alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/525c2ce7feca17a415000002/berapa-jumlah-kapal-selam-tni-al
berapa jumlah kapal selam TNI-AL ???
"@TweetMiliter mengatakan dua kapal selam Kilo Indonesia akan datang di bulan November 2013".

Persoalannya adalah, apakah hal itu mungkin ?.

Kayaknya sangat mungkin.

Pertama : Kalender TNI AL memasang kapal selam jenis KILO dari Russia.

Hal ini sempat dilakukan Arhanud untuk alutsista baru mereka yakni rudal Starstreak dari Inggris. Dalam gallery portal Arhanud saat itu, terpasang beberapa gambar rudal Starstreak, padahal kedatangan alutsista itu belum diketahui publik.

Setelah beberapa bulan, muncullah berita Indonesia membeli rudal starstreak dan digenapi perwakilan produsen Starstreak yang membuka booth di Indo Defence 2012.

Dapat disimpulkan, Arhanud berani memasang rudal starstreak di Portal mereka, karena pembelian senjata itu sudah pasti. Arhanud tergoda memasang gambar Starstreak dengan cepat, karena sangat langka alutssita dari Arhanud yang bisa dibanggakan. Hal ini tentu meningkatkan moral prajurit.

Hal yang sama mungkin terjadi dengan TNI AL. Mereka sangat percaya kapal selam kilo Rusia akan dibeli, sehingga gambarnya dipasang di Kalender tahunan TNI AL.

Selama ini kita menduga kapal selam itu telah dibeli dan telah datang ke Indonesia. Akan tetapi kita kesulitan mencari bukti otentik tentang keberadaan dan pembelian kapal selam Kilo itu.

Kita asumsikan saja satu kapal selam kilo dibangun selama satu tahun. Jika Kilo dikirim ke Indonesia November 2013, kemungkinan kontraknya ditandatangani tahun 2010 atau 2011.
Logika kedua.

Mari kita lihat strategi TNI AL dalam menyusun kekuatan tempur kapal perang permukaan mereka, yang diklasifikasikan ke dalam tiga kategori.

Frigate Van Speijk Class yang sudah tua diposisikan sebagai kekuatan strategis, setelah semuanya nanti dipasang rudal Yakhont berdaya jankau 300 km.

Sementara Korvet Sigma, Nakhoda Ragam dan PKR Sigma 10514 diposisikan sebagai kekuatan pemukul berkualitas.

Adapun kapal-kapal cepat yang akan dilengkapi rudal C-705, akan mengejar sisi kuantitas/ jumlah.

Produsennya pun, beragam mencampurkan alutsista NATO dan Rusia.

KRI Cakra dan Nanggala kita asumsikan saja dikategorikan seperti Frigate Van Speijk Class, mengejar kekuatan strategis. Kapal Selam Chang Bogo kita asumsikan mengejar kuantitas, seperti kapal-kapal cepat rudal.

Maka untuk mengejar faktor kualitas seperti: Korvet Sigma dan Nakhoda Ragam serta Frigate Sigma, TNI AL akan melengkapi armada kapal selamnya dengan jenis Kilo. Cukup logis tampaknya asumsi ini.

Asumsi ini diperkuat juga dengan pola produsen yang menyuplai alutsista Indonesia.

Tiga kapal selam Changbogo dari Korea Selatan merupakan buatan Asia berteknologi NATO (Jerman). Dua KRI Cakra dan Nanggala juga buatan Jerman.

Jika demikian, pilihan untuk kapal selam Kilo sangat masuk akal, karena berteknologi Russia. Hal ini karena TNI kerap mencampurkan alutsita antara NATO dan Russia.

Lebih dari itu, sangat risakan jika TNI AL hanya mengandalkan kapal selam tua KRI Cakra dan Nanggala, serta 3 Changbogo untuk operasi pertahanan. Daya gentarnya sangat kecil. Lain halnya jika 5 kapal selam itu dicampur dengan dua kapal selam Kilo Rusia. Apalagi yang dihadapi adalah kapal-kapal selam modern buatan Barat/NATO: Scorpene dan Collins.

Karena negara tetangga terdekat menggunakan kapal selam produk Barat/NATO, maka semakin kuat dugaan Indonesia akan mendatangkan Kapal Selam Kilo buatan Rusia.

Hal ini terjadi di TNI AU. Untuk mengimbangi pesawat F-16 dan F/A 18 milik tetangga, Indonesia mendatangkan SU-27 dan SU-30 buatan Rusia, melengkapi armada F-16 RI yang telah ada.

