alexa-tracking

tolong gimana cara menghadapi kakak ipar

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/525cc59718cb170c45000009/tolong-gimana-cara-menghadapi-kakak-ipar
tolong gimana cara menghadapi kakak ipar
assalammualaikum wr wb

sebelumnya ane males buat bikin ini, cuma ane udah nyampe pada titik dimana ane musti ngelakuin ini tapi ane juga ragu pada akibat yg bakal terjadi kalo ane ngelakuin ini, makanya ane minta masukan dari agan n sis disini siapa tahu bisa memberi pencerahan buat ane

jadi gini gan, ane punya kakak ipar ( istri dari abang ane ) yg bener2 bikin ngeselin ane dan keluarga besar ane, dikeluarga besar ane dia itu momok dan musuh karna kelakuannya yg songong dan semena2 sama keluarga ane, tapi biarpun begitu ga ada satupun keluarga ane yg berani ngadepin kakak ipar ane ini, bahkan abang tertua ane pun dibuat diem ama dia dan ocehannya, jangankan abang ane tertua, sampe ortu ane pun takut dan segan buat ngelawan.

memang kakak ipar ane ini salahsatu keluarga yg sukses dan penyokong dana terbesar di keluarga ane, hampir sebagian besar keluarga besar ane pernah dibantu sama abang ane yg satu ini, dan itu yg mgkin yg membuat keluarga ane segen sama dia, tapi kalo dipikir2 lagi sbnrnya kan bukan dia yg sukses tapi abang kandung ane yg sukses, dia mah cuma mendompleng kesuksesan karna dia istri dari abang ane ini, dulu mah sebelum nikah ama abang ane, keluarga dia tuh cuma keluarga biasa aja, dan setelah nikah dengan abang ane ini, kehidupan keluarganya brubah 180derajat, ibunya dibeliin rumah sama abang ane dan adek2nya pun di kasi usaha rumah makan gitu.

setiap dateng kerumah ini orang selalu seperti ratu perintah sana sini, udah gitu kalo sama nyokap ane dia berani bentak2 gan, dan itu didepan abang2 dan kakak ane dan mereka cuma diem ga brani belain emak ane, nanti kalo dia udh pulang baru deh semua pada menggerutu, dan hampir semua keluarga ane pernah dimaki2 sama dia, dan anepun pernah digituin sama dia, dan sama sperti yg lain ane pun kesel tapi cuma bisa kesel dihati aja, karna ane takut kalo ane ngelawan, abang ane ga bakal ngasih dana lagi ke keluarga ane.

sementara abang ane tau kelakuan bininya ini tapi abang ane mah nunut aja sama istrinya ini walau kadang juga suka berani, tapi lebih banyak diam ngeliat kelakuan istrinya ini, jadi abang ane lebih condong ngebela istrinya dibanding ortunya sendiri.

saat pas ayah ane meninggal gan, ini orang saat penguburan ayah ane sempet marah gara2 uang amplop, dia pengennya semua dia yg atur, tapi karna ada satu kakak ane yg udah ngatur2 semua prosesinya jadi dia marah2 gan, pas waktu penguburan tadinya dia ga mau ikut, tapi dipaksa sama abang ane

terakhir ini kejadian setelah 40harian dirumah ane, dia sempet nyindir2 emak ane dan emak ane sampe nangis gitu gan, disitu sbnrnya ane udah naik pitam dan saat itu ane udah pengen ngelabrak dia, tapi karna suasana saat itu masih rame ane masih tahan emosi ane, ane ragu kalo ane labrak ane bakal gimana2 sama abang ane dan emak ane juga bakal gimana2 juga makanya ane memilih nahan diri, tapi ane sih udah niat kalo sekali lagi itu orang berani kayak gitu dan bikkin nangis emak ane lagi ane bakal gak tinggal diem, sebodo apapun resikonya yg bakal ane hadapin

oh iya ini kakak ipar ane orang padang gan dan kalo ke keluarganya sendiri dia royal banget, sampe sama ibunya dibeliin dan dibangunin rumah, adek2nya dikasi pekerjaan dan usaha satu2, bahkan kendaraan satu2 tapi giliran dari keluarga ane mesti ngomel2 dulu baru ngasi, dan itupun padahal abang ane yg ngasi gan

jadi menurut agan gimana, pernah ga agan nemuin kakak ipar kya gini dan kalo iya apa yg bakal agan lakuin ? diem atau melawan ?
yang pasti ente musti sabar dan pengertian gan !
let it flow, sabar lah yang paling penting
Quote:


bertahun2 ane sama keluarga besar ane udah sabar di tindas sama dia gan, mentang2 dia yg behave, sekarang ortu ane tinggal nyokap ane gan, masa ane cuma diem ngeliat emak ane dibentak2 didepan ane sampe nangis2 ?

