alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/525b85d7feca17650a000002/kisah-anak-adam-yang-gara-gara-tertidur-di-masjid-di-pindahin-jin-muslim-ke-kuburan
Hepi 
Kisah Anak Adam Yang Gara-Gara Tertidur Di Masjid Di Pindahin Jin Muslim Ke Kuburan..
Masjid Ponpes Manba’ul ‘Ulum desa Bacem, kecamatan Kebonsari, kabupaten Madiun terdiri atas dua bagian—bangunan asli dan bangunan tambahan (baru). Bangunan asli sendiri, yang utama untuk laki-laki, dan yang di sisi kanannya untuk perempuan.

Kalau bangunan tambahan dibuat tahun 1970-an, bangunan asli dibuat semasa babad desa Bacem, oleh Syech Abdurrazaq, empat lapis keturunan ke atas dari kiai yang membangun bangunan baru. Pada tahun 1970-an itu atap bangunan asli juga diganti dari sirap menjadi genteng. Kapan bangunan asli dibuat, tidak ada dokumen tertulis kapan, namun pastilah itu ada dalam abad 19.

Mengingat usianya yang begitu tua, bangunan masjid asli ini dikenal keramat. Jangan pernah mencoba main-main di dalam masjid. Kata para ustadz kami, dan telah dipercaya turun-temurun, di masjid ini ada jin santri yang juga bertugas untuk menjaga keamanan dan kehormatan masjid. Saya tidak mempercayainya sebelum kemudian saya mengalaminya sendiri.

Saat itu saya masih duduk di kelas 6 SD; dan pada suatu Rabu malam menjelang bulan ramadhan. Seperti biasa, saya ikut mengaji kitab Riyadus Shalihin—salah satu kitab kuning yang dipelajari para santri, baik dari desa kami (di sebelah utara masjid) maupun dari luar daerah (di sebelah selatan masjid). Saya kebetulan mengaji ke Ust. Abdi Manaf, paman saya sendiri, yang kala itu menjadi lurah pondok domestik.

Rabu malam saya perlu makan sahur, karena saya terbiasa puasa Senin-Kamis. Karena saya sudah dibekali ibuk makanan untuk sahur [favorit saya botok ikan gabus dan tempe goreng], maka setelah mengaji kitab kuning di atas, saya tidak segera pulang. Toh adik saya sudah pulang bersama bapak seusai shalat isya’. Saya malah nderes (mengaji berulang-ulang) kitab pegon itu, agar saya segera memahami isinya dengan baik.

Ternyata, kenyataan berbicara lain. Sekitar pukul 23.00-an, saya ketiduran di dalam ruang masjid, dekat bilik imam dan mimbar khotbah itu, suatu tempat yang diwanti-wanti untuk tidak untuk main-main. Namun, apa mau dikata? Serangan kantuk begitu dahsyatnya, sehingga saya langsung pulas, bermimpi naik sampan menyeberangi samudera.

Sekitar pukul 02.00 dini hari saya terbangun tatkala sayup-sayup mendengar suara adzan. Itu suara adzan untuk membangunkan para santri, guna menunaikan shalat malam (shalat tasbih, tahajjud dan hajat). Pikir saya, ya Allah, berilah kekuatan pada saya untuk segera menyusul shalat malam. Mata saya masih kriyip-kriyip, berat sekali untuk dibuka—lengket seperti ditambal dengan lem.

Ketika mata terbuka utuh, saya tidak melihat dampar (meja pendek untuk alas mengaji), atau cahaya lampu gaspon yang cukup terang. Astaghfirullah! Yang saya lihat adalah nisan-nisan di bawah sinar rembulan yang meremang. Bisa dibayangkan, bagaimana ekspresi saya saat itu: Anak kelas 6 SD, sendirian di dalam makam, dengan cahaya rembulan remang-remang.

Segera saya mengenali bahwa tempat saya berbaring ini adalah tanah makam masjid, hanya di luar area bilik imam dan mimbar khutbah. Berhubung saya cukup sering mengaji di cungkup makam itu (dengan guru ngaji saya), dahsyatnya rasa takut dan penasaran tidak seberapa mencomotkan jantung. Hanya degupnya, memang tak henti-henti.

Panas dingin, sudahlah pasti. Pyar-pyar, bulu kuduk berdiri semuanya. Jantung masih terus berpacu. Mau lari? Mustahil rasanya. Jika sampai lari, kaki pastilah akan terantuk nisan di sana-sini, dan akan membuat saya jatuh tersungkur. Sejenak saya berusaha keras memenangkan diri….

Sambil membaca istighfar, shalawat, dan ayat kursiy sambil gemetaran, saya perlahan berjalan keluar dari makam, dan menuju kolam tempat wudlu. Masih dengan tubuh panas-dingin, saya pun mengambil air wudlu, dan berusaha menenangkan diri. Tak lama kemudian, saya bergabung dengan jamaah shalat malam.

