alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/525bd75dfaca172e6f00000c/satu-tahun-memimpin-jakarta-ini-rapor-jokowi
Satu Tahun Memimpin Jakarta, Ini Rapor Jokowi
Satu Tahun Memimpin Jakarta, Ini Rapor Jokowi

Quote:
Satu Tahun Memimpin Jakarta, Ini Rapor Jokowi
Pasangan Gubernur Joko Widodo dan Wakil Gubernur Basuki Tjahaya Purnama genap setahun memimpin Jakarta pada 15 Oktober mendatang. Selama satu tahun menjabat, apa sajakah program-program mereka yang sudah terealisasi?

1. Meluncurkan program KJP dan KJS
Sesuai dengan janji kampanyenya, Jokowi langsung meluncurkan program Kartu Jakarta Pintar (KJP) dan Kartu Jakarta Sehat (KJS) untuk seluruh warga Jakarta. Kedua kartu sakti tersebut dilaunching sebulan setelah dia resmi dilantik.

Dengan menggunakan KJP, warga ekonomi rendah tidak hanya mendapat fasilitas gartis biaya sekolah saja. Namun juga mendapatkan uang operasional yang meliputi ongkos pulang pergi sekolah, sepatu dan seragam, serta buku sekolah.

Sementara dengan KJS, warga Jakarta yang tidak mampu dapat menikmati fasilitas kesehatan gratis di kelas tiga. Pada bulan pertama penerapan KJS, antusiasme warga sangat terasa. Akibat banyaknya warga yang berobat, terjadi lonjakan pasien yang sangat besar di semua rumah sakit dan puskesmas. Pihak rumah sakit dan puskesmas pun kewalahan menangani pasien. Namun jumlah pasien kembali normal seiring dengan berjalannya waktu.

2. Normalisasi Waduk dan Sungai

Jokowi menyadari, banjir adalah persoalan besar yang ada di Jakarta. Karenanya, normalisasi waduk dan sungai menjadi program prioritasnya. Waduk Pluit menjadi waduk pertama yang akan direvitalisasi. Namun, niat pemprov tersebut mendapat tentangan dari warga bantaran waduk yang menolak direlokasi. Namun demikian, setelah melalui proses sosialisasi yang panjang, Jokowi akhirnya berhasil memindahkan ribuan warga ke rumah susun.

Saat ini, normalisasi waduk yang lahannya banyak dijarah warga itu sudah hampir rampung. Sebuah ruang terbuka hijau juga pun telah berdiri di pinggi waduk.

Selain Waduk Pluit, pemerintah juga tengah mengebut normalisasi Waduk Ria Rio. Setelah Ria Rio, waduk lain yang akan dinormalisasi yaitu Waduk Tomang.

Sementara itu, pengerukan sungai juga dilakukan Jokowi agar bisa mengurangi banjir. Saat ini, pengerjaan pengerukan lumpur masih dilakukan di sungai-sungai utama seperti Ciliwung, Pesanggarahan, dan Krukut.

3. Kampung Deret dan Rumah Susun
Dalam kampanye, Jokowi juga pernah menjanjikan akan membangun kampung deret bagi warga yang tinggal di daerah kumuh. Janji kampanye tersebut pun direalisasikan dengan berdirinya kampung deret di Tanah Tinggi, Jakarta Pusat. Kampung deret Tanah Tinggi sendiri menjadi kampung deret yang pertama kali dibangun karena lokasi itu terkena musibah kebakaran. Selain di Tanah Tinggi, pemerintah juga akan membangun kampung deret di 28 titik lain di Jakarta.

Selain kampung deret, program Jokowi lain yang bertujuan untuk menata kumuh yaitu memindahkan warga ke rumah susun. Mantan Walikota Solo itu berhasil memindahkan warga yang terkena relokasi Waduk Pluit ke Rumah Susun Marunda yang sebelumnya kosong selama bertahun-tahun. Selain Marunda, rumah susun lain yang kembali difungsikan yaitu Rusun Pinus Elok yang ditempati warga bantaran Waduk Ria Rio.