nyokap ane umurnya udah 80th gan emang nyokap ane rada cerewet tapi seharusnya kan yg lebih muda yg ngertiin orangtua bukan ortu yg ngertiin

KASKUS Ads
Mending TS bicara 4 mata dengan abang TS.bicarakan kelakuan istri abang TS.coba hasilnya bagaimana,
Quote:


orang padang diadepin dengan cara orang padang, jangan cara orang betawi atau jawa...emoticon-Stick Out Tongue
Quote:


caranya pegimana ? kasi tau atuh jurus2 nya
Quote:


ane kan disini posisinya adek gan, dan ane paling bontot dan secara ane sama abng ane ini beda umur jauh, masa ane yg mesti ngmg, seharusnya kan abang ane yg paling tua yg ngmg tapi abang ane yg paling tua juga segen, cuma berani dibelakang doang, soalnya dia juga disokong dana sih sama abang ane ini jadi dia berasa ga enak kalo ngmg gimana2 ttg kelakuan istrinya itu

Pindah rumah aja.. Udah sifat dasa kayak gitu mah, susah.. Daripada setiap hari nyakiin hati, ya tinggalin.. Kalau emang berani, tegur dan kritik baik2 ngga usah takut ngga ngasih dana.. Masa ibu kandungnya sendiri ngga dibiayain.. Btw, ts masih kuliah kah ? Kalau udah kerja kan biasanyalebih bebas..


*Maaf ya kalau ngga membantu
first of all, pandangan saya kayaknya berbeda banget sama pandangan hidup kakak.. jadi semua pendapat yang saya ungkapkan ini berdasarkan prinsip hidup saya :
1.
setelah menikah, seorang anak bersatu dengan suami/istrinya dan membentuk keluarga baru.. saat dia masih belum menikah, dia wajib menuruti ortu.. setelah menikah, dia tetap wajib menghormati ortu, tapi pandangan dan opini pasangan lebih prioritas daripada ortu dan saudara2nya..

2.
setelah menikah, anak bukan lagi tanggungan org tua.. perihal anak memberi orang tuanya itu juga kebijakan anak, bukan tanggung jawab anak..
ipar dan kakak kandung TS berhak mengalokasikan dana ke siapa saja yang mereka mau.. kalaupun dia memberikan lbh banyak ke keluarga istrinya, itu hak mereka sepenuhnya..

3.
di sini kakak TS keberatan akan sikap kakak ipar TS dimana dia sombong karena dia merasa membantu banyak keluarga TS.. jalan keluarnya sebenarnya mudah, berhenti menerima santunan dana dari keluarga kakak.. cari cara lain untuk membiayai keluarga kakak TS, karena selama kakak menerima bantuan mereka, mereka merasa bahwa mereka "lebih" dibandingkan keluarga kakak TS..

4.
sikap kakak ipar yang marah2 ga jelas begitu ga akan bisa dilawan pake kata2 keras.. ada 2 cara paling ampuh menghadapi orang seperti itu :
-dengan tidak memperdulikannya.. contoh dia marah dan maki2 ibu, ibu kakak jangan nangis ato sedih ato melawan.. cukup diamkan dan cuek aja..
kalo keluarga kakak tidak memerlukan sokongan dana dari dia, akan lebih mudah.. kalo dia datang ke rumah, tidak perlu dianggap sama sekali..
-dengan ramah, ato membalas perlakuan dia dengan senyuman XD
lebih sulit sih, tapi cara ini tidak akan membuat hubungan keluarga kalian jadi dingin..
Bagusnya sich ente ngomong sama abang ente, sis... Ksh tau ke abang ente.
Quote:




Maaf agan punya basic hukum ya ? Kayaknya ada arah kesana kalau ane lihat..
Quote:


bukan, kakak.. sementara ini saya masih lulusan SMA dan pekerjaan saya cuma OB kok emoticon-Belo
Quote:



