alexa-tracking

Windows XP 6 Bulan Lagi Ditutup, 9,6 Juta PC di Indonesia Berisiko

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/525a84a9feca17e91b000000/windows-xp-6-bulan-lagi-ditutup-96-juta-pc-di-indonesia-berisiko
Windows XP 6 Bulan Lagi Ditutup, 9,6 Juta PC di Indonesia Berisiko
Jakarta - Microsoft kembali mengingatkan kalangan bisnis dan konsumen Indonesia yang masih menggunakan PC dengan Windows XP bahwa dalam waktu enam bulan, pada 8 April 2014, layanan untuk Windows XP akan ditutup.

Dengan waktu tersisa sekitar enam bulan, masih ada lebih dari 9,6 juta PC di Indonesia, atau empat dari 10 PC masih menggunakan Windows XP, sistem operasi berusia 11 tahun yang tidak lagi dapat bertahan menghadapi serangan keamanan yang canggih, atau memenuhi kebutuhan privasi dan produktivitas.

Terhitung 8 April 2014, Microsoft tidak lagi menyediakan update security serta perbaikan lain, dukungan teknis melalui telepon serta konten lain untuk Windows XP. Artinya, pengguna Windows XP sama sekali tidak akan mendapat update yang akan melindungi PC mereka dari virus, spyware, maupun software berbahaya lain, yang berdampak pada downtime atau kompatibilitas.

Microsoft menghimbau pelaku bisnis dan konsumen yang masih menggunakan PC dengan Windows XP untuk melakukan upgrade ke Windows 7 atau Windows 8. Berdasarkan laporan dari Microsoft’s Security Intelligence Report, Volume 14 edisi April 2013, Windows XP dengan SP3 lebih rentan 56,5 kali lipat dibandingkan Windows 8 RTMi.

Angka StatCounter bulan September 2013 menunjukkan bahwa Indonesia merupakan salah satu basis Windows XP terbesar di Asia Pasifikii. Windows XP masih digunakan di sekitar 36 persen dari seluruh PC yang ada di Indonesia, atau sekitar 9,6 juta PC, kurang lebih sama dengan jumlah penduduk Swedia.

Kabar baiknya, pada bulan September 2013, bisnis dan konsumen berangsur-angsur beralih ke sistem operasi yang lebih baru, dan setidaknya 53 persen dari semua PC di Indonesia kini menjalankan Windows 7 atau 8.

Lucky Gani, Business Group Head, Windows Division, Microsoft Indonesia, mengatakan kesadaran kalangan bisnis maupun konsumen Indonesia untuk menjadikan migrasi ini prioritas masih kurang.

”Meskipun berat, konsumen perlu mempertimbangkan sistem operasi yang lebih baru seperti Windows 7 atau 8 untuk memodernisasi perangkat komputasi dan menjawab ancaman yang membahayakan keamanan informasi mereka,” ujarnya dari siaran tertulis yang diterima Minggu (13/10).

Hal ini berdampak pada biaya tak langsung apabila terjadi gangguan terhadap kelancaran bisnis. Waktu implementasi umumnya berkisar antara tiga hingga enam bulan untuk bisnis, dan kami mengkuatirkan waktu yang sangat sempit. Namun kami siap membantu konsumen Indonesia melakukan upgrade.

Para analis industri juga sepakat bahwa sudah saatnya bisnis meninggalkan Windows XP. Dalam waktu yang tinggal enam bulan menuju akhir dukungan untuk Windows XP, para analis TI terus memberikan edukasi tentang kritisnya kondisi yang dihadapi.

“Waktu semakin sempit. Agar PC dapat terus mendapat dukungan dan dapat dioperasikan, konsumen dan bisnis perlu migrasi ke sistem operasi yang lebih baru, dengan berakhirnya dukungan terhadap Windows XP enam bulan lagi,” kata Handoko Andi, Manager Client Devices Research, IDC Asia/Pacific.

Charlie Dai, Principal Consultant, Enterprise Architecture, Forrester Research, yang menerbitkan blog berjudul “Berpikir ke depan dan pendekatan pragmatis Migrasi Windows”, berpendapat Windows XP dan Windows Server 2003 telah digunakan luas baik di sisi klien maupun server.

Baru sedikit perusahaan yang menjadikan migrasi Windows bagian dari langkah evolusi TI mereka. Saya yakin inilah saatnya para profesional TI serius mempertimbangkan upgrade Windows dalam agenda mereka enam bulan ke depan karena Windows XP dan OS bajakan tidak dapat diandalkan lagi untuk mendukung bisnis.