Singkat kata, setelah shalat malam, menjelang makan sahur, saya menemui lurah pondok domestik yang juga paman saya sendiri. Saya ceritakan semuanya dengan jujur, apa adanya. Di penghujung waktu konsultasi itu, beliau bertutur lembut, ”Ojo wedi, Le. Iku jin santri. Dheweke ora lila yen awakmu bobo neng kono.” (Jangan takut, Nak. Itu jin santri. Dia tidak rela jika kamu tidur di sana.)

Lebih lanjut, kata beliau, jin juga makhluk Tuhan. Mirip dengan manusia, jin juga ada yang baik ada yang jahat. Jin yang jahat biasa disebut setan atau iblis. Lalu, apakah yang perlu ditakutkan? Bukankah seyogianya seharusnya lebih takut pada manusia yang berjiwa setan atau iblis?***

Bacem, Madiun 9 Agustus 2013.

http://lifestyle.kompasiana.com/cata...m--583718.html

masjid adalah tempat untuk beribadah.......dan mendekatkan diri kepada Allah SWT...............

Jangan sembarangan tidur-tiduran di masjid............jin muslim yg tinggal dimasjid bisa marah...............hati-hati..............hoho

perbanyaklah zikir,salawat & ibadah jika anda berada di masjid

salam

hoho............
ijin baca dulu mbah..... emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By MuslimAirForce

masjid adalah tempat untuk beribadah.......dan mendekatkan diri kepada Allah SWT...............

Jangan sembarangan tidur-tiduran di masjid............jin muslim yg tinggal dimasjid bisa marah...............hati-hati..............hoho

perbanyaklah zikir,salawat & ibadah jika anda berada di masjid

salam

hoho............


bold : berarti kalo enggak di mesjid/mushalla enggak boleh beribadah atau gk boleh mendekatkan diri ame pencipta ?? kalopun ngotot ibadah dan ngedeketin diri gak bakal di terime gitu ibadahnye ???

Masjid /mushalla itu tempat bagi siapapun umat manusia kagak peduli dia beriman ato kagak, gak peduli dia muslim atau bahkan kafir sekalipun, bahkan rasullullah sendiri menganjurkan bagi musafir yg kemalaman, untuk bermalam di musholla atau masjid, bila memang tidak ada tempat lagi untuk bermalam.

terjadinya sesuatu seperti pada cerita pasti bukan tanpa sebab, pasti ada sebab sehingga terjadi suatu akibat. kalo hanye gara gara tidur di masjid / musholla trus jin nya marah , emang entuh jin sape .. yang "PUNYA RUMAH" aje kagak marah kok, bahkan rasul aje menyarankan untuk bermalam di situ, kok entuh enjin berani lancang main mindahin tanpa alasan ..
Quote:Original Posted By MuslimAirForce


masjid adalah tempat untuk beribadah.......dan mendekatkan diri kepada Allah SWT...............

Jangan sembarangan tidur-tiduran di masjid............jin muslim yg tinggal dimasjid bisa marah...............hati-hati..............hoho

perbanyaklah zikir,salawat & ibadah jika anda berada di masjid

salam

hoho............




ngapain dipindahin??
benerkah itu jin muslim???


makanya kalau masuk masjid bersuci dulu...

emang salah tidur di masjid??
disamping masjid rumah Allah bukankah masjid juga rumahnya orang musafir?? emoticon-Big Grin
Hebat banget jin ngatur manusia..emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By ringgaUNDIL

ngapain dipindahin??
benerkah itu jin muslim???
makanya kalau masuk masjid bersuci dulu...
emang salah tidur di masjid??
disamping masjid rumah Allah bukankah masjid juga rumahnya orang musafir?? emoticon-Big Grin


mungkin enjin nye marah soale korban nyang di pindahin entuh pernah nyuri terompah nya enjin nya kang .. emoticon-Big Grin , pan tau ndiri bijimane manusia sekarang, berbekal sunnah "AMBILLAH YG BAIK, BUANGLAH YG JELEK" akhirnya di plintir deh ... berangkat ke masjid pake sendal jelek, pulang pake sendal baru .. padahal entuh sendal ternyata TEROMPAH nye Enjin nyang di situ .. makanya giliran tersangka nya balik lagi .. di pindah in deh ..

mungkin pikir nya si enjin, "Enak aje elo .. ude nyolong terompah sekarang tidur di mari, pake acara tidur plus ngiler lagi .. ane pindah in deh .. galo galo deh lo bobok di makam"
Quote:Original Posted By pinguintempur


mungkin enjin nye marah soale korban nyang di pindahin entuh pernah nyuri terompah nya enjin nya kang .. emoticon-Big Grin , pan tau ndiri bijimane manusia sekarang, berbekal sunnah "AMBILLAH YG BAIK, BUANGLAH YG JELEK" akhirnya di plintir deh ... berangkat ke masjid pake sendal jelek, pulang pake sendal baru .. padahal entuh sendal ternyata TEROMPAH nye Enjin nyang di situ .. makanya giliran tersangka nya balik lagi .. di pindah in deh ..