OB.. Orang berpengasilan ya Gan.. emoticon-Big Grin

Lebih baik adain rapat keluarga dg abangnya.. Diskusikan masalahnya, saya yakin abangnya juga akan luluh. Tapi lebih baik istrinya jgn diajak ya...malah bikin runyam nntinya
solusinya agan bcr ama abang agan atau kk ipar itu bicara baik2 kalo gak baik2 bntak2 jg gpp soalnya udh kterlaluan

ente takut gk dikasi dana? BODO AMAT JANGAN TAKUT PADA SIAPAPUN KECUALI TUHAN

cma saran sih gan smua trgantung agan emoticon-Cool
Quote:


ane sama nyokap ane sih beda rumah sama dia, dan dari awal emang udah beda rumah, kalo pun pindah rumah dan mesti jauh sama dia, kyaknya ga bisa deh, secara kan ada abang ane yg suka dateng kerumah jenguk ibu ane

tadinya ane kerja gan berhubung 7 bln yg lalu almarhum bokap kan sakit2an dan mesti bolak balik RS, setelah 2 bln dirawat lalu 5 bln dirawat di rumah dan otomatis karna tinggal ane cwo dirumah, selama bokap di sakit dirumah ane yg ngerawat, dari mandiin, nyebokin, nyuapin sampe bokap meninggal, makanya ane relain brenti kerja untuk ngurus bokap

Quote:


maaf ya gan, sbnrnya disini yg jadi basic masalahnya tuh bukan masalah seberapa besar dia ngasih dana ke keluarga besar ane itu, tapi sebenernya yg jadi masalah itu ya kelakuan dari si kakak ipar ane ini gan,

keluarga ane itu keluarga besar gan, ada 12 org, dan abang ane ini trmasuk salah satu yg sukses diantara 12 ini, walau ada beberapa yg sukses kemudian dan jadi penyokong dana keluarga besar ane, tapi abang ane ini istilahnya pionerlah ohya abang ane ini anak nomer 6

dan sbnrnya udah bbrpa kali kakak ipar ane ini sempet bertengkar dengan kakak/abang ane gara2 kelakuannya ini walau ga sampe beradu mulut face to face cuma ditelpon, bahkan dengan ponakan"nya pun sendiri udah beberapa kali smpt kejadian selisih paham, setelah itu damai, tapi ya begini lagi, ya itu gara" mslh keangkuhan dan sok ngatur" dari kaka ipar ane ini yg bikin kesel abang/kakak ane yg udah sukses juga

tapi memang belom pernah ada yg menegur kakak ipar ane ini langsung didepan dia atau abang ane ini, walaupun abang ane udah tau kelakuan istrinya ini memang abang ane sempet ngomel juga ke istrinya tapi beberapa bulan kemudian, saat udh lupa kejadian itu, dan itupun berulang lagi dan lagi

ibu ane pun kalo saat di bentak atau di sinisin atau dimarahin cuma bisa diem gan, palingan nangis kalo mereka udah pulang baru deh nangis dan ngeluarin uneg2nya ke ane, dan ane cuma bisa ngademin emak ane itu, dulu waktu ada bokap, bokap pun ga bisa atau entah ga brani buat ngasih tau ke abang ane ttg kelakuan istrinya itu, karena segan sama abang ane yg udah ngasi byk kekeluarga ane gan.



Quote:


ini jadi salah satu opsi ane gan, semenjak bokap ane meninggal, ane jadi kepikiran terus gan, kesian emak ane, makanya kalo didiemin dia amkin mangkel mending frontal sekalian

Quote:


Buat TS:

Utang budi emang paling sulit di langgar!!!

Posisi ente serba salah yeh..I see!!!

Menurut ane kumpulin tuh abang,ibu ama ente..kalo bisa ibu TS yang nyuruh ke abang TS,disitu lu buka"an...cari solusi!!!
Quote:


Hmmm kali ini saya tidak sependapat dengan pandangan mbak Retno. Bukan apa-apa, orang tua, terutama ibu yang telah mengandung selama 9 bulan dan begitu banyak pengorbanan selama bertahun-tahun sampai anaknya sukses, tentu mempunyai 'hak' yang lebih besar dari seorang istri yang istilahnya baru 'kenal kemarin sore'. Tanggung jawab untuk menafkahi anak dan istri tentu harus dipenuhi, namun tanggung jawab kepada orang tua/ibu bagi seorang laki-laki tidak bisa diabaikan. Kalau sampai seorang menantu perempuan berani menyakiti ibu, itu adalah kegagalan besar dari suaminya karena tidak bisa mendidik istrinya.

Ini hanya pandangan saya lho ya..... Berbeda pendapat itu indah emoticon-I Love Kaskus