alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/525a63b6be29a01c588b456a/refly-harun-sopir-akil-mochtar-berperan-tagih-suap
Refly Harun: Sopir Akil Mochtar Berperan Tagih Suap
Sumber

Refly Harun: Sopir Akil Mochtar Berperan Tagih Suap

JAKARTA, KOMPAS.com — Pengacara dan Pengamat Hukum Tata Negara Refly Harun kembali mengungkap hal terkait dugaan suap dalam penanganan sengketa Pilkada Simalungun, Sumatera Utara, yang ditangani Mahkamah Konsitusi. Beberapa tahun lalu, ia pernah mengungkapkan bahwa hakim konstitusi Akil Mochtar (Ketua MK nonaktif) diduga menerima suap dari klien Refly, Jopinus Saragih.

Kemudian, Refly ditunjuk sebagai Ketua Tim Investigasi untuk kasus dugaan suap itu. Dalam pemeriksaan tim, menurut Refly, ada sejumlah indikasi kuat keterlibatan Akil. Salah satunya melalui sopir Akil.

"Kongkalikong Pak AM (Akil Mochtar) dan sopir untuk kasus yang sekarang, saya tidak tahu pastinya. Tapi kalau dilihat dari testimoni tahun 2010, cerita tentang sopir ini juga ada di sana," ujar Refly, dalam sebuah diskusi, di Jakarta, Minggu (13/10/2013).

TRIBUNNEWS/DANY PERMANA Ketua Mahkamah Konstitusi Akil Mochtar (kanan) keluar dari Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi Jakarta, Minggu (6/10/2013), usai mengikuti tes urin oleh Badan Narkotika Nasional. KPK yang menggeledah ruangan Akil di Gedung MK, usai pengangkapan dirinya, menemukan beberapa jenis narkoba di laci kerja Akil. Refly mengungkapkan, Jopinus diperas oleh Akil. Saat itu, Jopinus juga mengaku, selain dia, ada orang lain yang dimintakan uang oleh Akil melalui sopirnya terkait sengketa Pilkada di Kalimantan.

"Suapnya di sana mencapai Rp 4 miliar. Baru dibayar Rp 2 miliar. Yang disuruh menagih sisanya adalah sopirnya dan ternyata sopirnya yang dulu dan sekarang sama saja," ucap Refly.

Lebih lanjut, kata Refly, sopir Akil sudah dibawanya sejak berada di Kalimantan Barat. Dia menduga, sopir Akil memiliki banyak informasi tentang atasannnya itu sehingga memutuskan tidak hadir dalam sidang Majelis Kehormatan Hakim beberapa hari lalu.

"Kasus ini bukan ini saja yang terjadi, tapi sejak Pak Mahfud ketika itu bilang MK 100 persen bersih. Bisa jadi ketidakhadiran sopir Akil ini juga tidak diinginkan kalangan MK. KPK tidak boleh berhenti hanya kasus Lebak dan Gunung Mas saja," kata Refly.

Pada tahun 2010, Refly pernah mengungkapkan ada dugaan suap terhadap hakim konstitusi dalam penanganan sengketa pilkada di MK. Namun, tudingan ini dibantah oleh MK dengan meminta Refly menjadi tim investigasi. Tidak ada tindak lanjut dari temuan tim investigasi.

Pada 2 Oktober lalu, penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap Akil dalam operasi tangkap tangan di kediaman dinasnya atas dugaan menerima suap terkait penanganan sengketa Pilkada Gunung Mas, Kalimantan Tengah. Bersama Akil, turut diamankankan politisi Golkar Chairun Nisa dan pengusaha Cornelis Nalau. Ketiganya telah ditetapkan sebagai tersangka, demikian pula calon petahana Bupati Gunung Mas Hambit Bintih yang diduga sebagai pemberi suap. Akil juga dijerat kasus dugaan suap dalam penanganan sengketa Pilkada Lebak, Banten.

Ternyata Sopir ini serba guna yeah emoticon-Matabelo

Tahun 2010, Refly Harun Endus Keterlibatan Sopir dalam Suap Akil

Refly Harun: Sopir Akil Mochtar Berperan Tagih Suap

Jakarta - Daryono, sopir mantan ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Mochtar hingga kini masih dicari keberadaannya oleh KPK. Pengamat hukum tata negara Relfy Harun menduga ada keterlibatan sang sopir dalam suap Akil.

"Kongkalikong Pak AM (Akil Mochtar) dan sopir saya tidak tahu pasti, tapi dilihat dari testimoni tahun 2010, cerita tentang sopir juga ada di sana. Mantan klien saya Jopinus Saragih ceritakan soal pemerasan," kata pengamat hukum tata negara Refly Harun.