mungkin pikir nya si enjin, "Enak aje elo .. ude nyolong terompah sekarang tidur di mari, pake acara tidur plus ngiler lagi .. ane pindah in deh .. galo galo deh lo bobok di makam"

jangan berburuk sangka juga bro...
siapa tau emang jinnya yg jail, atau orgnya pas gak bersih masuk ke masjid.

masjid emng tempatnya org musafir dan tempat istirahat disampaing sebagai tempat ibadah.
tp siapa aja yg masuk masjid bersucilah karena masjid tempat yg suci emoticon-Smilie



knp gw bilang kek gni?
karena gw pernah ngalamin juga.
yah 11-12 lah sama cerita TS.
tp waktu itu lagi ga bersih emoticon-Big Grin
masih labil juga,
dah lama bgd
Quote:Original Posted By ringgaUNDIL

jangan berburuk sangka juga bro...
siapa tau emang jinnya yg jail, atau orgnya pas gak bersih masuk ke masjid.

masjid emng tempatnya org musafir dan tempat istirahat disampaing sebagai tempat ibadah.
tp siapa aja yg masuk masjid bersucilah karena masjid tempat yg suci emoticon-Smilie


kagak berburuk sangke kang, pan ane udah bilang, bahwa segala sesuatu terjadi bukan tanpa sebab... sayangnye nyang di tulis/sampaikan TS hanya akibanye doank, tanpa sebabnya di ceritain jg ..

kalo tentang sendal mah hanya hiasan doank .. pelengkap cerite ... biar dikit meriah .. biar ilang dikit kesan angker nye .. tapi bener lho jaman sekarang susah banget mo bermalam di masjid ato musholla , secara kalo malem rata rata musholla ame mesjid di gembok pintunye ame takmir nye ..
Quote:Original Posted By ringgaUNDIL

knp gw bilang kek gni?
karena gw pernah ngalamin juga.
yah 11-12 lah sama cerita TS.
tp waktu itu lagi ga bersih emoticon-Big Grin
masih labil juga,
dah lama bgd


makanye kalo abis SELF SERVICE jangan lupe mandi besar dolo hekekekkekekek
horor ente gan.
Ane jadi membayangkan jadi TS emoticon-Takut
Quote:Original Posted By Th3ll
Hebat banget jin ngatur manusia..emoticon-Big Grin


yo hebat lha ntu buktine emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By pinguintempur


kagak berburuk sangke kang, pan ane udah bilang, bahwa segala sesuatu terjadi bukan tanpa sebab... sayangnye nyang di tulis/sampaikan TS hanya akibanye doank, tanpa sebabnya di ceritain jg ..

kalo tentang sendal mah hanya hiasan doank .. pelengkap cerite ... biar dikit meriah .. biar ilang dikit kesan angker nye .. tapi bener lho jaman sekarang susah banget mo bermalam di masjid ato musholla , secara kalo malem rata rata musholla ame mesjid di gembok pintunye ame takmir nye ..


Quote:Original Posted By pinguintempur


makanye kalo abis SELF SERVICE jangan lupe mandi besar dolo hekekekkekekek


namanya juga masih labil.
dah 10th yg lalu om emoticon-Mewek
Quote:Original Posted By ringgaUNDIL

jangan berburuk sangka juga bro...
siapa tau emang jinnya yg jail, atau orgnya pas gak bersih masuk ke masjid.

masjid emng tempatnya org musafir dan tempat istirahat disampaing sebagai tempat ibadah.
tp siapa aja yg masuk masjid bersucilah karena masjid tempat yg suci emoticon-Smilie



knp gw bilang kek gni?
karena gw pernah ngalamin juga.
yah 11-12 lah sama cerita TS.
tp waktu itu lagi ga bersih emoticon-Big Grin
masih labil juga,
dah lama bgd


kalo ane malah lebih gila lagi Kang,
jaman masa muda dulu waktu masih jadi ababil
habis mabok karena saking parahnya sehingga takut pulang ke rumah,
akirnya ane mutusin buat tidur di dalam mushola,
tapi ya beruntung ga kejadian seperti apa yg di alamin ma ts di atas,
cuma bangun ane mutah pas waktu mo adzan shubuh papasan sama orang yang mo adzan, ane waktu itu mualu sekali karena muntahnya pas di depan pintu mushola dan bertepatan dgn orang yg mo adzan tersebut, beruntung ane ga di marahin, xixixiiii........ emoticon-Big Grin
gile dah pengalaman ane emoticon-Big Grin