4. Penataan Pedagang Kaki Lima
Pemprov Jakarta di bawah kepemimpinan Jokowi juga berhasil melakukan penataan pada 700 PKL di Tanah Abang. Mereka yang sebelumnya berjualan di badan jalan hingga menyebabkan kemacetan lalu lintas, kini sudah direlokasi ke Pasar Blok G. Selain Tanah Abang, Pemprov juga melakukan penataan pada pedagang di Pasar Gembrong, Jakarta Timur.

Selain merelokasi PKL yang berada di jalanan, pemprov juga menyediakan ruang bagi mereka untuk mengaktualisasikan diri melalui Kaki Lima Night Market yang digelar tiap akhir pekan.

5. Lelang Jabatan Lurah Camat
Gebrakan baru juga dibuat Jokowi dalam sistem pemerintahan. Gubernur yang hobi blusukan itu mengadakan lelang jabatan atau seleksi terbuka untuk posisi camat dan lurah. Langkah ini ditempuh untuk mendapatkan pejabat publik yang sesuai dengan kriteria yang diinginkan Pemprov, yaitu lurah camat yang mau bekerja keras untuk melayani warga. Program ini pun dianggap cukup berhasil karena tingkat kepuasan warga akan pelayanan publik di kantor kelurahan dan kecamatan meningkat. Namun demikian, Jokowi akan tetap melakukan evaluasi pada lurah camat hasil lelang pada November mendatang.

6. Menerapkan Sistem Pajak Online
Pemprov Jakarta di bawah kendali Jokowi menerapkan sistem pajak online. Sistem ini bertujuan agar memudahkan wajib pajak untuk menunaikan kewajibannya. Selain itu, sistem ini diterapkan untuk menghindari kebocoran dana yang dikhawatirkan terjadi apabila transaksi dilakukan dengan tatap muka.
Meski demikian, rupanya belum semua warga mau beralih menggunakan pajak online. Menurut Jokowi perlu waktu bagi warga untuk terbiasa dan akhirnya mau beralih ke sistem baru itu.

7. Pembangunan MRT
Selama satu tahun memimpin Jakarta, Jokowi memang belum mampu menyelesaikan masalah kemacetan di Jakarta. Namun demikian, setidaknya harapan warga Jakarta untuk menikmati jalanan yang lancar kembali muncul setelah Jokowi meresmikan ground breaking pembangunan proyek Mass Rapid Transit (MRT). Rencananya, transportasi massal berbasis rel itu bisa dinikmati warga pada awal 2018.

8. Membuat Pesta Rakyat
Jokowi sadar betul, tidak semua warga Jakarta bisa menikmati liburan mewah ala orang berduit. Karenanya, di setiap event tertentu, pemerintah mengadakan pesta rakyat yang bisa dinikmati warga secara gratis. Sebut saja Jakarta Night Festival, Jakarnaval, dan Jakarta International Performing Art.
Meski demikinan, Jokowi mengaku festival-festival yang digagasnya itu belum sempurna, terutama soal kurangnya penerangan selama acara dan soal kebersihan usai acara.

9. Menyediakan Bangku Taman
Gubernur Jokowi berhasil menjadikan kota Jakarta yang dipimpinnya lebih manusiawi dengan menyediakan 344 bangku taman di sepanjang Jalan Sudirman dan Jalan Thamrin. Meski hanya program kecil, namun langkah ini sangat dirasakan manfaatnya oleh warga. Sebab, warga kini bisa duduk santai sambil menunggu datangnya bus saat pulang kerja.