Hal itu disampaikan dalam diskusi 'Pilkada Dalam Pusaran Kalkulator MK' di Kopi Tiam Jalan Veteran, Jakpus, Minggu (13/10/2013). Nama Refly mencuat karena pernah 'berseteru dengan Akil Mochtar atas tudingan suap Rp 1 miliar tahun 2010. Belakangan dugaan suap Akil itu terbukti.

Menurut Refly, selain kliennya pernah dimintai uang, ada kasus pilkada di Kalimantan di mana nilai suapnya Rp 4 miliar dan baru dibayar Rp 2 miliar. "Yang disuruh menagih adalah sopirnya, dan ternyata sopirnya terkonfirmasi saat ini," ucapnya.

"Yang dulu dan sekarang sama saja, sopir ini memang dibawa AM sejak di Kalimantan Barat," imbuh Refly.

Dugaan Refly makin menguat menyusul ketidakhadiran Daryono atas panggilan KPK dan MKH. Ia membaca keterlibatan itu dalam kaca mata teori konspirasi.

"Ini seperti agak konspiratif kalau pakai teori konspirasi. Kita tahu di sidang MKH itu kan terbuka, kemudian sopir ini sudah eksis sejak lama bahkan sejak 2010 sejak saya ribut-ribut (menuding suap kepada Akil)," tuturnya.

"Bisa jadi sopir ini banyak informasi yang kalau dia hadir waktu itu, jangan-jangan dia bisa cerita perilku AM sejak 2010. Which is kasus ini tak terjadi baru sekarang, tapi sejak Pak Mahfud ketika bilang MK bersih 100 persen. Bisa jadi ketidakhadirannya ini diinginkan juga oleh kalangan MK," imbuh Relfy.

Keberadaan sopir Akil Mochtar, Daryono hingga saat ini memang masih misterius. KPK telah meminta Dirjen Imigrasi untuk melakukan pencekalan terhadap Daryono agar tak bepergian ke luar negeri.

Code:
http://news.detik..com/read/2013/10/13/150634/2385635/10/tahun-2010-refly-harun-endus-keterlibatan-sopir-dalam-suap-akil?991104topnews
sopir di suruh apa aja pasti manut
Di kasih apa aja ya seneng
Rata2 sopir pejabat begitu kok
Sopir pejabat di kampung gue aja punya rumah beberapa biji emoticon-Big Grin

Refly Benarkan Sopir Akil Bertugas Menagih Suap

TEMPO.CO, Jakarta - Pengacara dan pakar hukum tata negara Refly Harun membenarkan bila sopir Ketua Mahkamah Konstitusi Non Aktif, Akil Mochtar, yakni Daryono, berperan sebagai penagih suap saat menangani sengketa pemilu kepala daerah. Dia menuturkan, peran Daryono sudah ada sejak penanganan sengketa Pemilu Kepala Daerah, Simalungun, Sumatera Utara.

"Suapnya mencapai Rp 4 miliar, baru dibayar Rp 2 miliar. Sopir yang disuruh menagih sisanya dulu ternyata sopirnya sama dengan sekarang," ucap Refly ketika ditemui di acara diskusi bertajuk "Tarik Ulur Kewenangan Sengketa Pilkada: antara MK dan MA?", Ahad, 12 Oktober 2013. Akil diduga menerima suap dari klien Refly, Jopinus Saragih.

Refly mengatakan, Jopinus diperas oleh Akil lewat sopirnya. Selain Jopinus, kata Refly, ada dua sengketa Pilkada yang dimintakan uang oleh Akil melalui sopirnya, salah satunya dari Kalimantan. Setelah itu, Refly melaporkan ke Ketua MK saat itu Mahfud Md. Mahfud kemudian menunjuk Refly sebagai ketua tim Investigasi untuk kasus dugaan suap itu. Dia mengatakan cerita tentang sopir Akil di hasil investigasi tersebut.

Refly menduga, sopir Akil memiliki banyak informasi tentang atasannnya itu sehingga memutuskan tidak hadir dalam sidang Majelis Kehormatan Hakim beberapa hari lalu. Sopir Akil, kata Refly, merupakan sopir yang satu-satunya bukan berasal dari Mahkamah Konstitusi dan tak pernah diganti.

"Itu sopir satu-satunya yang tak pernah diganti dan diminta sendiri oleh hakim konstitusi," kata Refly. Dia mengatakan ketidakhadiran Daryono perlu ditelusuri. Dia meminta KPK untuk mengusur kasus lain tak hanya pilkada Gunung Mas dan Lebak.

