alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/525a1faafcca17e34400000f/bedanya-narkoba-jenis-baru-raffi-ahmad-dan-akil
Bedanya Narkoba Jenis Baru Raffi Ahmad dan Akil
Quote:Bedanya Narkoba Jenis Baru Raffi Ahmad dan Akil



Bedanya Narkoba Jenis Baru Raffi Ahmad dan Akil

Jakarta - Beberapa kalangan mempertanyakan mengapa pemeriksaan kandungan narkoba bekas ketua Mahkamah Konstitusi Akil Mochtar sangat cepat daripada Raffi Ahmad. Juru bicara Badan Narkotika Nasional, Komisaris Besar Sumirat Dwiyanto, mengungkapkan lamanya pemeriksaan terhadap Raffi ini lantaran yang dikonsumsi oleh dia adalah zat baru, yakni methylene dioxy methcathinone (katinon). "Sehingga untuk memasukkan ini adalah kategori narkoba diperlukan usaha ekstra," kata dia saat dihubungi pada Sabtu, 12 Oktober 2013.

Turunan dari methylene dioxy methcathinone tersebut belum dijabarkan dalam Undang-Undang Narkotika di Indonesia. Hal inilah yang membuat BNN harus berkoordinasi dengan Kemenkes, BPOM, dan instansi lain yang lebih kompeten untuk mendefinisikan ini termasuk kategori zat terlarang atau tidak. BNN menganggap zat yang digunakan Raffi adalah narkotik. "Sedangkan kejaksaan melihat secara yuridiksi tak ada kandungan narkoba yang diatur dalam UU Nomor 35 Tahun 2009."

Deputi Pemberantasan Narkoba BNN Irjen Polisi Benny Jozua Mamoto menambahkan pemeriksaan Raffi lebih lama karena laboratorium BNN menemukan new psychoactive substances. Ini termasuk methylon. "Sehingga, harus dilakukan pemeriksaan khusus dan mencari rujukan dari luar negeri," kata Benny.

Hasil tes urine Raffi memang awalnya negatif. Namun di alat komunikasinya, Raffi menyebut ia meracik methylene dioxy methamphetamine. Tapi yang ditemukan BNN adalah methylene dioxy methcathinone. Oleh sebab itu, BNN bekerja ekstra untuk memastikan zat apa di dalam urine Raffi. Akhirnya BNN menemukan methylon melalui uji zat new psychoactive substances.

Pengalaman ini akan digunakan untuk melakukan diagnosis kasus yang identik. "Apabila tes urine negatif, petugas bisa melakukan pemeriksaan new psychoactive substances," kata dia. Untuk ke depannya pemeriksaan kandungan urine akan lebih efisien lantaran BNN sudah berpengalaman dalam kasus Raffi.

SUMBER....


Mungkin kalo dalam kasus Raffi narkobanya jenis baru jadi penentuan kasusnya lama, sedangkan dalam kasus Akil narkobanya jenis lama tapi harganya mahal jadi penentuan kasusnya cepat!!!!!!