Hal lainnya adalah, negara-negara yang sedang membangun kekuatan militernya, hampir selalu membeli alutsista dari negara-negara ternama, meski negara mereka mampu membuat alutsista sendiri.

China dan India telah mampu membuat pesawat dan kapal perang, namun tetap saja membeli alutsista sejenis ke Rusia. Demikian pula dengan: Jepang, Korea Selatan bahkan Israel, yang membelinya ke NATO/ Amerika Serikat.

Jadi patut diduga gambar kepal selam Kilo 412 yang ada di kalender TNI AL, masih disain semata, belum eksis. Semoga kapal selam Kilo Rusia itu memperkuat TNI AL di akhir tahun 2013.

URL/https://www.facebook.com/pages/Info-Militer-Dunia/358471770918874?ref=stream&hc_location=stream

SORY KALAU NI BERITA BASI
TAPI PERCAYA ATU NGEGA JUGA ENGGA APAX2......emoticon-Ngakak

semoga jadi keyataanberapa jumlah kapal selam TNI-AL ???

Berita lontong menjelang lebaran idul Adha tinggal opor ayam melengkapinya..TS mancing mania kembali...
sumbernya dari fb?! emoticon-Hammer
Quote:Original Posted By sambernyowosolo
sumbernya dari fb?! emoticon-Hammer


namanya juga asumsi gan.walau sumbernya dari fb

kan udah di bilang percaya sukur engga juga engga apax2 ko:ngakaemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Lontong lagi... emoticon-Traveller

Asumsi kalender emoticon-linux2...jdi horny jga akan di akuisisi???......emoticon-Ngacir
Quote:Original Posted By maulana2803
Lontong lagi... emoticon-Traveller

Asumsi kalender emoticon-linux2...jdi horny jga akan di akuisisi???......emoticon-Ngacir


bisa jadiemoticon-Shutupemoticon-Shutup
mancing mania nih ceritanya emoticon-Stick Out Tongue
cuma 2 kok KRI Cakra dan KRI Nanggalaemoticon-Kiss
Quote:Original Posted By wahwibson
cuma 2 kok KRI Cakra dan KRI Nanggalaemoticon-Kiss


terus terus terus.... yang dibilang timbalan menteri pertahanan sonora itu apa?
Indonesia telah mengoperasikan kapal selam buatan rusia emoticon-Malu (S)
Quote:Original Posted By mailanakemak


terus terus terus.... yang dibilang timbalan menteri pertahanan sonora itu apa?
Indonesia telah mengoperasikan kapal selam buatan rusia emoticon-Malu (S)

ane cuma tahu 2 doang kok habis itu yang sering dipamerinemoticon-Kiss

kalo lontong siluman sich entah, mungkin kilo hasil minjam dari India/Rusiaemoticon-Kiss
setiap alautsista TNI itu ngga di publikasikan smua karna menyangkut rahasia negara
Quote:Original Posted By wahwibson

ane cuma tahu 2 doang kok habis itu yang sering dipamerinemoticon-Kiss

kalo lontong siluman sich entah, mungkin kilo hasil minjam dari India/Rusiaemoticon-Kiss


hasil minjem ada berita nya kah ... ?????????????????????????
nah lohhhhhhhhhhhhhemoticon-Bingung (S)
Quote:Original Posted By utadadeni


hasil minjem ada berita nya kah ... ?????????????????????????
nah lohhhhhhhhhhhhhemoticon-Bingung (S)


emoticon-Ngakak
makanya ane bilang kita hanya punya 2 kapal selam cakra dan nanggala

soal kita punya kilo kemungkinan besar cuma minjememoticon-Kiss

namanya kemungkinan broemoticon-Kiss
ora percoyo len ora ono photonee..dah diterima saja kalaunkita cuman punya 3 lontong cakra nanggala .ama tuh whisky class.di sby.
Emang bener koq kalo qta punya dan sudah mengoperasikan kapal selam russkies...waktu taun 60'an. Kata kuncinya adalah "telah", bukan "sedang" emoticon-Cool emoticon-Ngakak
Cangbogo ntar jadinya...
kilo ntar di kirimnya..
yang sekarang mondar mandir adalah cakra dan nanggala
entah kilo cakra atau kilo nanggala
emoticon-Angkat Beer
Idul Adha saatnya bersantap lontong dan ketupat!!
Demam lontong idul adha...
DUA ............ BELAS

emoticon-Ngaciremoticon-Ngaciremoticon-Ngacir
berapa jumlah kapal selam TNI-AL ???
kurang gede?