SOURCE

SOURCE

Quote:GIMANA MENURUT KALIAN?
gak beda ama agenda2 gubernur lainnya.


apa istimewa nyaemoticon-Bingung (S)
pokoke pak de capres 2014 aja ya pak de

pliiisss..daerah terpencil butuh sentuhan pak de emoticon-Berduka (S)
Quote:Original Posted By musimlayange
gak beda ama agenda2 gubernur lainnya.


apa istimewa nyaemoticon-Bingung (S)

bedanya agenda jokowi ahok jalan,, yg laen kaga, gan
Mengatasi kemacetan? Masih macet tuh.. Andai pak gub, wagub, pejabat & pns mau ngasih contoh bike to work..
Quote:Original Posted By musimlayange
gak beda ama agenda2 gubernur lainnya.


apa istimewa nyaemoticon-Bingung (S)

istimewa nya ngga pakai pakar ahli, tapi koq ya bisa kelakon emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By musimlayange
gak beda ama agenda2 gubernur lainnya.


apa istimewa nyaemoticon-Bingung (S)


itu bukan agenda.. emoticon-Ngakak baca yang boneng gan.. kelihat dan terendus aroma emoticon-Tai
Quote:Original Posted By musimlayange
gak beda ama agenda2 gubernur lainnya.


apa istimewa nyaemoticon-Bingung (S)


emoticon-rainbowemoticon-rainbowemoticon-rainbow
apalagi jaman kumis ga ada banjir cuma genangan ga ada macet cuma jalan pelan pokoknya joss deh emoticon-Ngakak


selamat hari raya Idul Adha 1434 H emoticon-Paw
Quote:Original Posted By musimlayange
gak beda ama agenda2 gubernur lainnya.


apa istimewa nyaemoticon-Bingung (S)


Istimewanya yg ini di realisasi...yg lama cuman di lihatin ama di korupsi... emoticon-Ngakak
Masi ada aja ya yang bloon yg ga ngerti beda pak joko dan yg lain, heran emoticon-Ngakak

Apa sih salah dia? Orang bener salah, tikus koruptor dan yang cm jadi patung bakal gaya2an ga kerja apa2 ngeluh..

Mikir ga sih bwt kemajuan indonesia? emoticon-Matabelo
Ini yang diminta alaydrus kan, nah mata s alay kudu dibuka kalo nanya paparan lagi taibokin aja paje emoticon-Tai: emoticon-anjing
Satu Tahun Memimpin Jakarta, Ini Rapor Jokowi
Harusnya jangan tulis rapor Jokowi gan..
Mungkin Lebih enak Rapor Jokowi dan Ahok emoticon-Ngacir

karena bukan 1 orang yang bekerja tapi 2 orang kan ?

Beda ma di Banten, Gubernur terus yang nongol, tapi wakilnya gak tau kemana emoticon-Malu (S) emoticon-Ngacir
Dopost maap emoticon-Malu (S)
Sip gan..emang oke nih pak jokowi




Satu Tahun Memimpin Jakarta, Ini Rapor Jokowi Satu Tahun Memimpin Jakarta, Ini Rapor Jokowi
Keren ini pakde Jokowi.
Semoga pemimpin yang seperti ini selalu diberkati oleh Tuhan..
Dan semoga banyak bermunculan pemimpin pemimpin seperti beliau di negeri ini.
emoticon-2 Jempol bwt pak jokowi...
tambah lagi program audit pegawai PNS di kantor pemda... karna mereka yg seharusnya bisa lebih melayani rakyat..
rapor apaan nih, cm yg bagus2 doang yg ditampilin emoticon-Ngakak

Quote:Kisah Dubes China Terjebak Macet 5 Jam di Jakarta
http://metro.news.viva.co.id/news/re...jam-di-jakarta


Quote:Banjir 1 meter, warga Ulujami kembali diungsikan
http://www.merdeka.com/peristiwa/ban...iungsikan.html


Quote:Siswa Miskin Di Semper Pertanyakan Pencairan KJP
http://www.jakartautara.co/2013/09/s...rtanyakan.html
rapor pake nilai dong


target dan pencapaiannya ga jelas neh emoticon-linux2
Quote:Original Posted By Krabberz
rapor apaan nih, cm yg bagus2 doang yg ditampilin emoticon-Ngakak







Husshh...
buka kartu aja kau

emoticon-Ngakak