Beberapa hari ini, sopir pribadi Akil Mochtar, Daryono, memang kerap diberitakan oleh publik. Juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi, Johan Budi bahkan mengatakan sebuah mobil mewah milik Akil yang disita diatasnamakan Daryono. Saat diminta memberi keterangan dalam majelis kehormatan MK beberap waktu lalu, Daryono juga tak datang.

Tanggal 2 Oktober lalu, Komisi Pemberantasan Korupsi melakukan operasi tangkap tangan terhadap Akil di rumah dinasnya terkait dugaan menerima suap penanganan sengketa Pilkada Gunung Mas, Kalimantan Tengah. Bersama Akil, diamankankan pula politikus Golkar Chairun Nisa dan pengusaha Cornelis Nalau. Diduga pemberi suap adalah calon petahana Bupati Gunung Mas Hambit Bintih. Akil juga dijerat kasus dugaan suap dalam penanganan sengketa Pilkada Lebak, Banten.


Ck Ck Ck.... Musti segera diinterogasi neh Daryono
emoticon-Matabelo

Sopir Akil Sudah Tak Tinggal di Pancoran

TEMPO.CO, Jakarta - Rumah Ketua Mahkamah Konstitusi nonaktif Akil Mochtar di Perumahan Liga Mas, Pancoran, Jakarta Selatan, kini hanya dihuni pembantunya. Rumah itu sebelumnya juga dihuni Daryono, sopir Akil, yang mangkir dari panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi.

"Dia hanya numpang tinggal. Yang punya rumah Pak Akil," kata Mukhsinudin, petugas satpam yang ngepos di ujung Jl. Pancoran Indah III, Pancoran, Jakarta Selatan, Minggu, 13 Oktober 2013. Rumah Akil terletak di nomor 8 jalan itu.

Tempo sempat mengunjungi rumah itu. Hanya seorang perempuan paruh baya yang melongok dari pintu depan setelah Tempo memencet bel rumah yang terletak di balik pagar teralis hitam itu. "Gak ada orang. Semua pergi," kata perempuan lalu segera menutup pintu.

Akil, kata Mukhsinudin, sudah sejak 2007 lalu menempati rumah dua lantai tersebut. Waktu itu, rumah jabatan Dewan Perwakilan Rakyat di Kalibata, Jakarta Selatan, sedang direnovasi sehingga anggota DPR diberi ganti rugi Rp 13 juta per bulan untuk menyewa rumah lain.

Akil saat itu menjabat sebagai anggota DPR (2004-2009) dari Partai Golkar. Sejak tinggal di Perumahan Liga Mas, Akil disebut sudah mengajak Daryono tinggal satu rumah. "Daryono awalnya bukan sopir. Dia pesuruhnya Akil. Orang kepercayaanlah," kata Mukhsinudin.

Akil, kata Mukhsinudin, baru pindah dari Liga Mas ke Kompleks Widya Candra pada awal tahun ini. Akil diketahui pindah ke Widya Candra sejak ditunjuk jadi Ketua MK per 3 April 2013. "Daryono juga ikut pindah ke sana," kata Mukhsinudin. "Sekarang tinggal pembantunya saja."

Daryono saat ini sudah dicegah ke luar negeri oleh Badan Imigrasi atas permintaan KPK. Selain sebagai saksi kunci, Daryono disebut-sebut terlibat dalam dugaan beberapa kasus suap yang melibatkan Akil. Kemarin, Sekretaris Jenderal MK Janedjri M. Gaffar mengatakan kalau Daryono bukan pegawai MK yang ditugaskan sebagai sopir Akil. Janedjri menyebut Akil menolak saat ditawari sopir dari pegawai MK dan lebih memilih Daryono.
Beredar kabar kalau Daryono kini sudah berada di Malaysia. Dia lari tepat sehari sebelum KPK mengeluarkan surat permintaan ke Badan Imigrasi untuk mencegah Daryono pergi ke luar negeri

Yeah udah ke Negeri Jiran dech.... emoticon-Sorry
Golkarnya gak usah disebut ya...!!!

emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Gile jrg2 lho duit suap itu ditagih. Dulu mah duit suap itu suprise sifatnya. Psti yg disuap terkaget2. Klo skrg yg mau nyuap terkaget2 didatengin dept collector sekelas sopir
Quote:Beredar kabar kalau Daryono kini sudah berada di Malaysia. Dia lari tepat sehari sebelum KPK mengeluarkan surat permintaan ke Badan Imigrasi untuk mencegah Daryono pergi ke luar negeri

lari ke malaysia ato di umpetin sama yg berkepentingan biar gak nyanyi? emoticon-Big Grin