alexa-tracking

Amerika Serikat Halangi Rekonsiliasi Warga Eks Timtim dan Timor Leste

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/525bf94a118b462d6600000f/amerika-serikat-halangi-rekonsiliasi-warga-eks-timtim-dan-timor-leste
Amerika Serikat Halangi Rekonsiliasi Warga Eks Timtim dan Timor Leste
TRIBUNNEWS.COM, KEFAMENANU - Amerika Serikat dinilai menghambat proses rekonsiliasi antara warga eks Timor Timur (Timtim) yang saat ini bermukim di Indonesia, dengan warga Timor Leste.

"Diharapkan pihak Amerika Serikat tidak terlalu mencampuri urusan status penjahat perang di Timtim dulu sehingga kita minta semuanya itu diserahkan ke orang Timtim duduk bersama untuk selesaikan dengan rel rekonsiliasi untuk bangun masa depan Timtim," ungkap Wakil Ketua DPD Uni Timor Aswain (Untas), Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur, Senin (14/10/2013) pagi.

Menurut Miguel, intervensi AS soal pelanggaran berat atas sejumlah insiden di Timtim tahun 1999 silam sangat terasa, padahal dari pihak Timor Leste saat ini menginginkan penyelesaian hal itu secara baik.

"Perdana Menteri Xanana Gusmao ingin adanya rekonsiliasi antara semua pihak termasuk sejumlah nama yang masuk Daftar Pencarian Orang (DPO) yang dikeluarkan oleh Serious Crime Unit (SCU) Perserikatan Bangsa bangsa (PBB)," tandas Miguel.

Miguel mengatakan, tuduhan pelanggaran HAM oleh SCU PBB tidak sepenuhnya benar, karena data dalam DPO yang dikeluarkan tidak lengkap. Idealnya perlu dilakukan klarifikasi dengan mempertemukan pelaku dan korban.

"Hasil investigasi SCU itu bohong, data dalam DPO tidak lengkap, tidak ada alamat dan tempat tanggal lahir sehingga membuat bingung karena warga banyak memiliki nama yang sama, karena itu perlu dipertemukan antara pelaku dan korban untuk dilakukan klarifikasi dan pembicaraan lebih intensif," beber Miguel.

Data yang berhasil dihimpun menyebutkan, sebanyak 401 orang eks milisi Timor-Timur pro integrasi yang saat ini menetap dan menjadi warga negara Indonesia, masuk dalam DPO karena dituduh telah melakukan pelanggaran hak asasi manusia (HAM). Mereka dituduh membunuh dan memperkosa ribuan orang sesama warga Timtim lainnya, pada saat jajak pendapat tahun 1999 lalu.
ember
========================================================
kayaknya isu hamburger masih bakal dipake buat senjata nekan negara kitaemoticon-Najis

berarti mantan jenderal juga bisa dikenakan pasal penjahat perang dongemoticon-Bingung (S)
ini berita buat BP/LN, militernya mau bahas apa? cuma bakal jadi sarang berantem
Quote:


lach itu warga kita jadi buronan penjahat perang oleh pbbemoticon-Bingung (S)
trus setelah dpo dicekal masuk timles... aneh..
Quote:

emoticon-Ngakak
kelihatan dagelannya
Ini berita unsur BPLN nya lebih kerasa ketimbang militernya lho, kalau ente baca secara keseluruhan isi artikelnya dan dicermati emoticon-Malu
yaaak yg mau posting gambar igo, sepur, dll silahkan sebelum ditutup momod gan... emoticon-Ngakak


ayo buruan ......digembok maksudnya ........
Quote:


duh

biasakan membaca dan merenungkan isi berita sebelum posting. hanya karena disitu ada kata 'militer' bukan berarti dia pantas masuk thread militer! sama saja seperti orang yang komen terhadap thread militer dengan mengaitkan dengan pencapaian ekonomi.

berita ini membahas kepada hubungan bilateral dua negara (dan komen si anggota DPR)

memang sebagian orang suka kalau berita di thread 'panas', tapi ya tolong beritanya yang memang valid masuk formil.

Quote:


nanti ada berita istri tentara ditusbol suami di koran lampu merah dipasang disini hanya karena ada 'tentara'
Quote:


kemungkinan besar berita kaya gitu juga bakal di post di Formil emoticon-Malu (S)
Amerika Serikat Halangi Rekonsiliasi Warga Eks Timtim dan Timor Leste
ples atu aja deh gan emoticon-I Love Indonesia (S)