya lagi orang2 seperti itu juga, orang yang ga mau tau dengan keadaan, dan yang penting perut kenyang, (ini juga sorry kalo ada yang kesinggung ya...)
MANUSIA SERAKAH....
Quote:Original Posted By UjangMarujang
Sofjan Wanandi benar juga..

Kalo di Australi setau ane libur itu setahun cuma ada 3 atau 4 hari gituh..

Juga karena sistem bayarnya yg time sheet, yaitu kalo masuk dibayar, jadinya rada kompetitif..

kalo di indo memang kebnyakan libur, takurnya memang mempengaruhi produksi, kalah kita sama negara2 yg bruuhnya banyak kayak vietnam atau china..


produktivitas tinggi keknya bukan karena sedikit libur gan alasan utamanya emoticon-Big Grin
susah2 amat, yah bikin ajah peraturan sendiri, kan swasta ini, buruh agama islam, gak usah paskah atau natalan, buruh agama no muslim gak usah lebaran, jangan ngikutin agama pengusahanya, ikutin agama pekerjanya.

beres kan
baru tau kalo nggak mau ikut bersama suruh bayar lembur pengusaha yg goblog apa buruh yg kepinteran
Quote:Original Posted By Bgunslinger


siip...
masalahnya banyak yang suka banyak liburnya itu yang masih bermental (maaf rada kasar...) terbelakang, minta hidup asoy dengan tanpa usaha...

blom pernah ngerasain jungkir balik kalo jadi pengusaha...

dan parahnya lagi orang2 seperti itu juga, orang yang ga mau tau dengan keadaan, dan yang penting perut kenyang, (ini juga sorry kalo ada yang kesinggung ya...)


oh gitu gan emoticon-Big Grin
ngga sampe bikin bangkrut juga, paling profit berkurang, anggap aja bagi2 kebahagian ke karyawan, toh kalau untung juga palingan diem2, atau alasan buat ekspansi emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By drawis
Kalau mau sukses ya tirulah orang sukses, jangan orang2 gagal memaksa orang sukses untuk mengikuti kemauan dia, rusak semua deh.
Itulah mengapa ada yg cocok jadi majikan n ada kaum yg lebih cocok jadi babu/jongos


super sekali gan kata2 motivasinya emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By alvaroanzor


alasan klasik gan kalo perusahaan banyak hutang... tapi aset diluar perusahaan nambah terus emoticon-Big Grin


bisa jadi juga gan, untuk sebagian kasus.
dan bisa jadi juga karena banyak utang utk sebagian kasus lainnya emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By Bgunslinger


siip...
masalahnya banyak yang suka banyak liburnya itu yang masih bermental (maaf rada kasar...) terbelakang, minta hidup asoy dengan tanpa usaha...

blom pernah ngerasain jungkir balik kalo jadi pengusaha...

dan parahnya lagi orang2 seperti itu juga, orang yang ga mau tau dengan keadaan, dan yang penting perut kenyang, (ini juga sorry kalo ada yang kesinggung ya...)


ya mungkin2 aja gan.

semuanya mungkin2 aja emoticon-Big Grin
Selagi ane masih karyawan jangan dulu, ntar kalo dah jadi majikan baru ok. emoticon-Big Grin
ditempat ane kerja libur ikut agamanya karyawan jadi kalo lebaran yg muslim libur dan selain muslim kerja begitu juga sebaliknya kalo natal nasrani libur selain nasrani tetap kerja tetapi dhitung lembur bukan kerja normal..............
liburnya emang banyak banget kalo di Indo, berhubung banyak agam yang di akui, di sisi karyawan dengan gaji bulanan itu anugrah, karyawan dgn time sheet itu dilema, buat kalangan owner yah itu masalah emoticon-Stick Out Tongue
Quote:Original Posted By radicalmolecule
susah2 amat, yah bikin ajah peraturan sendiri, kan swasta ini, buruh agama islam, gak usah paskah atau natalan, buruh agama no muslim gak usah lebaran, jangan ngikutin agama pengusahanya, ikutin agama pekerjanya.

beres kan


wuidih asik dong kalo ada pengusaha kaya gini emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By Madarona
ngga sampe bikin bangkrut juga, paling profit berkurang, anggap aja bagi2 kebahagian ke karyawan, toh kalau untung juga palingan diem2, atau alasan buat ekspansi emoticon-Smilie


right brother emoticon-thumbsup
setuju pakkkk hapus saja !!!!! cuti tahunan juga!!!!!

koversi aja cuti tersebut menjadi gaji khusus......gimana pak

mau tidak emoticon-Bingung (S)



pasti tidak emoticon-Big Grin
×