”Kami yakin bahwa Windows akan terus menjadi sistem operasi terdepan mengingat basis pengalaman profesional TI di 90 persen perusahaan di seluruh dunia tetap pada Windows. Hadirnya update terbaru Windows 8.1 juga semakin melengkapi alasan untuk bermigrasi,” jelasnya.

Konsumen dapat mengunjungi situs Windows Upgrade Centre, berisi informasi dan pandangan dari para analis dan konsumen tentang perjalanan migrasi mereka dari XP, dan penawaran khusus dari para mitra Microsoft. Microsoft juga menjadwalkan Webcast berjudul “Menata kembali cara Anda bekerja dengan Windows 8 dan beragam perangkat terbaru” dengan studi kasus dari Campari Australia pada tanggal 16 Oktober 2013 jam 10 pagi. 



http://m.beritasatu.com/iptek/144168...-berisiko.html

monggo masih ada waktu emoticon-Request

Quote:Original Posted By VoiceOFAngeL
bukanya Windows XP di indonesia 80% atau bahkan lebih memakai Windows XP bajakan ya ? IMO ga berisiko emoticon-Thinking
CMIIW
========================================
lagian untuk para gamers Windows XP ini sangat lah membantu gan emoticon-Smilie


beresiko apanya Om?
Kalau corporate sih mungkin...tapi berapa banyak corporrate users yg masih pakai XP sih? Minimal Vista kok.

Kalau personal...dari duluw juga bajakan punya, xixixi....
Quote:Original Posted By ErnestoGuevara.
beresiko apanya Om?
Kalau corporate sih mungkin...tapi berapa banyak corporrate users yg masih pakai XP sih? Minimal Vista kok.

Kalau personal...dari duluw juga bajakan punya, xixixi....


All Hail pak tani mode
Wah,bahaya.TNI standar OS nya masih XP kalo ga salah.Tapi kalo bajakan sih no problem.emoticon-Big Grin
dari dulu pake windows xp ga pernah tuh update dari situs aslinya... paling kena virus parah di instal ulang emoticon-Ngakak
Jangan donkk,,, Ane suka XP gan,,,,
bukanya Windows XP di indonesia 80% atau bahkan lebih memakai Windows XP bajakan ya ? IMO ga berisiko emoticon-Thinking
CMIIW
========================================
lagian untuk para gamers Windows XP ini sangat lah membantu gan emoticon-Smilie
PC ane korbannya
ngomong aja...

BELI...Windows 7 / 8.... yg asli tentunya...


gitu aja kok repot...!!!
ya sdh 11 thn getooo lohhh....computer 1 or 2 taon aja sdh banyak perubahan...
Quote:Original Posted By ndutzy
ngomong aja...

BELI...Windows 7 / 8.... yg asli tentunya...


gitu aja kok repot...!!!


kalo gak di tutup layan nya ntr 7 sm 8 kaga balik2 modal nyaemoticon-Ngakak
win xp mang tiada 2nya... walau bajakan sih..emoticon-Malu (S)
sama aja rugi tu microsoft, toh kalo update ke win 7 jg pake versi pak tani bukan yg ori emoticon-Ngakak

biarin dah, biar jadul juga masih berguna krn aplikasi yg dipake gak jalan selain di XP. emoticon-Big Grin
meskipun windows xp ane asli bawaan laptop ane gak mau pindah ke 7/8

karena laptop ane jadul yang cuma punya bawaan ram 1 gb

tapi udah ane siasati pake antivirus berbayar

modal 100 ribuan sepertinya lebih baik daripada harus beli os baru yang belum tentu bisa maksimal di laptop jadul ane emoticon-Embarrassment

kalo ada rejeki lebih beli laptop baru + windows 8 bolehlah emoticon-Big Grin
gmn dgn PC Spek rendah, tdk support pake win 7 apalagi 8
percuma klo pindahny ke bajakan jg..g ada untungny buat mikocok..emoticon-Ngakak
selama Nginstal XP juga kaga pernah update emoticon-Hammer

jadi kaga takut sih kalo kaga di suport windows,, yg susah sebetulnya kalo kaga disuport ama manufactur hardware, ntar pc baru ngak ada driver untuk xp emoticon-Matabelo
ya seharusnya windows meneruskan versi xp ini.

OS yang berjalan di hardware rendah, ringan dan ga banyak trouble.

win 8 dibanding xp masih lebih enak xp, walau di sisi hardware udah banyak ga support.
ah , justru jadi peluang bisnis baru buat support nya emoticon-Big Grin
sekligus memperkenalkan ubuntu emoticon-Big Grin , user friendly tu